108

Bagaimana cara meng-upgrade BIOS?

BIOS (Basic Input/Output System) secara sederhana merupakan sebuah system di dalam Chip Motherboard yang bertugas mengenali dan menyiapkan perangkat keras/hardware komputer saat PC dinyalakan, seperti Hardisk, Processor, Floppy Disk, Memory, DVD Rom dan lainnya. Jika semua beres maka Sistem Operasi (seperti windows,Linux) baru mulai dijalankan

Jika komputer berjalan lancar atau tidak mengalami masalah, memang tidak perlu untuk melakukan upgrade (memperbarui) BIOS di komputer kita. Karena memang sangat beresiko bagi yang belum terbiasa, jika kurang hati-hati komputer malah tidak bisa dioperasikan lagi ;). Tetapi ada beberapa hal yang menyebabkan BIOS harus diupgrade, misalnya :

  • Ketika komputer dinyalakan, tiba-tiba berhenti sebelum masuk sistem operasi. Tetapi sebaiknya baca juga artikel ini.
  • Komputer sudah cukup lama, dan kita memasang hardware baru yang tidak terdeteksi dengan baik, misalnya kita ganti Processor baru. Karena sering BIOS belum mengenali processor tersebut.
  • BIOS rusak, baik ditunjukkan dengan adanya pesan ataupun tidak. Misalnya invalid BIOS, BIOS corrupted dsb.
  • BIOS gagal mendeteksi hardware, seperti hardiks, CD-ROM, VGA dan lainnya
  • Ingin [sedikit] lebih mengoptimalkan kinerja komputer (hardware)
  • Adanya recomendasi dari vendor Motherboard

Jika BIOS di komputer rusak, maka otomatis tidak bisa menjalankan Sistem operasi seperti Windows Xp misalnya. Beberapa hal yang bisa menyebabkan kerusakan BIOS misalnya :

  • Mematikan komputer tanpa shutdown, atau listrik tiba-tiba mati (tanpa UPS)
  • Terkena Virus
  • Kesalahan meng-upgrade BIOS. Misalnya komputer mati ketika proses upgrade, BIOS tidak cocok dengan jenis motherboard dll.

Bagaimana meng-upgrade BIOS Komputer?

Untuk meng-upgrade BIOS, diperlukan 2 file, pertama file BIOS itu sendiri dan Flash Memory Writer utility, yaitu software untuk mengupgrade (flash) BIOS, misalnya AFLASH.EXE, AWD816a.EXE dan lainnya. File BIOS biasanya dengan ekstensi 001, BIN atau lainnya, sengan ukuran kurang dari 512 KB. Kebanyakan Untuk mengupgrade BIOS harus dilakukan melalui DOS atau MS-DOS, meski saat ini juga sudah banyak vendor yang menyediakan software yang berbasis Windows.

Yang perlu diperhatikan adalah mencari file BIOS dan Flash Writer yang tepat, karena jika tidak sesuai, komputer kemungkinan bakalan tidak bisa hidup lagi. Tetapi jika tipe sudah tepat, maka kemungkinan selalu berhasil, kecuali mati listrik atau komputer mati ketika flash BIOS sedang berjalan. Pada umumnya flash BIOS hanya berlangsung beberapa detik saja. Kurang dari 30 detik. Untuk melakukan flash BIOS, setelah masuk ke DOS, ketikkan nama Flash Writer, misalnya untuk AWD816a.EXE

C:ADW816a

Maka biasanya ada keterangan cara pemakaiannya. Ikuti perintah yang ada, pastikan juga untuk membackup BIOS yang lama, dapat dilakukan dengan file flash writer itu juga. Keterangan yang ditampilkan mungkin berbeda-beda. Jika masih ragu, sebaiknya ditanyakan kepada yang lebih tahu. Atau bisa juga dibaca di buku petunjuk motherboard.

Bagaimana Cara menentukan Tipe Motherboard?
Ada beberapa cara menentukan tipe Motherboard yang dimiliki, antara lain :

  • Melihat buku petunjuk yang disertakan ketika membeli Motherboard
  • Melihat Tampilan awal ketika komputer menyala, biasanya ditampilkan seri atau tipe motherboard
  • Melihat langsung motherboard (membuka casing komputer), disana biasanya ditulis merk Motherboard dan tipenya.

Dimana Download BIOS dan Flash Utility tersebut?

Jika motherboard kita termasuk populer, maka vendor biasanya telah menyediakan download BIOS dan Flash Utility-nya, seperti MSI, Gigabyte dan sejenisnya. Berikut beberapa link untuk download BIOS maupun driver motherboard yang bisa dijadikan referensi :

  • ASUS Motherboard disini
  • ECS web Site disini
  • GIGABYTE Motherboard disini
  • Micro Star International (MSI) Motherboard disini
  • DriverStock Tempat download berbagai driver

Jika Motherboard anda tidak memiliki web site resmi untuk download driver, bisa dicoba mencari melalui www.google.com, dengan mengetikkan tipe motherboard diikuti kata seperti BIOS, download BIOS dan sejenisnya. Misalnya “BIOS P4VP-MX” atau “Download BIOS P4VP-MX”.

ebta

108 Comments

  1. mas ebta,, q baru tau situs ni 10 menit yang lalu…

    q rasa situs ini bagus banget..

    q anak surabaya.. smpn 17 tenggilis..

    met kenal ya…

  2. trim untuk bermacam ilmu yang bermanfaat semoga allah membalas
    NYA.

    Amiin.. terimakasih

  3. setelah aku membaca artikel tadi rasanya aku kurang puas mestinya harus yang lebih mengenyangkan……………?

  4. @android
    Coba dibaca beberapa artikel tentang antivirus di sini, ada berbagai cara membasmi virus yang sudah menginfeksi komputer..

  5. salam kenal, saya mau tanya dan mohon ada solusinya.. saya punya notebook yang bermerk HP compaq V3000, nah saat saya mengistal ulang saya juga mencari dan mendownload drive dari situs resminya.. salah satunya drive untuk mengupgred BIOS. bentuk filenya sudah dalam setup.exe dan saya duluan memasang BIOS dari pada Flash Writer’a. selama proses pemasangan tidak ada masalah… nah saat d minta reboot saya ok saja… disini bru muncul masalahnya… ketika booting windows Xp nya malah gagal… dan selalu kembali ke awal..parahnya CD master windowsXP tidak bisa d baca setup nya… padahal drive BIOS tsbt saya pilih yang bisa d pasang d windowsXP dan vistabasic. kenapa ini?? dan apakah notebook saya bisa d perbaiki tanpa mengganti hardware?? tolongin saya.. karena sampai sekarang blum ada pencerahannya….

  6. gw punya pertanyaan?1.gw pengen minta up grade anti virus gratis dunk,tolong krimin ke email gw 2.gw minta tata cara bikin virus coz selama ini gw bikin virus di komputer, terkdang suasah bu…

  7. @afik
    Jika upgrade BIOS berhasil, harusnya tidak berpengaruh ke sistem operasi (windows) yang sudah ada..
    Agak kurang jelas dengan pertanyaan diatas, maksud “duluan memasang BIOS daripada Flash Writer” juga maksud “drive BIOS”

    Jika memang BIOS bermasalah, tetapi masih bisa booting, bisa dicoba diperbaiki melalui upgdare BIOS atau install BIOS default dari DOS.

    @fany
    1. Maksudnya update? antivirus yang digunakan apa ? untuk update, hampir semua AV menyediakan gratis di Internet, kalau kirim via email terlalu besar dan tidak efekif
    2. Wah kok malah bikin virus ?

  8. maaf saya tanya lg…
    bagaimana caranya menuju ke DOS?? karena windowsnya cuma booting saja, tetapi tidak bisa d jalankan… dan bagaimana menginstalls lewat DOS?

  9. Bisa menggunakan Bootable CD seperti UBCD (Ultimate boot CD), kemudian BIOS-nya diambil dari CD driver yang disertakan ( biasanya ada). Tapi pertanyaan saya tentang hal yang kurang jelas diatas belum dijawab.. karena masih agak bingung dengan permasalahan yang dialami

  10. mas ebta,
    aku punya portege r150, waktu lalu aku upgrade BIOS-nya yang aku dapet dari web site toshiba. setelah aku update ada warning yang mengatakan segera matikan komputer dan kembalikan untuk diservice.

    pertanyaan aku adalah apakah hal itu terjadi karena aku update biosnya atau karena kipas pendinginan memang sudah mulai rusak dan harus diganti. dan apakah hal itu yang menjadi penyebab kesalahan pada hardware.

    atas jawaban dari mas ebta aku ucapin terima kasih dan salam kenal

    salam

    jafin

  11. Jika pesan tersebut muncul seketika setelah update BIOS, bisa jadi ada yang tidak kompatibel/permasalahan dengan BIOS baru. Jika masih bisa masuk DOS, coba BIOS-nya di kembalikan ke versi default..

    Pesan warningnya lengkapnya seperti apa ?

  12. terima kasih atas artikelnya yang bagus-bagus
    mohon izin untuk mengcopy Mas
    Selamat menunaikan ibadah puasa

    Wassalam

  13. hai,anu komputer aku bermasalah nih.tadinya sih baik2 za.keesokan harinya mau booting mlah tampil “disk boot failure,insert system disk and press enter”…

    aku coba di system BIOSnya,harddisknya malah ke deteksi di IDE secondary master bukan di IDE primary master..

    tapi udah di save and exit msih keluar tampilan itu..

    dah dicoba diformat harddisknya msih gak bisa…

    truz jumpernya juga masih gak bisa..

    pa system BIOS nya rusak atau apanya yang rusak tolong bales yah…
    hubungi tomy di 085220159739

  14. @helmi
    silahkan asal menyertakan link aslinya dan tidak setiap artikel di copas..

    @tomy
    Bisa beberapa sebab, misalnya pemasangan hardisk kurang pas, juga sistem operasi ada yang rusak, Master Boot Record rusak..

  15. @Ein
    Saya kurang tahu pasti, mungkin masih bisa dengan mengganti atau memperbaiki (melepas) Chip BIOS kemudian di flash dengan alat khusus. Tetapi jika melalui komputer tersebut, yang pertama komputer harus bisa hidup. Jika tidak bisa maka BIOS tidak akan bisa diperbaiki..

  16. Kk, aq mw nanya nich,boleh kan

    kk kan saya update bios tp gagal, truz pas di restart muncul bunyi pada flopy drivenya tp layar monitor gk ad apa2(gelap), truz sya udh donlot file bios ma flash utly nnya ,tp sy gk tw cara make nya
    biosnya AMI ,truz mobo nya ECS tolong dong ksh tw caranya ya kk?

    Please!!

  17. @Didi
    jika komputer masih bisa nyala, kemungkinan masih bisa di update. Tetapi jika mati, sepertinya tidak ada cara update melalui komputer itu..

  18. q baru upgrade bios. tp paz q mw install ulang xp dya kaga mw kalo pake hardisk ATA kalo hardisk SATA yg jadul tuh dy mw
    tipe motherboard q merk biostar type P4M890-M7 TE ver 7.1 bz jelasin step by step upgrade bios. plz…. q butuh bgt. kirim ke emel q. sertakan no hp. klo berhasil q isiin plza 100 rb sumpah..

  19. @fajar
    What is your problem ?

    @andi
    Apa tidak terbalik itu, biasanya kalau hardisk ATA selalu mau, kalau SATA ( di notebook) biasanaya ada yang tidak bisa..
    Ketika download BIOS, jangan lupa juga, biasanya ada download aturan atau tata cara upgrade-nya..

    @PUTUT DIAN DWI ATMOJO
    Santai saja mas.. Tetapi mendapatkan ilmu memang harus berjuang.. :)

  20. mau tanya ni, bagaimana memperbaiki bios yang gagal karena update. komputer saya blank ,phonenix bios , beep 1-2-2-3 , gimana supaya normal kembali ?

  21. @lee
    wah kalau gagal update dan komputer tidak bisa menyala sepertinya susah.. saya belum tahu caranya, selain coba mereset dan lepas CMOS..
    Mungkin harus ganti chipset CMOS, atau di flash di tempat lain

  22. permisi2,
    mau nanyak,
    gini,
    aq gagal update bios, komputer bisa nyala, tp gag bs masuk bios,
    klo d update lg caranya gmn ya mas…?
    mobo q via P4X-266.
    award modular bios.
    tolong y mas…
    thx…

  23. @idoom
    berarti upadte ulang lewat DOS, coba gunakan bootable CD misal UBCD, UBCD4Win, Hiren’s boot CD dsb..

  24. Ass.
    Lamgsung aza nih saya kan kemarin mau update bios ehh ta taunya gagal setalah restart timbul prompt
    floppy controller failur
    CMOS Checksum bad
    Press F1 to run SETUP
    tp keyboardnya engga berfungsi jd engga bisa ngapa-ngapain !
    Tolong ya bantuannya …..
    bila tau solusinya kirim email ke _ fauzie_n4u@yahoo.co.id

  25. @Ahmad Fauzi
    wa’alaikumsalaam ( sebaiknya salamnya tidak disingkat ya mas )
    Kalau keyboard tidak jalan, biasanya hanya masalah port atau memang keyboardnya error. Coba pemasangannya diulang, setelah dimatikan dulu power supply-nya.. atau dicoba dengan leyboard lain

  26. assalamualaikum…. Bos ,mau tanya nich gimana cara dan urutan kalo mau reset cpu. ( maklum gaptek )aku pingin banget bisa. soalnya sering reset windowsnya dan pasti bayar…. he-he .kalo bisa kan lumayan irit… thanks so much bos.

  27. assalamualaikum…. Bos ,mau tanya nich gimana cara dan urutan kalo mau reset cpu. ( maklum gaptek )aku pingin banget bisa. soalnya sering reset windowsnya dan pasti bayar…. he-he .kalo bisa kan lumayan irit… mau dong kalo ada yg baik hati kirim ke emailku : mrgayos@yahoo.com. thanks so much bos.moga allah balas amalnya.amien

  28. Mas Ebta, komputerku kmrn aku update bios dg program di cd bawaan motherboard (gigabyte seri GA-8I865GME-775-RH-AS). Tapi kok updatenya lamaaa banget…trus belum selesai update, aku reset komputernya, tapi kok malah gak mau booting…malah terdengar bunyi tit-tit gitu… Aku matikn trus aku hidupkan lagi tetep sama gak mau booting dan terdengar bunyi sprt itu..
    Cara memperbaikinya gimana ya Mas…thanks….

  29. @yos
    wa’alaikumsalaam
    maksud reset CPU itu seperti apa ya? CPU kan processor komputer itu..

    @adnan
    harusnya update BIOS tidak lama, mungkin paling lama 1 menit..
    coba diperiksa pemasangan memorinya..

  30. assalamu ‘alaikum
    mas, semalam sy ngetik di word tapi tiba-tiba keyboard tidak bs berfungsi/tidak bisa jalan, gimana ya ngatasin masalahnya? catatan OS Win XP SP2 RAM 248 Intel Celeron 2,53 GHZ
    Jazaakumullahu Khair.

  31. @meidir
    wa’alaikumsalaam
    coba di cek dulu kabelnya, kadang hanya masalah koneksi/kabel, bukan masalah windows atau aplikasinya..

  32. Permisi mas ebta mao tanya neh.
    kalo sering ngehang komputer secara tiba2 lalu suka muncul blue screen gitu kenapa ya?
    cara dapatin flash writernya buat asus dimana ya mas?
    dan apa nama flash writer buat asus mas?

    terima kasih

  33. Om, saya mau tanya beda upgrade sama update apa ?
    Terus..
    Cara mengupdate BIOS kayak mana ?
    Di sini cuma ada cara upgrade !!!

  34. Ya, update or upgrade sma sja cm bda istlahx ! Cma update utk yg sdh kdaluarsa, tp kl upgrade mmprbharui.
    Http//:iyusonline.blogspot.com

  35. Dlu pernh bc dmjalah, cara backup ic bios /ROM nya. Jd sblm upgrade bios alangkah baiknya dibackup dlu. Utk jg2x kl upgrade mnglami gagal total.
    Http//:iyusonline.blogspot.com

  36. mas mau nanya nihh…

    apa sih vitur overclok itu??

    apa – apa saja yang bisa di overclok??

    bagaimana caranya??

    makasih atas infonya…

  37. @Bahana
    Iya dalam konteks ini sama saja, sebenarnya artikel ini lebih tepat Update BIOS, tetapi karena sudah terlanjur tidak mengapa..

    @Yus
    Iya benar, backup itu sangat penting

    @Gaizca
    overclock itu istilah, secara umum intinya meningkatkan kinerja CPU/VGA diatas batas standard yang diberikan oleh pembuat Chip-nya..
    caranya bisa hardware atau dengan software overclock..

  38. assalammualaikum.wr.wb.

    mas saya mau nanya nih.. gimana sih cara nya upgrade bios buat notebook acer aspire 4930.. trus download na di mana ?, tolong kasih saya tutorial nya y.. soalnya saya masih amatiran.. trimakasih

  39. Help me..Kom q tiba2 mati &stlah mati ada tulisan bios automatic recoveri tp stelah beberapa detik restart &keluar tulisan itu lg.Gmana caranya donk&apa maksudnya apakah matherbot q mati.Cptan help me

  40. @Bagus
    wa’alaikumsalaam
    sudah mencoba di search di google dengan kata kunci tipe laptop tersebut ? misalnya “Download BIOS Aspire 4930”

    @Kamdi
    coba di reset saja BIOS-nya.. atau dilepas batere-nya beberapa menit dan dipasang lagi
    jika bisa mungkin juga perlu diupdate..

  41. Mas, monitor blank trus bunyi 5x jeda, udah tak copot semua kabel hd, floppy, clear cmos, tetep ga mau. Kipas normal bisa jalan. Tombol power depan bisa jalan. Kira2 apa yg salah? Terima kasih.

  42. @Andri
    apakah RAM (memort) sudah di cek ?
    jika belum, perlu dicoba satu-persatu RAM yang ada, di slot-slot lainnya juga

  43. Assalamualaikum, Terma kasih atas respone yang cepat.
    Sudah, Mas. Kalo RAM-nya dicopot engga bunyi apa-apa. Mobo ku merek Kobian, Mas (Engga pernah denger yah:), murah. Awalnya waktu install slackware 12.2 (untuk ke-2 kalinya, dikomputer yang sama). berhasil masuk konsole, ganti kernel dari huge-smp ke generic-smp, ganti inittab ke modus graphik, setting xorg. restart. masuk ke lilo/boot manager, ga sampe ngload kernel jadi BLANK deh monitor. (Sebelumnya hal ini ga pernah terjadi, saya sering melakukan hal ini dari versi 11 atupun distro linux lainnya).
    Restart ke dua kalinya ga mau masuk ke lilo, saya boot pake live cd ga kedetect juga. Jadi Bingung deh.

  44. Permisi Mas, mau nanya nih.
    Sewaktu menghidupkan komputer muncul tulisan “CMOS checksum error” kemudian dibawahnya “press F1 to continu or DEL to setup (kalau nggak salah). Saya sudah copot battery CMOS nya lebih kurang 5 menit dan saya pasang kembali, tapi gagal. Akhirnya saya ganti battery CMOS nya dengan yg baru. Tapi pesan error tsb tetap muncul.Apa yg harus saya lakukan berikutnya?. Saya mau coba install ulang bios nya apa bisa?
    Sekedar informasi Motherboardnya merk NFI type NS36-TL (udah lama ya.. punya kantor sih). Saya sudah dapat drivernya tapi belum tahu (dan belum berani)bagaimana menginstalnya. Komputer saya masih bisa hidup hanya suka mati sendiri. Tolomngin yaa..

  45. @Andri
    wa’alaikumsalaam
    Jika RAM di lepas dan tidak bunyi (pemasangan speaker sudah benar) kemungkinan motherboard yang bermasalah atau BIOS-nya…
    harusnya ketika RAM dilepas semua, speaker akan berbunyi..

    @Ferry
    COba di setting BIOS-nya, dan pilih menu simpan setting /configuration.
    Jika masih muncul, coba reset BIOS ( ada jumper di motherboard yang menangani hal ini, biasanya ada tulisan JP01 atau JMP1). Jika masih tetap , update BIOS saja..

  46. mas saya mau nanya ?
    saya punya comp. pentium 3
    namun punya mslh dgn biosnya
    seringkali saat menyalakan komputer
    CMOS saya slalu error ,tlg ya solusinya ???

  47. @koy3k
    Ya, asal menyertakan link asli-nya ( sumbernya)

    @yddoen
    sudah dicoba reset BIOS ? atau diganti batere BIOS yang baru ?
    kemudian pastikan untuk menyetting BIOS dengan benar..

  48. Sorry saya mau tanya untuk sy selalu gagal format karena bios eror. sebelumnya komp ini memang menggunakan windows server 2000 tp sekarang saya mau instal XP. yg jadi maslah adalah tiap kali install ada keterangan bios eror bla..bla..bla… saya coba clear c mos masih gak bisa juga.. saya sudah coba download biosnya itu version 1009 sedangkan untuk yg lama saya pakai cpu z bios version nya 1008
    Mainboard and chipset
    Motherboard manufacturer ASUSTeK Computer INC.
    Motherboard model P4BGL-MX, REV 1.xx
    BIOS vendor Award Software, Inc.
    BIOS revision ASUS P4BGL-MX ACPI BIOS Revision 1008
    BIOS release date 05/28/2003
    Chipset Intel i845GL rev. B1
    Southbridge Intel 82801DB (ICH4) rev. 02

    Jika ada yang bisa dijelaskan nohon info disini atau ke alamat email di bawah ini.

    email : wahyu_wicaksono@ymail.com

    Terima kasih sebelumnya.

    gmn cara aman upgrade BIOS… please need urgent, Thanks a lot Guys.
    Best regards,
    WW

  49. @ww
    jika sudah di update dengan BIOS versi terbaru masih seperti itu, memang agak susah mencari solusi lainnya..

  50. ga tau hrs kemana?smua pada bingung, pontang panting sibuk dengan keselamatan diri sendiri, tak peduli kanan kiri… BLANK… sesaat kemudian (satuan 1000 tahun cahaya), Setitik cahaya terlihat dibalik bukit(ato bukan, kelihatan besar dan gelap)…ku ikuti arah cahaya tsb.. hingga akhirnya cape deeh… sepanjang perjalanan beberapakali ketemu blog yg mbhas masalahku, tapi ketika kukunjungi lagi, masih teronggok masalahku tanpa solusi.. ga tau harus berapa panjang kutuliskan cerita kiamat komputerku ini… bersambung

  51. Aq mau nanya gimana cara masuk ke Bios Toshiba Portege R150. Mohon pencerahan donk….!!

  52. Kenapa yah kok masih gak bisa install windows apakah karena MB nya dah bau tanah atau?

    Ini erornya ACPI saya pikir ini MB, apakah gak ada cara lainnya?

    Mohon info kirannya berkenan?

    Thanks.

  53. @ww
    pesen errornya ap tuh hrsnyanya catet… bukan “bla bla bla…” seharusnya utk mobo asus ud tersedia software utk updt bios…cb cek cd drivernya. nm softwrnya lupa tuh… dl pernh coba update dn berhasil… bhkn gambar booting logo asusnya w ganti gambar w sndiri n sukses… coba men

  54. Hai q mw konsultasi laptopku toshiba satelitte L45,laptopku mati gara2 install bios,pas q perbaiki ke toshiba center ktanya hrus gnti mainboard,hrganya 4jtaan,apa gak ada cara lain tanpa hrus ganti mainboard? Tolong aku..

  55. Assalamualaikum….
    mas maaf ,sy mau tanya pc sy pakai celeron sewaktu sy masuk ke BIOS lalu mau booting ke cd/dvd utk repair win xp kok ga ada pilihannya ( padahal waktu itu ada ) di boot device prioritynya cuma ada IDE-0-ST340014a dan Disable ga ada cd/dvd gimana yah mas biar muncul pilihannya agar bisa booting ke cd/dvd
    sebelumnya terima kasih mas ebta……salam k’nal

  56. pagi bang ebta, gini bang.
    ilun pny website tapi via yahoo, kira2 bs g bkn website tanpa yahoo?? trus slain d yahoo dmn aj sih yg bs bkn website gretongan hehehehe

  57. @Achmad
    wa’alaikumsalaam
    Jika CD/DVD sudah terpasang, coba di cek apakah CD/DVD tersebut terdeteksi oleh BIOS, jika terdeteksi harusnya ada di pilihan prioritas booting..

    @ilun
    bias menggunakan (daftar di) wordpress.com atau blogspot.com
    selain itu banyak juga jika lebih jeli mencarinya..

  58. spada….!boz mau tanya nech, kalo pengen liat versi motherboard itu gmn?khn katanya dah dibukana casing trus yang diliatnya apaan?tolong kirim ke mail gw y…thanks

  59. @Andress
    Biasanya ada tulisan agak besar, entah itu di tempel dengan sticker atau tulisan langsung di motherboard. Biasanya warna putih.. ( kadang tidak semua ada, terutama yang versi lama )

  60. bos, aku kerja disebuah toko komp, ditoko q banyak kasus bios mati, apakah IC bios itu bisa diflash jika mobo gak ada tampilannya

  61. Saya Punya Laptop Compaq cq40-324TU dan mencoba melakukan flash sesuai petunjuk di CD River bahwasanya jika OS XP maka biosnya harus di Flash, dan ini telah saya lakukan, akan tetapi komputer saya malahan jadi Blank.. tolong solusinya..
    thanks

  62. saya punya komputer yang udah cukup lama, masalahnya dia tidak mau muncul ampe ke start sebelum start dia muncul kata “while instalizing VKD”

  63. @aris
    jika bisa mengakses bios, seharusnya masih bias. Hanya saya juga belum tahu apakah ada hardware khusus untuk mem-flash bios..

    @Mansur
    jika masih bias booting melalui CD, coba di flash ulang dengan BIOS aslinya dulu

    @agam
    coba masuk ke safe mode, dan uninstall beberapa software terakhir, mungkin ada yang bermasalah..
    ( Informasi kurang detail)

  64. Salam kenal mas ebta, artikelnya bagus-bagus, cocok buat yg awam masalah komputer dan internet.
    Kebetulan aku ada sedikit masalah ama lapie, setiap boting dgn windows selalu gagal alias ga pernah bisa masuk ke OS. saat coba repair pake CD installer nya selalu berhenti di sebelum menekan F8 jadi aku ga bisa masuk ke mode repair maupun install ulang (WinXP)coba install dgn Vista maupun Win7 RC malah muncul Stop:0x0000005c.
    Tapi saat install Ubuntu versi 9.04 maupun Sabily 9.04 berjalan dgn lancar. Sehingga saat ini yg di pakai Ubuntu 9.04
    Karena lapie ini biasa dipakai utk presentasi, ada beberapa tampilan yg ga berjalan sempurna di Open Office, lapie ini diharapkan bisa di install windows.
    Mohon bantuannya.
    Oh iya, lapie ku Zyrex Cruisser ALV 400.
    Thanks Before…

  65. pada awalnya komputer memunculkan pesan error “cmos checksum error”. saya cabut baterainya. namun selalu muncul. setelah beberapa kali saya cabut baterainya, tiba-tiba komputer mati. mobo saya P4M890-M7 TE. saya ingin me-reset lewat jumper, tapi saya tidak punya buku manualnya.tolong kasih saya solusi yang tepat. Jazakullah…

  66. Ass.
    Saya mau tanya,ini saya g bisa instal os,motherboard merk biostar MCP 6 P M2+,pada saat first boot cd,dia langsung masuk baca hardisk,padahal sudah ada boot from cd,setting bios sudah bener,cd os bootable,hardisk ata slave,cdrom master,SATa none,mohon bantuan,

  67. halo mas ebta…
    q hanya mau ijin…
    tulisan mas boleh saya muat di blog saya ga ya?
    tapi sebelum nya maaf mas…karena dua tulisan mas sudah saya muat di blog saya.
    klo bole minta saran ada cara aman ga mas gimana saya bisa muat tulisan mas di blog saya dengan benar?

    mohon bantuannya mas, klo bole kirim ke e-mail saya.

    trims.

  68. halo….
    saya ada masalah ne…. kmarenn komputer saya di benerin sama temen. trus di upgrade biosnya… abis itu hardwarenya mase jalan tapi ga mo kuar gambar apa2… ada yang bisa bantu???

  69. mnta tlong donk gw damslah dngan zyrex ubud 311
    blank pdhal bru 3 bln beli,trs gw antrin k tmpat beli ktnya d krim . wah kan klau gtu repot dech……………..
    tlong ya spa yg tahu cara na

  70. p4v3x da colokan bwat satanya.. tapi gagal trus dibios. karena g terdeteksi.. bantuin doong cara aktifin satanya….

  71. slm knal mas ebta..sy mnta tlg bgt nih aq punya notebook compaq presario CQ4O-324TU..biosx hilang pas aq install driverx..jdx setiap nyalaiin tombol ON ga ada tampilan sama sekali alyas layar blank..mas ebta apakah ada software yg dapat membantu ini?? tanpa notebook aq di bongkar ganti mainboardx soalx aq udah nanya ke dealerx mereka pade blg gt mas..help again give me solution..thankz b4 mas ebta..secepatxnya ya mas.

  72. Mas saya mau tanya saya punya laptop toshiba A135 saya mau tambah memory ram dari 512 satu slot tambah 1GB slot jd total 1.5GB tp tdk mau malah saya coba 2 GB tdk mau juga kalo apakah saya harus update biosnya mnhon solusi

  73. mas!!! tolongin saya… kompi ecs ku ga bisa masuk k bios.. gmn cara yg bnar ng’flas bios lewat dos??? daku dah coba berkali-kali tidak mau ng’booting via floppy + disket
    ada cara lain kah…

  74. flie bios ma software ng’flash ny sudah didapat.
    tapi untuk boot via floppy ny susah disket susah k baca
    padahal di kompi lain bisa

  75. Ass. Bos nanya cara flash bios mb gigabyte. di nyalakan hanya tampil merk bios

  76. nanya nich…!
    1. kata-y untuk upgrade bios dperlukan 2 fungsi yaitu file bios, contoh: “N78CM923.BSS” (bener/salah) trus program bios utility dari vendor motherboard masing2…?

    2. jika yg diatas pertanyaan 1 bener, apabila Q lakukan upgrade bios, ap bios akan berubah tampilany/gmn…?

    tolong penceraan-y…! maklum baru pertama x nich mau coba upgrade bios…!
    klu bisa kirim e-mail Q argakoesdewangga@gmail.com

  77. nanya nich..
    sewaktu sy pertama kali menghidupkan comp selalu muncul konfirmasi tekan F1,
    tp comp sy setelah itu hidup normal aja tanpa masalah..
    masalahny cm agak repot aja selalu menekan F1…gt…

  78. @pr14an
    salam kenal
    maaf luamaa tidak ada tanggapan..
    semoga saat ini masalahnya sudah beres..

    @arga
    1. benar
    2. sebagian bear, tampilan BIOS tetap. Upgrade bios biasa dilakukan agar mendukung hardware terbaru atau karena ada error bios

    @herdi
    sebelumnya masuk ke BIOS dan ubah salah satu settingnya kemudian simpan. Jika perlu ganti baterai CMOS

    @Yang lain
    Mohon maaf jika belum semua ditanggapi, jika masih ada permasalahan, silahkan tulis komentar di artikel terbaru dengan menembahkan keterangan “OOT ( Out of Topic / Diluar pembahasan)”

  79. Sory Bos, mungkin penjelasan Anda terlalu Normatif ya? gimana kalo bisa lbh di sederhanain/pake istilah teknisnya. thanks Bos utk Infonya.

  80. mengapa ketika sy menganti RAM dari 128 ke 256 tetap kebaca 128. dan ketika di doble 128 + 256 tetap kebaca 128. terima kasih

  81. mas bisa minta tolong gak??
    kemarin saya instal ulang komputer…bisa dipakai kira2 beberapa hari. tapi setelah seminggu. kok gak mau logon ke windows ya… bisa boooting dan tampilan window xp muncul. tapi gak bisa login…

  82. brow saya mau tanya,komputer saya cpu nyala kipas juga nyala,tapi monitor tidak suplai tpi vga udah aku cek gak da masalah,bios tidak mau menyala dan suara bip panjang,apa ya masalahnya,,,,,

  83. bos,kalo komputer mau tak instal blm sls booting, trus hank kadang jg muncul blue screen? solusinya gmana bos? maksih

  84. mas… kalau bios ngedefault teroz itu knpa..
    satu lagi dech mas… habis nginstal OS selesai semua… teroz satu hari sesudahnya pasti dah ngak kena lagi itu knapa lagi maz…. bantu aku donk ya.? makasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *