88

Beberapa cara Mengatasi "USB Device Not Recognized"

Mungkin sebagian kita pernah mengalami masalah ketika USB flash drive atau media berbasis USB tiba-tiba tidak terdeteksi oleh Windows, dengan muncul pesan “USB Device Not Recognized” atau pesan lainnya. Hal itu bisa disebabkan oleh berbagai hal, berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk memperbaiki masalah tersebut.

Untuk memastikan bahwa bukan USB drive kita yang bermasalah (rusak), sebaiknya dicoba memasang di komputer atau laptop lain jika ada. Jika di komputer lain USB masih terdeteksi dengan normal, berarti komputer (windows) kita yang bermasalah dan beberapa cara berikut bisa dicoba untuk mengatasinya.

Restart Komputer

Cara paling awal yang bisa dilakukan, mungkin hal ini bisa memacahkan masalah tersebut.

Melepas kabel power supply (battery untuk laptop)

Mungkin cara ini memang tidak populer (bisa dikatakan ‘aneh’), tetapi ketika membaca berbagai tanggapan akan permasalahan ini di situs Microsoft, ternyata menggunakan cara ini banyak yang berhasil. Caranya dengan mematikan komputer kemudian melepas kabel power supply (listrik) yang terpasang ke Komputer, kemudian tunggu satu atau beberapa menit dan pasang kembali kabel power tersebut.

Untuk laptop, melepas kabel saja belum cukup, tetapi juga harus melepas battery laptop dan tunggu beberapa menit kemudian pasang kembali. Jika langkah ini berhasil, kemungkinan yang bermasalah di chipset Motherboard komputer tersebut. Dengan melepas power supply, maka motherboard akan melakukan inisialisasi ulang sistem didalamnya.

Gunakan System Restore

Jika System Restore di komputer aktif, kita bisa mengembalikan setting dan konfigurasi sistem komputer ke waktu atau keadaan sebelum USB tidak terdeteksi. Perlu di ingat bahwa dengan sistem restore, maka program atau aplikasi yang ada setelah waktu/tanggal Restore akan hilang (tergantung setting drive mana yang di monitor).

System Restore bisa diakses melalui menu Start > Programs > Accessories > System Tools > System Restore.

Uninstall USB Host Controller melalui Device Manager

Langkah ini juga dilaporkan banyak yang berhasil mengatasi masalah USB Device Not Recognized. Langkah detailnya sebagai berikut :

  1. Buka COntrol Panel dan pilih Device Manager. Atau klik kanan My Computer dan pilih Properties, kemudian pilih menu Device Manager. Cara lain ketikkan Devmgmt.msc di meu Run dan klik OK, selanjutnya dari window yang muncul pilih Device Manager
  2. Pilih “Universal Serial Bus Controllers” ( biasanya terletak di bagian paling bawah), dan klik dua kali untuk melihat tampilan seperti berikut:
  3. Klik kanan dari daftar yang ada kata-kata “Host Controller” kemudian pilih Uninstall. Lakukan satu persatu, ingat yang ada kata “Host Controller” saja, kecuali ada masalah dengan port USB lainnya (sesuai dengan di daftar yang ada)
  4. Setelah selesai Restart, maka Windows akan otomatis melakukan installasi ulang driver USB di komputer

Jika setelah restart windows tidak melakukan installasi ulang driver USB, buka kembali Device Manager, dan klik kanan “Universal Serial Bus COntrollers” kemudian klik menu “Scan for hardware changes”. Biasanya langkah diatas bisa mengatasi masalah USB tidak terdeteksi.

Gunakan Microsoft FixIt

Mungkin ini cara yang di rekomendasikan, yaitu dengan menggunakan Tools dari Microsoft yang didesain khusus untuk mengatasi masalah USB yang tidak terdeteksi. Kunjungi halaman Diagnose and fix Windows USB problems automatically, selanjutnya klik tombol Run Now, maka ada di download tools kecil FixIt. Setelah selesai jalankan file tersebut (memerlukan koneksi internet untuk menggunakan program ini, karena akan mengunduh file yang lebih besar dari Microsoft).

Alternatifnya download versi Offline yang sudah saya downloadkan dan saya upload ke DropBox berikut FixIt Windows Xp,Vista,7 (26 MB) atau FixIt Windows 7 ( 10 MB). Buka folder FixIt Portable dan jalankan file Launch Fix it.exe.

Mungkin masih ada (banyak) berbagai cara lain yang bisa dicoba, termasuk menggunakan software pihak ketiga. Jika anda mempunyai cara atau alternatif lain, silahkan berbagi melalui komentar.

88 Comments

  1. Sering kali dapat masalah gini, biasanya ganti port ke USB yg lain masih bisa. Klu dah gak bisa pusing.. Makasih tips-nya

  2. Bang Ebta, kalo pake windows 7 kan biasanya kalo kita uninstall host controller, 7 bisa langsung download & install drivernya. Tapi kalo di vista n 7 apa bisa dengan cara ini?

    Thanks

  3. Sama dengan kang “encutproduction” biasanya sih tinggal ganti port USB-nya.

    tapi makasih infonya, bisa dicoba neh untuk yang peringatan “USB tidak bisa bekerja secara maksimal”

  4. Bener laptop aku juga sering seperti itu, trus aku lepas batranya baru bisa, kadang-kadang cukup di shutdown saja trus ditunggu 5 menit baru bisa lagi 🙂

  5. Mas Ebta , thanks a lot for your information….It’s so useful…

  6. tanks, mas ebta taz infoy..smog ebsoft jaya slalu…ammin

  7. #3 Yudie
    Seharusnya bisa, apa maksudnya windows XP ? xp seharusnya juga bisa

    #13 dean
    Iya, ternyata salah memberikan link. Tetapi itu juga bisa digunakan di windows 7. Saat ini sudah diperbaiki

  8. pas banget bang kebetulan usb kompi saya lg error. trims y!!

  9. kang mau nanya dong, klo misalkan buat detect kabel usb yang 5 meter di laptop caranya gmn ya.?

    apakah dengan cara ini bisa ke detect kabel USB trsebut.?

    thks

  10. tanya kang, jika usb drive kita yang rusak, caranya gimana kang ?

  11. wah ini sering terjadi pada laptop yang saya pakai, padahal peralatan usb yang saya pakai normal-normal saja, terima kasih Mas Ebta atas informasinya semoga sukses selalu

  12. Komputer kantor diprotek utk USB umum, hrs USB khusus baru bisa. Gmn cara membuka pemblokiran USB tersebut? Makasih Mas Ebta.

  13. saya juga sering mngalami hal seperti itu, paling yang sya lakukan hanya merestart laptopnya sja,terus dipasang kmbali,,karena saya klo sedang pke lptop battery nya suka dcopot hanya pke cas’n sja,hhe

  14. sya juga sering seprti itu mdemnya,,sya coba tips dari agan,hhe,terima kasih tipsnya semoga dapat bermanfaat

  15. nyoba ah buat FD ku
    tiba2 aja td ga bisa
    mdh2n berhasil tipsnya

  16. mas jika flashdisk kita tiba – tiba terprotek dan tidak bisa mengcopy atau paste dari dan luar flasdisk padahal kita tidak memproteknya, dan sudah di format berkali – tetap saja masalahnya itu kenapa ya mas ? (mohon bantuannya)

  17. akan saya coba mas tips tipsnya, flashdisk saya juga kya gitu errornya..

  18. mas saya udah coba cara “Uninstall USB Host Controller melalui Device Manager”, tapi kok hilang bacaan “Universal Serial Bus Controllers”-nya. Dan ketika saya coba masukin flashdisk, kabel data, mouse, dan modem, ternyata tidak ada reaksi apa-apa dari laptop saya. udah saya coba restart dan restore, tapi hasilnya sama saja. Mohon bantuannya ya mas. silahkan dibalaskan ke email saya.
    thank you.

  19. bagi2 tips utk masalah usb :semprot konektor usb pada kmputer atau laptop dengan contack cleaner(bisa dibeli toko2 elektronik)lalu bersihkan dengan sikat gigi terutama bagian dalam konektornya.usahakan komputer dalam keadaan mati ketika melakukan ini,lalu hidupkan kmpter dan coba colokkan usb..

  20. Sudah saya coba di berbagai komputer lain tapi tetap gak bisa.. kenapa ya.. Ancur tuh USB ane.. USB DEVICE NOT RECOGNIZED aja..

  21. Mas leptop saya bermasalah begini : DeviceHarddisk1DR1
    apakah dengan pesan tersebut haruskah saya intall ulang? mohon bantuanya. Terima kasih

  22. ane pny mslh yg sama nieh… Semua port USB baik yg didepan n belakang PC ane pd gak mau konek dan gak bs detect.. terpaksa mouse ganti pk mouse lama (non usb)udah gnt batre CMOS, CLear CMOS edit USBSTOR msh gag bs jg… cb info ente yg ini deh tar klo berhsil ane mampir lagi… Thanks

  23. kenapa ya tetep nggak bisa padahal hampir smua cara diatas saya pake… eeq

  24. Makasih iy om yang punya blok
    Terima kasih berkat petunjuk dari blok ini sarang laptop saya udah bisa dimasukin flas dics
    Thank

  25. woy jangan nipu dah ente
    – restart nihil
    – melepas baterai laptop nihil
    – restore gua mati
    – uninstall usb. nah ini yang bikin gua sakit ati ma ente gan, ente kalo mau naikin trafik web jangan nipu gini caranya. kalo emang bener ni cara banyak yang makek gua minta kirim linknya ente dapet darimana kok posting kayak gini, cara ke 4 ini bikin gua harus nginstal chipset ulang, modem, and pelaratan skripsi gua.

    jangan ada yang percaya, ini artikel hoax

    kalo lo berani ngapus ni koment, liat aja lo juga bakal di hapus sama adsense.

  26. Terima kasih ilmunya. Kebetulan mouse saya lagi not recognize. saya akan coab semoga berhasil.

Comments are closed.