55

Mempercepat Browsing & Menghemat Biaya Internet dengan Opera

Sebagian kita ketika ber-internet mungkin belum mendapatkan akses internet/web yang cepat. Bisa jadi karena provider internet yang kita gunakan, ketika akses menggunakan Wi-Fi di jaringan yang sibuk atau memang web yang diakses ukurannya besar. Ada tips yang bisa kita coba untuk mempercepat akses internet (website) sekaligus bisa menghemat biaya pemakaian Internet menggunakan Opera.

Kecepatan akses sebuah website memang tergantung oleh banyak faktor, terutama provider internet yang kita gunakan. Seperti misalnya jika kita hanya menggunakan koneki GPRS maka akses website yang besar akan sangat lambat. Kesibukan web yang diakses juga berpengaruh, semakin banyak diakses orang, rata-rata akses web juga akan semakin lambat. Optimasi sebuah web juga berpengaruh. Jika website tidak di optimasi dengan maksimal, aksesnya juga akan lambat.

Web Browser
Opera mungkin termasuk browser yang jarang digunakan oleh sebagian kita. Meskipun begitu ada salah satu fitur Opera yang cukup bermanfaat terutama bagi yang mempunyai koneksi internet lambat atau sekedar ingin menghemat Biaya Internet ( seperti jika biaya di hitung besarnya data yang di download atau ada batasan tertentu). Fitur ini adalah Turbo Mode.

Bagaimana Kecepatan meningkat dengan Turbo Mode

Ketika Fitur Turbo Mode diaktifkan, maka ketika mengakses sebuah website, kita tidak langsung mengambil data dari server website tersebut, tetapi melalui server Opera. Server opera akan mengambil data dari website yang kita akses dan mengoptimasi terutama gambar-gambar yang ada, selanjutnya data yang sudah dioptimasi ini yang akan diakses.

Sebagai sedikit contoh dan perbandingan, ketika mengakses halaman website Mengakses File Tersembunyi dengan Google Chrome dan Opera, di artikel ada 3 gambar utama. Ketika di akses menggunakan browser Firefox, maka ukuran 3 file gambar ini berturut-turut adalah : 82 KB, 136 KB dan 81 KB (semuanya PNG). Ketika diakses dengan Opera dengan Turbo Mode aktif, maka ukuran file ini menjadi : 8.5 KB, 15 KB dan 6.2 KB (format berubah menjadi JPG). Dengan ukuran yang jauh lebih kecil ini maka proses loading (menampilkan) web menjadi lebih cepat dan bandwidth internet menjadi lebih kecil.

Ukuran yang jauh lebih kecil ini didapatkan dengan trik kompresi image (gambar) menjadi JPG dengan memanfaatkan format gambar Google WebP. Gambar-gambar bisa diperkecil dengan ukuran yang cukup signifikan, meskipun terkadang kualitas kadang agak berkurang. Sampai saat ini baru Opera dan Google Chrome yang mendukung gambar dengan format WebP ini.

Untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan fitur Turbo Mode di Opera, kita tinggal klik icon kecil di status bar Opera (lihat bagian bawah web browser ini).

Jika kita browsing untuk mendapatkan atau mencari gambar-gambar dan ingin disimpan, maka sebaiknya Turbo Mode tidak diaktifkan. Selain itu khusus ketika kita terkoneksi dengan jaringan yang terenkripsi ( seperti https atau internet banking ), maka Turbo Mode tidak akan aktif dan kita akan langsung koneksi ke server web tanpa melalui server Opera.

Kesimpulannya, Turbo Mode sangat membantu kita mendapatkan akses web cepat meskipun dengan koneksi internet yang tergolong lambat, selain itu karena data yang di download kecil, maka biaya internet juga bisa ditekan. Meskipun bukan menjadi web browser utama, tetapi Opera bisa menjadi web browser alternatif yang menarik.

Ingin mencoba, download Opera Web Browser ( 9.6 MB dari FileHippo)

55 Comments

  1. ilmu yg bermanfaat mas. keren juga. ga sia-sia saya aktif berkunjung ke sini “-“

  2. Trims, bro. Baru tahu, kirain hanya operamini aja yg mangkas BW 🙂

  3. sudah pernah nyoba, dulu waktu opera masih menjadi browser utama saya. memang membantu. tapi sekarang saya sudah beralih ke rubah api 😀

    thanks infonya.

  4. Iya Opera bs jd alternatif kalau mau browsing dng koneksi pas2an. Tp browser utama saya tetap firefox krn Addons nya yg sangat banyak. Yah, walau addons ini jg bikin firefox lambat loadingnya 🙁

  5. assalamualaikum mas ebta,
    alhamdulillah, info yang bermanfaat kali ini tidak terlalu lama dari yang kemarin. smg info selalu mengalir lancar.. amin. jazakallah.
    wassalamualaikum

  6. Kayaknya sama dengan fitur Opera turbo yang ada pada Opera Mobile 10……baru tahu deh fungsinya :)…..kira2 bisa lebih cepat mana sama Opera mini yah??

  7. jika ada yang pilihan kenapa tidak mencoba memilih….semakin banyak semakin baik…hehahee….nice info…wassalam…

  8. Nice,
    saya termasuk penggemar opera,
    sangt bermanfaat untuk pengembang web

    Untuk pengguna dial-up dengan flexy (CDMA)
    or HP koneksi lemot, disarankan menggunakan
    opera ver.10.00 dengan sedikit tweak

    silahkan cari tips mempercepat opera di
    http:// rumahterjemah.com/toogle/

  9. opera makin keren… gak kalah dengan mozilla..
    makasih mas… bisa dicoba.

  10. saya selalu suka dengan postingan anda …thanks ya
    www. sagakomputer.com
    sagakomputer.blogpspot.com
    www. produksitokoonline.com

  11. Jaakallah infonya. Apakah Mozilla Fire Fox terbaru juga punya kemampuan Turbo Mode layaknya Opera?

  12. Saya rasa IE9 tetap yang tebaik.kemudian baru opera karna bisa sinkronisasi ke opera mini.itu sejujurnya

  13. Sip banget mas infonya…
    ini bisa saya gunakan ketika mengakses web yang super lemot seperti pada modem usb CDMA atau GSM dengan bandwidth yang sedikit sekali…
    tetapi cara kompresi image tersebut bisa tidak mas di aplikasikan pada mozilla firefox….kalaupun bisa ataupun ada Add Ons nya mohon pencerahannya…makasih…

    http:// bagusdream.wordpress.com

  14. sip banget mas infonya…
    apalagi kalau untuk mengakses lewat modem USB CDMA / GSM yang super lemot….
    Trik kompresi image ini bisa tidak mas diaplikasikan pada mozilla firefox….kalaupun bisa ataupun ada Add Ons-nya mohon pencerahannya…terima kasih….

    http:// bagusdream.wordpress.com

  15. Saya baru saja nyoba opera 11 (turbo mode enabled)trus dibandingkan dgn firefox 4 dgn koneksi telkomsel flash untuk membuka beberapa situs lokal, ternyata firefox 4 lebih cepat dibandingkan opera 11.
    Btw, thanks atas infonya …

  16. ya juga ne mas, opera emang bagus buat kita yg pake net trbatas spt saya yg pake modem hehe

  17. Klo sy sih tetap pake firefox dengan add ons semisal flash killer,adblock plus n cache viewer

    Syukron buat Mas Ebta..

  18. Nah, kalo browsing dg Firefox tapi TIDAK mengaktifkan fitur “tampilkan gambar”, apakah itu juga bisa menghemat bandwith?

    Karena dari pengalaman saya, menggunakan add-on Flashbock, ketika saya meng’allow’ video untuk ditampilkan trus macet di tengah2, saya lihat di folder cache browser ada cache dari video tadi. Bisa ditonton tapi hanya bagian depan, sisanya ga bisa dibuka. Saya mikirnya, jangan-jangan untuk gambar sifatnya juga gitu.

  19. Makasih buat artikelnya, klo boleh tanya, fitur ini ada di semua versi Opera atau mulai versi tertentu. Sekarang Opera Browser udah kluar versi 10.

  20. pakai opera hasilnay sering kotak_kotak. mendingan pakai firefox saja

  21. Saya walaupun sudah pake Opera Turbo sekalipun tetap lebih lambat dari Mozilla

  22. saya sudah pernah menggunakan browser Opera, namun sayang sepertinya sekarang kurang dikembangkan dari aspek plugin & add-on,,,
    makanya akhir2 ini lebih banyak menggunakan Mozilla atau Google Chrome

  23. saya kalo pas pake ‘saluran lambat’, ya pake Opera. Terus kalo mau simpan hal web, ya Google Crome. Lha kalo mau donlod kog cocok pake Firefox.

  24. That is well known that money can make people autonomous. But what to do when one does not have cash? The only one way is to receive the mortgage loans and just financial loan.

Comments are closed.