31

Mengenal Format video Pilihan, MKV (Matroska Video)

Dengan banyaknya media atau perangkat pemutar video, saat ini format video yang ada sangat banyak. Tetapi dari sekian banyak, salah satu format video yang mulai banyak beredar dan digunakan terutama untuk kualitas tinggi (High Definition/HD) adalah MKV (Matroska Video). Apa sebenarnya Matroska, MKV dan apa keunggulannya dibanding format lainnya?

Matroska merupakan standard format kontainer Multimedia yang bersifat terbuka, merupakan format file yang dapat menyimpan banyak (tidak terbatas) jumlah video, audio, gambar, track subtitle hanya dalam sebuah atau satu file. Sebenarnya mempunyai konsep yang mirip dengan format AVI, MP4,3GP,FLV atau ASF, tetapi Matroska merupakan format dengan spesifikasi yang terbuka sepenuhnya (open source). MKV merupakan tipe file Matroska untuk video (dengan subtitle dan audio).

Sebelum dilanjutkan, ada hal penting untuk diperhatikan atau diklarifikasi tentang apa itu Multimedia (Audio/Video) Container. Untuk menghindarkan kesalahpahaman, Multimedia Container bukan merupakan teknik kompresi format video (bukan video codec), tetapi bisa dikatakan merupakan tempat menampung berbagai file atau data (audio, video, subtitle,menu,chapter dan lainnya) dalam sebuah file.

Beberapa fitur Matroska antara lain :

  • Pencarian yang cepat didalam file
  • Adanya Entri Episode (chapter)
  • Mendukung Full metadata (tags)
  • Data subtitle/audio/video yang dapat dipilih
  • Dapat dikembangkan sendiri dengan mudah
  • Error resilience (dapat dijalankan/recovery meski sebagian data rusak)
  • Dapat dijalankan secara streaming baik melalui internet atau jaringan lokal
  • Mempunyai menu seperti DVD

Melihat fitur-fitur diatas, selain keunggulan spesifikasi format yang bersifat open source, tidak salah jika banyak perangkat yang mulai mendukung format ini di dalamnya, seperti misalnya Android. Selain itu, sebagian besar software juga sudah mendukung sepenuhnya format ini, seperti VLC, PowerDVD, MPlayer, foobar2000, AllPlayer, Media Server, XBMC dan juga web browser Google Chrome. Di artikel Wikipedia berikut Comparison of container formats, MKV terlihat juga mempunyai fitur paling lengkap.

Di tahun 2010 kemarin juga diumumkan bahwa WebM ( format audio-video yang disponsori Google disediakan gratis, format video kompresi terbuka dan digunakan untuk video HTML5) akan mendasarkan pada profil format container Matroska bersama dengan VP8 dan juga VOrbis audio. WebM sendiri sudah didukung mulai Firefox 4, Opera 10.6, Google Chrome.

Pada tulisan berikutnya insyaAllah kita akan mengulas salah satu software yang bisa digunakan untuk memotong atau membagi-bagi video MKV dengan cepat tanpa mengurangi kualitas file video aslinya.

Referensi lebih lengkap :
http://matroska.org/technical/whatis/index.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Matroska

31 Comments

  1. Mas Ebta, kami udah nggak sabaran nih pengen menggunakan software yang bisa digunakan untuk memotong atau membagi-bagi video MKV dengan cepat tanpa mengurangi kualitas file video aslinya. tolong kasih bocoran dong link download nya….

  2. mantaf infox mas, ditunggu artikelx tentang software yg bisa convert mkv, juga yg bisa ng-rip ke mkv ya…

  3. mas, kl perbandingan kompresi video dengan format lainnya bagaimana.? maka yang paling bagus .? mkv atw wmv .?

  4. Infonya berguna sekali, baru kenal jg sm format MKV ini, ditunggu artikel selanjutnya mas

  5. Assalaamu ‘Alaykum kang Ebta,
    Lama sekali kita nungguin artikel nya dan…alhamdu lillaah,..mulai ter obati.
    Sukron dan selalu ditunggu lanjutan artikel2 nya

    Wassalaam..

  6. mantab.. mkv emang paling banyak beredar sekarang ini. kalo AVI mah kapasitas nya masih gede.

    MKV = kapasitas kecil but kualitas tetep oke 🙂

  7. salut sama mas ebsoft.g salah saya ikutkan kedalam email sy..hehehe.terkait masalah MKV,saya jg sring mendownload anime naruto shippuden yang berformat MKV gambarnya tajam dengan audio yang jg mantap.ditunggu artikel berikutnya.

  8. terima kasih infonya mas, kalo boleh, minta software u convert file2 movie ke mkv yg high recomended ya mas..semoga sehat dan sukses selalu u m ebta

  9. Ada yg tau gak yah cara convert video format lain ke mkv dengan size yang lebih kecil tapi kualitasnya masih bagus

  10. Gw setuju Sama Bagus sami .. gw juga lagi mau nyari cara convert video ke mkv 😀

  11. convert dari mkv untuk android yang hemat dan mantap pakai sopwer apa ya?

Comments are closed.