65

Mengetahui Versi Microsoft .NET Framework di komputer

Ketika menginstall software atau program tertentu, saat ini tidak jarang diperlukan Microsoft .NET Framework versi tertentu, misalnya .NET 2.0, 3.0, 3.5 dan lainnya. Apa sebenarnya Microsoft .NET Framework dan bagaimana mengetahui apakah di komputer sudah terinstall .NET ini + versinya ?

Berikut beberapa cara untuk mengetahui versi Microsoft .NET framework yang terinstall di komputer.

Apa itu Microsoft .NET Framework

Secara singkat Microsoft .NET Framework merupakan komponen yang dapat ditambahkan di sistem operasi windows, yang menyertakan berbagai kerangka solusi-solusi program. Para programmer atau pembuat software bisa menggunakan berbagai kerangka yang ada di .NET Framework ini didalam software-nya.

Sejak Windows server 2003, Microsoft .NET Framework sudah disertakan di dalam windows. Termasuk Windows Vista ( versi 3.0) dan Windows 7 (Versi 3.5). Untuk Versi dibawahnya, seperti Windows XP, maka pengguna harus menginstall sendiri Microsoft .NET Framework ini. Selengkapnya bisa melihat deskripsi di wikipedia tentang .NET Framework (versi Indonesia).

Sebelumnya, saya pernah mengulas beberapa software yang agar bisa berjalan memerlukan .NET Framework, misalnya Paint.NET dan RegToy Registry Tweak.

Cara Mengetahui Versi .NET Framework

Ada banyak cara untuk mengetahui versi berapa .net framework yang terinstall di komputer kita. Silahkan coba salah satu atau beberapa cara berikut :

Dengan Internet Explorer

Setiap windows yang sudah di install biasanya sudah menyertakan web browser Internet Explorer. Untuk mengetest versi berapa .net framework, jalankan IE, kemudian copy paste kode javascript ini di alamat URL IE javascript:alert(navigator.userAgent), akan muncul window seperti berikut :

Tampilan di atas menunjukkan versi IE yang digunakan ( MSIE 8.0), kemudian .NET yang terinstall adalah versi 2.0, 3.0 dan 3.5 )

Melalui Control Panel

Buka Control Panel > Add/Remove Programs. Disana akan tampil software-software atau program yang sudah kita install di windows. Termasuk juga .net framework. Geser saja dan lihat daftar yang diawali dengan huruf M. Jika sudah terinstall di komputer, maka akan tampil daftarnya, misalnya seperti berikut :

Terlihat bahwa .NET Framework versi 2.0, 3.0 dan 3.5 sudah terinstall di komputer.

Melalui Registry Windows

Bagi yang sudah terbiasa utak-atik atau membuka Registry Windows, versi .NET framework juga bisa diketahui melalui Registry. Buka saja key ini HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftNET Framework Setup

Jika sudah terinstall, akan tampil versi berapa saja dengan informasi tambahan seperti lokasi installasi dan lainnya.

Dengan Software

Bagi yang ingin menggunakan software, salah satunya bisa menggunakan software asoft .NET Framework Detector. Download program kecil + portabel ini dari download link asoft.de ( 349 KB). Setelah selesai jalankan, maka akan tampil seperti berikut :

Angka merah menunjukkan versi .NET belum terinstall di komputer, sedangkan warna hijau menunjukan sudah di install.

Download .NET Framework

Download installer .net framework dapat langsung dari situs Microsoft (.NET 4) atau bisa juga dari situs filehippo ( .NET di FileHippo ). Ada beberapa versi yang bisa di download, mulai dari 1.1, 2.0, 3.0, 3.5 dan 4.

Referensi : walkernews, raymond.cc

65 Comments

  1. Thankx bro buat informasinya …

    PERTAMAXXXXX …

  2. Terima kasih untuk infonya. Jazakallah khair.

  3. Pingback: Mengetahui Versi Microsoft .NET Framework di komputer | Software
  4. Ass.Wr.Wb. Kalo install Microsoft .NET Framework pada Windows bajakan lalu konek internet, di desktop akan muncul WGA nggak sih?? Trims. Wass.Wr.Wb.

  5. kalo mau install net framework harus download lagi ya mas..
    nah klo dirumah gak ad koneksi internetnya… :(

    Thanks Infonya mas

  6. Update
    @Joel: kalo sbelumnya Windows bajakan km dah di aktivasi pake WGA crack…WGA ga bakalan muncul…untuk info lebih lanjut hubungi aku via websiteku :)

  7. mau nanya..kegunaan dari microsoft net framework itu apa ya?

  8. waktu mengetik alamat URL IE
    javascript:alert(navigator.userAgent)
    di IE8 saya
    kok tidak muncul apa-apa ya?
    hanya diam dan tidak ada tanda loading atau semacamnya…

    ada yg tahu, ini kenapa?

  9. Trims mas infonya, sbnarnya niat mau share Dotnet v3.0 & v3.5 sp1 versi offline instalasi tapi pc saya lagi ngadat ama modem juga lemot.. Oya mas ebta, utk yg v4.0 udah ada yg suport winxp sp3 ya?

  10. thx mas ebta,skalian tanya,net framework itu sifatnya ditambah terus ya setiap ada versi terbaru?jd bukan versi terbaru replace versi lama y?thx

  11. Terima kasih atas tipsnya, cuma apa harus terinstall kesemuanya? Nggak bisa hanya terinstall 1 saja untuk hasil optimal?

  12. makasih om atas informasinya … mantab dah … , ada yang mau ane tanyakan om ….. , bila kita sudah install framework4 , apakah kita masih perlu menginstall framework yang versi di bawahnya??? trus apakah framework4 cocok digunakan untuk windows xp, karena kata temanku framework 4 ga bisa diinstall di xp … (belum nyoba sih) .., dimana bisa di download semua versi framework?

  13. Aloha mas ebta, byk yg nanya nich??
    Sharing, krna byk yg nanya buat rekan2 yg pake xp.. Secara sistem cuma terinstal Net v1.0 dan jika ditambah program yg ada virtual base’nya maka membutuhkan Net v1.1
    lalu bila ada program plugin sistem dan tool maka membutuhkan Net v2.0 (install aja yg v3.0 maka yg versi 2.0 ikut terinstal juga, jika gak berjln silakan unduh update hotfix MS installer v3.1) saya rasa sampe v3.0 udah cukup utk progrm2 standar) semoga bermanfaat, mas ebta coba tambahin ne.. maaf ya kalo slh menguraikan he2

  14. mas
    saya habis install net framwork 2
    kok komputer saya jadi heng mas
    itu knapa ya?
    saya pake windows xp sp2

  15. maaf mas, bisa dibahas gak mas perbedaan antara versi2 .NET Framework masing2 ?? trus apa efek ato dampak jika gak diupdate, trus bisa bentrok dg software2 trtentu gk, dsb…
    maaf hanya usul.
    syukron.

  16. @Ibnu majah @Abi Nadia
    waiyyakum…

    @joel (20)
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Iya setahu saya kalau .net tidak akan berpengaruh ke WGA.. ( biasanya proses update yg akan perpengaruh)

    @yopi
    singkatnya kurang lebih untuk membantu pengembang software dalam mengembangkan/membuat software agar lebih mudah, terstruktur, dsb..

    @DP Budi S
    apakah opsi javascript diaktifkan ?
    atau mungkin di blok

    @aacoy
    saya belum tahu apa versi 4 support xp

    @valsoft
    Untuk versi 3.5 sudah termasuk versi sebelumnya ( versi 2.0 ) sehingga versi sebelumnya tidak perlu di install.. termasuk ketika install versi 2.0, versi satu tidak perlu install

    Tetapi untuk versi 4, tidak menyertakan versi sebelumnya…

    @imcw
    tidak harus semuanya..
    biasanya versi 2.0 sudah cukup untuk menjalankan program2 yg diperlukan. Lebih baik lagi jika versi 3.0 atau 3.5

    @NagaBonar
    seperti jawaban saya sebelumnya ( ke valsoft)

    @rizki ilyas
    mungkin ada konflik dengan salah satu aplikasi..
    perlu dicek autorun atau startup-nya..

    @bny
    untuk perbedaan, cukup banyak
    semoga kapan2 bisa dibahas, sementara bisa melihat di wikipedia..
    kalau bentrok memang mungkin saja, tetapi selama ini di komputer saya tidak ada masalah

  17. @rizki ilyas, coba instal dotnet v2.0 scra offline (tanpa koneksi) dgn menutup program lain yg jalan dibackground.. Oya buat AV-nya biarkan aja aktif.. Coba aja dulu gan

  18. kalo kucek netbook saya ada 4 versi Net Framework
    ini cocok buat yang bth net framework(biasanya ada beberapa soft yang harus jalan sama net framework,khususnya saya)

  19. Pingback: Atur Icon-Icon di Desktop Komputer dengan Fences | Duniaku
  20. untuk Microsoft .NET Framework 3 & 4 ada fersi yg of line nya ngak, klu ada dibagi-bagi ya, soalnya sy online cuman diwarnet jadi ya utk kompi warnet aja yg terinstal…hhhmmm
    klu ada hub sy disini momozagalo@rocketmail.com

  21. Mas Ebta, aku mau tanya….
    Faktor apakah yang tidak bisa update net framework? aku laptop kantorku aku buka di system properties tercatat Microsoft Windows XP, Home Edition Version 2002 Service Pack 2, bisakah di Update untuk versi 2.0 atau lebih?, Windows original, aku udah coba kok gak bisa yah? terima kasih atas tanggapannya

  22. Pingback: Monitoring file dan folder
  23. Pingback: Optimasi Windows XP, Vista dan 7 dengan Mz Ultimate Tools « Simontetsu's Blog

Comments are closed.