101

Rilis Shollu 3.09.. Program pengingat Sholat gratis

Setelah lebih dari 4 tahun belum ada perkembangan atau Update terbaru, saat ini Alhamdulillah, di awal (menjelang) Ramadhan 1433 H ini, Shollu versi baru berhasil di rilis. Shollu 3.09 ini menyertakan berbagai perbaikan penting serta penggantian file atau suara adzan dengan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.

Rilis ini juga sebagai hadiah Ramadhan kepada penunjung dan pengguna Shollu, semoga bermanfaat baik baik pengembang, pemakai dan siapa yang ikut menyebarkannya. Salah satu perubahan penting di versi ini adalah dirilisnya Shollu sebagai Software Open Source (dan tentu saja tetap gratis).

Beberapa perbaikan atau tambahan fitur di versi 3.09 ini antara lain :

  • 4 file suara adzan yang baru dengan kualitas yang lebih baik
  • Penghapusan semua file adzan sebelumnya (kualitas kurang bak)
  • Indikator ketika menyimpan pengaturan
  • Hasil keluaran jadwal sholat dalam HTML yang lebih baik
  • Informasi yang lebih jelas di Drop Zone ketika waktu sholat tiba
  • Dukungan yang lebih baik ketika menyimpan pesan tambahan di Windows Vista, 7 dan diatasnya
  • Perbaikan antarmuka di windows Vista dan 7
  • Perbaikan suara adzan yang kadang tidak bersuara ketika waktu sholat tiba
  • Icon Shollu baru

Update Shollu ini sebenarnya sudah direncanakan sejak lama, tetapi karena berbagai kendala senantiasa tertunda. Kini Alhamdulillah setelah membongkar kembali kode-kode shollu (yang lumayan berantakan), akhirnya versi baru bisa dirilis. Saya juga mohon maaf jika banyak masukan dan saran pengguna yang belum bisa disertakan dalam versi ini.

Untuk file adzan yang lama, sudah tidak disertakan dalam versi 3.09 ini, karena kualitasnya yang kurang baik (hanya 8bit) dan kadang bisa menimbulkan masalah. Sebagai gantinya, saya sertakan 4 file adzan dengan kualitas yang lebih bagus, meski efek sampingnya ukuran file installasi menjadi 3 kali lebih besar ( versi 3.08.2 hanya sekitar 1 MB, versi 3.09 menjadi sekitar 3.4MB).

Selain itu, help manual (file CHM) yang disertakan masih sama dengan versi 3.08.2 karena penggunaan dan petunjuknya masih tetap sama. Karena ini sebagai rilis awal setelah vakuum cukup lama, kemungkinan masih ada kekurangan atau sesuatu yang mungkin terlewat. Oleh karena ini, jika ada masukan, saran dan perbaikan lainnya silahkan disampaikan ke email saya.

Disarankan untuk uninstall versi lama sebelum versi baru ini (simpan terlebih dahulu file Task.dat jika anda membuat banyak pesan tambahan di program shollu). Meskipun demikian, tanpa uninstall juga bisa, asalkan program shollu di tutup terlebih dahulu (klik kanan icon shollu dan pilih enu Tutup Shollu).

Download Shollu 3.09 melalui Google Code di http://code.google.com/p/shollu/ (3.4 MB)

101 Comments

  1. Assalamualaikum.WW
    Alhamdulillah…sudah lama ditunggu-tunggu update nya
    ijin download ya mas Ebta,teriring ucapan terimakasih dan doa semoga mas Ebta mendapat pahala yang berlipat ganda dengan menciptakan software Islami yang sangat bermanfaat bagi umat,diberikan kesehatan dan selalu diberkahi Allah SWT. sehingga dapat terus berkarya,dan semoga websitenya semakin maju serta dicintai sepanjang masa.amin

  2. Waktunya imsak.. Selamat berpuasa.. Terimakasih Mas Ebta buat aplikasinya yang bermanfaat.. Salam 🙂

  3. jazakallah atas jiddiyah antum untuk terus mengembangkan software2 islami. semoga dibalas Allah berlipat ganda

  4. jazakallohu khoiron katsiro mas ebta, sukses terus !!!!

    ditunggu aplikasi androidnya mas hehe

  5. Untuk Windows 7 kelihatannya perlu klik kanan, Run as Administrator

  6. Sangat Berguna sekali Gan Terima Kasih Ilmunya..

  7. Buat untuk android bang. Ada yang lain namun tidak sehebat ini. Ditunggu perkembangannya

  8. Subhanallah alhamdulillah Allahu akbar
    Syukron atas softwareny yg sangat bermanfaat 🙂

  9. ada yg punya sofware untuk buat mail server gak ya mohon kirim dong sofwarenya

  10. Belum genap satu minggu download versi sebelumnya mas…
    but matur suwun.. download lagi ini…

  11. Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Mas Ebta, MENGAPA di windows 7 ketika saya menginstall shollu 3.09,setelah mau di launch terjadi gagal kode 740 dan muncul kata-kata “Unable to execute file: C:Program FilesShollu3Shollu3.exe” dan dibawahnya ada kata-kata “CreateProcess failed; code 740. The requested operation requires elevation”?
    Tolong balasannya mas Ebta. 🙂
    Wassalam

  12. #24 hamba Allah
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Coba di uninstall dulu, kemudian installnya dengan klik kanan dan pilih menu Run as Administrator. Jika tetap belum bisa, coba di install di folder selain program files atau selain C:

  13. terimakasih mas Ebta, alhamdulillah berhasil. 🙂 Tetapi saya mempunyai 1 masalah lagi, MENGAPA setelah saya contreng “Otomatis jalan ketika windows mulai” di Pengaturan program tetapi setelah windows saya mulai shollu 3.09 tidak otomatis jalan?
    Tolong jawabannya lagi mas Ebta.
    wassalam

  14. #27 hamba Allah
    apakah user yang login punya hak akses administrator ?
    Coba dicek apakah Shollu sudah masuk di daftar autorun windows (bisa menggunakan sofware semisal autoruns atau MSConfig-> ketikkan MSCONFIG di start menu-> RUN)

    Jika belum tampil shollu, coba klik kanan program shollu3.exe, pilih properties, pada bagian (tab) Compatibility, pada bagian Privelege Level, cek pilihan Run this program as administrator

  15. Assalamu ;alaikum! Mohon Izin Ebsoft…Jazakumullah biahsanil jaza, Amin! Tolong solusinya seperti tidak otomatis jalan di star windows Mas!

  16. Ini dibangun pake bahasa pemrograman apa ya mas. Boleh minta source code nya nggak. Soalnya asyik juga kalo ngembangkan ini. Thanks

  17. Maturnuwun Mas Ebta, usul dong agar shollu juga bisa diaplikasikan di smartphone

  18. kalau udah di Run as Administrator sih bisa mas Ebta, tapi MENGAPA setiap kali windows baru mulai tidak ada tulisan shollu 3.09 yang bergerak di bagian paling atas dan shollu 3.09 tidak jalan secara otomatis seperti shollu 3.082 versi dulu?
    Tolong jawabannya lagi mas Ebta 🙂
    wassalam

  19. #33 Nanang
    Jika sudah bisa programming android dan belum ada aplikasi sejenis insyaAllah, atau programmer android mungkin bisa membuatnya. Shollu saat ini kan sudah Open Source

    #hamba Allah
    Oo.. kalau tulisan yang bergerak diatas sudah saya hilangkan, itu hanya pesan tambahan, bisa ditambahkan sendiri..
    Apa icon shollu (yang baru) tidak tampil di systray ?

  20. ohh, bagaimana cara menambahkan pesan tambahan itu mas Ebta?
    betul sekali mas Ebta, icon shollu 3.09 terbaru saya tidak tampil di systray, MENGAPA demikian?
    tolong jawabannya lagi mas Ebta.
    wassalam

  21. Izin Download kang ebta!!
    terimakasih sebelumnya….
    wassalam

  22. Alhamdulillah shollu sangat kami butuhkan, sebagai pengelola Madrasah saya sudah 3 tahun menggunakan shollu terutama di bulan ramadhan namun itulah di versi 3.82 terjadi eror setiap kali PC startup, 1. terjadi bentrok dengan softwar lain seperti Bel Otomatis, dan terdetek berbahaya oleh anti virus (saya pakai kombinasi SMADAV dan AVG Internet Scurity)ahirnya saya uninstal shollu. Saat Ramadhan inilah saya googling ke http://ebsoft.web.id dan Yesss….. ada update terbaru. Izin manfaat ya kang semoga tak ada masalah seperti di versi sebelumnya.

  23. Ass, Meralat yang kemaren.. mas ternyata sya lupa jeli tidak mencentang Auto star with windows pada settingan shollu, sekarang saya senang sebab ada lantunan lafadz Bismillah..disaat windows star, Terima kasih Ebsoft!!

  24. Great idea Mr. Ebta, very smart application. Rreading this blog i surely get an interest to know about Islam. Thank for your a potential application.

  25. Ass. Terima kasih Mas Ebta, setelah shollu3.exe saya update pakai versi 3.09.1 sekarang tampilan sudah normal. Wss.

  26. bismillah,
    ini nasehat buat saudaraku yang menginginkan kebaikan untuk dirinya.
    hendaklah menulis salam, doa, shalawat ditulis dengan lengkap.
    JAUHILAH MENYINGKATNYA seperti ASS, SAW, SWT dan semisalnya. Yang maknanya naudzubillah jauh dari doa yang sebenarnya. Silakan tanya mas James Eagan Holmes di atas apa arti ASS? Pantaskah kata itu diberikan kepada saudaranya? Jika ada yang mengatakan, tapi kan niat dan maksudnya baik, ingin mendoakan. Maka ingat2lah jawaban Abdullah bin Mas’ud -radhiyalahu anhu- ketika menasehati orang2 yang dzikir berjamaah dan menghitungnya dengan kerikil,”Mereka berkata, ‘Wahai Abu ‘Abdirrahman, kami tidak menginginkan kecuali kebaikan.’ Beliau menjawab, ‘Berapa banyak orang yang menginginkan kebaikan namun dia tidak mendapatkannya’.”
    http://www.darussalaf.or.id/stories.php?id=1099
    Berhati-hatilah wahai saudaraku. Wallahu a’lam wallahul muwaffiq.

  27. Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Terimakasih Mas Ebta Setiawan, metode tercepat yang Anta kasih tau memang mantap dan shollu 3.09 ana berjalan dengan lancar. Semoga software yang Anta buat bisa berguna bagi seluruh pengguna yang beragama Islam dan mudah-mudahan software ini bermanfaat baik di bulan Ramadhan maupun di bulan-bulan yang lain. :-)(y)
    wassalam

  28. semoga Allah yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang selalu memberikan pahala yang berlipat ganda atas segala amal ibadah dan kebaikan yang telah mas Ebta kerjakan dan juga mencurahkan Rahmat dan kasih sayangNya kepada mas Ebta ,aamiin… Ya Rahman Ya Rahim

  29. mas, kenapa ya di komputer saya software ini di beberapa pengaturnnya background teksnya warna hitam, akibatnya saya ga bisa baca tulisan apa itu, saya jdi ragu2 mau mrubah ceklist2 di pengaturan itu… mahon bantuannya mas…

  30. #58 Andi
    Iya, ada sedikit masalah di windows XP, silahkan download yang versi 3.09.1 di halaman shollu google kode (link artikel diatas)

  31. Syukron katsiiir…. Jazaakumullaahu ahsanal jazaa’…. terima kasih sekalian aku mohon izin dan memberitahu bahwa aku udah men-downloadnya….. sekali lagi terima kasih….

  32. aplikasinya udah ditambahkan ke startup list tapi tidak mau jalan saat startup, apa harus mendisable UAC bagi windows 7 users???shollu yg versi sebelumnya sih lancar-lancar saja.Thx…

  33. Kenapa oleh NOrton Antivirus langsung di remove ya pak?

  34. Barakallahu fiik atas karyanya untuk kemaslahatan ummat…Semoga Allah senantiasa meberkati dan merahmati antum serta menambah ilmu yg bermanfaat bagi kita semua.

  35. Kenapa di win7 home premium saya tidak bisa langsung hidup? yang 3.08 bisa langsung hidup, dan apakah dasar icon shollu memang berwarna orange? terima kasih

  36. padahal sudah dicentang otomatis jalan ketika windows mulai………..

  37. Hanya orang yang beriman dan pemurah hati yang bisa berbuat untuk orang banyak … semoga amalh ibadah yang membuat dilipat gandakan oleh Yang Maha Pengasih dan Penyayang … Allah SWT.

  38. Syukur Alhamdulillah, terima kasih buat yang bikin program tentunya tidak sedikit biaya dan waktu yang telah diluangkan untuk program ini. tetap semangat dan SMILE 🙂

  39. syukron, makasih mas ebta. smoga tetap smangat mengembangkan software open source!! ^^

  40. Mantap nih… Kalo bisa minta tambah waktu imsyak nya mas, kan bertepatan bulan ramadhan… 🙂

  41. Alhamdulillah,.. ternyata da juga update terbarunya.. sudah lama saya menantikakannya mas.. terima kasih banyak dan mohon ijin untuk mendonlodnya ya…

  42. Saya dah coba install di win7 sp1 ko automatic start up nya ga bisa ya mas?

  43. Alhamdulillah, sebuah program yg sangat bermanfaat untuk semua umat Islam. Saya (dari Malaysia) mengucapkan terima kasih kepada Mas Ebta. Semoga Allah terus memberi pahala yg berlipat kali ganda atas usaha saudara.

  44. izin untuk mendownload ya..
    Jazakumullah khairan katsiran 🙂

  45. Makasih mas Software sangat berguna, semoga membawa berkah dan menjadi amal Jaariyah panjenengan

  46. alhamdulillah,softwarenya sangat membantu untuk mengingatkan kita agar selalu sholat diawal waktu…mudah2n mas ebta selalu mendapat rohman dan kasih sayang-Nya, kesehatan, rizqi yang halal, lancar dan berkah serta melimpah, serta selalu diberi solusi terbaik dari masalah2 yang mas ebta hadapi…amin. selamat berkarya mas ebta

Comments are closed.