73

Baru, KBBI Offline 1.5 mendukung pencarian dengan Regular Expression

kbbi-logoKBBI versi luar jaringan (luring) atau offline versi 1.5 saat ini kembali dirilis. Kali ini terdapat tambahan fitur yang bermanfaat untuk mencari kata dengan pola tertentu (diistilahkan dengan Regular Expressions atau Regex). Selain itu ditambahkan pula beberapa fitur dan perbaikan dari versi sebelumnya. Silahkan ikuti ulasan berikut mengenai apa itu Regex.

Didalam dunia programming, web developer, pencarian di database, dan sejenisnya, biasanya Regular Expressions sudah tidak asing lagi. Teknik ini banyak digunakan untuk pencarian kata (text atau string) dengan pola-pola tertentu. Mulai versi 1.5, KBBI Offline mendukung pencarian dengan Regex ini. Caranya tinggal memilih ‘RegEx’ di pilihan lema dan tulisan pola kata yang ingin dicari, kemudian tekan Enter atak klik tombol Cari.

kbbi-offline-1.5

Mengenal Regular Expressions (RegEx)

Pembahasan lengkap tentang Regex ini tidak akan saya bahas di tulisan ini. Hanya beberapa pola yang saya jelaskan, terutama penggunaannya di KBBI Offline ini. Ketika memilih pencarian dengan Regex, ada beberapa huruf (karakter) khusus yang mempunyai fungsi tertentu, yaitu: .*?+[{|()^$. Ketika mencari dengan menyertakan satu atau lebih huruf tersebut, berarti pencarian menggunakan pola tertentu. Beberapa fungsi huruf khusus yang cukup bermanfaat di KBBI Offline antara lain:

Huruf Penjelasan
. Mencari sembarang satu huruf. Misal aba.. akan ditemukan didalam kata: abadi, abadiah, abaimana,abaika dst
+ Mencari huruf sebelumnya atau ditambah dengan sembarang kata/huruf setelahnya. Misalnya aca+ maka akan dicari semua kata yang awalannya aca, misal : acah, acala, acang dst.
{n}
{n,m}
Mengulangi huruf sebelumnya sebanyak n sampai m kali. Jika tanpa m, maka huruf sebelumnya diulangi sebanyak n kali. Misalnya ma{2}f akan menemukan kata maaf, karena huruf a diulang sebanyak 2 kali (a{2}).
[…] Mencari salah satu huruf yang ada didalam tanda kurung siku
[^…] Mencari yang tidak ada hurufnya didalam kurung siku
^ Mencari dari awal kata/text (mengawali text)
$ Mencari tepat di akhir (mengakhiri text). Jika digabungkan dengan tanda ^ di bagian awal, maka akan mencari tepat kata. Misalnya ^aba..$ akan mencari kata yang diawali ‘aba’ ditambah dengan tepat dua huruf setelahnya (abadi, abaka, abang).

Kalau hanya deskripsi fungsi diatas mungkin kurang jelas dan banyak yang masih bingung bagaimana cara menggunakannya. Untuk lebih mempermudah, beriku beberapa contoh penggunaan Regex di KBBI Offline untuk mencari kata-kata tertentu :

  • ter.m..l akan mencari kata yang memuat tulisan ‘ter’, sembarang satu huruf (tanda .), diikuti huruf ‘m’, diikuti lagi sembarang 2 huruf (tanda ..) dan diikuti huruf ‘l’. Sehingga ditemukan kata: terampil, terombol
  • ^per.m.+ akan mencari kata yang diawali per (karena ada tanda ^ sebelum per), diikuti satu huruf (tanda .), diikuti lagi huruf ‘m’, diikuti sembarang huruf sebanyak-banyakknya ( . = sembarang huruf dan tanda + berarti sembarang huruf tersebut boleh ada sebanyak-banyaknya). Sehingga akan ditemukan kata semisal : perambut, perempuan, perimbas, perimeter dsb.
  • ^ka.+sasi$ mencari kata yang diawali ka, diikuti sembarang huruf (tanda .) yang boleh ada sebanyak-banyaknya, kemudian diikuti ‘sasi’. tanda $ berarti tidak ada huruf lagi setelah ‘sasi’ (sasi adalah text terakhir). Sehingga ditemukan kata semisal: kaderisasi, kanalisasi, katalisasi dsb.
  • ^se.{3}ing$ akan mencari kata yang diawali ‘se’ (ada tanda ^ sebelumnya), diikuti sembarang huruf (tanda .) yang diulang 3 kali ( {3} berarti huruf harus ada sebanyak 3 kali, karena huruf sebelumnya adalah tanda . berarti sembarang huruf ada 3) kemudian diikuti ‘ing’ dan setelah ‘ing’ tidak boleh ada huruf lagi (karena ada tanda $). Sehingga ditemukan : sekering, sepeling, seruling, dsb.
  • ^se.{1,4}ing$ sedikit modifikasi dari pola sebelumnya, perbedaannya disini diantara ‘se’ dan ‘ing’ boleh ada sembarang huruf sebanyak 1 sampai 4 kali. Sehingga ditemukan kata semisal : sekring, selanting, seling, semunding, dsb
  • ^l[ae]mp[aiueo]{2}$ mencari kata yang diawali huruf ‘l’ diikuti huruf ‘a’ atau ‘e'(tanda [ae]), diikuti huruf ‘mp’, diakhiri huruf a/i/u/e/o (tanda [aiueo]) sebanyak 2 kali (tanda $). Sehingga ditemukan kata : lampai, lampau, lempai

Mungkin beberapa contoh diatas cukup untuk mewakili contoh penggunaan Regular Expression untuk pencarian kata didalam KBBI Offline 1.5 ini, semoga tidal membuat bingung ๐Ÿ™‚ (meskipun wajar saja jika masih bingung, karena ketika awal menggunakan regex saya pun juga tidak mudah mengikuti pola-pola tersebuh). Diatas hanya sebagian kecil saja penggunaan regex, masih sangat banyak pola lain yang bisa dikembangkan, dan huruf khusus atau penanda pola untuk regex juga masih banyak. Selengkapnya bisa membaca beberapa referensi disini : Regex reference atau di regular-expression.info.

Selanjutnya apa saja perubahan di versi 1.5 dibanding dengan versi sebelumnya? Berikut selengkapnya:

  • * Perbaikan error ketika klik bagian kosong kata utama/tambahan
  • * Perbaikan setting ‘Tepat sama’ di pencarian arti
  • * Perbaikan hasil pencarian arti yang sebelumnya huruf kecil semua
  • + Penambahan informasi tooltip menu/button
  • + Menu informasi singkatan yg lebih informatif
  • + Pencarian kata dengan Regular Expression
  • + Menampilkan kata acak (button ‘Rnd’ atau Ctrl+R)

Seperti biasa, KBBI Offline adalah freeware dan juga open source. yang ingin menggunakan langsung, silahkan download KBBI Offline 1.5 installer atau KBBI Offline 1.5 Portable. Source kode bisa dilihat di Google Code KBBI Offline dan yang ingin memberikan donasi silahkan melihat halaman about me. Semoga bermanfaat

73 Comments

  1. Izin share di blog ane ya, juga membahas seputar software, antivirus, yang bisa di download gratis dan resmi. ๐Ÿ™‚

  2. Mantap mas. Numpang tanya, engine regexnya berbasis apa ya? Soalnya untuk quantifier *, interpretasinya bisa greedy, reluctant ato possesive.

  3. Sebuah karya besar semoga bermanfaat terutama bagi dunia pendidikan dan muga-muga diberi keberkahan bagi pembuat software ini..

  4. Sebuah karya besar semoga bermanfaat terutama bagi duniaa pendidikan, dan Allah memberi keberkahan bagi pembuat software ini, Amin!

  5. Terima kasih ma Ebta info updatenya.. Insya Allah aplikasi ini bermanfaat. Terima kashi juga sudah mempertahankan fitur pencarian akhiran yang ada. Kepake banget klo bikin puisi atau lirik. Bingung cari akhiran bait puisi, tinggal intip aplikasi KBBI-nya mas Ebta, deh ๐Ÿ™‚

  6. Terimakasih Mas Ebta, karya Mas Ebta sangat bermanfaat buat saya dan siswa saya!

  7. sekalian kamus kamus nya,tambahin kata,dan tambahin fitur jika tidak bisa menerjemahkan bisa langsung lewat google translate dan membuatnya jadi database,terus tambahin fitur perkalimat juga,sebelumnya terimakasih atas pemberiannya,b inggris saya jadi lebih bagus nilainya

  8. Makasih, banyak software KBBInya, sangat bermanfaat….
    izin ikut nyedot dan berbagi di blog saya…
    salam sukses n senantiasa sehat….

  9. trima kasih baaaaaaaaanyak mas ebta, semoga Alloh memberikan balasan yang terbaik amin

  10. Terima kasih untuk aplikasi yang luar biasa. Namun…

    Versi 1.4-1.5 tampaknya mengganggu ‘sounds’. Dengan MS Word, coba tutup tanpa ‘save’ – ada suara peringatan. Namun setelah buka (dan tutup) KBBI, suara peringatan ini hilang. Masalah sama dengan semua applikasi yang bisa save. Masalah terjadi dengan dua komputer dengan Windows 7 32 bit…

    Chris

  11. Terima Kasih banyak sangat membantu untuk mencari kata-kata sukar.
    kalau bisa buatkan dong di aplikasi for android KBBI

  12. Setelah beberapa kali download, mohon diikhlaskan, karena izinnya baru sekarang. Jazaakumullah mas Ebta.

  13. ah, entah apa yang harus saya haturkan kepada bapak.. terima kasih banyak pak.. software ini sangat bermanfaat bagi saya pribadi ๐Ÿ™‚
    jabat erat!

  14. Mohon buat untuk versi mac nya dong. Trims ๐Ÿ™‚

  15. terima kasih yang sebesar-besarnya, insya Allah akan menjadi amal kebaikan bagi anda

  16. Woah,, apresiasi buat si developed tool yang tidak pernah bosan untuk mengupdate program perkamusan ini. ๐Ÿ™‚

    satu tambahan (saran tepatnya) dari saya mas, kalo mau coding program kamus ini lagi.. akan lebih baik ketika dalam hasil pencarian entri diikutkan juga dengan halaman kamus itu sendiri. karena tidak sedikit loh mas orang yang menjadikan program mas ini sebagai aplikasi pengganti KBBI (dalam bentuk buku) yang bisa dibawa kemana-mana. kemudian sangat bermanfaat untuk orang yang menjadikan aplikasi mas ini sebagai pengganti KBBI dalam penyusunan kepustakaan apabila sudah ada halaman seperti halnya buku KBBI yang banyak dijual dipasaran.

    // Mungkin terkesan memaksa tapi sebenarnya ini adalah saran yang akan sangat banyak disetujui oleh banyak pihak ๐Ÿ™‚

  17. Coba ada tutorial cara membuat software seperti ini (baik yg versi offline maupun online) yang step by step…
    Saya ingin sekali membuat yang serupa tapi untuk bahasa lain…

  18. Cakep om.
    Baik banget sama ilmu, mudah mudahan barokah

  19. Gila ini software. sangat-sangat bermanfaat buat saya. Terimakasih sekali. Kerennyaaaaaaa sealaihimmmmm gambrengggggg. ๐Ÿ™‚

  20. mau tanya nih:
    1. compilernya pakai versi berapa?
    2. apakah ada format database kamusnya (data.dat)?

  21. Ini program yang sangat bermanfaat sekali.
    Oh ya mau kasih tau aja, sepertinya ada masalah pada jendela program.
    Setiap kali program di buka dan kemudian mencari sebuah kata, maka jendela program bertambah satu baris ke bawah.
    Makin sering buka tutup program makin panjang ke bawah, semoga versi selanjutnya masalah ini bisa di perbaiki.

  22. Trimakasih sangat bermanfaat, saya sudah donlod dan ijin sharenya. trimakasih.

  23. Terima kasih banyak. semoga dapat berkah.

    Versi ini ada penambahan database ga? terakhir saya pake v.1.3 masih ada beberapa kata yang tidak tercantum. Misal (yang saya ingat) : uang

    semoga benar-benar dapat menggantikan KITAB KBBI yang segede gaban ๐Ÿ˜€

    kalau memang memerlukan bantuan untuk input database insyallah saya akan meluangkan waktu. tapi masih perlu arahan.

    Usul satu lagi mas. kalo bisa KITAB TESAURUS juga dibikin software dong. biar lebih praktis. daripada harus search lewat pdf. harus satu-satu.

    sekali lagi terima kasih mas. kalo perlu bantuan. kontak via email aja.

  24. wuah.. baru tau ada yg versi baru, ane ketinggalan nih masih pake 1.1 :p

    langsung download deh…

  25. Kang Ebta,
    terima kasih, salut atas upaya Anda menghadirkan Kamus Bahasa Indonesia. Mudah2an dengan demikian kian banyak orang yang bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar ya..

    saya sudah unduh yang versi portable.

    coba dicek lema “PRAKTIK” hasilnya “prakยทtek ? praktik” sama dengan “PRAKTEK”
    sepertinya perlu diperbaiki ya?

    salam,
    sami

  26. terima kasih kang, sangat bermanfaat sekali

  27. Sangat ditunggu apps nya untuk versi/system Phone/Mobile Android. Terimakasih.

  28. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Kang Ebta, saya mau nanya nih, kan ane udah install kbbi offline ver 1.3 sebelumnya. Nah ternyata, softwarenya suka macet, pas di klik iconnya softwarenya ga muncul di layar. Akhirnya sy download kbbi offline ver 1.5. Awalnya softwarenya berfungsi, tapi sekarang ga muncul lagi. Ane juga udah nyoba versi portablenya, tetep ga muncul. Ini SSnya :
    http://farm3.staticflickr.com/2874/9405523797_d8b1b85abd_b.jpg
    Kira-kira kenapa yah softwarenya ga muncul kang?

    Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

  29. terima kasih mas Ebta, saya sudah download dan berfungsi dengan baik, saya juga ada download shollu dan terjemah al-quran, semoga berkah buat mas yang membuat programnya, jazakallah katsiran

    salam,
    Rahman

  30. Terimakasih banyak… KBBI offline ini sangat bermanfaat… ๐Ÿ˜€

  31. saran :
    untuk versi selanjutnya do aplikasi kamus besar bahasa indonesia kita bisa tambahkan kosakata sendiri beserta artinya, seperti aplikasi kamus 2.04 (indo-ing), kita bisa add new word.
    terimakasih

  32. @ sami
    itu sudah benar. โ€œprakยทtek ? praktik” berarti kata yang benar adalah praktik. tinggal ketika saja kata praktik, Anda akan menemukan artinya.

  33. Permisi bpk Ebta, sy mau tanya, apakah ada link download KBBI bebas virus untuk hp? Terima kasih sebelumnya.

  34. Assalamu Alaikum,
    Mas Ebta saya juga berencana bikin kamus tetapi saya masih bingung atau malah belum tahu harus memakai software yang mana untuk bikin Kamus. tolong software atau program apa yang mudah untuk membuat kamus? makasih sebelumnya, Waalaikum salam

  35. Makasih banget sudah sangat membantu bagi saya, saya juga bersedia membantu untuk pengembangan versi dekstop yang berjalan pada windows 7 dan windows 8

  36. Woah! I’m really loving the template/theme of this blog. It’s simple, yet effective.

    A lot of times it’s hard to get that “perfect balance” between usability and appearance.
    I must say that you’ve done a superb job with this.
    In addition, the blog loads extremely quick for me on Firefox.
    Superb Blog!

  37. Usul nih, bagaimana kalau kata-kata singkatan ditulis secara penuh, khususnya untuk contoh pemakaian dalam kalimat. Tidak sekedar copy paste dari kemdiknas tapi diperjelas. Sepertinya tidak sulit kalau secara software.

Comments are closed.