99

Test Browser tercepat : Firefox, Opera, Safari dan Google Chrome,

Setelah Firefox 3.6 di rilis, beberapa web browser lainnya juga tidak kalah, seperti Google Chrome dan juga Opera. Hal itu tentu menarik bagi pengguna web browser seperti kita, kita bisa memilih mana diantara berbagai web browser yang paling cepat, stabil, ringan dan lainnya.

LifeHacker belum lama ini mengetest perbandingan kecepatan berbagai web browser tersebut. Bagaimana hasilnya ?

Hasil test tidak menunjukkan bahwa salah satu browser unggul di semua kriteria yang digunakan. Berikut ringkasannya :

Boot-up dan Warm loading; Pemenang : Opera !

Test ini untuk mengetahui kecepatan membuka web browser. Loading ketika browser pertama kali dijalankan setelah komputer menyala atau cold start dan loading kedua dan seterusnya (warm start) (grafik: lebih kecil lebih baik)

Tab Loading; Pemenang: Google Chrome (stable)!

Test ini dilakukan dengan membuka 9 tab web browser yang ada dan dilihat seberapa cepat respondnya. (grafik: lebih kecil lebih baik)

Javascript; Pemenang Opera 10.5 Pre-Alpha

Test untuk melihat bagaimana kecepatan dalam menjalankan kode javascript (grafik: lebih besar lebih baik)

DOM/CSS; Pemenang : Chrome (Dev)!

CSS merupakan hal yang tidak dapat dipisah dari website. Di test ini Chrome lebih unggul dari yang lain (grafik: lebih besar lebih baik)

Penggunaan Memory, tanpa tambahan fitur; Pemenang : Firefox 3.6!

Bagi yang sangat memperhatikan penggunaan memori komputer, terlihat Firefox merupakan browser yang paling kecil penggunaan Memory-nya, meski itupun hampir mendekati 100 MB. Jika menggunakan Chrome 4 (Stable), pastikan komputer mempunyai Memory yang besar (grafik: lebih kecil lebih baik)

Penggunaan Memory dengan extentions; Pemenang Firefox 3.6

Masih seperti test sebelumnya, masalah penggunaan memory komputer tetapi dengan tambahan extentions, seperti plugins dan add ons (sebanyak 5 buah). Firefox 3.6 masih tetap unggul (grafik: lebih kecil lebih baik).

Kesimpulan Akhir

Setelah melakukan berbagai test diatas, score akhir yang didapatkan masing-masing browser adalah sebagai berikut ( test penggunaan memory dengan extentions tidak disertakan). Nilai maksimal adalah 35 :

* Google Chrome 4.0.302.3 (dev): 25
* Google Chrome 4.0.249.78 (stable): 24
* Firefox 3.6: 20
* Firefox 3.5.4: 21
* Opera 10.5 Pre-Alpha: 25
* Opera 10.01: 15
* Safari 4.0.4: 19

Meskipun tidak semua kriteria unggul, tetapi google chrome mempunyai score yang paling tinggi. Tetapi hal ini harus dibayar dengan penggunaan memory yang relatif jauh lebih tinggi dari browser seperti Firefox.

Referensi
Browser Speed Tests: Firefox 3.6, Chrome 4, Opera 10.5, and Extensions

99 Comments

  1. wah chrome no. 1,. Dah pantes memang,. cma msh ada bugnya,. misal kl0 buka email shockwave plyernya kadang error

  2. Bang, aku udah lama pakai firefox, compatible ama laptopku, lainnya kalo saya test, ada kekurangannya baik dari kecepatan, download, RAM dan tampilan. Firefox is uptodate.
    Bravo firefox seri apa saja.!!!!

  3. yahh . . . yg saya pakai sih kadang firefox kadang chrome . . .

    chrome simple & cepet loading awalnya . . . tapi pengalaman kalau chrome dipakai buka sampai puluhan tab, kadang CPU use jadi 100% dan chromenya hang . . .

    entah kenapa ya . . .

  4. Saya telah lama memakai firefox, tambahan-tambahan ekstensi dan pemakain memori yang kecil membuat saya jarang memakai produk lain. jazakallah buat mas ebta, bagi kawan-kawan yang ingin belajar islam bersama-sama dengan download ebook-ebook (chm) Islam gratis silahkan kunjungi http://ibnumajjah.wordpress.com/

  5. Walau chrome hebat,
    aku tetap pake firefox aja dech….
    lebih ringan,cepat dan banyak addonsnya..

  6. wah kayaknya pilihan tetep dengan firefox tidak butuh memory yang besar…. dan cukup stabil menurut saya

  7. 😀 untung ane pake chrome. ternyata emang bener tho. Pualing mantap. Pengalaman.. kayaknya sering eror kalo buat login admin CMS wordpress ya. ta buat login admin ke zimbra server juga ga mau. wal hasil .. ya install firefox juga. sampai sekarang pake dua-duanya. Silakan berkunjung Kesini buat lihat artikel berkualitas lainnya.

  8. Firefox is always the best lah…apalagi UI udah terbiasa dan untuk bookmarking pun udah pas (well managed), regardless how the score, firefox is still numero uno…

    Nice article.

  9. kalau aq lebih sering pake opera, cos hampir 15 jam
    brosingku hidup terus, dan yang paling cocok dalam
    keadaan demikian adalah opera, fiturnya sangat membantu
    kecepatannya juga ok..
    saya bisa
    – Email servis dengan fasilitas mewah
    – Web servis dengan fasilitas unitenya
    – Simpan “Note, bookmark, dll” di situs opera, sehingga, kapan
    pindah-pindah tempat “Note, bookmark, dll” tadi bisa dipakai
    and bisa di update
    – dll
    pokoknya wah buangat deh opera 10.10

  10. setuju ama mzmut
    pake opera enak bgt, sekali instal (kecuali yg portable) uda dapet fitur byk banget, ada:
    -web browser
    -email client
    -irc client
    -torrent client
    -bookmark sync
    -ada opera unite juga (+++)

    uda fitur banyak, pakenya juga nyaman (padahal belum setting mouse gesture), “back” tinggal click mouse right-left, “forward” tinggal left-right, open in new tab tinggal shift-click, save gambar tinggal ctrl-click.

    itu menu standar, belum kalo ditambahi widget.
    OPERA is the best dah….

  11. IE8 ter update di Win XP3 genuine + Speedy…. = aku rasakan dalam browsing dan yang lain (misal main Mafia Wars), koneksinya lebih cepat. dibanding Opera + Speedy. Cobain deh.

  12. saya menginstall opera, mozilla dan chrome. tapi yang paling sering digunakan adalah mozilla (karena dengan jumlah tab yang sama dgn browser lain menggunakan resource memory lebih sedikit), alternatifnya adalah chrome karena loadingnya yang lumayan cepat juga tampilanya yang sederhana tapi menarik karena memiliki banyak pilihan tema.

  13. mas, yang saya pakai sekarang firefox versi 3.1 lambat sekali loadingnya, dimana saya bisa install firefox versi baru.

    makasih atas infonya..sukses selalu

  14. saya dari baheula pake netscape browser+mail, jadi saya istiqamah dengan meneruskan ke firefox dan thunderbird… he..he.. panatik ceritanya mah….

  15. terimakasih udah sharing infonya pak, jadi tahu mana yang lebih unggul, alhamdulillah udah berhasil upgrade pakai Firefox 3.6 , versi sebelumnya sepertinya boros memori, kadang tinggal 2 tab aja masak sampai makan memori 200MB

  16. aq seh smua ok. namany jg produk populer smua…. sayangny chrome ga bisa disable plugin. klu pngen disale image, javascript g bisa. klu opera ama mozila. buka tab yg bnyk memoryny gede amat… smpai lmbat compi awak. wah… mmg yg namany bwtan manusia g ad yg smpurma… hahaha…

  17. tapi kalo berdasarkan pengalaman di kompi saia, pake firefox 3.6, opera 10.5, sama IE8.. pemenangnya tetep firefox 3.6 dalam hal kestabilan dan kecepatan..

  18. bravo google chrome, saya mungkin yang fanatik dengan google chrome, sejak pertama muncul “tawaran: download secara super cepat, sejak itu pula saya pakai sampai sekarang, dan no problem , it easy going….!

  19. Tidak salah pilihan saya pada google chrome, ternyata memang yang tercepat. Bravo untuk google chrome.
    Trim’s ebsoft.web.id, juga tidak lupa untuk Google.

  20. Yang penting enak dikita… bukan di orang lain..
    kalo merasa itu enak yah pakai aj..

    saya sendiri pilih firefox 😛

  21. hhmmm, stlah make win 7 + IE8 nya, rasanya masih sulit tertandingi.. asal win nya ori…!!

  22. ahhhkkkk…. GA PENTING TU MOZILA CHROME OPERA…. ATAU IE SEKALIPUN…
    YANG PENTING ADALAH… H I D U P P A R A (ORANG YG SUKA BROWSING) BROWSERER NTAH APALA NAMANNYA…. MAKSUDNYA KITA2 INI LHO…. WKWKWKWKWWKKW…..
    YANG PENTING ONLINE TRUSSSSS….

  23. Firefox 3.5.7 mempunyai loading paling cepat, tapi jgn kesampingkan IE 8, jauh lbhh cpt dari yg versi 7

  24. ku campur2 kaya gado2 internetfireoperachromeanekariasafari …. ketauan amat boong nya ya..he-he-he-pusiiiiing lemot kabeh koneksiku.pa lagi kalo ga ada pulsa nya teri asin mulu ,”EH”apa sih bhs ingris nya coba lg..?

  25. manteb infonya…
    semakin banyak menahu tentang dunia maya…

  26. Trima kasih atas infonya mengenai browser2. U menambah pengetahuan saya, apakah setiap browser(IE8,Google,Yahoo, Monzila, Opera} mempunyai andalan antivirusnya masing2,jk ada mohon dijelaskan. Atas perhatian dan tanggapannya saya ucapkan trima kasih.

  27. Kami install IF8, Chrome, Firefox 3.5 tapi yang sering Firefox.
    Terima kasih infonya

  28. thx mas ebta infonya, tapi saya tetap nyaman pake firefox 3.6 soalnya saat saya upload berita di website, klo pake chrome dia tidak beraturan, kabur kesana kesini paragraf sma formatnya. -_-“

  29. Halo mas, saya baru nemu ini blog.
    trimakasih buat info2nya.. berguna baget

    keluar dari pembahasan ada yg mo sy tanyain buat semua yang bisa bantu khususnya buat mas ebta..

    saya sering nonton dvd di komputer (DVD Writer)terus sekarang DVD Writer sy tiba2 ga bisa diopen/dibuka. kenapa ya & gimana caranya biar bisa bener lagi?
    Ada yg bisa bantu????

  30. kok minefield gk ada yang tes ya???
    saya sih pake minefield, produk lain dari mozilla….

  31. chrome memang lebih baik, tapi masih mengandalkan firefox.. :)
    salam kenal ah….

  32. buat hime:
    itukan ada lubang kecil di depannya, sodoknya aja pake clipper (yg biasa buat jepit kertas) lurusin… sodok pelan2 sampai bunyi klek…lalu tarik…aja.
    kalo cara ini berhasil…. itu dvd/rw nya diusahain jgn sampai kondisi kosong, artinya dipake kaga dipake isi aja cd/dvd apaan aja.

  33. saya sudah coba beberapa browser (8 buah)semuanya punya kelebihan masing-masing. tapi yang sering dipakai adalah opera 10 (ada turbonya), firefox 3.6, dan crome 4.

  34. semua ya tergantung koneksinya gan, kalo cepet2an mah relatif, kalo winsucks mending pake palemoon ato orca (kalo di linux swiftfox) gan daripada si rubah murni

    komen dikit buat yang pake opera nih (pemakai opera juga nih), opera memang cepat pas kalibrasi lini jadi syarat kudu koneksinya stabil (sama kayak palemoon, safari hehehe), kalo naik turun gak bakalan jalan

    yang chrome mending pindah ke chromeplus

    kalo IE mending yang versi 7 n dopingan maxthon 2

  35. @ said hm basyaiban

    sudah coba disodok, ga ada bunyi klik tapi lampu indikator dvd nyala (seperti mau kebuka tapi tidak terbuka. knp ya?

    kalau pk cd kosong tidak akan error lagi?

  36. Yang.. penting !! Softwarenya terupdate, sedikit bugnya
    …dan gratis tis tis….

  37. walaupun firefox 3.6 memiliki performa yg sangat baik dan resource RAM paling kecil (dalam test diatas), tapi tetep resource yg terpakai bisa hampir 100MB (dalam kasus yg saya alami +188 MB). ada gak yg dibawah 40MB?

  38. Wah, gak adil dong IE8 gak di sertakan.. Perlu tau juga tuh hasil riset nya :)

  39. kemaren coba kinerja IE8 di win7, buka 16 tab masih jalan.seandainya koneksiku lbh bagus lagi,akan kucoba 24 tab

  40. Saya menggunakan firefox karena lebih simpel saja dan ada extension yang kebetulan saya butuhkan.

  41. klo saya tetap lebih suka pake opera, soalnya dah nyoba berbagai browser, fitur resume opera gak ada yang ngalahin.. walaupun tetap jg make ie dan firefox tp tetap yang utama opera..

  42. chorme cepet klw buka 1 atau 2 tab saja, klw bnyak tab lemot?
    firefox sampe 10 tab masih lumayan kenceng, walaupun gax sekenceng chrome!
    tetep pke firefox az…

  43. Kl asli dari pabriknya, tanpa tambahan add-ON, memang chrome lebih stabil n simple (hare gene make ram 256MB??2 GB dunk). Tapi jika ditambah add-on/plugin macam addblock misalnya, kecepatan browsing Firefox bisa berlipat2x. Belum lagi add-on macam download n video manager, browsing capture, dll.
    Aq pilih Rubah-api!!~!

  44. kalo urusan browser yg tercepat pilih aja LUNASCAPE 6.
    CHROME & FIREFOX MAH LEWAT.
    RASAKAN BEDANYA. DIJAMIN…

  45. Pingback: Test Browser tercepat : Firefox, Opera, Safari dan Google Chrome | Mampir Sejenak, untuk....
  46. Pingback: Test Browser Tercepat : Firefox, Opera, Safari dan Google Chrome | BLOG-nya danish
  47. Pingback: uberVU - social comments
  48. Pingback: Test Browser Tercepat : Firefox, Opera, Safari dan Google Chrome « BLOGnya DANISH
  49. kurang stuju dengan hasilnya khususnya opera, coba pake buka FB pake opera malah gambarnya lama muncul, kadang gak muncul.

    coba buka yahoomail. eha malah opera gak support semuanya….capek deh…

  50. wah klo aq pke firefox ama ie8. yg laen berat bgt…

    klo ie8 lambat, pke firefox, klo firefox lmbt, pke ie8.

    tpi salut wt pemilik ni web. bnyk manfaat euy…

    klo internet accelerator ato download accelerator yg bgus n tnpa reg punya ga?

  51. ah..klo saya mah ga masalah pke browser apaan juga
    orang internet saya kenceng banget..paling kenceng satu Indonesia kayanya.. komputer saya juga bagus jd ga takut kehabisan memory, saya orang kaya soalnya

  52. kenapa flock browser ga dibahas yah…

    padahal flock kan keren bgt…

    hidup flock

    yeeeaaaahhhh

    hidup flock

    yyyeeeeeaaaa

  53. mo nanya bang………
    aku pake laptop acer core 2 duo 2.00Ghz Ram 2GB Grafik intel OS Vista HP,baiknya pake browser yg mna????????
    Thank’s be 4 infonya……….

  54. Perasaan firefox belum ada yg bisa ngalakan, memiliki add on yg luar biasa. Apalagi firefox versi 3.6 bhs indonesia, jauh lebih cepat di tambahin add on makin stabil. Dengan adanya add on Anda ga perlu menambahin aplikasi tambahan lagi di komputer Anda, hampir semua ada di add on mulai dari mempercepat browser, fasterfox extra atau untuk mempercepat download 10 kali lipat namanya firedownload, untuk memaksimalkan kinerja flash flayer saat Anda bermain poker difacebook, hanya firefox yg mampu bertahan stabil sedang aplikasi browser yang lainnya sering eror, ga percaya buktikan sendiri..!! Masi banyak lagi add on yg lain dan fungsi2nya. I love firefox bukan yang lain..!! Hahahaha….!!

  55. Firefox emang bagus tp akhir-akhir ini pake firefox pasti kecewa, karena:
    1. makan memory lebih dari 200MB
    2. kl tab yg laen lg loading trus kita mo pindah tab pasti lemot
    3. cpu usage jd tinggi (70%-90%)
    sedangkan untuk chrome ga tahan ma cookie yg rada bandel bikin koneksi jd lemot. buat opera, masalahnya banyak konten yg diblok buat mempercepat tampilan dan loading walaupun udah disetting tetep aja ga nyaman. itu semua yg gw rasain pake macem-macem browser. jd menurut gw ya ga ada yg namanya ringan, nyaman, aman dan bebas hambatan. enjoy aja…!!

  56. Pingback: Test Browser Tercepat : Firefox, Opera, Safari dan Google Chrome | BLOGnya DANISH
  57. Sy lbh sering pake Firefox, tp akhir2 ini klo lg maen Zynga Poker kadang suka nge-hang, gitu…
    Tulisanny sih “script error or script cannot be read” klo dah muncul itu udah gak bs respond, musti d End Task…
    Jd akhir2 ini sy berpaling pake Opera 10.10 Mantaff, lancar…blom pernah nge-hang….

  58. pake ie8+tweak,safari5+tweak,ff 3.6.3+tweak…kenceng semua

  59. Sy pro-google chrome.
    Yang paling utama, google chrome tuu cepat, apalagi yg versi terbarunya. Kelebihan lainnya, add on nyaa banyak, Contohnya aj kyk penerjemahan website otomatis untuk berbagai bahasa, termasuk bahasa indonesia. Trus lagi, tampilan mempercantik facebook. Macem” dah pokoknya.. Themanya juga banyak..

  60. Saya suka pake google chorme dan ini adalah browser default di komputer saya cuma browser ini masih banyak kelemahan :

    1. tidak bisa buka yahoo answer
    2. tidak bisa copy link download ( saya suka download pake idm)
    3. sering hang dan selalu minta di restart ulang (chrome bukan winnya)
    4. tidak bisa memblock flash (harus pake third party buat memblock flashnya)

    secara rata2 chrome memang diatas web browser yang pernah saya pake (safari, firefox, dan ie8)

Comments are closed.