Apa itu folder MSOCache ?

Jika kita menginstall Microsoft Office 2003, 2007 atau Office 2010 dengan installasi bawaan, biasanya di folder tempat menginstall office ini akan ada folder yang namanya MSOCache. Atau mungkin kita penah melihat folder ini di drive C:. Apa sebenarnya isi folder ini dan apa manfaatnya ?

Berikut penjelasan singkat apa itu folder MSOCache, apa manfaatnya dan bisakah kita hapus, mengingat ukurannya lumayan besar.

Ketika kita menginstall Microsoft Office ( 2003, 2007 atau 2010 ) maka otomatis, file-file installasi office tersebut akan di copykan di drive dimana office tersebut di install. Misalnya kita menginstall Office di drive C, maka folder ini akan dibuat di C:\MSOCache.

Folder MSOCache mempunyai atribut hidden, sehingga jika windows explorer di set untuk menyembunyikan file dan folder yang di-Hidden, maka folder ini tidak akan terlihat. Untuk melihatnya, aktifkan melalui Folder Options. ( Tools > Folder Options, pilih tab “View” dan beri check “Show hidden files and folders“).

Manfaat MSOCache

MSOCache yang berisi file-file installasi office mempunyai beberapa manfaat atau fungsi, sehingga ketika melakukan hal-hal berikut kita tidak perlu menggunakan CD installasi Office :

  • Detect and Repair Operation ( operasi untuk mendeteksi dan memperbaiki jika installasi office mengalami kerusakan)
  • Permintaan operasi install
  • Mode perbaikan/maintenance office
  • Installasi service pack dan update

Dengan adanya MSOcache, operasi-operasi diatas tidak memerlukan CD/DVD office, tinggal mengambil file-file yang sudah ada. Jika operasi diatas tidak begitu penting atau jika diperlukan memilih menggunakan CD, maka folder ini aman untuk dihapus ( langsung delete melalui windows explorer), mengingat Folder MSOCache mempunyai ukuran yang cukup besar, untuk Office 2007 hampir 500 MB dan 2010 hampir 700 MB.

Ketika menginstall Office, di beberapa langkah terakhir juga disediakan opsi apakah kita akan menghapus file-file installasi di MSOcache ini. Jika iya, maka folder MSOcache tidak akan dibuat (dihapus).

57 Comments