34

Mengambil alih hak akses file di Windows Vista/7

Sebelumnya saya pernah menulis tentang cara manual mengubah pengaturan security file atau folder yang tidak bisa di akses di windows vista/7. Meskipun relatif mudah, tetapi jika kita sering mendapatkan file yang tidak bisa di akses di windows 7, maka cara manual cukup memakan waktu. Alternatifnya adalah mengedit registry windows dan membuat menu di klik kanan file, sehingga kita bisa mengakses lebih mudah.

Mengapa meskipun kita login sebagai administrator tetapi kadang tidak bisa mengakses file atau folder yang kita dapatkan dari luar ? Mengenai hal ini, selengkapnya bisa membaca tulisan saya sebelumnya : File/Folder tidak bisa di akses di Windows Vista/7 ?

Untuk bisa mengakses sebuah file yang terkunci seperti diatas, kita sebagai administrator bisa mengambil alih hak akses file tersebut ( take ownership ). Tips mudah adalah dengan mengedit registry, sehingga kita bisa menambahkan menu ketika klik kanan sebuah file/folder.

Untuk menambahkan menu ini, copy paste text berikut di notepad dan simpan dengan ekstensi .reg, misalnya : takeownership.reg.

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CLASSES_ROOT*shellrunas]
@=”Take Ownership”
“NoWorkingDirectory”=””

[HKEY_CLASSES_ROOT*shellrunascommand]
@=”cmd.exe /c takeown /f “%1” && icacls “%1″ /grant administrators:F”
“IsolatedCommand”=”cmd.exe /c takeown /f “%1” && icacls “%1″ /grant administrators:F”

[HKEY_CLASSES_ROOTDirectoryshellrunas]
@=”Take Ownership”
“NoWorkingDirectory”=””

[HKEY_CLASSES_ROOTDirectoryshellrunascommand]
@=”cmd.exe /c takeown /f “%1” /r /d y && icacls “%1″ /grant administrators:F /t”
“IsolatedCommand”=”cmd.exe /c takeown /f “%1” /r /d y && icacls “%1″ /grant administrators:F /t”

Setelah file tersebut di simpan dengan ekstensi REG, selanjutnya jalankan file ini (klik dua kali/double klik), yang akan menampilkan pesan seperti berikut, dan klik saja OK. Jika tidak ingin repot copy paste, download file ini : takeownership.zip ( 1 KB) dan buka zip file kemudian jalankan ( double klik) file InstallTakeOwnership.reg.

Akan muncul informasi bahwa registry sudah di tambahkan, selanjutnya kita bisa mengecek dengan klik kanan sebuah file, maka akan muncul menubaru, yaitu : Take Ownership. Jika kita tidak bisa mengakses sebuah file, maka kita tinggal klik kanan dan pilih menu Take Ownership. Maka kita sebagai administrator akan bisa mengakses file tersebut.

Setelah di klik take ownership, maka ketika di klik kanan > properties dan dilihat di tab security, maka di bagian Groups and username akan berisi Administrator. Artinya administrator bisa mengakses penuh file ini.

34 Comments

  1. sip, berhasil mas ebta..
    dibahas juga donk tentang sharing file di windows vista/ windows 7?
    thanks ya

  2. Pingback: Mengambil alih hak akses file di Windows Vista/7
  3. (Maaf) izin mengamankan KEEMPAX dulu. Boleh, kan?!
    wah, pas banget. Kemarin baru kejadian. Ntar bisa tak cobanya lagi, Kang.

  4. nah.. saya pernah dapat pengalaman ginian (yg membutuhkan takeownership) yaitu saat proses edit block host dan ga bisa “save” dan ternyata pada Win7 / vista harus di takeownershipkan dulu wkwk..

  5. @ActTech : iya emang kalo kita mo ngedit file host di win 7/vista gak bisa, saya malah biasanya kalo mo ngedit, file host-nya dikeluarin dulu, diedit diluar, baru di balikin lagi.. :capedeh: sekarang mo nyobain pake caranya mas ebta ah, semoga bisa… Makasih sebelumnya Mas Ebta untuk share2 ilmunya….

  6. wah siiip mas ebta…alhmdullilah tmbh ilmu lagi..tanks?

  7. thank sharingnya mas,ane emang baru cnyoba nich window vista,masih harus banyak belajar

  8. makasih, bagaimana menghapus bad sektor pd harddich penggunaa windo makasih

  9. Sip … sangat membantu.Mohon ijin linknya Ebsoft saya pasang di Blogroll saya. Terimaksih sebelumnya.

  10. terima kasih infonya, bos. ternyata ada cara lainnya lagi. sukses selalu………..

  11. makasi banyak mas,,,ini yang saya cari dari dulu,,,akhir nya baru nemu skrg,, 🙂

  12. Gan, makasih banyak infonya sangat bermanfaat banget. kalo agan ini deket rumah saya pasti saya traktir. hehehe….. thx very much.

  13. Maaf mas tanya..
    Kalo mau menghilangkan take ownershipx bagaimana mas?

Comments are closed.