19

Buat Recovery Bootable Windows (PE) dengan AOMEI PE Builder

AOMEI merupakan salah satu vendor pengembang software yang menyediakan berbagai program bermanfaat, bahkan sebagian gratis dan bebas kita gunakan, terutama berkaitan dengan data (hardisk), seperti partisi, recovery dan sejenisnya. Beberapa waktu yang lalu, Aomei merilis 2 software gratis yang sangat bermanfaat, salah satunya adalah AOMEI PE Builder.

Ketika komputer kita bermasalah, baik terkena virus, data-data rusak atau hilang, komputer tidak bisa booting atau masuk ke Windows, maka salah satu solusi untuk memperbaiki atau memeriksanya adalah dengan menggunakan Bootable Windows PE (Preinstallation Environment). Windows PE ini ibarat windows yang baru di install tetapi dengan fitur yang lebih sedikit, karena dia berjalan dari CD/DVD/USB Flashdrive, sehingga windows PE ini bersih dan bebas virus, masalah dan lainnya (mungkin ibarat bayi yang baru lahir).

aomei-pe-builder-target

Sebelumnya saya pernah mengulas beberapa program semacam ini, seperti misalnya UBCD4Win dan juga Wondershare Liveboot. Atau ada juga yang lainnya semisalnya Hirens Boot CD atau Windows PE resmi dari Microsoft. Nah untuk kali ini kita akan mengenal AOMEI PE Builder yang juga dapat digunakan untuk membuat Bootable Windows PE, dan tentu menyertakan berbagai fitur menarik dan tentu GRATIS digunakan, baik untuk personal ataupun bisnis (iya, gratis meski untuk bisnis/komersial).

AOMEI PE BUilder memberikan berbagai fitur menarik untuk pembuatan bootable Windows PE, beberapa fiturnya antara lain :

  • Membuat Windows PE tanpa harus mengunduh Windows AIK atau WAIK (yang disediakan Microsoft untuk keperluan pembuatan windows PE) yang besarnya sekitar 1.7 GB
  • Terintegrasi sistem bawaan Windows seperti tampilan Desktop dengan Windows Explorer, Taskbar, Start menu dan lainnya
  • Menyertakan program untuk mengelola hardisk (partisi) AOMEI hard disk partition manager, yang sekelas dengan EASEUS Partition Manager
  • Menyertakan program recovery dan backup data, AOMEI backup & restore software
  • Menyertakan berbagai software tambahan pihak ketiga seperti 7zip, IrfanView, SumatraPDF, Everithing, Notepad++, Recuva dan lainnya
  • Bisa menambahkan aplikasi atau software sendiri dengan mudah
  • Bisa menambahkan driver sendiri
  • GRATIS untuk personal maupun komersial (bisnis)

Dengan melihat berbagai fiturnya, AOMEI PE Builder memang patut diacungi jempol. Karena selama ini untuk membuat Bootable Windows PE, biasanya kita harus mengunduh toolkit dari Windows yang ukurannya sekitar 1.7 GB (Windows AIK atau WAIK). Selain itu fitur untuk menambah software sendiri menjadi hal yang menarik, karena kita bisa membuat sebuah bootable Windows dengan banyak software/program didalamnya yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

aomei-pe-builder-iso-image

Dukungan driver juga cukup bermanfaat, misalnya daja dengan dukungan Netwwork, maka akan bisa terkoneksi internet meski dari bootable media, yang bisa kita pakai misalnya untuk meng-update Antivirus. Untuk hasil keluaran, AOMEI PE Builder juga memberikan berbagai opsi, mulai bootable CD/DVD, USB Flashdisk atau akan disimpan dalam bentuk ISO Image sehingga bisa disimpan untuk digunakan di lain waktu.

Program ini bisa di install di Windows berikut ( Windows XP/2003 dan 8.1 tidak di dukung) :

  • Microsoft Windows 7 (all editions, 32-bit and 64-bit)
  • Microsoft Windows 8 (all editions, 32-bit and 64-bit)
  • Microsoft Windows Server 2008 R2 (all editions)
  • Microsoft Windows Home Server (WHS) 2011 and Windows Small Business Server (SBS) 2011
  • Microsoft Windows Server 2012 (all editions)

Untuk mencoba, silahkan langsung mengunjungi halaman utama AOMEI PE Builder dan mengunduh installernya dari sana, atau langsung melalui link ini PEBuilder.exe (61.5 MB)

19 Comments

  1. ijin sedot mas ebta…dah lama nunggu mas ebta jarang posting skr ya ^_^

  2. dah lama pisan nunggu update-an dari mas ebta…
    ijin koleksi mas . buat jaga-jaga.

  3. Saya coba install dan pilih burn ke DVD. Tapi setelah finish kok DVD-nya tetap kosong ya ?

    • Coba dibaca juga FAQ yang ada di website-nya mas, mungkin ada beberapa opsi yang harus dilakukan dulu.
      Itu ukuran file ISO berapa hasilnya?

  4. wah softwarenya simple banget mas , dulu gini ini lebih sering pakai hiren saya . thanks mas

  5. Gan software yang ditambahkan harus software yang portable apa installer juga bisa
    Thank,,,

Comments are closed.