77

5 Software Gratis membuat Bootable USB Windows

Kini untuk melakukan installasi windows, bisa dengan mudah kita lakukan melalui USB Flashdisk. Hal ini sangat bermanfaat, karena mungkin sebagian PC/laptop yang dimiliki tidak tersedia CD/DVD Rom, sehingga alternatifnya kita harus menggunakan media lain seperti USB Flash drive, SD card, eksternal HDD dan lainnya.

Selain alternatif dari CD atau DVD, menggunakan media berbasis USB lebih menghemat space, karena bisa kita buat hanya ketika diperlukan saja dan juga kita hapus. Sehingga tidak perlu keping CD atau DVD yang rentan akan kerusakan. Berikut koleksi software gratis yang bisa kita gunakan untuk membuat Bootable USB, baik untuk installasi windows.

WinUSB Maker

WinUSB Maker merupakan software portable untuk membuat media penyimpan eksternal seperti USB Flashdisk atau eksternal HDD menjadi bootable dan dapat digunakan untuk memindah file setup (installasi) windows ke USB.

Beberapa Fitur WinUSB Maker antara lain:

  • Backup dan Restore (termasuk MBR, Master Boot Record) dari USB Drive
  • Di design dengan keamanan maksimum, untuk menghindari errir dan mencegah kesalahan memformat windows
  • Dapat bekerja dengan Windows dalam DVD, Folder atau ISO Image
  • Memformat USB dalam file sistem NTFS
  • Dapat membuat DOS/GRLDR bootable USB Disk
  • Copy file dengan level kecepatan maksimum
  • MEndukung perangkat yang lebih dari 1 TB

Selain itu terdapat berbagai fitur lainnya, selengkapnya bisa mengunjungi halaman WinUSB Maker. Program ini dapat berjalan di windows Vista,7,8 dan server 2008/2011 (dan memerlukan .Net Framework 3.5)

Download WinUSBMaker.7z ( ~ 1.3 MB)

Windows 7 SBB Tool

Program kecil dan portable ini dapat digunakan untuk membuat bootable USB windows 7, tidak hanya USB Flashdisk, tetapi mendukung SD Card. Untuk membuat bootable USB, kita tidak bisa menggunakan ISO Image (file ISO) dari windows 7, tetapi kita harus manual menentukan lokasi folder windows tersebut (sebelumnya bisa kita copy dari DVD ke hardisk).

Download Windows 7 SBB Tool ( 245 KB)

Passcape ISO Burner

Program kecil dan juga portable PAsscape ISO Burner merupakan aplikasi untuk membuat bootable disk dan juga USB dari berbagai file ISO, tidak hanya windows. Dapat digunakan untuk membuat bootable CD/DVD, perangkat USB (Memory Stick, USB Flashdisk, CompactFlash, Secure Digital USB Hard disk dan lainnya).

Beberapa fiturnya antara lain:

  • Memindah file ISO ke CD/DVD dan USB drive
  • Membuat bootable media
  • Extract isi file ISO ke hardisk
  • Antarmuka yang sederhana

Program ini dapat berjalan di windows XP keatas. Download Passcape ISO Burner ( 314 KB)

A Bootable USB

Aplikasi dari aksvg.com ini merupakan program pembuat bootable USB untuk menginstall windows 7. Setelah dijalankan, kita bisa memilih lokasi install file (saya sarankan memilih lokasi yang sama dengan A Bootable USB, sehingga bisa menjadi portable). Untuk membuat bootable USB WIndows 7 diperlukan minimal 4 GB USB.

Aplikasi ini dapat menggunakan DVD Windows 7 atau file ISO. Dan dapat berjalan di windows Vista, server 2008 atau windows 7. Untuk menjalankanya, kita harus melalui 3 langkah, Check USB Drive, Format USB Drive dan memilih DVD atau ISO. Sayangnya setelah saya coba di windows 7 ( versi 0.9.0.4), ketika langkah format USB, proses ini terhenti sehingga belum bisa saya teruskan dan harus menutup dengan End Task. Mungkin dari menu Options perlu dicoba setting lain ketika format USB.

Download A Bootable USB ( 996 KB)

Novicorp WinToFlash

Aplikasi ini sudah ada cukup lama, dan tergolong bagus untuk membuat bootable USB. Tidak seperti kebanyakan aplikasi sebelumnya yang hanya mendukung windows vista atau 7, WinToFlash dapat digunakan untuk membuat bootable USB windows XP/2003/Vista/2008/7/8.

Beberapa Fitur WinToFlash antara lain:

  • Memindah installasi windows XP/2003/Vista/2008/7/8 dari CD/DVD ke USB Flash drive
  • Memindah WinPE ke USB
  • Membuat USB Flash drive dengan Bootloader darurat untuk windows XP/2003
  • Memindah MS_DOS ke USB
  • Membuat USB berisi windows XP/2003 Recovery COnsole

Program ini dapat berjalan di Windows XP/2003/Vista/2008/7 dan juga windows 8. Tersedia antarmuka dalam bahasa Indonesia, sehingga bagi yang kesulitan menggunakan bahas Inggris, aplikasi ini akan sangat membantu.

Download WinToFlash ( 6.9 MB)

Untuk mengatur agar komputer bisa booting dari USB silahkan membaca artikel saya sebelumnya disini Bagaimana mengatur BIOS agar Komputer Booting dari USB Flashdisk ?

77 Comments

  1. Mas, saat saya inul kemarin, saya menggunakan DVD bajakan, pakai software gak ada yg working, termasuk salah satunya A Bootable USB. Berhasilnya justru dengan nambahin bootsect pake cmd dan copy paste manual. X)

  2. klo dalam satu flashdisk di buat lebih dari satu OS yang bootable bisa kah?
    mohon pencerahan..
    jazakallahu khairan katsir

  3. Sayang hanya untuk windows 7, vista.
    Gimana untuk windows XP, 2000..? Ada juga nggak..
    Bootable USB untuk ini sangat diperlukan, karena Disket sdh tdk familier lagi…
    Thanks

  4. tanya dong mas, kalo laptop nya jadul, ga suport instal dengan usb ya???

  5. makasih m ebta infona..q mo nanya apakah booting sama dengan install ulang ? soale q seneng otak atik kompi n nyoba software2 dr m ebta.

  6. Mat, pagi Mas Ebta, wah lagi – lagi dapat info berharga dari Mas.
    Ma..kasih banyak Mas, saya dan teman lain lagi mau download……

  7. untuk Pandawa: booting itu hanya proses permulaan saat menghidupkan sebuah komputer, sedangkan install ulang itu mereset operating system ke kondisi default. saat komputer terkena serangan virus yg sdh parah, kita disarankan untuk meng-install ulang demi keamanan data-data yg ada pada komputer kita.
    mohon maaf bila ada kesalahan, saya hanya mengapresiasikan pengetahuan saya. thx šŸ˜€

  8. satu UFD bisa banyak OS ga? caranya bgmana?
    saya tunggu jawabannya mas.

  9. Saya dulu sudah coba instalasi windows 7 menggunakan cara ini. Yang saya coba Novicorp WinToFlash. Saya cobakan ke FD 4 GB, gagal karena space-nya tidak cukup. Baru setelah mencoba FD yang 8 GB hasilnya sukses. Proses instalasi pun tanpa hambatan. Pengalaman yang didapat, sebaiknya saat menformat FD, pilih format NTFS. NTFS sudah menjadi standar instalasi windows 7 dan juga perlu diperhatikan saat memulai instalasi, jangan lupa mengubah setingan boot pada bios menjadikan FD sebagai boot utama. Salam šŸ™‚

  10. Tambahan, admin..
    2 software favorite saya dalam membuat installer 7 di FD:
    YUMI Multiboot USB Creator. Kelebihannya, bisa buat FD kita jadi installer beberapa OS, gak cuma windows 7 aja, tinggal pilih pas booting dari FD mau install apa.

    Yang kedua hampir mirip sama YUMI, yaitu universal USB installer. Yang ini cuma bisa bikin satu installer di FD

    Website:
    http://www.pendrivelinux.com/universal-usb-installer-easy-as-1-2-3/
    http://www.pendrivelinux.com/yumi-multiboot-usb-creator/

  11. Klu menurut aq, ga jaman lagi pake usb install… pake hardisk external bisa lho… transfer datanya lebih cepat pa lagi klu install, dalam hardisk external bisa dibuatkan 3 partisi masing-masing primer… Selebihx jadikan extended… (tempat program tambahan setelah install windows) ya bisa dimasukkan windows xp, vista, seven, tinggal ganti Active Partition untuk mengaktifkan setiap partisi yg pux windows, gampank toh… hehehe.. cuma bagi pengalaman aja…?

  12. brow, di antara 5 soft di atas ada yg bisa buat install windows XP yg mana? mohon infonya krn g mungkin sy install 1/1.

  13. mas ebta, WinSetupFromUSB koq ga diposting ya? sy biasa kl instal xp3 dari usb selalu gunakan software tsb dan ga prnh gagal. kl untuk install win7/vista yg bagus pake A Bootable USB (portable and simple), always working. thx.

  14. Mumpung temanya USB Bootable, saya mau tanya klo buat USB Bootable yang isinya HDD Low Level Format gimana caranya?

  15. salam

    mas klo buat multibootable usb pakai programa yang mana yah ? lebih jelasnya yang bisa muat beberapa file iso.

  16. Assalamu’alaikum. Akh, resume windows 7 home basic ana tidak berfungsi, mohon pencerahannya?biasanya kalau baterai habis dan mati, waktu kembali dinyalakan muncul permintaan resume windows, tapi sekarang tidak …

  17. Nice info mas. cuma bisa kasih rate yg no 5(wintof) aja soalnya sering pake, mklum netbook udh bejibun ditoko2 kmptr hehe
    @mas iswanda, beneran tuh pd gak mau fldisk 4gb tuk bootable usb pake wintof, emang yg iso w7 pd brp size’nya mas? Punya ane cuma mentok 2,4gb tuk 32bit dan 3,7gb tuk full (3,7 ini kyknya gantung ya mas iswanda ama fldisk 4gb>3,7gb kan mentok abis tuh) iya ya betul kata mas iswanda kalo bgitu. Ane biasa instal ambil yg 32bit sih šŸ˜€

  18. Pingback: Software Gratis membuat Bootable USB Windows « GeMa.com
  19. ok banget ini.share pengetahuan untuk anak bangsa…
    semoga makin jaya..
    merdeka….

  20. postingan yang sangat bermanfaat
    kalo nginstal emang mending pake USB dr pada pake CD soalnya lebih cepet dan gratis g usah beli CD/DVD
    šŸ˜€

  21. Saya punya epad bisa enggak ya di instal window 7 dan office 2007 terima kasih jawabanya .

  22. maaf mas., bagaimana ya caranya bootable windows xp sp3 dengan hdd eksternal??? pngen tau caranya mas.. makasih banyak ya… kalo bisa balas nya ke email saya… “adie.badoey@rocketmail.com” makasih banyak mas sebelumnya…

  23. .
    neh kalo mau pake cara manual buat UFD BOOT WIN 7 :

    – Colokkan USB Flaskdisk anda.
    – Tekan Tombol WIN+R, ketik cmd dan klik OK.
    – Ketik diskpart dan tekan ENTER.
    – Ketik list disk, tekan ENTER dan pilihlah yang mana adalah USB flashdisk anda, hati2 jangan salah pilih nanti salah2 yg keformat adalah disk yang lain. jikalau anda punya hanya 1 harddisk maka USB flaskdisknya adalah disk1. biasanya UFD anda terbaca kapasitas 3600MB-3900MB.
    – Ketik select disk 1 dan tekan ENTER.
    – Ketik clean dan tekan ENTER.
    – Ketik create partition primary lalu tekan ENTER.
    – Ketik select partition 1 dan tekan ENTER
    – Ketik active dan tekan ENTER.
    – Ketik format fs=fat32 dan tekan ENTER
    – Ketik assign dan tekan ENTER
    – Ketik exit dan tekan ENTER.
    – Masukkan disk DVD windows 7 dan copy lah semua isi DVD tadi ke USB Flaskdisk anda.

    mudah kan ?

  24. memang lebih mudah menggunakan flashdisk, karena tidak hanya bootable dan master windowsnya saja yg bisa diinstall, tapi juga bisa langsung dengan aplikasi lainnya. tergantung kapasitas flashdisk itu sendiri. trims atas artikel dan link downloadnya. salam

  25. Memang jaman sekarang bagi para installer jika tidak dilengkapi dg install win melalui USB bisa berabe.. banyak yg make laptop tanpa di lengkapi cd/dvd room. Thanks bro atas info nya.. goodluck.

  26. mas saya ud coba pake win to flash, rufush, usb setup. tapi selalu gagal…. setelah di klik tombol instal now lalu muncul pesan “missing driver,, insert cd/dvd……”

    solusinya gmn mas??

  27. program2 diatas, memang sangat power full, tapi sayangnya program bootable usb lainnya tidak bisa membuat installer all windows msih dalam berbentuk iso.

    klo anda ingin punya bootable windows USB all windows yg masih berbentuk iso, kunjungi http://usb-multiboot.blogspot.com/

    Tentang USB Multiboot “Flashdisk Pertama di Indonesia yang berisi 4 Installer Windows yaitu (Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8) di dalam satu flashdisk yang dapat di gunakan untuk menginstal komputer atau laptop serta software pendukung lainnya seperti Hiren’s BootCD, Driver Pack Solution, dan installer Microsoft Office.”

Comments are closed.