39

Backup (simpan) Driver Komputer dengan DriverBackup!

Driver merupakan komponen komputer yang sangat penting karena kinerja komputer tidak akan maksimal tanpa driver yang cocok. Meskipun biasanya driver komputer/laptop sudah disertakan dalam CD, tetapi tidak jarang kita harus update online untuk memperbaruinya, oleh karena itu penting bagi kita untuk mem-backup (simpan) driver yang ada.

Jika kita mempunyai driver dalam bentuk aplikasi (installer), mungkin kita tidak memerlukan backup, karena jika ada masalah dan perlu install ulang, kita bisa langsung menginstall driver tersebut. Masalah terjadi ketika driver yang terpasang adalah hasil update atau installasi otomatis dari internet (online), seperti melalui windows update. Dan ini banyak terjadi terutama pengguna laptop (notebook) atau netbook.

Dahulu saya pernah mengulas 2 software gratis untuk melakukan backup (simpan) driver yang terpasang di windows, yaitu Double Driver dan DriverMax. Kini ada lagi alternatif program gratis (open source) yang bisa kita gunakan untuk mem-backup driver, yaitu DriverBackup!.

DriverBackup! merupakan program untuk mem-backup dan restore driver windows. Aplikasi ini selain kecil ( dalam zip hanya sekitar 445 KB) juga bersifat portable, sehingga tidak perlu install. Fiturnya hampir sama dengan double driver, disertai dengan beberapa tambahan fasilitas, berikut selengkapnya :

  • Backup dan restore driver-driver windows
  • Backup driver dari hardisk atau memori eksternal yang berisi sistem operasi windows
  • Mendeteksi perangkat (device) yang belum dikenal
  • Menyertakan opsi command line dan integrasi dengan command line builder
  • Kompatibel dengan sistem 64bit
  • Bisa otomatis menghasilkan file autorun untuk restore driver
  • Portable, tidak perlu installasi

Penggunaan DriverBackup!

Sebelumnya silahkan download driverbackup dari link yang ada di bagian bawah artikel ini (bisa memilih zip atau rar). Selanjutnya, buka dengan software kompresi seperti 7zip, WinRar, Winzip dan extract semua isinya. Kemudian buka hasilnya, misalnya folder DrvBK_21_Rev5 dan jalankan file DrvBK.exe untuk mulai menggunakan.

Ketika dijalankan, aplikasi ini akan otomatis melakukan scan driver-driver yang terpasang di komputer. Setelah selesai, ada beberapa menu yang tersedia dengan penjelasan dan penggunaan sebagai berikut :

  • Dibawah menu utama ada Select Mode, dengan 3 menu :
    • Backup (untuk membackup driver)
    • Restore (mengembalikan driver dari data yang sudah di backup), disini kita bisa memilih beberapa saja
    • Backup from offline system, untuk melakukan backup dari media semisal hardisk eksternal atau hardisk komputer lain yang dipasang di komputer kita yang didalamnya ada sistem operasi ( Windows NT/2000/Xp/Vista/7). Untuk melakukan, klik dan isikan lokasi folder windows di isian yang muncul, misalnya : G:Windows
  • Menu dibawah select mode, ada 5 tombol dengan penjelasan sebagai berikut:
    • All, untuk backup semua driver (termasuk bawaan windows)
    • OEM, menampilkan yang menggunakan driver Microsoft
    • Third parts, menampilkan driver pihak ketiga. Dan inilah yang perlu kita backup
    • Digital signature, menampilkan driver yang menyertakan digital signature (WHQL)
    • Full portability, menampilkan driver yang kompatibel dengan backup dan restore

    Setelah kita memilih opsi yang ingin kita backup, klik tombol “Start backup”, selanjutnya akan tampil opsi untuk memilih lokasi backup ( klik browse ), deskripsi/keterangan, nama file, tanggal dan lainnya. Setelah itu klik tombol Start Backup untuk mulai backup

Selain untuk backup, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk restore driver yang sudah di backup. Pilih atau klik menu Restore, dan dari tombol di bagian bawah, klik saja Open Backup File untuk membuka driver backup kita. Selanjutnya kita bisa memilih driver mana yang akan kita backup dengan klik Restore.

Download dari website resminya di sourceforge.net DriverBackup! ( alternatif download dari MediaFire : DrvBK_21_Rev5.rar – 390KB, DrvBK_21_Rev5_ZIP.zip – 435 KB )

39 Comments

  1. INi yang ditunggu-tunggu.
    Untuk hasil driver back-up-an bisa diinstal ke komputer lain tidak ?
    Terima kasih.

  2. Fasilitasnya cukup komplit, portable lagi, jadi pengen unduh nih..
    Jazakallaahu khair..

  3. wah boleh juga nih … selain kecil file’y program ini cukup bermanfaat tuk mengembalikan driver windows kt yg rusak, pa lagi jk bs kt simpan folder tmpat pnyimpanan driver kt,jd saat kt ingin install ulang OS Windows kt tggl restore az…, mksh yah maz ebta atas info’y…, salam…’

  4. infonya bermanfaat sekali mas ebta..syukron. jazakallahu khairan ­čśÇ

  5. Kalau untuk update driver pake yang mana mas? Kebanyakan berbayar

  6. @Jokondo
    Jika jenis dan tipe hardwarenya sama, setahu saya bisa saja..

    @Registry
    Iya, untuk kategori tersebut memang kebanyakan berbayar. Semoga saya bisa me-review versi gratisnya

  7. Pingback: Home All Download Software Tips & Trick Hardware Antivirus Security Google Delphi FORUM Random tags: freeware kalkulator Ashampoo recovery data 3GP video tutorial wallpaper alam speccy Avira avira-indonesia Backup (simpan) Driver Komputer dengan Drive
  8. Dikomputer saya kok tidak bisa?
    Muncul peringatan “The application failed to initialize properly (0xc0000135). Click OK to terminate th eapplication”.
    sudah saya ekstrak file, saya buka .exe-nya, sama juga.
    XPSP2, ram 512, vga standar.
    Mohon bantuannya.

  9. assalammualaikum mas Ebta, kasus saya sama persis dengan mas jokondo diatas, barusan dah saya coba install baik dari link sourceforge maupun mediafire (RAR), OS saya WinXP-SP2, RAM 2GB. Mohon sarannya, nggih maturnuwun.
    pakdedjoko.

  10. asssalammualaikum mas Ebta, ni tadi saya dah coba install di OS Win 7, ok dah bisa, tapi bahasane/languagenya koq brasilian ya, tak coba klik di lang/lingui nya nggak ngaruh tu, opo ada cara lainnya? ok terimakasih. wassalammualaikum.

  11. Situsnya sangat membantu sekali gan, soalnya setiap kali PC saya kena virus, pasti ujung2nya minta di Install ulang, jd agak repot, sementara job’s pending buanyak banget….
    Trim’s sekali gan…….

  12. Tips yang bagus sekali, saya suka informasinya yang jelas dan mudah untuk dimengerti.
    Trima kasih atas infonya, jadi segalanya bisa lebih mudah.

  13. yeehaa..! thnx a lot,sir! ini solusi buat user yg suka install ulang OS-nya.untuk par gamer seperti sy,ini sgt solutif.krn kita semua tahu,untuk memainkan game dgn kualitas mesin gpu yg sempurna diperlukan fresh windows minimal sebulan sekali kita instal ulang OS.coz OS yg terlalu lama apalagi membuat performa game saya jelek.namun sy bisa mengembalikan driver instalasi sy (terutama windows update yg filenya bisa bergiga-giga)dgn aplikasi ini.sehingga menghemat waktu dan biaya broadband.ups!maaf ya curhatku jadi kepanjangan.just wanna share my story.anyway,thnx

  14. stlah bca artikel ini sya keingat,kmren sya hbis update BIOS di laptop..melalui Toshiba Service Center..
    sya mau nanya..
    Jika sya instal ulang dengan Cd driver yg dlu,bisa atau tidak??
    Mohon jwbanx bagi yg tau..
    Thx before

  15. Stahu sy, jika mau di-restore-kan pd kompie lain, paling tdk bbrp device hrs sama spesifikasinya. Coba di-cek dan catat rincian yg ada pada device manager-nya. OK.
    And stahu sy, driver itu brfungsi meng-conect-kan windows dgn device yg trpasang dan dlm posisi “enable” pd setting BIOS-nya. Jika device itu enable dan tdk rusak maka dia mmbutuhkan driver agar dpt brfungsi pd saat windows brjalan. OK.

  16. Pingback: Backup (simpan) Driver Komputer dengan DriverBackup! | Warung Kopi Bisnis News
  17. Pingback: Rendy Setiotomo

Comments are closed.