47

Web Browser Grand Prix 5, siapa terbaik dan sang juara ?

Saat ini pilihan untuk browsing atau surfing di internet cukup beragam. Paling tidak ada 5 pilihan utama, yaitu: Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera dan Safari. Mana yang sebaiknya kita pilih untuk dijadikan browser utama ? Sebagai referensi atau panduan, kita bisa melihat melalui Web Browser Grand Prix.

Tomshardware.com, website yang sering mengulas berbagai hal tentang hardware komputer, sejak Maret 2010 yang lalu memulai review atau ulasan 5 web browser terpopuler serta membandingkan kemampuannya satu persatu, kemudian setelah melalui berbagai perbandingan dan uji coba, akan di ambil satu juara atau web browser terbaik. Ulasan dan perbandingan ini di istilahkan dengan Web Browser Grand Prix (WBGP).

Beberapa waktu yang lalu tomshardware sudah sampai pada WBGP edisi ke 5, dan yang dibandingkan adalah 5 web browser terbaru saat itu, yaitu :

  • Google Chrome 12
  • Mozilla Firefox 5
  • Internet Explorer 9 ( untuk windows vista dan 7 )
  • Opera 11.50
  • Safari 5.05

Pengujian dilakukan pada sistem operasi Windows 7 64bit di komputer desktop dan Windows 7 32 bit di Netbook, dengan server lokal Ubuntu 10.04. Selanjutnya test yang dilakukan sebanyak 37 macam, dengan masing-masing test ada yang dilakukan 1 sampai 5 kali. Beberapa test yang dilakukan antara lain :

  • Waktu startup antara 1 Tab dan 8 Tab
  • Loading ketika membuka web Google, Facebook, Youtube, Yahoo dan MSN
  • Test kecepatan (performa) eksekusi Javascript, Javascript 2D, Flash, Java, Silverlight, WebGL, CSS3, dan juga HTML5
  • Test penggunaan Memory (RAM) komputer
  • Serta berbagai test lainnya, silahkan lihat detailnya di halaman Methodology

Siapakah sang Juara

Setelah dilakukan berbagai test untuk masing-masing web browser, dan dibandingkan hasilnya, memang tidak ada salah satu yang unggul di semua kriteria yang digunakan. Berikut kesimpulan akhir hasil analisis, masing-masing browser dan pemenang di tiap kategorinya :

Untuk melihat detail masing-masing test yang ditampilkan dalam grafik, silahkan langsung menuju halaman Web Browser Grand Prix 5. Akhirnya, di edisi 5 ini, WBGP memutuskan bahwa sang juara adalah Google Chrome 12.

Setelah Google Chrome menduduki peringkat pertama, selanjutnya peringkat kedua diduduki oleh Internet Explorer 9 baru kemudian di ikuti oleh Firefox 5 (meskipun peringkat 2 dan 3 ini masih bisa menjadi perdebatan). Peringkat terakhir diduduki oleh Safari 5. Dengan adanya grand prix ini, cukup membantu kita untuk memilih web browser utama yang akan kita gunakan. Meskipun kadang banyak faktor lain yang menjadi pertimbangan untuk memilih web browser.

Informasi selengkapnya : Web Browser Grand Prix 5

47 Comments

  1. horeeeeeeeeeee pertamax juga akhirnya dah lama banget pengen pertamaxx ckckck.. tapi klo aku masih lebih seneng make mozila dari pada chrome.. but nice info mas ebta ^^d

  2. Browser Unggulan saya boleh juga…Opera
    Fitur Opera untuk develop web sangat membantu saya…
    Segudang catatan dan puluhan email tertampung dengan ringan di Opera… setting portable/multi user sangat mudah… and masih banyak lagi..
    Yang lain cuma buat ngetes sama buka situs yang strong2..
    Trims Mas Ebta

  3. IE : ribet cara installnya
    Chrome : Sering crash
    FF : Berat render JS dan Flash
    Safari : Bkn pengguna Mac

    Pilihan terbaiknya utk saya Opera. Ringan dan simpel.

  4. Kalo kita yang makai lebih senang Firefox karena banyak plugin yang bisa digunakan. Kedua Chrome sebagian besar cocok dengan halaman web. Ketiga IE, dan keempat Opera.

    Pemenangnya Chrome = Firefox. 🙂

  5. Setuju Chrome terbaik, sayang sering crash jadi payah en jadul akhirnya, saat ini saya masih tetap setia Firefox 3.6 emang pilihan pertama FF, jika download data besar baru pakai Chrome. Bravo mas Ebta

  6. nice info…

    saya suka pake chrome…tapi selama ini alasannya adalah tampilannya lebar…tapi ternyata speednya bagus juga….

  7. sy pake dua : untuk browsing doangan pake chrome…pas mo download pindah pake firefox dgn acceleratornya..

  8. ane pake crome, tapi masalahnya crome sering crash kalo buka web terlalu banyak. tapi enak soale ringan, cepet dan simple.
    pilihan kedua firefox. yang lain lewat

  9. ane pake chrome gak sering crash, walopun tab banyak… pilihan sejak doeloe waktu pertama kali pake Chrome… Chrome is the best

  10. tapi kalo ane mah milih nya fire fox, plug ins nya itu loh lengkap….
    chrome juga bagus tapi….

  11. ane sendiri pake 3 aja dah cukup soalnya menurut kebutuhan sih
    -opera untuk download stabil
    -ie untuk update windows
    -ff untuk fb atau brosing cepat

  12. @adhi: tambah lagi bro,,
    gc buat maen angry bird.. 😀

  13. – Chrome bagus namun add-on nya masih sedikit..
    – IE9 well, ane belum pake masih pake windows XP soalnya dikantor :D, masih pake IE8, dan kemaren masih mengecewakan dari sisi CSS dan Javascript…
    Firefox ane sering pake, karena bagus untuk developer web, add-on lengkap, cuman sering rakus memory, coba deh pake Firefox untuk browsing lama-lama, pasti memory bakal menggemuk padahal page-nya sudah ditutup..
    Sekarang lagi coba Palemoon, salah satu genre dari Firefox, fitur-fitur sama kayak Firefox, addon, themes dan sebagainya, hanya saja lebih bagus dari sisi manajemen memori..

  14. semua gak berlaku kalo gak didukung fitur yang mutahir kang ebta……misal yang simpel nih….mo cari history..chrome ??? setengah mati baru dapet

  15. maztab…,ga bisa idup tanpa firefox, ban serep chrome, sesekali opera, buan simpan digudang ie 9 😀

  16. GC juara 1. Kalau saya pake browser Comodo Dragon, turunan Chrome jg. Mantap deh pokokna. Loading cepet, memori print kecil, tampilan gak ribet, semua fitur GC dia support juga, bs pake idm lg.

    Mengenai addons, di GC atau Comodo Dragon namanya extension. Lumayan banyak juga sebenernya, google aja. Kalau saya pake cuma 3: IDM, adblock dan lazarus. Mantap dah.

  17. saia msh mnjadi pmakai setia Opera. apalg ada fitur Opera turbo-nya. btw, thanks mas ebta

  18. Chrome tetap keren dengan manajemen prosesnya yg unik, tiap tab punya proses tersendiri, jadi kalo ada tab yg hang, tab2 yg lain gak ikut hang. Sip dah!

  19. Tergantung kebtuhan aja…. klo hanya untuk browsing yang btuh kecepatan bagusnya pakai chrome. klo untuk keperluan lain yang perlu menggunakan beberapa add-on tertentu bisa pakai firefox yang mempunyai banyak add-on
    Thanks

  20. Aku lebih suka IE9, cepat, kompatible dg bermacam situs bisnis dan aman.kalo mau kebut kebutan aku malah make K-Meleon, krena gak ada yg bisa menandingi kecepatan loadingnya si K-Meleon.

  21. Pingback: BEBERAPA TIPS KOMPI « jasonjoseph13th

Comments are closed.