39

Advanced Uninstaller Pro sekarang Gratis (freeware)

Kini, bertambah satu lagi program berbayar yang berubah lisensi menjadi gratis (freeware), yaitu Advanced Uninstaller Pro. Merupakan program uninstaller dengan fitur melimpah, bisa dikatakan sekelas dengan Revo Uninstaller Pro. Apa saja fitur dan kemampuannya, ikuti ulasan selengkapnya berikut.

Seperti namanya, salah satu fungsi utama program ini adalah melakukan uninstall program atau aplikasi yang terpasang di windows dengan bersih. Sebagaimana kita tahu bahwa dengan uninstall bawaan program/Windows biasanya ada (banyak) file atau setting yang masih tertinggal di sistem, sehingga kita memerlukan software uninstaller semacam ini.

Sebelumnya saya juga pernah mengulas program uninstaller yang masih tergolong baru, Comodo Program Manager, meskipun kemampuannya cukup bagus, tetapi fiturnya masih belum selengkap Advanced Uninstaller Pro 10.6 (AUP) yang baru saja di rilis 23 Maret 2012 kemarin. Program ini mempunyai banyak fitur yang secara umum dibagi menjadi 5 kategori :

  • General Tools, mencakup :
    • Uninstall program dengan cepat dan lengkap, termasuk pembersihan hardisk dan registry
    • Installation Monitor, untuk memantau proses installasi program yang akan membuat file keterangan (log file) tentang perubahan yang terjadi baik file, folder, registry dan lainnya, sehingga log file ini nantinya dapat digunakan untuk melakukan uninstall dengan bersih.
    • Startup Manager, untuk mengatur aplikasi apa saja yang berjalan bersama windows ketika startup.
    • Windows Service, untuk mengatur/mengendalikan aplikasi windows yang berjalan di background (tersembunyi)
    • Quick Cleaner, untuk menghapus history atau jejak yang tersimpan dari web browser, termasuk history ratusan aplikasi lainnya.
    • Start Menu Cleaner, untuk membersihkan shortcut di start menu
    • Start Menu Items Manager, untuk menampilkan atau menyembunyikan menu, mengurutkan dan lainnya
    • Font Manager, untuk mengatur atau mengorganisir fonts yang terpasang di komputer
    • Control Panel Manager, untuk mengatur daftar items (fungsi) yang ada di Control panel
  • File & Folder Tools, mencakup :

    • Duplicate Files, untuk mencari dan menghapus file yang sama (duplikat)
    • Live File Compression, melakukan kompresi data menggunakan fitur bawaan windows
    • File Shredder, menghapus data dengan aman yang tidak akan bisa di recovery lagi
    • Windows Temporary Files, untuk mencari file temporary (sementara) windows yang bisa dihapus
  • Internet Browser Tools, mencakup berbagai tools web browser/internet seperti : Browsing History, Cookie Manager, Add-ons dan Temporary Files baik untuk Internet Explorer, Mozilla Firefox dan juga Google Chrome.
  • Registry Tools, beberapa tools berkaitan dengan registry, yaitu: Registry Cleaner, Registry Optimizer dan Registry Backup & Restore
  • Reports & Extra Tools, memberikan informasi seperti program yang terinstall, Installation Logs, Startup Programs, Windows Services, Fonts, membuat shortcut untuk tools bawaan Advanced Uninstaller Pro (AUP) serta mengatur AUP agar berjalan di waktu tertentu (scheduler)

Diluar berbagai fitur diatas, berbagai pengaturan (opsi) bisa kita lakukan melalui tombol General Settings, termasuk pengaturan tampilan (themes) yang memang disertakan banyak pilihan. Secara umum, software senilai $39 ini memang bagus dan patut menjadi koleksi software di komputer, terutama yang ingin komputer tetap bersih atau bagi yang sering mencoba-coba berbagai software.

Advanced Uninstaller Pro 10.6 dapat dijalankan di Windows Xp/Vista/7 dan juga Windows 8 beta, baik 32bit maupun 64bit. Ukuran program sebelum di install sekitar 17.8 MB, dan bisa di unduh (download) dari link ini Advanced_Uninstaller10.exe ( alternatif dari Softpedia )

39 Comments

  1. wah sangat berguna nih… Terima Kasih sebelumnya. Keep share useful freeware software mas…

  2. Assalamu ‘alaikum…
    makasih Nih Mas Ebta Infonya,,
    Makasih juga atas kunjungan baliknya,
    O yah, kalo boleh jujur, Mas Ebta jadi Inspirasi saia loh, buat ngembangin Blog..
    http://rhyfahmad.blogspot.com
    atas inspirasinya, saya juga hanya menghadirkan Useful software, tidak lagi menghadirkan Crack dan Keygen seperti blog-blog tetangga… 😀
    Keep Spirit bang….

  3. makasih info nya mas sangat bermanfaat!
    kalo boleh nanya, Advanced Uninstaller Pro vs your uninstaller pro itu lebih bagus yang mana mas?
    makasih sebelum nya!

  4. Assalamu alaikum Mas Ebta dan rekan-rekan semua
    alhamdulillah, info yang hebat. saya yakin banyak manfaatnya bagi yang suka ngutak-atik sofware komputer. terima kasih untuk mas ebta.. jazakallahi khair, mohon ijin ikut download.
    wassalamualaikum.

  5. Woouuuwww…keren bbuuaanggeettsss… SALUT buat Mas Ebta… uda PINTER…BAIK HATI pula, dengan mau BERBG ILMU spt ini. Selalu SEHAT dan + PINTER…Aku DOAKAN…Amin.

  6. sdh lama tak tengok situs ini. hmm program bagus , saya ijin donlot bro. lumayan bersihin kompi dari program sisa sisa yg bandel.

  7. thanks bro….kyaknya berguna banget buat gua yang suka nyoba2 applikasi….ijin sedot man…..mantaaaaap….

  8. Designnya futuristik euy…
    Hasyekkk,,, tp saya ga minat mas Ebta,,,
    Gtw deh kenapa…

  9. kayaknya fiturnya lebih lengkap dari revo uninstaller… coba aah….

  10. trima kasih Mas Ebsoft..
    info yang sangat bermanfaat banget..
    ikut download juga ya Mas…

  11. matur suwun Mas,,ini yang dinanti telah hadir,,

  12. kemarin saya pake software ini untuk meng uninstall program yang udah tak pakai lagi, setelah selesai laptop saya restart tapi koq logging off nya lama sekali, bahkan sampai semalam juga masih logging off..

    Adakah yang bisa bantu saya mengatasinya..
    Terima kasih..

  13. Makasih atas infonya, mas. Coba dulu, apakah lebih baik daripada Your Uninstaller.

  14. Utk mas #30Judhi : Coba restart lalu masuk ke system restore (tekan F8) untuk membatalkan perubahan registry pc anda.

  15. Bolehlah software pro ini kita collect, sangat membantu betul

  16. mas, versi full version ini bisa di update gak ya? update nya tetap free atau nanti berubah jadi versi trial kalau di update?

Comments are closed.