319

Komputer tiba-tiba mati (Tidak mau menyala)? coba tips ini

Motherboard

Sudah beberapa kali saya kedatangan teman (pelanggan ๐Ÿ˜‰ ) yang komputernya mati, tidak mau menyala sama sekali atau kadang hanya sampai tampilan awal kemudian berhenti / hang. Untuk mengetahui dan memecahkan masalah komputer tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.

Komputer yang mati/ hang sebelum masuk ke sistem operasi bisa penyebabnya bisa bermacam-macam. Berikut Tips yang sudah pernah saya praktekkan dan hampir selalu berhasil. Pilih yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi, atau lakukan secara bertahap.

  • Cek Kabel, mulai dari Kabel yang masuk ke UPS/Stabilizer, kabel Power ke Monitor, kabel Monitor ke CPU dan kabel yang masuk ke Komputer. Pastikan pemasangannya telah sesuai dan kencang, serta arus listriknya ada dan cukup.

  • Jika terdapat CD-ROM / DVD-ROM dan bisa dibuka/tutup, maka kemungkinan permasalahan ada di komputer (CPU), mulai dari kabel power yang masuk ke motherboard atau motherboard itu sendiri, cek pemasangan kabelnya.

  • Jika dua langkah diatas sudah dicek, dan masih belum menyala, matikan komputer dan Reset BIOS di Motherboard. Caranya bisa dilihat di buku panduan motherboard, dan cari menu Reset BIOS. Biasanya untuk mereset BIOS dapat dilakukan pada Jumper 1 (JP1). Disana ada 3 pin, yang 2 diantaranya dihubungkan dengan sebuah konektor kecil. Untuk mereset, tinggal melepas dan memasang di 2 pin yang satunya. Misalnya 3 pin tersebut 1,2,3 dan pin 1 dan 2 sudah terhubung, maka untuk mereset tinggal melepas dan memasang di pin 2 dan 3. Biarkan sekitar 30 detik atau lebih kemudian kembalikan seperti semula. Nyalakan komputer.
    Baterai CMOS dan Reset Switch

  • Jika BIOS telah di reset dan masih tidak menyala, coba lepas Baterai CMOS, yang ada di motherboard. Diamkan sekitar 1 menit, kemudian dipasang kembali dan nyalakan komputer. Jika baterai sudah cukup lama, lebih dari 3 tahun, ada baiknya diganti dengan yang baru. Apalagi jika jam di komputer sering tidak cocok.

  • Jika kipas Processor / VGA berputar, tetapi komputer masih belum menyala, maka kemungkinan ada yang tidak beres dengan BIOS motherboard atau Motherboard memang sudah rusak. Mungkin BIOS perlu di Update, tetapi sebelum update, komputer harus bisa menyala (masuk BIOS) terlebih dahulu. Untuk melakukan hal itu, coba lepas kabel Hardisk, CD-ROM, Floppy. Kemudian, lepas Memori komputer (RAM) dan ganti di slot yang lain atau gunakan memori komputer lain. Hal ini mungkin harus diulangi sampai beberapa kali, hingga ada tanda-tanda kehidupan…

  • Jika CPU sudah kelihatan bekerja, hardisk berputar dan lampu led CPU berkedip-kedip tetapi monitor tidak ada tampilannya, maka kumungkinan VGA ( Kartu Grafis) komputer yang bermasalah. Coba ganti dengan VGA lain atau cek VGA tersebut di komputer lain (Hal ini jika VGA tidak jadi satu dengan motherboard).

Jika dengan semua langkah diatas, komputer juga belum menyala, mungkin komputer perlu di service orang yang lebih ahli. Untuk mengetahui lebih detail permasalahan motherboard atau ingin menjadi teknisi, sebaiknya membeli sebuah alat khusus yang disebut PC Analyzer, yang memang dirancang untuk mengetahui kerusakan motherboard. Silahkan berbagi pengalaman anda mengenai komputer yang tiba-tiba mati dan tidak mau menyala.. semoga bermanfaat.

Informasi

CPU yang dimaksud diatas adalah Motherboard, Memori, CPU, Power Supply, Hardisk, Floppy dan komponen lainnya yang ada dalam Casing Komputer, selain monitor. Meskipun sebenarnya CPU adalah Central Processing Unit (Processor), misalnya Pentium4, AMD dsb. Hal ini untuk mempermudah saja.

ebta

319 Comments

  1. Sedikit tambahan mas, coba juga bersihkan kaki-kaki RAM atau add-on lainnya dengan penghapus pensil!

  2. infox bagus juga tapi gimana kalo yg kena virus OS/windowsnya.apa ada jalan lain selain di instal ulang.(komputernya booting trus sampai muncul desktop dan sesudah itu langsung booting ulang).mohon jawabannya.thanks before.


  3. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @masdanie
    Sama-sama..

    @Faisol
    Terimakasih atas tambahan informasinya…

    @ancha
    coba hardisk discan dikomputer lain yang sudah terupdate antivirusnya… jika tidak bisa, gunakan bootable CD seperti UBCD4Win

  4. maaf nich baxk nax, gmana carax dapetin CD Bootable UBCD4WIN apa ada software khususnya yg dibeli.

  5. Sebelumnya Thx bgt atas-2 artikel-2nya ๐Ÿ™‚
    Mas…ebta
    aku ada masalah ,mohon bantuannya :
    1.Kalau Komputer Booting trs berulang-2 kenapa ya?,jadi begitu komputer dihidupin ,komputer tidak mau startup,begitu sampai logo windowsXP dia balik booting lagi.klo normalnya kan begitu booting-logo windowsXp-welcome.
    2.trs komputer ku yg satunya lagi,permasalahannya habis booting muncul pesen “Strike bla bla……..Press F1 to Continue”.

    Mohon Pencerahannya,Terimakasih ๐Ÿ™‚

  6. mas klo misalkan komputer lagi dalm keadaan hidup dan di maenkan slama 1 jam dan tiba* komputer mati sendiri knp?
    sering bgt ky gitu.. padahal ga ad Virus.. ud Scan ma AV luar+lokal…
    solusinya gmn?
    kirim email aj oc..
    sebelumnya trma kasih.. ๐Ÿ™‚

    OK .. silahkan di cek emailnya..

  7. Mas kemarin saya beli matherboard merk asrock second(recondisi)pas saya pasang power bagus tapi ke monitor tidak display sempet display pas saya install listrik mati dan sekarnag waktu saya idupkan kondisinya tidak display monitornya.

    mohon bantuannya.

    sebelumnya trma kasih.

  8. Motherboard

    Sudah beberapa kali saya kedatangan teman (pelanggan ๐Ÿ˜‰ ) […]

    … Ini kok malah copy paste artikel ya? …

  9. Motherboard

    Sudah beberapa kali saya kedatangan teman (pelanggan ๐Ÿ˜‰ […]

  10. langsung mati aj mas..
    bukan restart atopun BlueScreen

  11. Kalau langsung mati saja, mungkin Processornya kepanasan…
    biasanya itu proteksi motherboard karena ada yg tidak beres dengan salah satu hardwarenya..

  12. ada kejadian: setiap hidupkan CPU, ada pesan kira2 begini “CPU setting has changed” dan langsung di bawa masuk ke BIOS setup. setelah di periksa ternyata dalam BIOS setup cuman o’clock nya yang berubah. setelah di setting o’clock nya di benerin, reboot udah gak masalah masuk ke windows lagi. namun setelah shut down gak lama kemudian di hidupkan lagi CPU nya, masuk lagi ke BIOS setup dengan o’clock yang tidak sesuai lagi.
    awalnya di kirain batere bios usang, namun uda di ganti batere baru pun tetap sama masalahnya.
    pernah di bawa oleh teman untuk di flash bios, namun sama saja.
    mohon bantuan ebta.

  13. o ya, tambahan, sebelum di bawa masuk ke bios setup, memang ada di suruh tekan F1 to continue, F2 to setup BIOS.
    kalo F1 masuk windows namun o’clocknya ke default BIOS yaitu tidak tepat o’clock nya.

  14. Coba dicek pemasangan batere CMOS, mungkin terbalik. Karena permasalahannya BIOS tidak menyimpan setting, berarti pada baterai CMOS.

    Saya pernah mengalami persis seperti itu, setelah di cek ternyata baterai CMOS terbalik memasangnya..

  15. Mohon bantuannya, monitor kmptrku di rumah kalo dinyalain lampunya cuma kedip2 doang, tapi mnitornya gak mau nyala. kalo kayak gitu yg rusak monitor, kabelnya apa cpunya? trus gmana betulinnya? mohon bantuannya, makasih.

  16. Kalau CPU sudah berjalan (Lampu hardisk/merah kedip-kedip agak lama), berarti kemungkinan kabel ke monitor atau monitor-nya. Coba test monitor di komputer lain.
    Jika hardisk tidak kelihatan jalan, kemungkinan permasalahan ada di motherboard. Coba dilepas memorinya dan dipasang lagi.. atau ikuti petunjuk diatas..

  17. mohon bantuannya
    montherboat merk asrock, waktu saya coba pakai prosesor 2.0 ghz berjalan normal tidak ada masalah. Kemudian prosesor saya ganti dengan 1,9 ghz jadi tidak hidup. kipas prosesor hidup sekejap lalu mati lagi. dan begitu saya colok powernya bisa nyala, setelah di matikan, dinyalakan lagi tidak hidup lagi. bios sudah saya clear. tolong jawabannya kirim ke email

    terima kasih

  18. Salam …
    Kalau kasusnya begini bagaimana :
    Komputer tidak mau nyala, tapi lampu di mother board nyala.
    Sudah saya ganti Power Supply tetap tidak mau (pernah sekali diganti power supply : kipal processor nyala, tapi ga mau di off). Sudah dicopot baterai bios tetep juga ga mau …..
    Bingung nih …. Help … Help … Help ….

  19. maz mazzzz ,,,,

    w mw tanya ,,, com saya error gitu kan

    teruz abis di bnerin mmank ilank smuanya ya ????


  20. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @vinz
    Kurang jelas informasinya, errornya gimana ?
    Jika datanya hilang mungkin ada kesalahan prosedur, atau caranya salah..

  21. Mas saya ada komputer,
    Mobo P4asus SE + 1 GB ram + hardisk 30Gb
    Masalahnya kemarin saya beli hardisk 160 GB segate , trus waktu saya instal OS Xp di hardisk baru, berjalan normal,, tapi ketika sudah selesai menginstal OS XP dan diwaktu setelah loading windows xp (boot Screen) layar monitor hanya tampak hitam,saya tunggu beberapa jam. tapi ga pengaruh apa2. lampu booting merah terus hidup. tolong solusinya?
    kalau kata orang harus update bios ?
    Caranya bagaimana ?
    Trima kasih ..


  22. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Onta
    Bisa tidak masuk ke safe mode ?
    Atau coba Memory komputer di pindah/dibersihkan atau dicoba dengan memori yg lain jika ada..
    Jika Windows sudah mulai jalan, tapi tidak sampai selesai, mungkin ada yang bermasalah dengan salah satu hardware. Bukan pada BIOS-nya..


  23. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    hmmm kakak tolong perjelas
    komputer saya ga maw nyala
    apa gara2 tuh baterai cmos?
    mang gunanya apa tuh baterai
    pliz reply at dik_cokelat@hotmail.com

  24. mas,
    saya dapat “warisan” PC second. Ternyata, bermasalah. Semua kabel udah terpasang di tempatnya. Arus masuk, CPU dinyalain, bunyi tiiit…trus lampu indikator monitor nyala.
    Tapi, tampilan di monitor cuma warna abu-abu kehitaman sama garis-garis kecil warna kuning, ijo yang bergerak-gerak…
    Trs, aku coba pasang tuh CPU di monitor lain, bisa.
    Nah, untuk yang prtama tadi, masalahnya bener di monitornya ya, Mas?
    Trs, kira-kira klo mo benerin sendiri gimana y caranya?
    Atw, klo mo servis kira-kira berapa y biayanya?
    Thanks mas…


  25. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @damar
    Jika dipasang di monitor lain bisa, kemungkinan ada masalah dengan monitor atau kabel ke monitor.. atau coba juga monitornya di komputer lain..
    Kalau mbenerin biasanya ke service elektronik / TV, harga tergantung kerusakan dimana, saya kurang tahu pasti


  26. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @ebta
    masuk safe mode bisa. tapi wndows normal ga bisa.
    tapi kemarin saya coba bersihin semua hardware,sampe ke processor. tiba2 uda bisa jalan mulus.. hhhaa..
    ada2 aja..
    thanks om…

  27. TQ bgt infonya mas, ngebantu bgt..
    tp sy mo tny..komptr sy dudukan kipas processorny ad yg pth trus sy buka/copot kipas processornya trus sy ganti yg patahnya, pas dinyalain lg mlh g keluar windownya (biosnya jg k kluar)pdhl MT,processor,dllnya masih baru knp y mas?


  28. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @romieo
    Coba diperiksa kabel power-nya, apakah benar sudah pas masangnya. Atau bisa juga ada yang kurang kenceng masang salah satu hardwarenya


  29. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    mas komputer saya gak mau idup, tapi mousenya nyala terus…..trus dy idup mati2 sekarang udup besok mati lagi…..tolong mas detakanata_90@yahoo.co.id

  30. Mungkin ada yang kurang pas masangnya, kalau bisa, dicek pemasangan hardwarenya satu persatu..

  31. mas saya mau tanya mas…
    di wanet saya ada kompi yang tiba tiba setelah 15 menit dipakai hang sendii, tapi kalo di biarin ga apa apa…
    kenapa itu masss..
    kompinya PIII 866 memory 256
    tolongi ia mas…uda aku scan pake antivius juga ga ada…
    gimana ini booosss!!! di tunggu iaaa


  32. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @ndoy
    Apakah selalu 15 menit atau berbeda-beda?
    Hang disini komputer tiba-tiba berhenti gitu dan layar masih hidup atau seperti apa ?
    Kemungkinan di Memory, coba saja memory ditukar dengan komputer lainnya..

  33. wah..wah terimakasih mas ebta,informasinya membantu buanget…trus mo tanya nich klo PC ANALYZER itu bentuknya software bukan mas????????

  34. PC Analyzer itu hardware, jadi nanti dipasang di slot PCI atau ISA (dekat slot VGA), yang disertai dengan 2 Kode hexadesimal (Seven segmen).. yang menunjukkan proses yang sedang berlangsung

  35. Selamat siang Mas,

    Terima kasih buat artikelnya, berguna bgt, tp krn saya kurang paham mengenai teknisnya, takut jd tambah rusak hehehe. Begini mas saya butuh bantuannya nih, td mlm saya menyalakan komputer, sekitar 10 menit saya browsing, tiba2 monitor mati, seperti sedang restart. Tapi saya tunggu, monitor tdk jg nyala, & dan lampu LED CPU menyala terus (tidak blinking).

    Saya sudah coba lepas RAM dan Kabel Harddisk, lalu jg saya bersihkan, tp tetap saja komputer tidak mau jalan.

    Oh iya mas, satu lagi, beberapa hari sebelum komputer nge hang, setiap komputer dinyalakan ada bunyi dengung, saya sih mikirnya itu bunyi harddisk.

    Mohon bantuannya.

    Thanks before,
    Vino


  36. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Vino
    Jika monitor mati, coba juga pemasangan VGA di cek, mungkin ada yang kurang pas.. kemudian bunyi itu cukup keras (tidak seperti biasanya atau seperti apa?) kalau ada hardware yang error biasanya bunyi beep di speaker motherboard..

  37. mas aku mo tanya neh…klo komputer corup tu yang rusak apanya dan gimana cara benerinnya??sebelumnya makasih atas bantuannya…

  38. gini mas aku kan kerja di warnet..nah pernah ada kejadian kaya gtuu aku bingung mas ga tau kenapa tiba


  39. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @junaedi
    Sepertinya kurang jelas, yang corrupt file apa? apakah hasil download dari internet atau aplikasi browsing atau file lainnya?

  40. Melanjutkan pertanyaan saya sebelumnya,

    Untuk tambahan aja Mas, mungkin pertanyaan saya kemarin kurang jelas. Ketika saya mencoba menyalakan PC, bisa nyala & lampu LED nya menyala terus (biasanya kalo booting kan blinking kan?), tp monitor tetap mati & tidak ada tanda2 PC sedang booting.

    Saya tunggu beberapa menit tetap tdk ada perubahan. Bahkan CD Drive pun tidak bisa di eject tray-nya.

    Apa masalahnya dr power supply atau hardware lain ya Mas?

    Menurut teman saya, mungkin CMOS perlu di reset dengan menggeser jumpernya. Saya sdh coba, tp tdk berhasil jg. Teman saya jg bilang, “Mungkin VGA, atau Main Boardnya yg rusak”.

    Mohon bantuannya Mas.

    Thanks,
    Vino

  41. ya mas kemarin kurang jelas…gini mas yang corup ti aplikasi browsing nya….tu cara ngatasin nya gimana ya mas?tolong bantuan nya…thanks


  42. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Vino
    Kalau CD Drive saja tidak bisa di eject, kemungkinan besar ada masalah dengan power supply-nya (bisa juga motherboard). Jika ada power supply yang lain (mungkin pinjam), bisa coba di test.

    @Junaidi
    Jika aplikasi browsingnya rusak, coba di install ulang atau menggunakan browsing yang lain. Jika tidak bias konek, coba di cari tools di google “Winsock Fix” untuk memperbaiki setting registry.

  43. Gimana kalau ada masalah jika komputer mati sendiri setelah mati dihidupkan langsung tidak bisa.Kalau sudah ditunggu beberapa lama sekitar 5 menit dihidupkan bisa.Apa itu akibat RAM-nya atau hardware yang lainnya ya mas?.kalau VGA-nya tidak mungkin karena monitornya dalam keadaan hidup.tlong y mas.thanks.

  44. Aku ada pertanyaan lagi ni mas.Gimana cara mengupgrade komputer pentium III menjdi lebih cepat jka kecepatan processormya hanya 400 Mhz,memorinya 128 Mb,hard disk 20 Gb dan VGA-nya onboard.klau misalnya memorinya diganti menjadi 256 Mb saja apakah lebih cepat? untuk menjalankan aplikasi game yang kapsitasnya 700 Mb seperti counter strike atau yang kapasitasnya 350 Mb seperti Age Of Empires?


  45. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Priyo
    Jika seperti itu ( #45 ), sepertinya ada masalah dengan hardware di motherboard. Sudah coba reset BIOS atau update BIOS?

    #46
    Jika diganti 256 MB, seharusnya akan terasa lebih cepat, apalagi jika menggunakan windows XP. Untuk game, maka VGA-nya sebaiknya diupgrade, karena VGA onboard biasanya performance-nya rendah

  46. makasih mas infonya.. kompi ku amd athlon 4800 pkai mobo gigabyte ga-m61pme-s2, mem 512 vga onboard, HD seagate 160gb. umurx bru 2 blan.., tpi pas dpke buat main game cuman bsa 2jam, hbis itu kompiku tewas,. setelah di lhat prosesorx kepanasan ampe 96 celcius, gmana ni mas.. apa memori ku kurang, atau memang kesalahan hardware,. pas dicek pake software bawaan mobo vcore: 1.310, 12v: 11.980.. apa psu yg bermasalah.. kipasnya normal,

  47. dkit lagi mas aku pkai windows xp, semua cara udah d coba, tpi ngk ad yg ampuh.. tolongin y mas, tank’s..


  48. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @ali
    Wah.. sampai 95 derajat celcius
    Kalau masalah panasnya CPU ini bukan karena memori. Mungkin pemasangan pendingin tidak pas (bisa juga Thermal pastenya kering, kurang banyak), dan aliran udara tidak bagus..

    Apakah itu setting Default BIOS atau diset performance maksimum/high ?

  49. ngk, it setting default bios mas,
    d set auto, jd kecepatan ama vcore lgsung otomatis sesuai kerjaan.. pastenya udah byk..! klw kesalahan produksi bsa ngk mas, soalnya stiker garansinya udah rusak.. klw slah produksi kan bsa komplain kapan aja.. aliran udara bgs, mlh udah pasang fan tambahan 2 biji..


  50. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @ali
    Seharusnya normal, maksimal berkisar 60 derajat celcius atau kurang.. jika sudah lebih dari 70 harus waspada..
    Mungkin CPU-nya sudah di over clock, sehingga suhunya sampai segitu. Ditanyakan saja ke penjualnya jika masih bisa

  51. naik suhunya klau main game cepat mas, sktar 15 menit udh nyampe 95, emang naik suhu cepat gitu mas..? pas udh keluar dri game suhunya lngsung turun ampe 40, semua game yg d instal kyk gitu., klau u multitasking sbnyak apapun suhunya ngk pernah smpai 50.
    klw OS d instal ulang bwa pencerahan ngk mas..? udh pusing nih, he..he.. mungkin pasrah emang jalan satu2nya.. ntar sya tanyainlah ke tokonya. waktu bru beli semuanya tersegel dlam dusnya.

  52. Assalaa mualaikum Ya ahlal Syurga
    Kang, saya pengen tanya , tapi pengen juga di jawab
    Saya punya masalah ama CD ROM DRIVE , Masalahnya ketika itu Kabel IDE untuk HDD saya sudah rusak jadi kabel IDD yang untuk ke CD ROM saya pasangkan ke HARD DISK dengan status HARD DISK sebagai PRIMARY MASTER sedangkan CD ROM saya statuskan sebagai PRIMARY SLAVE , tapi pada saat BIOS mendeteksi ko Primary slave nya None ( alias CD ROM nya ga terdeteksi ) gimana ya KAng ?


  53. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @ali
    Mungkin juga disarankan untuk membeli VGA Card, karena dengan VGA onbard, motherboard akan cepat bertambah panas, sehingga CPU-nya pun hampir “mendidih” seperti itu..

    @Inna azzahra
    Wa’alaikumsalaam… ( ahlal syurga -> insyaAllah.. )
    Pastikan Jumper di HDD dan CD-ROM telah benar. Kemudian jika yang dimaksud IDE HDD Detection di BIOS, maka memang tidak akan menampilkan CD-ROM, tetapi akan tampil setelah keluar dari BIOS atau dipilihan Urutan Booting..
    Apakah CD-ROM tidak terdeteksi ketika masuk ke sistem operasi ?

  54. Yup,. makasih y mas.. kmaren udh download driver ama utility trbaru dri AMD, alhamdulillah membantu, tp naik suhunya tetap cepat, syukurnya dibatasi smpai 65 derjat, abis it ngk naik2 lagi, sayangnya performance juga ikut brkurang. tp ngk pa2, smpai ad uang u beli Card VGA, he..he.. makasih y mas,.
    assalamu’alaikum

  55. Assalaamualaikum ya.. ahlal syurga
    Makasih atas balesannya kang.. jumper hard disknya ada pada master, jumper cd rom pada slave , setelah log on pada win xp lalu diexplore cd drive tidak tampil, yang terjadi hanya cd rom poenya inna keluar melulu kaya minta makan / jajan / ganti. Bls.. ( CD ROM SAMSUNG 52x tahun 2002 )
    o ya kang kalo update bios itu gmn ? bisa ga pake flash disk ?


  56. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @ali
    wa’alaikumsalaam

    @inna
    Wa’alaikumsalaam.. (saran: ahlal syurga + insyaAllah )
    Oh begitu ya.. saya kurang begitu tahu jika belum nyoba sendiri
    Asalkan komputer bisa booting melalui Flashdisk, maka bisa update melalui Flashdisk. Mungkin bisa membuat bootable CD di flashdisk, saya belum tahu dimana mendapatkannya..

  57. Mas,minta tolong nih.Saya habis pakai komputer,ketika mau pakai lagi komputer tidak mau louding. saya buka casing kipas vga, processor hidup, terus matikan saya lepasin ram, hdd, coba dinyalakan hidup terus dicoba restart eh begitu lagi kaya sebelumnya. di mobo ada 2kode hexagesimal led bawah mati menunjukan memory error terus gimana menanganinya. terimakasih atas bantuanya

  58. Mas mau tanya ini kok lampu harddisk saia nyala teus kenapa yah apa harddisk saia bermasalah?? mohon diberikan penjelasan..
    Terima kasih atas bantuannya

  59. Mas mau tanya ini kok lampu harddisk saia nyala terus kenapa yah apa harddisk saia bermasalah?? mohon diberikan penjelasan..
    Terima kasih atas bantuannya

  60. Assalamu’alaikum mas,.. sblumx mat mnunaikan ibdah puasa.. mau nanya lg nih, klw make thermal paste it ad aturanx ngk mas,.. dulu sya udah nyoba sekali tp tetap aj panas,. kmaren tman sy dtang, dia yg msang pastex, eeh cpux lgsung dingin, knapa y mas,? ap ad aturanx gitu,. makasih byk nih mas…


  61. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @nanang
    Jika loading berhenti, biasanya permasalahan ada pada memory. Coba dicoba dengan memory lainnya

    @Tommy
    Jika ada di windows menyala terus, coba cek dengan task manager. Mungkin ada aplikasi di background yang selalu berjalan mengakses hardisk

    @ali
    Wa’alaikumsalaam.. iya Puasa sebentar lagi insyaAllah..
    Setahu saya tidak yang penting cukup dan rata di permukaan area processor dan pemasangan antara Pendingin dan prosessor tepat.

  62. thanks mr.Ebta,?
    solusi yang anda berikan emang ma”nyus,?
    mr.ebta,???
    aku mo nanya nich,????
    anti virus yang paling ampuh saat ini,
    jenis antivirus yang kaya apa sichh,?
    seX lagi tanks mr.ebta,?
    terusin bantu orang yang kesusahan yups,?e.e.e.e

  63. met pagi mr.ebta,?aku mo nanya nich,?
    kmptrku kan kena virus,?
    permasalahane:
    1. waktu pertama masuk windows XP,tiba2
    ko”langsung masuk ms.word,?tu manjurnya pke
    virus apaan mr.,?jngn lupa versinya,?
    2. tolang mr. bantu aku,?


  64. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @tyno
    Met pagi..
    Untuk melihat antivirus terbaik, ada dua artikel di ebsoft
    Antivirus terbaik tahun 2008
    Antivirus terbaik versi Av-Comparatives
    Meski tidak mutlak, tetapi minimal bisa digunakan sebagai referensi memilih antivirus.

    Pertanyaan kedua
    Coba diperiksa dulu autorun di windows, apakah ms word ada di daftar startup. Kalau tidak mungkin bisa dilihat program yang mencurigakan

  65. pak dimana saya bisa beli pc analyzer dan kr2 berapa harganya. thx…


  66. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Tommy
    Sama-sama mas..

    @kedhaton
    Harusnya di toko accecories komputer disediakan. Harganya berkisar antara 70 ribu sampai 125 ribu. Dan tergantung juga tipe-tipe yang ada.

  67. Terimakasih mas, tapi aku belum sempat utak-atik lagi, keburu ada tugas ke KALTIM.
    Sekali lagi trims atas tips nya

  68. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh…
    Mohon saran bang Ebta mengenai spek komputer yg handal untuk multimedia. Kalo bisa ke mail saya…terima kasih sebelumnya, pamit dulu bang…mau makan saur….

  69. gimana caranya menangani pc yang tidak bisa masuk ke bios, ada pesannya tertulis “cmos setting wrong”,”cmos date/time not setting” dan “system will shutdown after 15 second”(kira2 begitu tulisannya,bhs inggris gue payah)dan setelah itu pc-nya mati deh,padahal cara2 seperti reset bios, melepas battry cmos dan lainnya sudah dilakukan. Mohon bantuannya,sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.


  70. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Ekal
    Mungkin lebih detail maksud Multimedia.. termasuk kisaran biaya.. Selamat makan Sahur lagi..

    @Hadi
    Coba baterai BIOS (CMOS) diganti, mungkin sudah mati atau low

  71. Mas Ebta boleh minta YM nda

    Eheheheh sapa tau saya butuh bantuan yg urgent dari mas ebta ^^

    PM me jg bole ^^


  72. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Tommy
    ID YM saya ebta_s
    silahkan di add saja, hanya saja saya jarang online dengan YM.. hanya waktu waktu tertentu saja..

  73. batere cmos tdk terbalik sdh dicek, bahkan sampai saya ganti dengan batere cmosnya tetap ga’ mau masuk ke bios. ada tambahan pesannya “usb strong device find…bla.bla…use” (seperti itu bhasanya)lalu “system shut down after 15 second”. apakah biosnya trouble? Mohon bantuannya.

  74. Sepertinya memang ada yang bermasalah dengan salah satu hardware motherboardnya. Berarti pertama kali komputer di hidupkan langsung muncul pesan tersebut ?

  75. Salam jabat hangat

    mohon bantuannya om ebta, komputer ku mo di install Windows XP kok gak bisa ya (hang di “windows starting”)..pdhal Hardisk, CD-RW, dan DVDR udah ke detect, bootable-nya juga udah lancar ngload tapi pas di “window starting” yg mo utk milih partisi nungguin smp 30 mnit gak bisa-bisa masuk ya. Led-Hardisk jg gak nyala…hardisk sblumnya udah di format doang…nah ini dh begadang gak tahu harus gimana lg…..terimakasih om ohya Met Sahur


  76. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @guntur
    biasanya kalau hang berhenti lama seperti itu, ada masalah dengan Memory komputer.. jika ada 2 Memory, gunakan satu-satu dulu..

  77. mas ebta, aku lagi nyari driver mobo prescott 533 tapi hasil penelusuran banyak sekali itemnya terkait mobo tsb, untuk milih yg cocok indikatornya pake apa ya? apa harus cek procesornya? maklum kmpter keponakan dulunya dibelikan guru kmpternya trus drivernya gk dikasih. thanks


  78. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @fariz
    usahakan yang pertama cari di web site vendornya misalnya MSI, biostar, Gigabyte dan lainnya..
    Jika tidak ketemu, cari dengan merk dan nomor seri yang ada di motherboard ( dibuka casing komputernya)

  79. Mas gw mo tanya ne komputer aq ngk mau msuk ke windows, wktu d d nyalain, hardisk, cd rom, pokoke suanya ke detect. Tpi selalu restat aja ke bios, sama waktu pertama d nyalain jd gmana solusinya mas.. Krim ke email aq ya. Makasi Mas. Met puasa.

  80. Saya coba deh, kebetulan masalahnya sama persis kaya komputer saya. Makasih.

  81. Thanks,
    All is prised for me ….
    I’m gonna wait for the newest ………..

    GBU


  82. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    mas ebta bantuin q dunk, kenapa komputer q kalo buat standby lama gak buat apa-apain tiba-tiba monitor q garis-garis trus jadi hitam, lampu led merah g nyala cuma yang hijau yang nyala (gak kelap-kelip). waktu q masukin cd ke cdrom kok g mau keluar harus ditekan terus. PC q Pentium 3 933Mhz VGA onboard 256 SDRAM. bantuin q dunk mas, q ingin nyerah aja dan q ingin banting ja komputer q coz q sering instal ulang windowsnya trus hasilnya nihil. MOHON BANTUANNYA balas d email q shihooo_bgt@yahoo.com


  83. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Yudi
    Masih susah untuk memutuskan penyebabnya, coba diperiksa suhu motherboard di BIOS.. jika belum sampai loading sistem operasi selalu restart, kemungkinan ada masalah dengan hadwarenya

    @SHIHOOO
    Sepertinya banyak permasalahan dengan komputernya,..
    kalau monitor, mungkin masalah VGA, dan CD-ROM mungkin sudah mulai aus, sehingga seperti itu..

  84. Temen-2 mohon bantuannya
    notebook saya acer aspire 1800 (lumayan) jadul tiba2 mati. kalau diboot hanya flash screen doang dan di maiboard yang nyala hanya fannya saja dah aku coba cek mungkin mainboardnya atau apanya ya (next info) setalah dinyalan powernya ga mau mati.. (gimana cara cek mainboardnya) atau mungkin kerusakan pada hardware lain mohon pencerahannya

    Terima kasih
    Mas haryo


  85. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Mas Haryo
    Kalau notebook memang tidak semudah PC, apalagi masalah hardware motherboard. Lebih baik langsung dibawa ke layanan service acer saja..

  86. Assalamualaikum Pak Ebsoft!.

    Gini masalahnya pak, saya punya motherboard agak aneh, biasanyanya kan baterai CMOS itu tahan paling tidak 2 tahun.

    lha, punya saya kok cuman bertahan paling lama 2 minggu, abis itu baterai CMOS nya abis.

    Gimana itu pak, Trima kasih sebelumnya.


  87. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @suyadi atb manps
    wa’alaikumsalaam..
    wah di panggil pak ebsoft nih.. ๐Ÿ™‚

    Memang seharusnya bisa tahan 2 tahun atau lebih. Jika hanya 2 minggu mungkin baterainya atau memang ada masalah dengan motherboard. Coba setelah dipasang beberapa saat apa baterainya panas sekali..

  88. ui,ebta , gimana cara lihat tipe motherboard pada komp kita
    tanpa buka cassing di cpu?

    sekian thx

  89. Langsung aj kang. Aq mau nany. Aku puny komptr p4 kalo d hdpkn monitor g tampil ap2 “no signal input”. Padahal cpu dah nyala. Tanda “bip” pun tdk t’dngr. Ketika itu motherboardny trs aku jemur. Ketika d nyalakn, komptrku normal lg. Namun, setelh d matikn penykitny kambuh lg. Apa yg rusak dengn komptr aku y kang. Mohon petunjukny!

  90. mas semuanya bantu aku,aku memasang 2 hardisk di komputer master slave sudah terpasang dg benar saat di nyalain sebelum masuk windows di layar ada tulisan ” Primary IDE chanel no 80 conductor cable installed” gimana solusinya.


  91. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @christian
    coba gunakan cpuid ( http://www.cpuid.com) atau everest (ada artikel di ebsoft tentang everest ini, coba di cek di kategori hardware)

    @Daybreak
    Kalau no signal input, berarti tida ada sinyal dari kabel monitor ke VGA. COba diperiksa pemasangan kabel monitor ke VGA atau VGA-nya jika bukan onboard..

    @pgwojo
    Jika pesan no 80 conductor cable installed, kemungkinan kabelnya bermasalah. COba di periksa kabelnya atau di belikan kabel data (hardisk) yang baru saja..

  92. Mas q hari. Kmptrku amd 5000 2.6 GHZ..Kmrn aq ovrclok manual di bios.G tau mgkn kelebihan ovrclocknya ato pa?
    Pas q restart g nyala lg.
    Lampu monitor cma kedap kedip, dvd room lampunya nyala kedap kedip jg.Itu panya y mas….Tlg bntuanya y mas??

  93. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh
    Mas saya lagi ngalamin masalah setup ulang Windows XP, komputer dirumah P4 3Ghz socket 478, RAM 1Gb 2 keping , masalahnya sbb: partisi hardisk (sukses), format hardisk using NTFS (sukses), copy file (sukses) selanjutnya setup akan reboot otomatis.. nah setelah itu saat loading Windows XP (yg ada benderanya) pada progress bar (yg jalan2x dibawah bendera) ke 6 system hang walau ditunggu 1jam. Saya udah coba ganti, hardisk, RAM, VGA, CDROM, CD source Win XP, tapi hasil tetap sama. Minta bantuannya kira2x masalahnya apa ya mas. Terima kasih sebelumnya


  94. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Anonym.. (96)
    COba baterai CMOS dilepas sekitar 1 menit atau lebih. Jika tidak berhasil, BIOS bisa di reset dengan menggabungkan Jumper 2 dan 3 ( biasanya di buku manual di tulis JMP01, lokasi dekat baterai CMOS ) beberapa saat, kemudian di balikkan ke posisi semula. COba dibaca buku manual motherboardnya.

    @Roni.. (97)
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Coba di cek hardisknya dengan kemungkinan bad sector, atau hardware selain yang utama dilepas dulu..
    COba juga port RAM yang lain, atau pasang satu dulu, dengan mencoba gantian slot RAM-nya..

  95. Saya memiliki 4 keping RAM , saya telah coba ganti satu persatu, demikian juga dengan hardisk jg telah 3 buah saya coba (kalo digunakan di komputer lain tidak masalah). Demikian juga saya telah coba mereset motherboard dan melepas batere CMOS tetapi hasilnya tetap sama.
    Terima kasih atas perhatiannya


  96. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Roni Maulana Yusuf
    Sepertinya RAM dan hardisk tidak bermasalah ya..
    Agak susah juga, padahal CD Windows-nya sudah dicoba yang lain. Coba diperiksa juga suhu CPU/motherboard,.
    Apa mungkin perlu update BIOS..

  97. Suhu motherboard berkisar di 55 derajat celcius, apa mungkin motherboard yang rusak ya ? Saya juga telah mencoba untuk men disable device onboard seperti LAN, sound card tetapi hasil masih sama

  98. mas tolong tanya
    kalau motherboard sama vga-nya masih baru tapi pake harddisk yg sudah diinstall windows pake motheroard yang lama(sebelum ganti), kenapa yah kok tampilan loading windowsnya sudah keluar tapi pas mau masuk windows tiba2 keluar layar biru nggak sampai 1 detik terus ke-restart sendiri.
    kalau seperti itu kenapa ??

    thx


  99. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Roni Maulana Yusuf
    Sepertinya jika bukan motherboard, maka file Windowsnya ada yang bermasalah..

    @Yeremia
    Coba jika booting di safe mode, bisa tidak ( dengan menekan tombol F8 sebelum windows loading)..
    Memang mungkin tidak kompatibel, apalagi motherboard. Kalau VGA mungkin masih bisa, hanya setting menjadi default..

  100. assalaamualaikum, mas aku mau ksih comment leh kan? inna pernah ngalamin hal serupa di socket 478, coba buka setup bios lalu / load fail default/ save and exit . insya 4JJI bisa masuk installasi win xp. nah sekarang inna poenya masalah. di socket 7 intel mobo foxconn setelah ganti RAM PC 333, ketika dinyalakan yang hidup hanya Heatsink procesor aja . udah di clear CMOS tetep aja Gmana atuh kang ebta ??


  101. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    maaf comment tadi buat kang Roni, kalo buat @yeremia instal ulang win XP nya tapi di Repair aja Insya ALlah jalan
    wasalaam


  102. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @inna azzahra
    Wa’alaikumsalaam..
    Apakah maksudnya lampu led hardisk/power juga tidak menyala? fan VGA (jika ada) juga tidak nyala?
    Jika seperti itu, mungkin di cek kabel power ke motherboard..

    Sudah dicoba memasang RAM di slot yang lainnya ? pastikan pemasangannya tepat (kencang)..

  103. mas, aku sering ngadapin PC aku yang sering kena virus , beberapa kali aku sudah ganti anti virus untuk diinstalasi ke PC aku, masalahnya aku menghabiskan banyak waktu untuk terus instalasi . Tolong bagaimana cara aku ngatasi hal ini :
    1. APakah apabila aku melakukan format hardisk berulang kali akan bermasalah pada hard disk tersebut ?
    2. Bagaimana tahapan instalasi yang benar , seringkali saat instalasi ada saja file yang corrupt ,
    3. Antivirus apa yang paling keBAL TERHADAP BERBAGAI VIRUS. Selama ini aku sudah pake NORTON, MC AFFEE, AVG, PC MAV, AVAST. DARI SEMUA ANTI VIRUS ITU hanya MC AFFEE yang memiliki daya tahan selama 6 bulan selebihnya selalu saja kejebolan sama virus, mohon bantuannya .

  104. tanya boss
    kalo GIGABTYE GA M61PME S2
    kelebihan dan kekuranganya apa?


  105. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @boy
    1. Jika format biasa (bukan Low Level Format), sepertinya tidak begitu bermasalah, kecuali pas format tiba-tiba mati lampu, komputer mati dsb..

    2. Mungkin bisa terjadi karena CD-nya ( ada yang rusak, tergores dsb) atau daya baca CD-ROM / DVD-ROM yang lemah..

    3. Coba Avira, tetapi jangan lupa di update rutin, dan waspadai hal-hal yang bisa menyebabkan virus aktif..

    @jole
    wah kalau ini spesifik banget.. mungkin bisa dilihat di situs resminya dan dibandingkan dengan motherboard lainnya..

  106. Assalamu’alaikum atau Assalamu’alaikum Warahmatullah…
    Kang ikutan tanya, semlam saya coba scan virus pake removal tools kaspersky, dapet 1200 virus. Setelah selesai scaning saya coba install anti virus kasperky 6. Sukses. Tapi begitu restart, pas masuk windows langsung blue screen. Safe Mode masih bisa, tpi ga bisa unistall kasperkynya. Saya masuk bios dan menset ke optimal setting, pas di restart malah ga nyala sama sekali, dah cabut memory, ko msih ga bisa ya? suara bip pun g ad. Kipas processor jalan. Lampu indicator menyala terus ga berkedip. Mohon Bantuannya mas, Urgent banget! Makasih

  107. masuk safe mode bisa, windows normal gak bisa…
    disable driver vga card melalui safe mode (driver vga card tidak mendukung sistem -> update driver vga card dengan driver vga card sejenis yang terbaru)…
    terima kasih mas ebta…


  108. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Berry
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Itu kemungkinan file-file sistem windows banyak yang ikut terhapus bersama dengan 1200 file sebelumnya..

    @insania
    sama-sama..

  109. Mas, Saya mo nanya??
    CPU Saya nyala tapi tidak ada tampilan pada monitor,
    itu kenapa ya???


  110. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Faizal
    coba kabel ke monitor di lepas kemudian dipasang lagi.. atau VGA komputer pemasangannya mungkin kurang pas..

  111. Assalamu’alaikum, mas mau nanya kenapa waktu main game kira-kira skitar 15-20 menit trus komputernya restart sendiri…apakah jika sering terjadi hal tersebut bisa berakibat negatif terhadap komputer..atau apa hal yang perlu di lakukan, Trims (mohon di balas ke email).


  112. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @nas
    wa’alaikumasalaam, jika seperti itu biasanya ada yang tidak stabil dengan arus listrik atau bisa juga ada yang konflik antara program yang digunakan baik dengan windows atau dengan program lainnya.. yang digunakan..
    Memang bisa berakibat kerusakan file, bad sector (secara software)..
    Mungkin komputer perlu di scan dan di periksa sistemnya..


  113. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    Waduh hari ini deadline neeh, tp belum dapet hasilnya juga, permisi pada para master skalian tulung dunk aku, kasusnya aku punya mobo dengan chipset bios A6309 V.35 Lite yang cuma bisa ngebaca HDD cuma mentok 130 GB sedangkan HDD aku baru beli 160 yah ngebacanya cuma 130 saja, ?@%#^@* gimana neh bingung I. Tulung dunk para master mohon pencerahannya hari ini aku deadline. via emailku juga boleh: irfan_corel@yahoo.com thanks before( tapi aku udah coba download bios upgrade 6309-ms V3.8 nah aku tidak berani ngeflash takut salah mb orang jadi MATOT, atau tolong donk kasih tau langkah2 ngeflashnya ya ke emailku )makasih


  114. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Dj
    COba diperiksan validitas BIOS tersebut dan keterangannya. Biasanya ada informasi perbaikan di BIOS baru tersebut..
    Jika menginformasikan tentang deteksi hardisk, maka update saja. Biasanya juga ada download juga ( kadang dijadikan satu dengan download BIOS) tentang cara mengupgrade BIOS..

  115. saya mau nanya nih?????? kenapa ya waktu install di core 2duo tiba-tiba mati ya!!!!!!!! pAs mau dihidupin gak mau lagi!!!!! tolong dong solusinya


  116. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Rhomy
    Maksudnya install apa mas ?
    Coba baterasi CMOS dilepas dan setelah beberapa menit dipasang lagi

  117. Assalamualaikum WR.Wb…
    mas aq mo nanya nih…mungkin neh MBq yang eror…VGAq kadang konek kadang gak konek,tu pun kalo konek brarti aq bruntung….vga dah tak cek juga ga papa…MB tak cek arus listrikna masih sehat….apa slot VGA na ya???gmna solusina
    pliss jangan jawab ganti baru…coz saat ni dolar naik…hehehhehehe


  118. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Rascalnatta
    wa’alaikumsalaam warahamtullah wabarokatuh
    hehe iya benar.. nilai dollar saat ini memang sering bikin pusing..
    Sebelumnya, ketika tidak konek itu tahunya darimana ? apakah monitor tidak menyala ? atau ada pesan yang tampil atau gimana ?

  119. halo mas, mau tanya tentang dvd room, kalo dvd roomnya bunyi kenceng ..instal game jadi sukses, tp kalo dvd ga bunyi suka hang / ga berhasil instalnya ..caranya biar dvd bunyi terus gimana ya, makasi sebelumnya.

  120. Assalamualaikum mas
    Dari monitor ma dari MOBO
    kan da 2 led…led yang pertama mati yang led 2 gak
    tu menandakan VGA eror…tapi vga aq coba di comp laen gak papa…trus kalo bsa nyala…wa pake buat ngegame game yang ringan ja keluar garis mozaikna
    MOBOq gak on board…jadi gak bisa coba gak pake vga
    iya nih mas…dolarna menggila….kapan dolar turun…biar bsa upgrade comp dngan harga murah…..Thx buat solusina ya mas

  121. aq ikut kasih solusi ya mas ebta
    buat kang erwin
    coba di cek kabel dvd ma kabel PSU na…dah terpasang kencng gak di dvd romnya,juga kabel yang sata/pata nya dah knceng lom di MOBO na
    kalo gak….cek PSU na…ngangkat ga voltasena buat hardware yang lo pasang smua di comp lo
    klo dvd na 2 dan dipararel in…coba dilepas satu..make 1 dvd ajah
    maap kalo salah..maklum masih newbie


  122. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @herwin
    Bisa dicoba juga usulan mas Rascalnatta (127)
    Selain itu, biasanya itu karena kemampuan baca DVD-ROM sudah melemah ( sudah lama atau sering digunakan), sehingga seperti itu.. dan memang DVD-ROM ada umur pemakaiannya..

    @Rascalnatta
    wa’alaikumsalaam…
    Oh jika keluar garis seperti itu, coba drivernya di install ulang atau download driver VGA terbaru

  123. wehehehehhehehe…udah mas…
    lagian HDq tiap 1 bln 1x mesti tak instal ulang
    masalah driver vga aq update terus
    pa soket vgaq di mobo yang rusak ya……
    bsa gak ya dibnahin tu socket???
    ada emailna gak mas…mau tak kirimin gambar yang da mozaikna…trus minta pendapatnya…hehehhe


  124. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Rascalnatta
    Oh jadi sudah rutin update criver VGA-nya ya..
    kalau socket VGA bisa juga, tetapi jarang..
    email ada halaman about..

  125. aku pake Albatron KM16S-AM2 (v2.0) ver:1.00,Athlon 4800 x2(kl g salah),DDR2 1Gb,HD WDC 160Gb,usia br 1 tahun,kadang2 sk ngehang HD g ke detect bios,tp tiap reset CMOS bisa masuk OS lagi,stlh bbrp menit hang lagi,lirain XP SP 2 nya yang missing,aku dh install ulang
    kira kira apanya ya om, perlu updatebios ga?
    thx,this will be my favourites web


  126. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @pungkas bilang
    sepertinya memang bukan windows-nya. Jika ada update BIOS terbaru, bisa coba diupdate..
    tetapi bisa juga Power Supply-nya kurang bagus, sehingga arus ke hardisk yang bermasalah..

  127. wadooh massss… tulung..tulung.. PC ane sama persis kek kasus di atas.. tapi masih tetep ga bisa..udah ganti POWER SUPPLAY, Gnti RAM.. tetep aja ga berubah.. napa yah..?? pusing euy.. pernah bisa masuk, sempet browsing juga.. tp baru 20 menit.. langsung ngebalank lg layar na ( BIRU POLOS ).. kadang suka GARIS-GARIS.. ugh.. ๐Ÿ™ tulung bales ke email aja yah mas.. makasih..


  128. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @achot
    Ketika layar biru polos, apakah ada tulisan tertentu ?
    kalau garis-garis, mungkin ada masalah dengan Driver VGA..


  129. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @achot
    emm..coba di slot vga na di bersihin……
    di semprot pake compresor ajah…kalo MOBO na on board di cek ajah driver vga na……

  130. saya lagi kna masalah kya gni neeh…dah diotak-atik nga maw bener…kyanya mesti kdistro aj y…

  131. o…ya…saya baca koment2nya neeh…hari gini pake antivirus malah ngebebanin komputer broo…komputer jadi lemot…mendingan pake deepfreeze aj…komputer ngs kebebanin…semua virus lewat…dateng aj ke duniabiner blogspot…ok


  132. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @redX
    sebenarnya tidak semua antivirus membebani komputer..
    Ada berbagai kelemahan juga jika menggunakan deepfreeze..

  133. Ass. kang ebta ni inna mo nanya lagi, 2 flash disk inna yang bermerk “Tos dan King” 4 gb ditancapkan di Front USB Mobo Fox…tapi setelah di safely remove ko dua duanya jadi MAtot ga ada keterangan atau ninggalin pesan kenapa ya? apakah karena setrum yang kurang ? katanya fdisk lebih bagus di tancapkan di belakang alias di bawah port keyboard ? gimana kang?


  134. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @innaazzahra
    wa’alaikumsalaam
    Iya memang, kadang didepan arusnya kurang kuat.. (untuk motherboard tertentu.. )

  135. komputer saya mati saat menginstal windows,
    setelah di tekan tombol power maupun tombol reset tidak mau hidup.
    power suplay sudah di coba di komputer lain, tidak bermasalah.
    kemungkinan apa yang terjadi pada komputer saya?


  136. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @bdy shant
    Jika maksudnya mati total (tida bisa masuk ke BIOS), apakah sudah mencoba langkah diatas ( melepas baterai, me reset CMOS) ?

  137. Assalamualaikum
    kk ebta…..mau tanya nih..kuk di lcdq gambar2 folderna ma tulisanya mbayang ya…dah wa cek driver VGA ampek wa instal ulang lagi juga gak ngaruh
    pa gara2 aq ganti vga 96gt monitornya gak kuat ngejar ya???dijamin monitornya gak rusak…dah wa tes

  138. assalamualaikum pakde eb. sugeng enjang. ini mau tny. jd gini, kmrn komp sy dibuat ngegame. di tngh2 main, komp hang. lalu saya restart. hsilnya cpu nyala. led optical drive nyala sprti membaca sesuatu (pdhl kosong), led hdd nyala stlh led cd rom mati. trs bunyi suara tiit satu kali tp monitor dr awal tetap tdk mau nyala (monitor ad pesan no signal detected). na itu mslhx ada di mana y?


  139. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @rascalnatta
    wa’alaikumsalaam
    Mungkin pengaturan setting VGA-nya..
    Apa ketika booting tulisan di layar itu juga tisak jelas ?

    @haru
    wa’alaikumsalaam
    sugeng ndalu mas.. ( mbalasnya malam.. hehe )
    Kemungkinan komponen motherboard ada yang bermasalahm san biasanya Memori (RAM), coba dibuka di lepas dan dipasang ulang dengan baik..

  140. pas booting sih tulisanya gak bayang/dobel
    waktu buka bios nya ajah normal…gak dobel2
    seting vga dah bner i kang ebta
    tapi buat ngegame bayang nya tu gak kliatan…game nya pes 09 ma crysis ma gta4 juga lancar…bayanganya gak kliatan
    tapi kalo di folder ma tulisan web gni tulisanya double,tapi bayanganya gak gitu jelas…..

  141. assalamualaikum pakde. mau nanya lagi. ini komp sdh mau hdp. tp keluar tab bunyix winlogon.exe eror memory can’t read . . bla3 gtu pakde. itu menandakan apa pakde? bahayakah? bgaimana cr mengatasi? o iya pakde, mslhku yang kmrn itu sebenarnya hanya RAM atau bs hardware lain? perlukah mengganti suatu komponen. wdh, kok byk bgt tanyanya. maaf pakde, hbs blm mudeng e. makasih jawaban2x. monggo, sugeng sore. wassalamualaikum.


  142. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @rascalnatta
    Coba di install ulang saja driver VGA-nya

    @haru
    wa’alaikumsalaam
    Kemungkinan hanya RAM Saja, tapi bisa jadi yg lain. Agak susah kalau tidak ngecek langsung..

  143. udah…..dah tak instal ulang bareng windows na kk
    tapi te2p ajah tulisannya ada bayanganya
    masa sih monitorna gak kuat ngejar vga na
    aq make monitor LG FLATRON L1753s,vga 96gt POV


  144. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @rascalnatta
    harusnya monitor kuat, mungkin menu Brightview di tombol monitor ? atau bisa dikirim ke email saya screenshot tampilannya seperti apa ?

  145. Dah tak capture,siap dkrm…tapi mailna gak tau…..
    Tapi kalo tak zoom pas tak ubh jadi jpg,gak mbyang i…..tapi ntar liaten di gmbr anak panah…paling kliatan tu

  146. mas…kom saya tidak mau mati paadahal saya dah copot proccesor, battry CMOS,RAM, dan Motherboard dari casin nya….
    tp tetep ja dia ga mau dimatiin…klo ga mo mati tp dia booting sih ga masalah tp bios ja ga masuk…dan yg saya tau tuh klo lampu MB nyala arttinya MB ga rusak kecuali dia ga nala pasti dia rusak/ arus masuk ga lancar…gimana mas solusinya


  147. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Rascalnatta
    ebta.setiawan@gmail.com sebaiknya disimpan dalam format PNG jika bisa sehingga hasilnya bagus. kalau tidak tidak mengapa

    @EwingAmoy
    Mungkin perlu diperiksa pemasangan kabel power dan kabel-kabel kecil seeprti reset, power, hdd led dsb..

  148. Thx atas konsulnya. Pc saya kmarin blink direeboot. Ternyata akibat salah pasang RAM. tapi sempet bau hangus, untungnya langsung q cabut tu kabel pwr cpu klo ga processor bisa kbakar. Trus baca konsul di atas ttg salah pasang RAM beres dah smua. Thx berat smua infona sangat bguna.
    Thx jg tk OS MS for all software. Ur rush our gold freeport, and we rush Ur com. tech. freeware. Lets take and give program for better life.
    SALAM…
    ai.

  149. assalamualaikum
    wah tambah pusing nih mas…..Moboq malah gak mau nyala…arus listrikna gak mau ngalir ke Mobo,mati total kayak e moboq
    padahal baek2 ajah i kmaren2nya
    tapi masalah gambarnya…aq Kmaren coba Make Mobo Daganganq yang onboard….tak kasih resolusi 1280*1204 nggak mbayang i kang….trus tak pasangin vgaq…..tak kasih resolusi yang sama…masih te2p mbyang

  150. assalamualaikum!
    mas,sya pernah mengalami hal ini. setelah dicek ternyata kipas processornya rusak,lalu saya ganti.tapi setelah diganti kok suhunya gak berubah.sblumnya suhu normalnya sekitar 40-50 drjt.tetapi skrg normalnya 70-85 drjt.kira2 apa ya penyebabnya?
    apa krn usia komputer saya yg dah 4 thnan(uzur) dah mulai sakit2an kali ya..


  151. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @rascalnatta
    wa’alaikumsalaam
    sudah dicoba install driver versi yg lain ?

    @iqbal
    wa’alaikumsalaam
    mungkin transfer panas tidak efektif antara CPU/processor dan pendinginnya..

  152. Mas,komputer saya kalau startup lampu hddnya mati nyala terus sedangkan dilayarnya hang kenapa bisa begitu soalnya saya baru install avg 7.5 dan avg 8.0

  153. assalamualaikum wr. wb
    mas, kalo permasalahan pada komputer saya agak beda nih.. sering mati sendiri stelah hidup kira-kira 1 jam tapi stelah itu bisa saya nyalakan lagi dan beberapa menit mati lagi tidak beraturan.
    saya udah coba ganti psu tp masih sama.. dan saya blm ngerti soal setting jumper mobo jd ga berani utakatik dah. knapa ya mas, mohon pencerahannya ya smuaaa.. tengkyuuw somaT ๐Ÿ™‚


  154. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Fahmy
    saya kurang tahu persis kenapa, karena informasinya masih sedikit..
    mungkin install saja satu, jangan dua-duanya..

    @izhar
    wa’alaikumsalam warahmatullah wabarokatuh
    apakah ketika mati muncul pesan tertentu ? Coba di cek suhu motherboard atau vga..


  155. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    mas, sya bru beli kom rakitan,
    benar ga jnis Proc Intel Dual Core E2160, Mobo Jetway Intel 946GZM3 ? sya copi dri PC Wizar, tlng ya pncerahannya dan Penilaiannya ya mas ?????
    <<>>

    > Mainboard : Unknown Broadwater

    > Chipset : Intel i946GZ

    > Processor : Intel Pentium E2160 @ 1800 MHz

    > Physical Memory : 512 MB (1 x 512 DDR2-SDRAM )

    > Video Card : Intel(R) 946GZ Express Chipset Family

    > Hard Disk : ST3802110AS (80 GB)

    > CD-Rom Drive : ASUS CD-S520/A5

    > Monitor Type : Samsung SyncMaster – 15 inches

    > Network Card : Realtek Semiconductor RTL8139/810x Family Fast Ethernet NIC

    > Operating System : Microsoft Windows XP Professional 5.01.2600 Service Pack 3

    > DirectX : Version 9.0c

  156. yg lbih detail nya mas,,,
    kira2 1 taon kdepan bisa diupgred ga mas ?????
    trus mnurut mas JLEK / SEDANG / BAGUS ?????
    <<>>

    > Manufacturer : OEM

    >> General Information
    Product : OEM
    Version : OEM
    Serial Number : OEM
    Unique ID : 00000000-00000000-08070605-04030201
    SKU : Unspecified
    Family : Unspecified
    Start mode : Power Switch

    > Mainboard : Unknown Broadwater

    >> General Information
    Manufacturer : Unknown
    Product : Broadwater
    Version : Unknown
    Serial Number : Unspecified
    Support MP : Yes, 2 CPU(s)
    Version MPS : 1.4

    >> Chassis Information
    Manufacturer : OEM
    Type : Desktop
    Version : OEM
    Serial Number : Unspecified
    Asset : Unspecified

    >> On-Board Device Information
    Embedded Controller : Yes

    >> Slots Information
    Slot PCI : Available (32-bit) 5.0v
    Slot PCI : Available (32-bit) 5.0v
    Slot PCI : Available (32-bit) 5.0v
    Slot PCI : Available (32-bit) 5.0v

    >> External Connectors
    Serial 16450 Compatible : DB-9 male
    Serial 16450 Compatible : DB-9 male
    Parallel ECP/EPP : DB25 female
    Keyboard : PS/2
    Mouse : PS/2

    >> Internal Connectors
    PRIMARY IDE : On Board IDE
    SECONDARY IDE : On Board IDE
    FDD : On Board Floppy
    COM1 : 9 Pin Dual Inline (pin 10 cut)
    COM2 : 9 Pin Dual Inline (pin 10 cut)
    LPT1 : DB25 female
    Keyboard : PS/2
    PS/2 Mouse : PS/2

    > Bios : Phoenix Technologies, LTD

    >> General Information
    Manufacturer : Phoenix Technologies, LTD
    Version : 6.00 PG
    Date : 05/30/2008 (mm/dd/yyyy)
    Address : 0x0 on 512 KB
    Copyright : Copyright (C) 2007, Phoenix Technologies, LTD
    Motherboard ID : 05/30/2008-Broadwater-6A79LJ1AC-00
    OEM Signature : V.946GZM3 A02 05-30-2008
    DMI Version : 2.2

    >> Characteristics
    Flashable : Yes
    Socketed : Yes

    >> Functionality
    APM : Yes
    ACPI : Yes
    ESCD : No
    PnP : Yes
    PCI : Yes
    ISA : Yes
    AGP : No
    USB : Yes
    PCMCIA : No
    Smart Battery : No

    >> Boot Information
    Selectable Boot : Yes
    CD-ROM Boot : Yes
    PC Card (PCMCIA) Boot : No
    I20 Boot : No
    LS-120 Boot : Yes
    1394 Boot : No
    ATAPI ZIP Boot : Yes

    > Chipset : Intel i946GZ

    >> General Information
    NorthBridge : Intel i946GZ
    SouthBridge : 82801GB/GR (ICH7 Family) LPC Interface Controller

    >> NorthBridge Information
    Architecture : Direct Media Interface (DMI)
    Manufacturer : Intel (Intel Corporation)
    Codename : Broadwater
    Revision : C1
    Bus Speed : 200 MHz
    FSB Frequency : 800.1 MHz (QDR)
    FSB max. Support : 800 MHz
    RAM max. Support : DDR2 (667 MHz)

    >> Memory Information
    Supported Channels : Dual (128-bit)
    ECC Diagnostic : No
    Shared Memory (video) : Yes

    >> Physical Capabilities
    DDR3-SDRAM Support : No
    Turbo Memory : No
    FlexMemory : Yes – Unspecified
    IME Support : No
    AMT Support : No
    TPM Support : No
    VT Support : No
    TXT Support : No

    >> PCI-Express Information
    Number of ports : 3 – (x16, x1, x1)

    >> Video Information
    Integrated Controller : Yes
    Enabled : Yes

    >> Functionality
    SATA AHCI Enabled : No
    RAID 0/1/10 Enabled : No
    RAID 5 Enabled : No
    PCI Express x1 Enabled : No
    Intel AMT : Yes
    Intel QST : No
    SPI Interface : Yes

    >> Thermal control
    Thermal Sensor Enabled : No
    Thermometer Mode Enabled : No

    >> Device Capabilities (PCI)
    I/O Access : No
    Memory Access : Yes
    Bus Master Capable : Yes
    Special Cycle Recognition : No
    Memory Write & Invalidate : No
    VGA Palette Snoop : No
    Parity Error Response : No
    Cycle Wait : No
    System Error Line : No
    Fast Back-to-Back : No
    Detects Parity Errors : No
    User Defined Format : No
    PCI 66Mhz Bus Support : No
    New Capability List : Yes
    PCI Support : Vendor-Dependant

    > Physical Memory : 512 MB DDR2-SDRAM

    >> General Information
    A0 (RAS 0) : 512 (Single Bank)
    A1 : Empty
    A2 : Empty
    A3 : Empty

    >> Information SPD EEPROM (A0)
    Manufacturer : Nanya Technology
    Part Number : M2Y51H64TU88D6B-3C
    Serial Number : DB902C22
    Type : DDR2-SDRAM PC2-5300 (333 MHz) – [DDR2-666]
    Format : Regular UDIMM (133.35 x 3)
    Size : 512 MB (1 ranks, 4 banks)
    Module Buffered : No
    Module Registered : No
    Module SLi Ready (EPP) : No
    Width : 64-bit
    Error Correction Capability : No
    Max. Burst Length : 8
    Refresh : Reduced (.5x)7.8

  157. tanks bnyak ya mas,,,,
    saya cuman ga mau ditipu aja sama pihak toko tersebut.


  158. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @hendri
    waahh ini mungkin komentar terpanjang.. hehe
    kalau untuk upgrade sepertinya masih bisa, walau tidak semua. Bisa juga melihat buku panduannya, disana biasanya ada keterangan support CPU sampai seberapa, juga RAM

  159. mas mau nanya

    kalo sebelum F1 to setup
    dan F2 to continue
    ada tulisan “cmos memory wrong size” permasalahanya dimana ya mas?


  160. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @didid
    kemungkinan ada error atau kerusakan di BIOS-nya, coba lepas baterai didalamnya itu dan biarkan beberapa menit lalu pasang lagi. Atau bisa di reset BIOS ( silahkan melihat buku panduan motherboard-nya)..

  161. mas, sya mau upgrade memory jdi 1GB kira2 merek yg cocok dengan speksifikasi kom sya yg diatas apa ya ???? merek memory yg bagus saat ini apa ya ???? tanks ya mas

  162. mas, aku mau tanya neh..”^_^”
    kemarin temen aku bersiin komputernya pake Kompresor,pas dinyalain bootingnya gak mau masuk windows.. Tolong donk…???


  163. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @hendri
    kalau memory yg bagus biasanya yg harganya hampir dua kali atau lebih dari memori biasa..
    Yang cocok sebenarnya bisa melihat buku manual motherboardnya..

    @yogi
    biasanya ada pemasangan hardware yang kurang pas, coba cek memori atau vga..

  164. mas mau tanya.
    knp pc saya nggak mau masuk ke windows,selalu restart,
    mau di format juga restart,
    thnks


  165. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @hery
    formatnya lewat mana ?
    selalu restart bisa jadi karena virus, atau ada file windows yg rusak/hilang, hardware ada yg bermasalah dsb..


  166. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    Selamat sore (nulisnya pas sore)
    Saya mo tanya nech mas… Kemarin aku habis bersihin compi, battery bios tak lepas terlalu lama (kira2 15menit) pas ku pasang laghi ternyata eror bios, bios gak bisa detect memory, harddisk dan semuanya tidak ke detect hanya muncul tulisan dari pembuat bios klu g salah Award (ic bios pake phoenic), intinya da peringatan tidak ada boot di floppy, please insert system disk press anykey. Thanks sebelumnya,…. klu bs tolong di kirim ke em@il y bos… must_arey@yahoo.co.id

  167. Mas, bisa pesen Pc Analyzer/Debug Card yang 8 digit gak?
    Pokoknya yang kira2 bagus menurut mas ebta.
    ya, nanti + ongkir ke semarang berapa gitu……

    Reply via e-mail bagus tuh… (PLS!!!)

  168. ato kalo memang gak ada, yang 4 digit juga gak papa…
    “need your help”

  169. bos komputer gue setelah bongkar copot hardisk kok tiba tiba gak mau booting ke os bahkan ke biosnya muncul message di monitor “VGA : No Input Signal” padahal cpu, dvd, dan hardisk nyala. hardisknya SATA mobo Hp. please bos urgent????


  170. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @must_arey
    Jika seperti itu kemungkinan tidak mendeteksi hardisk, coba cek lagi. Juga di BIOS, jika tidak ada flopy disk, di disable saja opsi floppy disk

    @LiMa
    Hmm… saat ini mungkin belum bisa, apakah disekitar sana tidak ada ya ?
    Dan lagi saya tahunya yang 2 digit saja..

    @Ren
    Coba cek pemasangan VGA atau kabel VGA baik yang ke komputer atau monitor..

  171. Assalamu’alaikum Wr Wb.
    mas ebta saya mau nanya dong.
    pas di tengah2 nyala cpu, monitor saya tiba2 mati dan ada tulisan “NO INPUT SIGNAL” gitu. Saya restart komputer, trus kira-kira 10 menit-an cpu nyala, tau2 monitornya mati dan ada tulisan “NO INPUT SIGNAL” lagi. Saya coba restart lagi, dan sekarang monitornya bener2 ga bisa nyala. Saya kira vga nya kotor, trus saya bersihin deh tuh. Pas udah dibersihin, masih ga mau nyala juga. Oia kipas vga saya udah mati mas. Saya udah cek kabel2 power di cpu, dan udah terpasang semua. Saya udah coba cabut vga, tapi tetep ga muncul apa2 di layar. Dan speaker di mobo saya tidak ada bunyi “BEEP”nya. Yang mau saya tanyain adalah:
    1. kira2 gara2 kipas vga mati bukan tuh?
    2. trus kalo bukan dari kipas vga, apakah dari mobo, processor, ram?
    terima kasih mas ๐Ÿ˜€

  172. mau minta tolong boz
    komputerku tiba2 mati(kipas dll kecuali lampu led di MB masih nyala)sebelum masuk ke sistem operasi windows atau kadang bisa masuk windows tp kira2 1-5 kemudian tiba2 mati
    setelah mati tidak bs dinyalain lg kecuali colokan kelistriknya di cabut kemudian di pasang lg baru bisa dinyalin lg
    *yang sdh kulakukan
    – ganti power supply(beli baru)
    – melepas Baterai CMOS
    – ganti ram
    – bersihin dari debu mulai dari prosesor,kipas,ram dll
    – update anti virus
    – ganti anti virus

    tapi anehnya kalo masuk ke safe mode komputer bisa nyala alias bs masuk ke OS sampek berjam2 gak mati

    Mohon Bantuannya…
    Terima Kasih sebelumnya…

  173. wah… masalahnya si kaka 100% sama kyk aku. dah ganti PSU masih aja sering mati kadang 1 jam kadang lebih mpe skrg tuh komputer nganggur gatau lg mo diapain…


  174. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @kiki
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    1. Bisa saja VGA-nya mati /rusak, karena jika kipasnya masti, kemungkinan panas chipnya tidak tersalurkan
    2. Jika melihat infonya “NO INPUT SIGNAL”, berarti permasalahan pertama ada di VGA atau sinyal ke Monitor

    @kaka
    Kalau bisa ke safe mode, kemungkinan ada aplikasi di windows-nya yang menyebabkan hal itu..
    Atau jangan-jangan itu setting stand by ( power options windows)..
    oh ya 1-5 itu dalam detik, menit atau jam..

    @ezzy
    jika safe mode tidak bermasalah, kemungkinan ada aplikasi yang konflik dengan hardware..

  175. Assalamu Alaikum Wr.Wb.
    Mas Ebta, Q punya masalah dengan komputerku. Saya udah coba semua trik dan tips seperti yang mas ajarkan, mulai dari melepas baterai BIOS, jumper, sayapun udah ganti memory, dan mengecek semuaya, tapi belum juga bisa menyala. Kira-kira apanya ya mas…??????

  176. assalaamualaika ya ahlal syurga, dair kesemua masalah mobo disini, dengan 1/2 nekad inna cuci saja motherboard dengan deterjen selama 1 hari esok paginya kondisi cuaca sedang panas lalu inna jemur mobo itu sampai kering dan setelah dibersihkan dengan Vacum cleaner, dipasang Processor tanpa RAM eh… puji tuhan 4JJI Mobo yang semula hanya menyala lampu led ( dekat Slot PCI ) kini sudah berbunyi Tuuuuuut lalu inna pasang deh Ramnya dengan terlebih dahulu di Clear CMOS , kang ebta sebenarnya tujuan direndam itu apakah dapat menghilangkan debu disela – sela CHIPSET atau komponen lainnya atau ???? minta pendapatnya kang ebta setiawan (kapan yah, kang ebta ngebahas tentang web gratisan, ditunggu kang)


  177. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Aswar
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Ya kadang dengan mencuci motherboard, semua komponen bisa menjadi bersih. Hanya saja perlu dipastikan sebelum dipasang semuanya sudah kering…

  178. Assalamu’alaikum Wr Wb.
    mas, saya kan udah ganti vga-nya tuh, kok tetep ga tampil apa2 yah? trus bunyi “beep” dari speaker di mobo juga ga ada. Kalo kayak gitu permasalahannya dimana yah mas?
    terima kasih.


  179. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @kiki
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wbarokatuh
    Jika tetap muncul no input signal, padahal vganya masih bagus, kemungkinan bias di slot vga yang rusak atau monitor (jalur kabel ko monitor juga perlu periksa)

  180. hmm… w punya problem kyak gini:
    safe mode gk bs masuk…
    install ulang slalu gagal saat mulai peng-copy-an pd persentase 40% keatas…
    coba beda

  181. om ebta, saya ada masalah di suara
    kenapa kadang kalau lg pasang lagu di winamp atau wmp atau sedang main game, suara suka hilang tiba-tiba ya?
    tapi nanti kira-kira 5 menit hidup lg suaranya
    saya pakai windows xp SP2
    driver semua sdh terinstal

    trimakasih sebelumnya


  182. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @?G


  183. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    Kang numpang tanya atuh, Saya ada note book lama peninggalan bokap(Toshiba Pentium 3)Kalo saya nyalain teh ada bunyi tiiit dan tulisan “Bad check sum(CMOS)Check system then press(F1)”. Kira – kira apa yang bermasalah ya? Nuhun. Kirim ke email saya aja ya lagorz@gmail.com


  184. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @lagorz
    Sebaiknya masuk BIOS dan disetting ulang konfigurasinya. JIka belum bisa bisa minta bantuan teman dsana..


  185. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    tolong donk kasih saran komputer saya ga ada tampilannya….
    cpu mau nyala tp lampu led nya cuman nyala tp ga ada kedap -kedip nya…… udah saya periksa dari memori vga on board hardisk prosesor juga sampe baterai bios udah saya cabut lalu di pasaNG LAGI tp tetap ga ada hasil nya….memang sih komputernya banyak debu…. tp tetap ja ga mau tolong bagi yang tau kasih kasih saran ke email saya aja yach plizzzzz

    di rahmat_ridatullah@yahoo.com

  186. Assalaamu’laikum…

    Em, mau tanya mas, kalo mau tau tipe service pack laptop kita gimana ya?? saya udah liat melalui dxdiag tapi yang ada cuma ketrangan Tipe Windows XP professional (5.1, Build 2600). apakah sudah pasti SP2??Syukron

  187. assalamualaikum.wwb
    mas mau numpang tanya.
    ak pnya masalah dgn kmputerku
    emang sih kmputer lama bli tahun 2005an.
    masalahnya..ahir2 ini ak sering instal ulang windows karena sebelumnya banyak masalah.kayak driver cd-rom pada g kedetect.trs soundcard tiba2 hilang.ga bisa play lagu.dll deh
    setelah itu normal lagi tapi bbrepa hari yg lalu komputerku sering hang gitu.tiba2 blank aja g bisa di apa2in..diem..ya udah ak restart..itu berlangsung berkali2 lagi..nyebelin lagi dipake juga..heheh..slanjutnya ak memutuskan untuk format ulang hardisk.terus ak instal windows xp sp2..pas instal windows c lancar terus stelah itu ak mau install ms.office 2007 pas lagi proses mati lagi..nah ini matinya g mo idup lagi..pas di pencet tombol powernya lampu led tanda nyalanya cma kedip dikit..udh gitu mati..seiring dengan komputeku yg ga bisa nyala..tolong donk mas kasi solusinya heheh..matur nuwun..tq…


  188. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Ansori
    wa’alaikumsalaam
    Mudah saja, klik kanan My Computer, pilih Properties. Disana akan ditampilkan Sistemnya (Windows) termasuk Service Pack berapa..

    @dani87
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    kalau CD-ROM harusnya tidak perlu driver..
    Sudah dicoba diperiksa RAM (Memory), sering berbagai permasalahan seperti itu disebabkan oleh Memory yang rusak, pemasangan yang kurang pas dsb..


  189. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    ebta Says:
    March 7th, 2009 at 8:28 am

    @lagorz
    Sebaiknya masuk BIOS dan disetting ulang konfigurasinya. JIka belum bisa bisa minta bantuan teman dsana..

    Gag bisa masuk ke biosnya..Biasanya Toshiba pake f1,Esc wat masuk ke bios.Ada cara lain (Jangan bilang tekan Del !! )? Thanks before.

  190. Jawab dunk mas ebta atau siapapun yang tau jawabanya.Thanks for advance.


  191. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @arul
    jika ada setting di BIOS, bisa di set disana (coba dicek). Jika tidak biasanya otomatis mendeteksi vga non onboard

    @lagorz
    Sudah dicoba menekan tombol ESC ketika logo Toshiba muncul ya ?


  192. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    mas komputer teman saya kalau dihidupkan bisa nyala sebentar kira2 20 detik lalu mati sendiri. belum sampai booting udah mati. kira-kira apanya ya mas? saya juga ikut pusing mas untuk mikirnya. padahal RAM, VGA processor nggak ada yang mati. apa mungkin ini motherboardnya ya mas? padahal motherboardnya juga baru kira2 baru 2 tahunan, merk Gygabite. jika ada kelonggarana waktu tolong dikirinkan ke email saya captbbx@yahoo.com – makasih mas atas pencerahannya…


  193. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @lagorz
    Sudah dicoba menekan tombol ESC ketika logo Toshiba muncul ya ?

    Ya udahlah bos..ada cara lain selain Esc,F1,Del?

  194. logo toshibanya gag muncul langsung ada tulisan
    ****Bad Check SUM*****
    Check system then press(F1)
    Yang di maksud system di sini apa ya bos?


  195. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @usman
    coba masuk ke BIOS dan di cek suhunya, kemudian dilihat untuk beberapa detik/menit, apakah ada peningkatan tajam…

    @lagorz
    belum.. rencana mau nulis berbagai cara masuk ke BIOS..
    sepertinya system BIOS..

  196. salam kenal mas..
    sy habis tuker monitor,dan sebelum pasang monitor baru
    sekalian saya bersihin kipas fan. masalahnya begitu
    monitor sudah dipasang, booting sering gagal. kalaupun bisa
    sering tiba2 hang.giliran semuanya lancar, waktu saya mau
    install program tiba2 pc re-boot sendiri, tp langsung hang.
    kira2 masalahnya dimana ya mas? tku..


  197. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @leon
    coba diperiksa suhu CPU/motherboard dari BIOS..

  198. mas ebta, hidupnya cuma 20 detik kok mas, jadi saya nggak bisa masuk ke BIOS untuk lihat suhunya.baru masuk sebentar langsung mati.jadi gmna lihatnya mas?untuk shielding processornya juga sudah saya periksa dan tidak ada masalah.kira-kira apanya ya mas?makasih sebelumnya…

  199. Hallo semua mau tanya nih apakah website yang membahas kerusakan dan cara memperbaiki hardware secara detail kan semuanya itu cuma memeriksa kerusakannya terima kasih.


  200. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @usman
    harusnya jika 20 detik masih bisa masuk bios…
    setelah komp dinyalakan, paling 5 detik kemudian kita masuk BIOS..
    Kalau saya menduga CPU-nya terlalu panas..
    Bisa dilengkapi tipe motherboard dan processor yg digunakan ?

    @Kim
    Kerusakannya apa ? hardware apa ?

  201. thanks ya ka atas petunjuknya tapi komputernya tetap ga bisa permasalahanya ada di pembahasan di item ke-5 ,.. klo boleh nya itu kemungkinan motherboardnya yg rusak ya ka!!!

  202. Mas Ebta thanks udah mau jawab.setelah saya tanya sana sini buntu saya putuskan untuk membongkar notebook saya dan mereset CMOS dengan mengganti baru baterenya dan hasilnya logo toshiba muncul dengan terangnya masuk bios bisa dweh (F1)tapi ada masalah baru ternyata setelah booting ke Windows sampenya ke layar BSOD (Blue Screen Of Death)terus restart terus2an…cape dweh..Apanya ya? Apa HDDnya bermasalah atau OSnya yang bermasalah.Dah saya coba boot pake CD Windows XP SP2 tapi gag mau jalan tuh (Niatnya mau di Install ulangn pake XP bis win2000 gag punya)Please pencerahannya.Thanks mas Ebta

  203. maaf, ikut nimbrung. komp mati atau restart sendiri belum tentu dari hardwarenya yang eror/sedikit eror/rusak.coba periksa apakah tombol front panel dan kabelnya ok. bersihkan front panel di board, pasang kembali kabel power, restart, hdd led dsb ke board. kurang yakin, lepas board dari case dan hidupkan.perkecualian jika cpunya amd soket 462 dimana pemasangan heatsink harus benar. thanks


  204. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @kony saputra
    sebenarnya jika ingin memastikan bisa menggunakan perangkat PC analyzer..

    @lagorz
    iya sepertinya windowsnya bermasalah..
    Install ulang saja..

    @dr. Probo
    terimakasih atas tambahannya..

  205. Mas Socket buat vga pci express saya longgar,, jadi ga nyala kemonitornya..
    gimana benerinnya ya..
    vga pci express saya jadi jadi ga jalan kipasnya, berarti ga pas.

  206. mau nanya nih monitor mati kalo lagi donlot pas 1 jam,masih gak apa pa?
    tapi kalo udah 2 jam dimatiin,pas diidupkan lagi,layar idmnya ilang sama modem disconect,tapi kalo monitor nyala download jalan terus,apanya yg salah? apa power option yg bermasalah?bgmana solusinya?terima kasih atas bantuannya?


  207. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Alink
    wah kalau itu sepertinya agak susah, mungkin harus manual di cek konektornya satu persatu..

    @riko
    Bisa di cek power optionnya, seperti Turn off monitor, Turn Off hardisk. Mungkin di matikan ( turn off – never )

  208. Mas mw nanya ne, klo komputer tiba – tiba mati, trus ga bisa dinyalain (dengan menekan tombol power di CPU), tapi klo kabel power di lepas trus di tancapkan lagi baru bisa nyala, kira-kira knapa ya ? Permasalahannya ada dimana dan solusinya bagaimana ? mohon bantuannya…


  209. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Ade
    Saya juga pernah seperti itu, kalau dulu permasalahan ada di BIOS motherboard. Jika itu sering, maka mungki Update BIOS bisa memecahkan masalah. Tetapi jangan lupa dibaca resiko jika gagal update BIOS..

  210. klo masalah ade itu kemungkinan power supply-nya yg bermasalah

  211. mAV NI MAS saya sebagai orang awam komputer mw tny??
    gini lho mas komputer saya setelah boot screen langsung muncul jendela safe mode dan saya coba semua pilihan tersebut tetapi mendadak komputer saya malah mati, apa saya harus instal ulang ni mas???
    klo sempet langsung balez yo mas….
    thanks

  212. Saya mau tanya mas
    PC saya (baru seminggu) tiba2 gambar di monitor ngeblank padahal PC tetap menyala dan begitu juga monitor tetap nyala.
    ketika saya restart, bisa masuk lagi ke windows, namun seringkali ngeblank lagi (kadang juga fine2 aja). waktu monitor ngeblank…di PC ada suara “kriikkk” tapi ga nyaring (suaranya bukan spt suara saat memory atau vga bermasalah).
    Apa ini karena listrik yang tidak stabil? atau emang ada masalah di komponen hardware nya??
    Motherboard yang saya pakai Gigabyte EP31-DS3L, dan VGA Ati RADEON HD 4650 1GB. Mohon jawabannya>>…..

  213. Mas, saya mw tanya donx..
    Komputer (windows xp)saya tiap dinyalakan cm muncul logo “P5PE-VM Asus Intel inside” abis itu gelap truz muncul logo yg td itu lg n terus begitu berulang2.. Kata teman namanya gagal booting.. Uda pake bootable disk tp gbs, malah ada perintah FreeDOS commant prompt A:-> (g ngerti mau d isi apa). Kira2 salahnya dmn y mas?? Trz gmn pertolongan pertamanya?


  214. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @xander
    maaf baru bales sekarang
    coba di cek di BIOS, terutama suhu komputer/CPU, jika langsung mati, kemungkinan ada yg bermasalah dengan hardwarenya..

    @aan
    hmm agak susah juga sepertinya…
    kalau kelihatan CPU masih bekerja, kemungkinan di VGA, entah itu hardware atau software

    @Achel
    apa tidak ada keterangan /text sedikitpun setelah logo tersebut ?

  215. G ada tu mas,, cm logo itu trz yg muncul terus2an,, logo-gelap-logo-gelap-dst. Blankny pun cm 3 dtik sambil ada bunyi “niit” gt

  216. apa kemungkinan karena power supply yang kurang ya??
    power supply yang saya pakai 380 watt standar.
    saya udah coba browsing, dan dapat informasi kalau recommended PSU yang dipakai untuk vga saya 400 watt atau lebih. apa karena ini ya??


  217. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Achel
    Sepertinya bermasalah di hardware, bisa di periksa setting BIOS ( di set Default saja), pemasangan komponen seperti RAM, Hardisk, dan juga di cek suhu CPU..

    @aan
    Oh ya, itu termasuk VGA keluaran baru ya ( 4650 )..
    Bisa jadi seperti itu..


  218. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    Mas,aq mo nanya …
    Komp gw tiba2 mati..
    Pas maw idupin lagi …gak maw booting..laser mouse jga gak nyala..,.tpi kipas procecor dan vga msih berputar…..apaka masalah pada power suplay ..?tlng bls di email,.
    ibel_cs@yahoo.com

  219. mas,ni komputer ak aneh, cm dikasi waktu ga sampe 1 menit.boot bisa, tapi lo wktny gt, langsung dah hank.masuk bios juga bisa, ya cm bentar, trus hank lagi. kira-kira kenapa ya mas. ak semper coba pake cd boot ms dos, lama ga hank.n bisa jalan terus (ya di dos).mhon petunjuknya.

  220. o iya ak lupa, kipas proc idup, semua spt biasa mas. motherboardnya asrock 775xxxx.cuma lampu led proses, wkt hank kadang keadaannya mati, kadang nyala terus.mohon bisa dbales scpatnya ya mas.tlg dbls ke email.trims….

  221. mas, komputerku kadang bisa hidup dan terkadang setelah mati sendiri, nga bisa hidup lagi. temperaturnya sudah dicek, dan tidak ada keluhan. kalau masuk bios, gampang kok.
    kadang kalau dipakai di pagi hari, 10menit bisa pakai.. trus mati… kabel2nya juga sudah di cek, ramnya dicobain ketempat lain, nga da masalah…

    memang sih, kompternya selalu conect ke internet. kita pakai antivirus kok dan selalu di up grade.
    mohon petunjuknya mas…
    balas ke email ya mas…???

  222. Ok thanks jwbanya bos..
    ternyata setelah gw ganti Powersupply dengan cooler master 500w
    semuanya OK…non stop 24 jam..hehhe…
    thanks ya


  223. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    askum…
    q mo nx,,,

    komp d rmh tu kan jarang d pake,, kira” udah hmpir 1thn g d pake,, truz kan aku mo make,, bisa masuk k windows,, truz kan q mo ngopy lagu,, tiba” monitornya warna kuning,, truz mati. q coba hidupin lagi, belum msuk windows,, pas mati lagi…

    ampe skr g pernah tak pake lagi…

    itu knp yaw…???
    truz gmn gmn cara perbaikinya…???

    tolong kirim balesanx ke ” bunga_brilianty@yahoo.com
    q tunggu jawabannya…
    makasi… ^_^


  224. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @Ibel
    COba dicek komponennya satu persatu..
    bisa jadi memang masalah powernya.

    @widi
    kemungkinan ada salah satu HW yg bermasalah, misalnya hardisk atau Memory..

    @ericson munthe
    apakah sebelum mati ada pesan (tampilan) tertentu atau langsung mati begitu saja ?

    @aan
    OK, sama-sama…

    @bunga
    Jika sampai 1 tahun nggak dipakai, sebaiknya dibersihkan dan di cek ulang pemasangan komponen-komponen hardwarenya..


  225. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @ibel

    kipas processor nyala, vga… cd-rom, harddisk, keyboard, nyala ga ? monitor kondisi seperti tidak ada sinyal pa ga (biasanya ditandai lampu di monitor,klo bisa nampil warnanya ijo, klo komputer mati tapi monitor dinyalakan warnanya oranye) ?

    keluar suara tuut ga ? ( suara beep code/bios yang menandakan adanya proses POST, Power On Self Test )

    Coba cek : Memory RAM, klo masih lum bisa, cek processor…

    Sry klo kurang membantu…

  226. Salam kenal.

    Mas,
    Tanggal di pc ngaco.
    Pas dimatiin monitor mati.
    Tapi, CPU masih nyala.
    Terus cabut colokan listrik.
    Dinyalain lagi nggak ada suara beep.
    Monitor nggak nyala.
    Kipas nyala.

    Kenapa ya mas?
    Sebelumnya makasih.

  227. mother board ibm ku ,tidak muncul pada layar apapun,jika memory saya copot masih ada tanda beep,jika vga card saya copot tdk ada beep,dan kemudian prossesorr hangat ,,,kira 2 apa masalahnya ya kang…..? tolong dibantu ….


  228. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @ade
    Mau sharing aja, komputer minggu kemarin ngalamin kondisi seperti itu. VGA card sudah diganti, monitor tetap gelap ( lampu dimonitor warna orange ). Tapi setelah di cabut satu Memory RAMnya, komputer bisa nyala. Alhamdulillah…

  229. saya baru selesai install pc dng OS windows XP-SP2, tapi pada saat dihidupkan tampilan logo windows muncul sebentar kemudian monitor langsung off/standby, saya restart ulang tetap sama permasalahannya seperti diatas.mohon solusinya,trims.

  230. Mungkin itu bukan standby mas, CPU tetep nyala tapi monitornya mati, alias gak ada koneksi dari CPU ke monitor. Coba cek VGA sama RAM nya. Dibersihkan aja kuningannya sama slotnya. Trus pasang lagi tapi jangan kendor. Semoga membantu.

  231. Mau nanya dong….!
    Kalo komputer gak mau booting…bahkan gak mau proses POST kira2 masalahnya dimana ya?

  232. halo mas apa kabar?? saya punya masalah nih.. kebetulan tadi surfing di google, baca-baca eh masuk ke sini dan saya sangat tertarik ntuk menanyakan masalah saya ini.. karena semalem komputer saya tiba-tiba gag mau booting.. awalnya setelah selesai buka komputer ngebrowse bentaran.. kemudian saya restart.. trus udah gag bisa lagi alias gag mau kebuka lagi windows nya.. cuma ada tampilan merk komputer trus nama main boardnya..trus di bawah layar ada tulisan PRESS DEL untuk setup atau F11 untuk apa gitu, saya lupa. trusnya lagi lampu di keybord juga ga nyala.. ( ugh.. mana tuh komputer punya abang) padahal saya gag apa-apain tuh komputer..niat nya cuma mau nge restart doank.. saya coba nyalain.. tapi lampu indikatornya ga nyala, trus ga ada bunyi BEEP, ga ada tanda-tanda kalo lagi proses ( biasanya kan kalo kmpter di nyalain lampu nya kedap-kedip tanda sedang proses).. maslahnya di mana ya kira-kira?? mohon banget bantuannya mas.. udah saya coba buka pasang cmos ( gag pengaruh), buka pasang RAM (ga ngaruh juga), di periksa kali ada yang kendor ( masih tetep ga bisa juga). toloooonggg…. makasih sebelumnya.. saya sanag berterima kasih sekali jika balasnya lewat imel..


  233. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    maaf Mas mengganggu, Mas aku mau nanya Laptop aku Merk acer 4530 kalaw instal windows saat nunggu Proses knapa ko tiba2 Lapotop langsung mati,kira2 apanya ya Mas apa mungkin Hardisnya padahal aku sudah sudah coba macam2 windows , mohon pncerahannya dan klw gak keberatan balas di E-mail aku ya Mas. sebelumnya Trima kasih banyak bantuannya.
    siswanto76@ymail.com

  234. Mas mw tanya, komptr saya tiba2 mati. Hardisk mati, kipas processor mati, yg hidup cuma lampu mother board. Pas aq tekan tombol on, kipas hidup sekejap kira2 1 detik trus mati. Kabel2 ud aq cek semua aman, semua aq bersin tp tetep gk mw hdup. Tolong jawabanya.

  235. wah Hebat banget .dan pas kebetulan komputer teman aku lagi henk
    dan aku perbaiki tapi nga hidup.dapat info wah makasih banyak yah mas


  236. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    mas aq minta tolong nih..
    pc saya awalnya nyala sampai windows, setelah beberapa detik masuk windows tiba tiba mati.
    aq nyalakan lagi bisa sampai windows juga tapi lagi2 mati, sekarang bisa nyala tapi malah belum sempat booting mati sendiri, parahnya baru tombol power dinyalakan langsung mati.
    saya cek memori, hd, vga, pwr suply ga pa2. kasi jawabannya dong mas. trims. tri_linkmas@yahoo.com

  237. Assalamu ‘alaikum Om Ebta. Alhamdulillah, secara tidak sengaja saya masuk ke artikel ini (saya terus melihat update). Kebetulan ada sebuah komputer kadang berhasil masuk Windows XP tapi tiba-tiba restart. Lalu kadang pula proses booting berjalan tapi restart. Jawabannya mungkin diatas. Jadi niatnya saya bookmark dulu artikel ini. Terima kasih.


  238. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @all:
    kalo yang 20 detik tiba-tiba mati, bisa jadi masalahnya di prosesor yang kepanasan… mungkin heatsink nya udah rusak ato kipasnya ga bener…

  239. mas saya punya motherboard gigabyte ga-k8ne,745,kl pcnya di hidupin load biosnya cuman sampe,untuk detek prosesornya aja selanjtunya hang……kemaren udah saya coba copot semua hardwernya,hardisk,ram,vga,dipasang di komputer lain bisa,,,,kl seperti itu..mobonya harus di appain langkah2nya gmn?trimakasih

  240. mas q pnya kom p 2, di hidupkan nyala, masuk ke detect hd, cd dsb, kemudian mati seketika, di hidupkan lagi g bisa nyala. kabel belakang saya cabut, trus saya tancapkan lagi, di hidupkan nyala sebentar kemudia mati lagi, gimana solusinya???? thanks

  241. wah, boleh juga ni tips…aku akan coba nanti, trus kalo ada tips yang lain bisa berbagi dong…

  242. salam….
    sy sudh pon ikot smua yg ada di ats tu….
    xpi msh jgk tidak mahu masuk windows….
    jdi ape perlu sy lakukan??

  243. Trima kasih mas.stelah sya mbaca web ini permasalahan Pc Saya yg waktu itu bunyi2 akhirna teratasi.skrg saya bsa maen lg.artikel ini sgt mbantu yg masi awam spt saya.sekali lg sya ucapkan trima kasih

  244. mas. aq punya comp.destop, dulu aq lepas prosesorx,casing aq buang dan aq kirim motherboard kerumah. selama 1 bulan aq ganti casing aja, trus rangkaian aq pasang kembali dengan benar termasuk prosesor, aq jalanin comp. kok tdk ada gambar sama sekali… padahal sepertinya comp.nyala cuma tdk ada gambar. apa mungkin biosx hilang? aq uda down load bias & flash tp gimana mau jalanin tdk ada gambar (monitor oke). gimana sih jalanin flash bios? motherboard type inteld945gcc. Thanks ya atas bantuanx.
    nb:tanpa floppy.

  245. om, mo nanya, kompiku saat setting bios, di tab cek power yg 3,3V koq berwarna merah yak? gak masalah di operasinya sih cuma hawatirrrr ada problem nantinya

  246. mouse dan keyboardku gak kededect gimana nih mas. Windowsnya normal. Mouse gak bisa, keyboard gak bisa. Usb Port gak bisa baca USB keyboard, mouse USB juga gak. Dari BIOS dah gak bisa. ada yang bisa bantu gak… aku pusing tolong anyone please….

  247. mas mau tanya nich, pc saya tiba2 di monitor no conection, saya lgi mutar lagu, suaranya langsung ilang, tapi copu masih nyala, minta solusinya ya.,,,,,,, thank

  248. Mas, kompi ak gbsa nyala, cuma led mobo aj yg nyala, pas ak pencet tmbol on, kipaz processor nyala 1-2 dtk biz tue ko’id. .
    Apanya yg rusak y mas? Mohon dibantu. .
    Thankz b 4


  249. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    mas saya mau tanya itu komp saya ceritanya bgini
    awalnya jamnya ngaco
    terus hari ini waktu saya ol facebook tau – tau komp mati sendiri . tapi awalnya pas mati lampu power (yang warna ijo)
    itu masih nyala . waktu di matiin power supplynya lampu power mati . pas di nyalain ga mau nyala waktu di pencet tombol powernya . abis itu saya buka CPUnya . abis itu saya nyalain power supplynya . pas saya liat mobonya itu lampu mobonya nyala . itu kira – kira kenapa ya mas ? mohon di reply ke e-mail saya . saya tunggu . trimakasih rezzavril@yahoo.co.id

  250. mas , kenapa ya aku kalo setiap nyalain komputer , begitu desktop nya uda nampil tiba2 komputer nya ngrestart sendiri ? pas uda restart , muncul desktop lagi , ng’restart lg , gitu aja terus2an . kenapa tuh mas ? minta cara nanganin nya donk !

  251. mas Ebta saya mau tanya , stekah sy reset clrtc cpu sy kok malah mati ya
    gk mau nyala
    gimana ya cara untuk mengembalikan semula
    thx mas

  252. boleh nanya…
    kan saya mau memainkan video, habis itu si komputernya tiba2 nge-restart sendiri
    nah, itu biasanya kenapa ya??
    terima kasih…


  253. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    slam kenal boleh nimrung nggak?komputerku klu mau di nyalain ko ndak bisa langsung buka hanya restat berulang ulang tu apanya ya?tolongin dong {aryaguna64@yahoo.co.id}terima kasih

  254. halu mas,,,,

    lam kenal..

    mohon petunjuk ni mas,,

    komputer saya lampu LED ma lampu hijau nya ga mau mati,,,kanapa ya kira” mas,,

    terimaksih

  255. komputer saya juga ngalamin masalah nyaris mokad,saya ngikutin cara2 yang mas anjurin (cabut batere bios) dr yang tadinya mati total (cuman lampu led di motherboard nyala) sekarang kipas cpu ma kipas casing langsung nyala bahkan sebelum tombol power on dipencet (jadi kill switch di psu baru di “ON” in, eh kipas pada nyala semua) kayaknya bios ma mobo nya yg error kali ya mas? komp saya dell optiplex gx270 (pentium4 3.0 Ghz, ram 512X2, ddr pc3200,psu pake powerlogic 450 W max)

  256. BUAT ARIE DAN ADE,,TANKS BANGET BROOO,,,,,ILMUNYA NYOSS BANGET,,,I LOVE U FULL

  257. pc saya ga bisa idup… ntah kenapa lampu merahnya menyala terus tp pc ga idup. padahal motherboard baru banget loh mas, baru pakai 1 bulan…

    saya coba semua yang diatas, dari bongkar pasang memori ram, sampai batere dicopot 1 menit lalu dipasang lagi… tp ga ada hasilnya mas…

    pernah sih sekali idup, tp ga masuk windows cuma di command saya baca ada tulisan vga gitu, sementara vga saya onboard…

    mohon jawabannya yah…

    thanks


  258. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    halo,tny nie mas.komputerq stlh tk hdpkn tombol powerny ko cm bs nyala 20 detikan ya mas? stlh rescan file system trz mati monitore,tp lampu led nya kedap-kedip trz knp ya mas? Thanks Bls bagoes.caep@gmail.com

  259. Penyebabnya apaya. Pc tidak dapat nyalah setelah ditekan tombol power padahal di matherboard led hijau nyala posisi stby tp kipas tidah ada yg hidup termasuk kipas prosesor nda nyala

  260. mas komputeku ada masalah pada monitornya.moniornya ama sekali tak mau nyala.power Ok.kipas dah muter.semuaa led nyala.hanya saja tk ada suara beep saat dihidupin.and led cap lok and num lock padaa keeiboard tak fungsi.tolongin donk mas.thank.perlu diketahui ini terjdi saat booting windows xp baru jalan 1/2

  261. Mas saya punya PC DELL. tiba2 mati sndiri lalu setelah itu lampu kuning depan (lampu power) kedip-kedip dan komputer tidak mau nyala. masalahnya apa? dan solusinya bgmn? trima kasih….

  262. Tolong dong kira2 apanya ya pc saya tidak mau hidup setelah ditekan tombol powernya, dicek tombol power ok, tp seluruh kipas2 pd off dan posisi led pd motherboard nyalah tanda posisi stby. Motherboard saya asus p4se. Soket 478 trims saranya

  263. bwat para pggmar dsni m0 share ni. . .jka da k0mp yg gk bsa idup cba cek teg. mgkin teg kurang jd komp cm bsa nyla bntar truz mati…cek teg ..lhat pd stbilizer. .*tq

  264. assalamu’alaikum,selamat sore smuanya . . . . . .

    Q juga punya masalah seperti kalian smua,PCq kl di hidupkan bisa,tp pas nyampe “welcome” atau nyampe start menu 2 detik kemudian restart sendiri.begitu terus berulang2

    semua pengaturan biosnya normal,hanya saja yg Q curigai adalah stabilizer/stavolt tidak menunjukkan tegangan persis 220 V tp kurang dari batas hijaunya.dan itu kalau di ukur dg voltmeter kira-kira 190-205 V saja.

    apakah itu penyebab PCq bermasalah?
    mohon bantuannya . . . . . .
    terima kasih . . . . .

  265. Askum ..
    Aku mau nanya .. Kenapa Kmputer aku tiba-tiba aja mati ya pas ak msukin flash disk ,
    trus udah ak coba hdupin lgi , tp kmputer nya ttap gk mau hdup ..
    Aku bingung masalahnya gmana ..

    Mohon bntuannya ya .
    Trims ..

  266. salam kenal, all

    kalau komputer engg nyala kenapa yach?

    saya udh clear CMOS, udah power suplly diganti, batre CMOS udh diganti juga, montherboard udh dibersihkan, memory udh dibersihkan tapi belum nyala juga… Help me semuanya….
    thank’s

  267. assalamualaikum pc sy 4 hr ini g bs load windows selalu tampil opsi ke safemode lalu restart sendiri. boot k linux (dual boot) pun gagal total. d coba utak atik bios tetap g ngaruh. parahnya boot pake cd jg g bs (slempak kendor) kalu pake dos malah mau. kira2 solusinya gmn bos? gmn kawan? bantuin dong

  268. mas … komputer saya masalahnya motherboard nya hidup tapi .. monitornya tidak mau menyala, dan vga nya menyatu dengan komputer saya (onboard).. kira2 apanya ya yang rusak…

  269. dear maz ebta….
    pls help me….. aku punya masalah:
    1. komputerku untuk cetak di word dengan warna yang resolusinya tinggi langsung mati/power supplaynya ikut mati juga, tapi untuk cetak text biasa normal.untuk maen game juga bigitu tiba-2 langsung mati, tapi tidak semua game.
    spec komputernya : hdd = 40 gb
    ram = 256 mb ddr1
    Apakah ada pengaruh dari power supplay atau memory atau mainboard atau apanya ya maz ?
    tolong help maz…. aku tunggu jawabnya ya maz !!

    thanks lot.

    rgds

    wakidi

  270. hallo maz ebta…….
    tolong bisa bantu ga..? aku ada masalah
    aku ada computer pada saat tombol powernya aku tekan (on) langsung bunyi tiiiiit panjang dan di monitor ga keluar tulisan apa-2.Aku udah coba lepas ram(memory) masih tetap begitu, lepas harddisk masih sama,aku lepas monitorpun masih belum bisa juga.
    terakhir aku bongkar semua yg nempel di mainboard dan aku pasang kembali tapi masih juga belum bisa. kira-2 apanya yang masalah ya maz ?

    thx….

  271. mas klo hardisk ga kbaca tiba knp ya?

    cpt ya masjwb’y,, urgen ni….

  272. katanya kl MB sehat wktu PC dihidupkn ketiga lampu di keyboard nyala bareng y??tp knp kompt g bs?tlg ksh solusinya mas.thx…


  273. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    mas mau tanya tiba2 seluruh nama file yang ada di folder saya hilang namanyaโ€ฆmisal tugas.doc hilang tapi filenya masih ada cuma tidak terlihat namanya

    bagaimana cara mengembalikan nama filenyaโ€ฆkalo diklik satu kali atau dikursor nama file baru terlihat..gmn nih..kirim via mail ya di : bpmbtph@yahoo.com

    buruan ya mas habis susah kalo mo cari filenya
    trims

  274. eh iya tambahan kalo untuk disubfoldernya nama filenya kelihatan misal tugas.doc tapi bila difolder utama tidak kelihatan nama file atau foldernya sehingga harus dklik baru terlihat nama file atau foldernya

  275. saya sdh pake cara ini tapi ga berubah tuh dan juga komp tidak ada virusnya

    2. buka explorer trus klik Tools (bagian atas)-> Folder Options-> bagian View trus hapus tanda centang di “Hide extensions for known file types” trus OK.. pasti udh muncul tipe filenya..

    3. sama seperti cara nomer 2 tp di bagian “Hidden files and folders” pilih “Show hidden files and folders” trus OK..

  276. Desktop saya di rumah tiba-tiba tidak mau menyala pada saat di start up. Lampu LED yang menyala hanya untuk indicator harddisk itupun tidak berkedip-kedip layaknya jika hard disk sedang running. LED hijau disamping LED indicator hard disk tidak mau menyala sama sekali. Sementara DVD & CD ROM bisa dibuka tutup. Indikasi lainnya adalah layar monitor tidak mau menyala (LED nya hanya berwaarna kuning) seolah power yang masuk tidak mencukupi. Mohon dibantu analisa kemungkinan bagian yang rusak. terima kasih

  277. assalamualaikum,
    Saya mau tanya, setelah pasang VGA baru Zotac 9400-GT 512 MB di mobo Asus P5GZ-MX,ddr2 1Gb..kok pas kunyalain cuma bisa muncul logo windows trus kompiku lagsung restart..trus monitor blank ga muncul apapun.udah sy lepas dan pasang lagi dengan benar,cek kabel2,berulang kali tetep aja ga bisa masuk ke windows.tapi kalo kembali ke vga onboard langsung bisa masuk(normal spt biasa)
    Aduh please banget bantuannya..sy dah puzzzinng bgt nih.pertanyaanku:
    1. Apakah moboku ngga kompatible dg vganya??
    2. Bagaimana nonaktifkan vga OBnya, di Bios kok ga ada yg berbunyi/bertulis “VGA”
    3. PSU ku Sim X 350W,apa kurang ya??

    Please…kalo berkenan tlg solusi rincinya di kirim ke E-mailku ya mas..terimakasih B4.

  278. Mas komputer aq gini:
    kipas vga cpu jalan, lampu indikator jalan, dvd rom bisa d buka bisa d tutup, tp monitor no signal, ga da bunyi tut, uda itu numlock ga nyala!!
    Gimana ya solusinya????


  279. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    @jacky
    cek memory nya apakah sudah terpasang dengan benar.
    jika belum berhasil kemungkinan memory nya korosi
    bersihkan dengan penghapus/cairan pembersih.
    semoga membantu…

  280. assalamualaikum,
    Saya mau tanya, setelah pasang VGA baru Zotac 9400-GT 512 MB di mobo Asus P5GZ-MX,ddr2 1Gb..kok pas kunyalain cuma bisa muncul logo windows trus kompiku lagsung restart..trus monitor blank ga muncul apapun.udah sy lepas dan pasang lagi dengan benar,cek kabel2,berulang kali tetep aja ga bisa masuk ke windows.tapi kalo kembali ke vga onboard langsung bisa masuk(normal spt biasa)
    Aduh please banget bantuannya..sy dah puzzzinng bgt nih.pertanyaanku:
    1. Apakah moboku ngga kompatible dg vganya??
    2. Bagaimana nonaktifkan vga OBnya, di Bios kok ga ada yg berbunyi/bertulis โ€œVGAโ€
    3. PSU ku Sim X 350W,apa kurang ya??

    Pleaseโ€ฆtolong pencerahan dari para Master-master..trims sebelumnya.Allah yg akan membalasnya..

  281. AKU PUNYA LAPTOP BARU TAPI PAS BARU MENGHIDUPKANNYA KELUAR LOGGING OFF SAJA TEKAN F1,ENTER,ESC JG TIDAK BISA,BAGAIMANA SUPAYA LAPTOP SAYA BISA KELUAR STAR MENU KEMBALI

  282. komputer yang saya rakit tidak mau menyala dan di cek dengan pc analyzer muncuk pesan RST kemungkinan apa sich yang rusak?

  283. mas,mau nanya neh,kompterku cpu bisa on tapi ga ada tanda kehidupan di monitor,padahal vga ram sudah tak bersihin dan tanda beep pun ga ada,kira kira apa yah penyebabnya,maksih banget mau jawab permasalhan ini,tolong balas ke emailku ya mas n buat semua aja yang tau solusiny.tq

  284. Mas klo komputer restart saat mutar video itu knpa ya??
    Udah d scan gk ad virus. . .
    Klo diformat ulang balik normal tp kira2 1 bulan kumat lg. . .
    Setiap bulan saya harus format ulang. . .
    Tolong kasi solusi donk mas. . .
    Thx b4. . .


  285. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    Mas kalau pc aq punya yang jadi masalah apanya ya, kipas processor idup saya anggap semuanya OK tapi kenapa ngga muncul di monitor(alias gelap)aq cabut kabel vganya dari cpu monitor normal az tuh. oh ya lupa ngasih cerita awalnya jadi gini tu pc saya tambah ramnya, ram 1 pc2700 ukrn 256mb & ram 2 pc3200 ukrn 1gb pas dinyalain sekitar 5-10 mnt mati dan sekitaran cpu ada cahaya seperti konsleting setelah tu mati dah. tolong blsnya ke email saya di chicaboe_guns@yahoo.com. sebelum & sesudahnya terima kasih banyak

  286. mas kalau jam waktu pada bios dah di ganti,dan di save,tapi ko malah berubah lagi,dan cuma waktu saja yang berubah rubah,padahal baterai cmos masih nyala,,kira kira itu apa penyebab nya?

  287. Mas, aku mau nanya. Kira2 udah 1 stengah tahun lebih komputerku klo pas dinyalain pasti langsung mati dulu sekali, trus baru bisa hidup. Kata kenalanku sih kemungkinan power supply. Trus beberapa hari lalu akhirnya cuma hidup-mati terus, gak mau nyala. Padahal udah ditunggu lama banget. Akhirnya aku ganti power supply. Tapi ternyata masih hidup-mati beberapa kali, cuma gak seberapa lama akhirnya mau nyala. Tapi malah jadi kya dulu, mati dulu sekali baru mau hidup. Itu kenapa ya?
    Oh iya, processor udah sempat diganti kok beberapa bulan lalu, gak sampe 1 tahun. Motherboard juga baru selesai diservis, dulu sempat pinjem motherboard yang lain dari toko kenalanku tapi tetep seperti itu. RAM dan VGA juga sudah sempat diganti bulan lalu.

  288. nanya neh… baru pasang VGA card ma power supply baru…
    tapi waktu booting, dah keluar logo windows XP tapi setengah jalan langsung restart, tapi kalau masuk safe mode bisa…
    apakah yang terjadi…? bisa bantu?

  289. mas ebta, mo nanya nih.

    saya di rumah kan main game online pointblank. pas udah masuk, gak berapa lama monitor lgsg mati, trus nyala bentar. tpi warna monitor nya rada ada garis-garis warna-warni gtu. gak berapa lama, habis itu monitor langsung mati. tpi cpu tetep idup. di reboot pun gak bisa. jdi harus matiin dulu cpu, trus bru nyalain lgi. tpi klo dipake kyk bwt browsing doang, ato ngetik, ato hal ringan lain, komputerku jalannya biasa ajah. (hal ini terjadi jga klo main game-game yg grafiknya bagus kyk dota, dsb.)

    kira-kira itu kenapa ya mas? trus apa yang perlu dibenerin?
    sebelumnya, terima kasih banyak.

  290. Mas minta penjelasannya dunk…
    saya habis ganti mb baru nih, tapi pas main game GTA VC komputer tiba2 mati (tidak hang or restart). padahal pas kita ngetik or main game yg ringan tuh komp ok2 aja,kira2 knp ya mas?
    spesifikasi komp saya:
    – PS : 450 watt (flazer)
    – cpu: dual core 2.88 ghz
    – MB : GIGABYTE GA-G31M-ES2L
    – vga: 128 mb (onboard)
    – Ram: 256 mb
    – HDD: 80 ghz
    Mohon balasannya, via email jg boleh mas..
    tengkyu …sebelumnya

  291. thank atas pengetahuannya
    semoga di balas oleh tuhan yang maha esa, pencipta alam jagat raya ini. baik yang terlihat maupun yang tidka terlihat.
    amien.

    sekali lagi terima kasih

  292. artikel yang bagus…terimakasih…tapi bagaimana/ apa artinya kalau lampu led pada mainboard yang berjumlah 4 itu menyala merah semua, masuk biospun nggak mau…apalagi os…kalo normal kan wrnanya hijau…thx…

  293. oh iya, gejalanya waktu itu pas saya lagi browsing2… tau2 kompinya bunyi beep ga putus2 dan langsung nge’heng’…

  294. mas aya mau nanya donk, kenapa ya maz kq komputer saya gak mau ketampilan dekstop, pada saat mau tampil ke dekstop ada perintah bios disable…tlong ya maz d balez via email za..thanks sebelumnya.

  295. maz tolong dong kasih tau solusi untuk komputer yang gak bisa sampai tampilan dekstop atau tertunda pada saat akan masuk ke layar dekstop muncul tampilan disable bios.thanks y mas!

  296. TOLONG DONK…waktu itu saya lagi ngetes computer saya,pas saya mainin eh gak taunya mati mendadak,abis itu gak mau idup, trus idup lagi-trus matilagi….begitu trus..,Gmana?…apa yang terjadi pada komputer saya?….

  297. pagi mas.aku mohon bantuan dung
    monitor pc qu gak bisa nyala,,,pasa aq nyalain pc,trus nyalain monitor trus monitornya ada tulisan “POWER SAVING MODE”
    DIA KENAPA YA MAS??????HELP ME DUNG GMN CARA ATASIN NYA.PLIS BALES DI EMAIL QU AJA YAH.MAKASIH

  298. salam mas,
    kemarin listrik dirumah tiba-tiba padam, padahal anak saya lagi main game di pc.
    setelah listrik menyala kembali, komputer tidak mau hidup.
    saya sudah cek ram, dan harddisk baik-baik saja.
    apakah ini juga merupakan gejala kalau bios rusak?
    lalu kalau cari alat pc analiser dimana? harga berapa?
    mohon pencerahan.
    terimakasih.

  299. Mas PC saya knp ya ngerestart trus,,trus pas di install ulang malah kluar blue screen trus..


  300. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    salam kenal mas
    mas aku mau tanya, aku punya komputer kalo dinyalain setiap jam 18.00 – 21.00 pasti ngerestart terus2an, gak bisa masuk windows, kadang baru POST dah ngerestart lagi kenapa ya mas. spek komputerku:
    PS: 450 watt
    mainboard: Intel D845PESV
    prosesor: Intel Celeron 1,7 GHz
    OS: win XP SP 3
    hdd: Maxtor 40 GB
    dvd rom+cd rw

    aku dah nyoba instal ulang (takutnya kena virus) tapi dah diinstal ulang windowsna tetep aja kaya gitu, batre cmos baru ganti baru. Mohon bantuanya mas ke andri.priyanto2008@gmail.com

    hatur nuhun…


  301. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    mas, komputer saya sedang hidup tanpa di sengaja colokan 1 titik tercabut akibatnya komputer mati mendadak, saya hidupkan kembali hanya LCD saja yang menyala, Cpu tidak mau hidup sama sekali / tidak ada tanda2 kehidupan.. bagaimana ya mas… tolong di jawab yah mas atau kirim ke Email saya di marthayasa86@yahoo.com. terima kasih ya mas

  302. kalo saya aneh mas,,,waktu pengait kipas procesor di pasang ,,,cpu nya hang tdk ada gambar,,,,trusss saya lepas pengaitnya,,,cpu hidup tapi tidak terlalu lama kemudian mati sendiri,,kok bisa begitu mohon pencerahannya,,>

  303. Selamat Pagi mas

    saya punya cpu pentium IV mas.
    masalahnya cpu saya suka mati tiba-tiba. padahal sudah ada koneksi dengan Ups masih juga tetap mati alias restart sendiri..saya sudah cari tau tapi belum ketemu penyakitnya mas…

    mohon bantuan nya mas

    terimakasih..

    salam
    rahmat

  304. txs untuk infonya maklum komp dirumah lagi ngadat, jadi lagi cari cara supaya bisa membenahi sendiri khan bisa nambah pengetahuan.

  305. pagi mas.sy pny masalah dg komputer sy.sy lagi asik maen game.udah lama,kecium bau yg agak gosong dah gt mati.padahal pas ngetik tugas gpp.normal aja. dah gt saya biarin agak lama. lalu saya idupin lg gak mw idup. besoknya juga saya idupin g mau idup.knp ya mas?tlg bls ke email saya.terima kasih.


  306. Deprecated: Function create_function() is deprecated in /var/www/html/ebsoft.web.id/wp-content/plugins/wp-spamshield/wp-spamshield.php on line 1961

    mas tlg, help. komptrqu sering ngerestart. viasanya cm bisa ta pake krg dr 1 jm(ngerestart). spek dual core. ga pke stabilizer tp listrik stabil. tlg mas. mhn helpny. (kurei_osaka@yahoo.com)

Comments are closed.