30

Notifikasi Email dan pesan Chat di Web Browser dengan Chrome

Jika kita menggunakan accout email dari google (Gmail), maka saat ini kita bisa memanfaatkan fitur notifikasi atau informasi pesan ketika ada email baru masuk di inbox. Saat ini fitur ini bisa kita dapatkan jika kita menggunakan web browser Google Chrome, yang sudah mulai banyak mengimplementasikan teknologi web terbaru HTML5. Selain notifikasi email, pesan chat google chat, AOL IM dan Yahoo juga bisa diaktifkan.

Google Chrome merupakan salah satu web browser yang mempunyai kelebihan kecepatan loading dibanding lainnya. Jika kita memerlukan web mayoritas untuk browsing internet, maka menggunakan Chrome sangat dianjurkan, tetapi jika kita memerlukan berbagai tambahan (add ons /plugins ) mungkin Mozilla Firefox mungkin masih menjadi piilhan pertama.

Dengan mulai di terapkannya teknologi web baru, HTML5 di google Chrome, maka kia bisa mengaktifkan salah satu fitur menarik, yaitu pesan notifikasi. Ketika kita membuka account email (gmail) dengan Chrome, maka di menu Setting > General, ada opsi untuk mengaktifkan menu ini.

Ketika menu ini di aktifkan, maka ketika ada email baru, termasuk pesan chat google, yahoo dan internet messenger, akan otomatis muncul pesan notifikasi di pojok kiri bawah, seperti contoh gambar berikut :

Meskipun terlihat sepele, tetapi hal ini cukup membantu, apalagi kita tidak perlu menginstall software tambahan lain, hanya perlu menggunakan Chrome saja. Google juga berencana mengimplementasikan fitur ini di browser yang lain.

Pesan ini akan muncul meskipun kita sedang menggunakan aplikasi lain, atau sedang membuka web dengan browser lain, asalkan kita sudah login dengan google chrome dan web ini masih aktif dan online.

30 Comments

  1. Berita bagus. Sayangnya baru di crhome, padahal saya masih pakai Mozilla Firefox. Pernah pake chrome, tapi di sini masih cepat MozF, yaaaah terpaksa uninstall lagi Chromenya 🙂

  2. assalamualaikum wr.wb
    udh lama saya ga nulis response ke website-nya mas ebta,pdhal sering baca2 diweb ini..untungnya saya pake g chrome jd ada pengingat kl ada email masuk..tak cb ah email langsung ke mas ebta.thank’s ya mas..

  3. ohh sudah bisa mas..ternyata untuk mengaktifkannya kita haru mengubah tampilan gmail ke yg baru..bukan versi HTML biasa..

  4. online brrti YM nyala notif sd otomatis, jd nggk parlu pake dolo untuk sementara mas 🙂

  5. OOT:
    Mas cara install windows7 di motherboard asrock 775twins-hdtv gmn ya? aku kmrin udah coba mau bralih ke win7 tp hardisk ngk kedetek. Udah pernah memperbaiki mas? kl udh minta petunjuknya

  6. O_o Boleh…boleh…boleh… Tapi masih cinta FIREFOX… Chrome rada susah ngeload klo koneksi lagi down, malah langsung berhenti. Klo Firefox, meski koneksi down, tetep dipaksa untuk disambungkan ke web yg dibuka.
    AddOn Chrome yg aku install kadang ilang sendiri, CHROME-nya tiba2 reset sendiri.

  7. ane juga pake gmail gan, keluar gitu terus :2thumbup

    nice share

  8. Apakah ada untuk browser selain modzila. Soalnya saya hanya menggunakan browser Opera.

  9. saya pengguna gmail juga dan pengguna setia firefox…untuk notifikasi emailnya y install google toolbar…jadi kalo ada email masuk dikasih tau 😀

    thanks mas ebta 😀

  10. kalo yg setia pake firefox (kyk saya :D) instal az google toolbar, trus aktivin gmail notifiernya.. sama az kok

  11. Mantabs nich infonya. Jadi lebih tau tentang ini. Thanks for sharing ya…

  12. keren nich postnya. Info yang bener-bener berguna banget. Thanks.

  13. Sipp dah infonya.Nambah lagi nich pengetahuanku. Makasih dah bagi-bagi ilmunya.

  14. Menarik banget artikelnya. Baru tau nich kalo ada info semacam ini. Thanks.

  15. Info yg bermanfaat, harus dicoba ni. Tengkyu ya ^_^

Comments are closed.