142

Cara Membuat Bootable CD UBCD4Win

UBCD for Windows

Salah satu bootable CD yang sangat bermanfaat adalah UBCD4Win (UBCD/Ultimate Boot CD for Windows), karena dengan bootable CD ini kita gunakan untuk memperbaiki berbagai permasalahan dengan komputer, mulai dari recovery data, sistem operasi sampai membasmi virus. Tetapi mungkin sebagian masih kesulitan bagaimana cara membuat Bootable CD-nya.

UBCD4Win tidak menyediakan download file ISO yang langsung bisa di burning ke CD, tetapi hanya installer-nya dan kita yang membuat sendiri. Hal itu karena file ISO tersebut berisi file-file sistem Windows XP, dan ini akan dianggap melanggar hak cipta Microsoft. Oleh karena itu untuk membuatnya harus dilakukan oleh pemilik CD Windows XP sendiri. Berikut langkah-langkah pembuatan Bootable CD ini

Sebelumnya, download installer terbaru untuk membuat Bootable CD ini dari situs UBCD4Win. Ukurannya cukup besar (sekitar 245 MB), sehingga pastikan download dengan download manager. Setelah selesai download, maka jalankan file tersebut. Disini saya menggunakan UBCD4Win versi 3.20 (UBCD4WinV320.exe). Selanjutnya ikuti langkah-langkah Installasi UBCD4Win berikut :

  1. Jalankan (install) file UBCD4WinV320.exe
  2. Akan tampil window verifikasi hash file (MD5). Jika komputer terkoneksi ke Internet, bisa dipilih Yes, jika tidak klik saja No
  3. Selanjutnya jika verifikasi sukses, proses installasi akan berlangsung, tunggu sampai selesai
  4. Setelah selesai, akan tampil “Integrity Check for UBCD4Win” klik OK
  5. Klik Next di windows “Information”, selanjutnya akan mengecek apakah ada file patch (perbaikan di versi ini), jika ingin (punye koneksi internet) klik saja Yes. Atau bisa saja diabaikan dengan klik No
  6. Maka akan proses installasi UBCD4Win selesai, selanjutnya bisa langsung dijalankan UBCD4WinBuilder, yang selanjutnya akan digunakan untuk membuat file ISO image.

Membuat file ISO Image

File ISO merupakan file yang nantinya bisa langsung di burning ke CD, dan menghasilkan bootable CD. Setelah UBCD4WinBuilder dijalankan maka ikuti langkah berikut

  1. Ketika dijalankan pertama kali akan tampil window Lisensi. Klik saja “I Agree”
  2. selanjutnya akan muncul window “Search for Windows Installation files”. Klik saja No
  3. Di Window UBCD4Win PE builder, isi atau cari path CD/DVD-ROM yang berisi CD Windows XP
  4. Kemudian klik Build atau pilih menu Builder > Build (F7), tunggu proses installasi (mengambil file-file system dari CD Windows XP sampai selesai)
  5. Setelah selesai, pilih menu Builder > Build ISO/CD(F5), tunggu sampai selesai
  6. Akan dihasilkan file UBCD4WinBuilder.iso, yang kemudian bisa di burning ke CD

Mungkin akan ditampilkan beberapa error, ketika sebelumnya saya membuat file ISO dengan UBCD4Win versi 3.13 tampil 3 error, tetapi setelah hasilnya saya burning, bisa saja berjalan. di versi ini muncul 2 error, yang menampilkan pesan bahwa 2 file windows tidak ada. Mungkin hal seperti ini karena perbedaan versi windows. Abaikan saja jika muncul error, asalkan file ISO berhasil dibuat, maka selanjutnya bisa di test di CD.

Bagaimana mem-Burning file ISO

Untuk mem-burning file ISO, maka bisa digunakan fasilitas Burn Image (jika menggunakan aplikasi seperti Nero) atau untuk lebih mudahnya gunakan salah satu software kecil, portable dan gratis berikut :

Ketika burning file ISO, lebih baik menggunakan kecepatan yang paling rendah, misalnya 1X atau 2X untuk lebih menjamin keberhasilan membuat Bootable CD (http://ebsoft.web.id)

142 Comments

  1. Sip. .mas info nya. Btw qu pengen dunlud ni ubcd, soalnya banyak order prbaiki kompter yg kbnyakan adalah masalah sistem dan kena virus. Langsung ni mas mo download, tapi bisa semaleman ni. , . . ,

  2. mas,ada ga cara lain untuk buat bootable cd? kalo langkah2nya spt di atas,mgkn aku ga bisa sbb aku ga punya cd win-xp. aku dpt win-xp saat aku beli laptop & itu sdh terinstll di laptopku. gmn ini?

  3. @Chandra
    Ya.. cari internet yang aksesnya cepat

    @ross
    Coba kalau melalui menu “Source” > “Search” bisa ditemukan nggak? jika tidak bisa, berarti tetap harus menggunakan CD Windows XP.

    @Eko Saputro
    Diatas sudah dijelaskan. Bagian mana yang kurang jelas?

  4. trims berat atas semua tips n step2xnya, sya rsa udh ckup jlas tnggal di coba aj kli yaaaaa. nnti klo ada hal yg ga ngrti bleh tanya lgi kan.

    sukses slalu ebsoft…from u i get many informations

  5. mas makasih banyak tips-nya, wah ga’ bisa ngomong apa-apa lagi dech, pokoke thank.s 10000x

  6. Bro Ebta, tlong minta d jlaskn step by step cara kerja UBCD4win misalnya d gunakn utk menghapus virus

  7. Assalamu’alaikum

    boss, mo tanya. kalau setiap kali update vista gagal dan muncul pesan “error’s found : code 8024D00A. itu kenapa ya kira2? bisa kasih saran? saya bener2 udah pusing nich. heehehehe….. makasih ya.

    dan juga salam kenal

  8. @Skyzofrenic
    Seperti kita menggunakan windows XP itu sja kok, jadi ketika ingin menghapus virus, gunakan antivirus Avira yang sudah disertakan atau hapus manual (jika sudah tahu virusnya) melalui aplikasi-aplikasi File Management , seperti windows explorer..

    @andrian
    Wa’alaikumsalaam
    Coba di search permasalahan atau error tersebut di alamat berikut :
    http://support.microsoft.com

  9. Hahahaaa..
    Terimaksih banyak Bro Ebta, gw sdh berhasil buat UBCD4Win.ISO langsung skalian gw bakar [burning], sampe² kebakaran jenggot 😀
    Bro Ebta benar² jenius, moga tambah pinter & tambah kaya
    Nanya lg, UBCD4Win apa bs d gunakn mmperbaiki kompi yg mnggunakn sistem operasi LINUX?

  10. @sulis
    Membuat bootable CD seperti langkah artikel diatas, setelah jadi, bida menggunakan Avira atau antivirus lain yang disertakan.

    @Skyzofrenic
    Sama-sama, terimakasih juga..
    Sepertinya tidak bisa, namanya saja UBCD for windows. Untuk Linux gunakan saja Ubuntu atau Knoppix

  11. Bagaimana caranya membuat Image file, misal ada satu program yang harus pake CD terpasang terus, tapi ingin dibuat menjadi Image file biar bisa dipakai dengan menggunakan program alkohol (image drive). Makasih yah, ditunggu jawabannya.

  12. @achnoor
    Dulu saya pernah menggunakan program image seperti itu, tapi sudah cukup lama. Intinya kita copy isi CD Rom ke sebuah folder, kemudian folder tersebut di “Mount” sebagai Drive dengan program seperti alcohol (harusnya ada menu seperti itu) Sehingga di explorer drive-nya akan bertambah satu. Semakin banyak folder yang do mount, maka drive juga akan bertambah.

  13. langkah no:3 bos yg blm jelas. apa harus di masukkan dulu cd xpnya ke cd room, tuk kawan2 bantu dong !!!. trims smua

  14. @john
    Iya, sejak langkah 1 ( Membuat file ISO Image ) CD Windows XP sudah harus dimasukkan ke CD ROM..

  15. mas, mohon maaf krn sy nulis pertanyaan ny dsini, krena g tw nih harus nulis d artikel yg mana.

    gini mas, kemaren sy br beli sbwh film, judulnya Sang Murabbi, oleh si penjual mengatakan ni film g bs d puter lwt komputer ato laptop, jadi hnya bisa lewat vcd player biasa, tp tu film tetep sy beli n sy coba tuk d puter d komputer, dn trnyata emng g bisa di baca d komputer.
    pdahal kn klo mnrt sy komputer tuh lbh canggih gt ya dr vcd player bisa tapi kok g bisa baca ya???

    terimkasih ats jawabannya

  16. saya juga pernah buat bootable disk pake roadstater, bootabledisk ini bisa juga untuk memperbaiki file NTLDR yg rusak atau hilang.jika ada yang minat bisa kunjungi blog saya.terimakasih

  17. @john
    OK, silahkan dicoba, semoga berhasil..

    @toni
    Itu memang agak aneh, coba dibuka di explorer struktur filenya seperti apa? mungkin ada file yang aneh /virus ?

    @dol
    Terimakasih atas informasinya, coba nanti saya cek

  18. mas ebta, di explorer g kbca filenya…klik knan tuk liat sizenya, info yg didapat sizenya 0 bytes. jadi ya..sperti g da isinya

  19. @john
    Sama-sama.. sip kalau sudah jadi

    @toni
    Wah saya belum pernah melihat yang seperti itu. Jika CD Audio memang dilihat dari explorer seperti tidak ada isinya. Tapi kalau VCD yang seperti itu saya belum tahu..

  20. cd windows XP itu yang mana ya????? soalnya waktu beli kompi dapet 2keping mohon pencerahan ….sory nich klo ga` mutu pertanyaanya maklum masih belajar gaptek lagi …

  21. @belajar
    Kalau beli komputer biasanya bukan CD windows XP yang disertakan, tetapi CD driver motherboard dan VGA. Kalau CD Windows XP, seharusnya ada keterangan atau tulisannya di covernya..

  22. @belajar
    Apa ketika membeli komputer tersebut sudah ada windows-nya ? bisa di tanyakan ke orang yang install Windows tersebut, harusnya ada CD-nya.

  23. Assalamu’alækum
    Mas Ebta, bgmn caranya menambahi ato mengurangi file yg ada d UBCD4win misal mengganti antivirus AVG d ganti dng NOD32, bagaimana caranya? Thanks buat jawabannya 🙂

  24. waktu beli udah ada windows-nya mass…apa yang dimaksud cd recovery ya mas?????? sory nich mas… ga` ngeh2.

  25. @Skyzofrenic
    Wa’alaikumsalaam
    Aplikasi tersebut sepertinya harus dapat bersifat portable, untuk caranya bisa merujuk keterangan di situs resminya, yang dijelaskan secara panjang lebar.

    @belajar
    Buka CD recovery, untuk CD windows XP-nya ditanyakan ke penjualnya atau ditanyakan teman disana dimana mendapatkannya

  26. Sy bs beli cd bootable UBCD4win,kerna kompi sy Ntldr nya missing.Sy g punya koneksi internet buat downloadx.Alamat saya d komp.Pinang bahari blok b3 no 13 sei keledang samarinda kaltim 75!3!

  27. Saya tidak menjual Bootable CD UBCD4Win. JIka file tersebut hilang, copykan saja dari CD Master windows atau komputer teman yang versinya sama. Hardisk bisa dilepas, dan di copy ke root directory windows, misalnya C:/

  28. assalamualaikum,wr,wb

    jazakallohu khayra,ats bantuannya dan informasinya,

    memed
    samarinda

  29. mas, kalo UBCD versi 3.20 bisa untuk vista gak?

    saya dulu pernah coba tapi gagal, rada2 bingung caranya, tapi setelah ada artikel ini saya coba bikin lagi d. trims

  30. hallo aja deh….numpang lewat sekedar info tambahan,buat yang pingin bikin cd booting/dvd booting, untuk windows95/ me/xp/vista home premium/vista ultimate..ada software kecil,mungil,tapi..mantap,gampang dan mudah lagi.gratis…! bahkan anda bisa menambahkan software lain di dalam nya,seperti yang anda inginkan….!ini link nya…http://www.nliteos.com/download.html

  31. Assalamu’alaikum Bang Ebta, mau nanya, nginstall windows XP Professional SP2, udah buat partisi, format pake NTFS quick, baru 20 % ada teks muncul “setup unable, the disk may be damage, please select other partition”, pokoknya gitu deh. Itu kenapa ya ? NB : nginstalnya di lapto.

  32. @memed smarinda
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh… waiyyakum

    @sat
    Jika maksudnya membaca OS Vista, jika tipe file system hardisk NTFS harusnya bisa juga. Tetapi jika maksudnya membuatnya dengan windows Vista, maka [saat ini] sepertinya tidak bisa..

    @oemar
    wa’alaikumsalaam, kemungkinan hardisknya ada bad sectornya. Sebaiknya discan dulu dengan bootable CD seperti UBCD4Win ini

  33. iya rencananya saya mau buat dari win VISTA,

    kalo saya bikin dari XP trus nanti, misal saya ada pake juga untuk VISTA atau win 2000, kira file ISOnya bisa jalan gak di Win tadi?

  34. mas mo nanya…
    Hardisk dengan OS xp mau saya pindah2 ke pc lain tapi ndak bisa muncul alias harus instal ulang atau repair, kalau Repair diatanyain pasw administratornya apa yaa…? caranya gimana Hardisk saya biar bisa dipakai ke pc2 lain tanpa instal ulang
    (catatan cd windows rusak/ tidak bisa booting, master xp ada di hardisk)
    mohon petunjuknya…

  35. sudah bisa mas thq,trus sama mau tanya kalo punya saya XP profesional dan untuk UBCDnya saya burn pakai ISO XP home, mnrt mas ebta bisa jalan gak, kalo lain versi window seperti itu?

  36. @sat
    Hasilnya tidak terpengaruh windows apa yang digunakan, jadi tetap jalan..

    @bbng
    Memang tidak akan bisa, kalau bisa mungkin masuk safe mode (ketika restart tahan tombol F8, lalu pilih Safe Mode). Kalau password-nya biasanya kosong..

    @

  37. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh….
    untuk jawaban 21 oct 08, saya sudah coba pasang hardisk ke komp lain dengan tekan f8 dan pilih save mode tetapi tetap saja merestart kembali, dan juga coba repair dengan booting master xp tetapi untuk pasw administratornya harus diisi( pasw nya apa yaa…?), kalau kosong/ salah 3x akan mengulang/ restart kembali… (tetapi kalau hardisk saya pasang ke komp yang asli/awal tidak ada masalah)mohon dibantu… soalnya kalau harus install ulang maka harus install seluruh program yang ada…

  38. @bbng
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    kalau password bisa di reset menggunakan bootable CD ( coba di search di ebsoft artikel tentang ini)..

    Hal itu karena spesifikasi hardwarenya berubah, jadi windows tidak bisa jalan seperti ketika di PC yang lama..

  39. @Majid
    saya belum tahu apakah bisa seperti itu, karena namanya saja UBCD, jadi memang untuk CD..

  40. kakak yg baik gimana masukin antiviruz na ke cd UBcd, apa kah udah ototmatis kakak yang budiman, apa perlu bikin cd UBCD khusus antiviruz, trim’s

  41. @petot
    Tidak perlu, karena beberapa antivirus sudah disertakan disana. salah satunya adalah avira personal yang cukup bagus kinerjanya..
    ketika ingin update, masukkan updatenya dalam flashdisk dan pasang di komputer sebelum menjalankan UBCD4Win, nanti antivirusnya bisa diupdate dari data di flashdisk tersebut..

  42. maap kk yg budiman, saya kan masih junior. kalo kita jalanin cd ubcd na tanpa hardisk bisa ga! satu lagi kk yg budiman, cd ubcd itu sama ga sama kita ngclone hd,,, kaya pake norton ghost kk.. trim’s

  43. @petot
    Bisa.. tanpa hardisk tidak masalah..
    UBCD4Win ini seperti windows, tetapi tidak memerlukan hardisk, dan sistem operasi (windows) nya disimpan sementara di memori komputer (sementara), jadi tidak sama dengan clone HD

  44. trim’s banyak kk.
    cara ngdeteksi kerusakan pada komp pake cd ubcd4win bisa ga!
    kalo bisa gimana. trim’s

  45. “Coba kalau melalui menu “Source” > “Search” bisa ditemukan nggak? jika tidak bisa, berarti tetap harus menggunakan CD Windows XP.”
    Berhubg gaptek dan tdk punya CD Windows, mohon dijelaskan menu “Source” itu ada dimana yah n yg di “Search” apa ?
    Mohon maaf bila merepotkan

  46. @petot
    Pada dasarnya bisa saja, tergantung usernya juga bisa tidak memanfaatkan tool-tool yang disediakan..

    @iman
    bisa di search di folder windows, mungkin bisa ditemukan. Ini akan mencari file-file installasi windows..

  47. mas lm knal seblnya dari saya..saya mo nanya msalah instal ulang windows..untuk laptop acer celeron 4310 harus instal ulang pake xp 1 ya?kalo pake xp 2 kok pas shuting down lama banget nunggu matinya?trus kalo pake xp 1/2 yang biasa ni laptop ga di baca hardisknya..trus saya pae xp 2 sata bikin dari nlite trus ke intal si mo..tp itu td masalahnya pas shutdown ga mo mati..tulisan shutingdown ja kliatan..jd lama nunggu dweh..mohon bantuannya..mungkin mas bisa nulis cara buat cd xp sata..kan beberapa laptop kayak compac dan accer ga mo di instal pake xp biasa

  48. untuk Membuat Bootable CD UBCD4Win sip mas..saya coba dulu..ini berguna kali..buat benerin komputer temen2 yang kna virus..biar ga ngistal ulang

  49. Pingback: UBCD for Windows versi 3.22 telah di Rilis « Ridwan’s Blog
  50. mas Ebta saya mau beli file UBCD4WinBuilder.iso yang sudah jadi aja dari mas ebta.Harganya berapa (+ongkos kirim)?kalo deal, tolong balas via e-mail saya (jangan lupa no.rekeningnya).
    thanks

  51. @udayana
    Iya, kalau CD installer yang biasa biasanya tidak mau, harus cari yang support SATA. Saya sendiri belum pernah membuat dengan nlite.. belum mencobanya

    @asep
    wah kalau ISO yang sudah jadi, sepertinya stidak bisa deh, nanti saya bisa di tuntut karena menyebarkan 🙂

  52. nerusin coment yg no.59 sorry nih…sy ga tau klo itu nyangkut masalah copyright.tadinya sih saya pikir daripada ngedownload file yg segede gitu mending bli yg udah jadi aja…maaf ya!!!

  53. Assalamu ‘alaikum wa rohmatullohi wa barokaatuh,
    Kang sy sdh beberapakali coba membuat Bootable CD UBCD4Win, tp gak bisa. Padahal sy sangat mengingainkannya. Apakah mas bisa bantu membuatkan Bootable CD UBCD4Win itu untu saya? Segala sesuatunya spt biaya bisa sy ganti dg transfr. Maaf sekiranya kurang berkenan. Tapi seandainya berkenan, sy haturkan banyak2 terimakasih. nanti CD-nya bisa dikirim ke alamat sy: Muhammad Abduh, Perum POIN Mas Blok F2 No.16 Depok, 16435, Wassalam, abduh

  54. @asep
    Iya tidak mengapa mas asep..

    @Muhammad Abduh
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Kalau langsung jadi file ISOnya belum bisa. Bisa dibaca tanggapan saya no 59.
    Jika gagal, coba isi CD di copy ke hardisk dan lokasi CD di ganti lokasi di hardisk tersebut..

  55. mas ebta,saya sdh bs buat UBCD u/ windows XP SP3,yg jadi pertanyaan skrg bagaimana langkah2 detail mengenai penggunaannya setelah langkah booting dirubah ke CD-ROM??
    Mohon lagi pencerahannya…
    Thx b4

  56. Yg mo beli d turuti sj Mas Ebta, itung² mnolong. Klo cuma 1-2 org gk masalh. Lagian yg bt program khan org luar, jd saya pikir bnyk amannya. Mas Ebta sdh bnyk brjasa kpd kami smua, jd saya dukung Mas Ebta dpt penghasilan tambahan dr blog ini. Maaf Bozz, klo aku menggurui
    🙂

  57. @magenta
    jika booting pertama sudah CD-ROM, maka masukkan UBCD4Win ke CD-ROM dan restart komputer.. nanti akan masuk ke sistem operasi di UBCD4Win.. seperti menggunakan windows seperti biasa..

    @Skyzofrenic
    Terimakasih masukannya..
    Untuk saat ini sepertinya masih belum bisa..

  58. Pingback: UBCD for Windows versi 3.22 telah di Rilis « Ifank’s Weblog
  59. apa fungsi folder BartPE yang terbentuk setelah kita membuat file iso menggunakan UBCDWindows

  60. @abu suhail
    folder itu kalau tidak salah berisi copy file-file windows untuk membuat file ISO. jadi jika ingin membuat lagi file ISO, tidak memerlukan CD-nya..

  61. mas saya mau tanya, beli cd windows xp professional service pack 1 dimana ya, soalnya sudah kucari.ditoko yang jual kaset cd komputer yang ada hanya win xp 1a, sp 1 yang pro nya ngak ada, apa dijual di toko yang jual komputer, sorry sebelumnya mungkin pertanyaannya kelewat katro.trims

  62. @djatmiko
    Kalau di Jogja, toko-toko komputer banyak yang menjual CD Windows XP, hanya saja belum ngecek SP berapa..
    Sebenarnya nanti bisa download Service Pack-nya secara terpisah dan gratis.. terakhir SP3

  63. assalamu’alaikum
    mas…. minta dibantu cara buat ghost xp secara detel dong, trus cara instal xp lewat bootablecd ghostnya. tolong banget….kalo bisa dikirim ke e-mail saya.
    terimakasih……….

  64. @nawawi
    wa’alaikumsalaam…
    Saya sendiri malah belum pernah menggunakan Ghost tersebut, jadi belum bisa menjelaskannya saat ini..

  65. tolong dong saya. Saya sudah mengikuti petunjuk yang ada untuk buat bott Cd (UBCD4win). tapi pas saya gunakan hanya sampai pada layar pembuka windows setelah itu mucul ……….. the image wow32.dll is possibly corrupt. terima kasih bantuannya

  66. @Denny
    Kemungkinan error ketika membaca CD, coba isi CD di copy ke hardisk terlebih dahulu..

  67. Mas. saya sudah coba seperti yang mas saranakan tetapi tetap, setelah layar pembuka windows muncul “Stop:- C0000221 {Bad image checksum} The image wow32.dll is possibly corrupt, the header checksum does not match the computed checksum”. Kenapa ya, dibantu dong mas.

  68. @Denny
    bisa jadi memang file tersebut rusak, jadi dicari fiel tersebut dari tempat lain atau coba cari CD windows yg lain

  69. Assalamualkm mas Ebta
    bagaimana cara membuat bootable CD APA SAJA, pake software apa? misalkan begini saya mempunyai cd miniPE saya copy ke hardidsk kemudian isi CD itu saya edit dan saya simpan, terus setelah diburnig kan gak bisa bootable lagi, gimana caranya supaya cd tsb bisa bootable lagi seperti cd yang aslinya,apakah ada file khusus waktu yang ditambahkan waktu memburning atau pake program apa?
    saya juga mempunyai file-file hirenbootcd tapi gak bisa bootable soalnya dulu file isonya gak langsung saya burn ke cd, gimana caranya memubuat bootable CDnya, apakah ada file khusus waktu yang ditambahkan waktu memburning atau pake program apa?
    Wassalmualaikum mas yang pinter

  70. @biasa saja
    wa’alaikumsalaam
    saya sendiri belum berpengalaman membuat file bootable sendri, jadi belum bisa banyak membantu.. mungkin harus banyak membaca tutorial di Bart PE sendiri..

  71. kalo pake UBCD 4.10 yang sudah berbentuk file iso bisa nggak? cara menambah program yang ada di UBCD 4.10 yang sudah berupa file ISO gimana? terima kasih. tolong kalo bisa kirim ke emailku ya. sekali lagi terima kasih.

  72. mas, saya dah download UBCD4WINV322.EXE kurang lebih 256.03Mb, tapi setelah selesai di instal (mengikuti panduan) tapi gak bisa jalan.
    UBCD4Winbuilder.exe not found….aku cari di file program gak ada.
    apakah file hasil download gak lengkap ? saya download pake DAP dan sukses.
    so ak butuh banget nech mas, bantuin dunk…..
    thanks ya…

  73. mas kalo untuk mengambil file iso yang mau di burning ke cd
    file yang mana yach

  74. mas.. tlong kluarin artikel yg bahs soal cara2 penggunaan internt download manager.. thankx b4

  75. Mas, udah donlod UBCDnya neh, n mau build. Tapi saya pengen masukin antivirus selaen yg udah ada di plugin UBCD, kira2 gimana ya caranya?saya pengen masukin NOD32, trojan remover, KIS 7.0, anti trojan elite. n laen2x.
    Darurat neh mas..kompie temen lagi kena wabah…oia tutorial penggunaan tools UBCD bisa di baca dimana neh mas??
    Trims banyak mas

  76. @zaxi
    jika sudah download UBCD4WINV322.EXE ~256Mb, harusnya ada disana. Setelah di install maka akan dihasilkan file UBCD4Winbuilder.exe

    @iwan
    nanti ada file namanya UBCD4WinBuilder.iso yang besarnya sekitar 700 MB..

    @Abie
    Iya, Semoga bisa dan tidak hanya IDM

    @eko
    di website UBCD4win.com atau di bartPE-nya mungkin

  77. yg ini gimana mas?
    “Tapi saya pengen masukin antivirus selaen yg udah ada di plugin UBCD, kira2 gimana ya caranya?saya pengen masukin NOD32, trojan remover, KIS 7.0, anti trojan elite. n laen2x.”

  78. @eko
    silahkan dipelajari BartPE, disana dijelaskan cara memasukkan program lain. atau di situr UBCD4Win juda ada sepertinya

  79. kalo aku pake bart PE buat bkin boot cd, trus aku sertakan anti virus portable kaya pcmav and ansav trus di bakar di cd rw biar klo ada updtan anti virus tadi bisa bikin lagi tanpa harus ganti cd,kendla waktu scan anti virus tersebut biasanya ga mo jalan kalo lgsung diklik di direktori cdnya so kopi dulu ke hdd,baru klik di sana, bikin boot cd ini menurtku lmyan gmpang, everybdy pastlah bisa ….

  80. @sandy
    makasih mas tipsnya,sy kemarin baru bakar UBCD4WIN pk cd R trus stl sy coba isi2nya koq ada yg bs update (spybot,avast,dsb) trus sy bertanya2 gmn klo pk cd RW apa bs bwt diupdate krn klo CD-R sekali bakar udh ndk bisa ditambahi lg,ternyata mas sandy udh menjawab pertanyaan sy td yg belum sempat sy tanyakan di sini…makasih mas Sandy n mas Ebta

  81. mas ,
    teman saya punya cd edubuntu bootable , trus saya kopi ke laptop saya, trus saya burn in pake nero 7 pake mode yang CD-ROM(boot) , pas restart laptop dan boot dari cd , bisa boot, tapi malah masuk ke DOS gitu, dia ngebaca-baca apa gitu, ujung2x nya jadi gini
    [DR-DOS]A/:>
    kok bisa begitu mas ?
    edubuntu nya malah gak ke loading,
    tolong jawab mas,ato kirim ke email ato blog saya , thx !

  82. @Yosua Marthin
    Hmm.. saya juga kurang tahu jika seperti itu.. harusnya langsung booting ke linuxnya…

  83. asalamualaikum wr wb
    MAS,
    apa UBCD4Win bisa untuk membuat bootable win98?
    dan gimana caranya….

    terima kasih sbelumnya
    wassalam

  84. kalo untuk membuat win 98 boot .iso pake program apa mas? atau program yang bisa membuat bootable cd itu apa, khususnya buat win 98 bootcd,soalnya saya punya cd win 98 tapi g bisa buat boot, harus pake disket.
    terima kasih……..

  85. mas,setelah dicoba komputer gak bisa loading ke ubcd4win, langsung restart,saya udah coba ke beberapa PC hasilnya sama.kira2 dmn masalahnya ya?
    thanx a lotttt

  86. @tiann
    apakah ketika membuat file ISO tidak ada masalah ?
    Bisa jadi juga saat burning ke CD, ada yang bermasalah. Saya juga pernah gagal membuat Bootable CD-nya, setelah saya ulang membuat file ISO-nya bisa berhasil..

  87. Terima kasih ya mas atas infonya berguna banget nih buat saya,
    sekarang saya sudah bisa membuat “CD BOOTABLE”
    sekali lagi terima kasih banyak. 🙂

  88. Terima kasih atas ilmunya, dan akan saya coba nih membuat bootable cd

  89. mas Mas ebta . saya sudah coba seperti yang mas pratikan sampai no 6 pas saya telah mmbuat file iso bagian no3 saya klik buildnya yang mas pratikan kok muncul tulisan invalid source path (cannot find file:E:i386setupldr.bin)saya tdk mengerti apa maksud tulisan ini.saya mau burn menggunakan CD RW bisa gak mas please/help bantuannya,mas kirimi emailqnya?

  90. iya mas,problem sy sm sprti yg dialami “hadis”???,pls help me,thx…

  91. @hadis @nayla
    coba copy-kan file tersebut dari cd master windows ( di cd tempatnya juga di folder tersebut Drive-CD:I386 )
    Atau apakah drive E: itu CD-ROMnya ?

  92. mas ebta saya tdk ada cd master windowsnya klu diinternet adakah?kasih tahu tempat downloadnya mas .terus yg drive E:/nya itu CD-ROM/DVD-RW .THANX MAU MNJWB

  93. @hadis
    harus cari cd master windowsnya dulu, kalau di internet resminya tidak ada, kecuali di situs-situs underground, P2P, rapidshare (mungkin) dll

  94. Assalamu’alaikum.
    Mas Eb, setelah sy coba bikin file iso UBCD4Win ternyata ada beberapa file (nircmd.exe, passwordspro.exe dan keyfinder.exe) yg diberi peringatan oleh Avira Antivir. Apakah file-file tadi mengandung semacam virus, trojan atau sejenisnya? Mohon pencerahannya Mas. Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum.

  95. @Muhrofa
    iya, avira dimatikan dulu sebaiknya…
    itu memang file yang bisa disalahgunakan orang, sehingga dianggap yg perlu diperhatikan oleh avira.. tapi itu bukan virus..

  96. Assalamu’alaikum.
    Mas, aq dah brhasil bikin CD bootnya bahkan juga dah bisa coba boot pake UFD. Makasih. Cuma aq mau coba juga boot pake harddisk. Kira2 bisa nggak Mas DUAL BOOT (Windows & UBCD4Win) di 1 harddisk yg dibagi 2 partisi? Caranya gimana Mas? Terima kasih banyak petunjuknya.
    Wassalamu’alaikum.

  97. Salam kenal Mas dari saya,
    Ngomong2 sy jg pengin tau software apa yg bisa buat partisi flashdisk tp masih tetap sebagai removable tidak berubah jadi local disk. Soalnya saya lihat di flash semacam merk Nexus itu kok bisa. Terima kasih Mas jawabannya smoga forum ini jaya selalu. Maju terus…..

  98. @Muhrofa
    wa’alaikumsalaam
    kalau di hardisk, install 2 windows saja, tidak perlu dengan UBCD4Win. Karena satu komputer bisa di install 2 WIndows ( di drive yang berbeda )

    @Fbank
    Sampai sekarang saya juga belum tahu apakah memang FD bisa dipartisi. KEcuali mungkin FD khusus…

  99. salam kenal dari saya
    mas tolong bantuanya karena ditempat saya internetnya lambat untuk download UBCDWIN saya Pingin Cd installernya saya beli lewat mas ebta aja bagaimana caranya No telp saya 02132589654
    atau lewat Email azuar_iwan@yahoo.co.id
    Thanks

  100. @azuar
    untuk saat ini saya belum bisa menyanggupi pengiriman CD, tetapi rencananya nanti jika sudah siap akan berusaha menyediakan jasa seperti itu…
    semoga bisa terealisasi secepatnya..

  101. terima kasih mas ebta
    tetapi saya sudah dapat dari mas anton saya ucapkan terima kasih banyak pada mas anton ,semoga ini bermaafat bagi saya dan semaga semoga forum ini jaya selalu

  102. Mas, ini mungkin agak menyimpang dari topik. Tapi sy memang butuh banget. Mas Ebta bisa bantu kasih tahu cara bikin FD bootable untuk install Windows ke notebook/PC yg ngak ada optical drivenya. Soalnya sy dah surfing bbrp situs blog negeri/asing dan mencobanya tp masih blum brhasil. Terima kasih bantuannya. Smoga blog ini tetep eksis.

  103. @azuar
    Iya sama-sama, syukur kalau begitu

    @Fbank
    Sebenarnya ingin membahas itu, tetapi setelah mencari di google sudah banyak yang membahas, termasuk blog-blog Indonesia..
    Atau jika memang banyak yang belum dipahami, semoga saya bisa juga menulis artikel seperti itu atau alternatif cara yang bisa digunakan

  104. Betul Mas dah banyak yg bahas. Cuma setelah aku ikuti petunjuknya terus coba booting & install windows via FD trnyata masih saja ada pesan “file hal.dll tidak ditemukan” terus juga minta file seprti “kbdbhc.dll, kbdiultn.dll, kbdnepr.dll, kbdpas.dll, xpnetdg.exe, xpnetdg.xsl” padahal setelah searching di CD Windowsnya kok file-file itu nggak saya temukan. Apa ada yg salah Mas. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

  105. mas,kemarin saya instal hide folder untuk nembunyikan data.dan berhasil.setelah beberapa hari, ketika say mau buka file yg di hidden tsb, saya lupa password.gimana cara mengetagui passwornya mas..tks

  106. mas,saya sudah lakukan perintah di atas tp , kc sya kesulitan cari file isonya ya mas..
    di mna ya letak file iso nya? thx sblumnya!!!

  107. @joy
    Jika sudah jadi, seharusnya ada di folder UBCD4Win..
    coba dicek ukuran foldernya, jika sudah lebih dar 1 GB seharusnya ada.. jika belum, mungkin belum di buid ( crease ISO CD)..

  108. ok om ternyata cma windowsku aj kc yg rsak,
    tp stlh q cba d kompter lain ,, bsa brjalan dngn lancar…..
    makasih ya omm.. mga2 jadi amal baik om d akhrat nanti, amiiiiiiiiiiin.

  109. Pingback: TEKHNISI KOMPUTER » Blog Archive » Hack Password Windows 7,Vista,XP,Ubuntu atau Fedora
  110. mas, sy sdh berhasil buatnya, n udah bisa dijalankan, tp pas nyoba..agak bingung mas, kn banyak tuh menunya yg didalam…ada launch ubcdwin builder….ada freedos, dll..

    nh tu fungsinya masing2 tuk apa ya mas??

  111. @toni
    Iya memang banyak, tetapi yang paling mudah langsung pilih UBCD4Win saja…
    yang lainnya bisa melihat di websitenya ubcd4win

  112. mas, sy sudah nyoba ubcd4win nya..tapi kok hasilnya tetap sma aja ya mas?komputer teman saya tu windowsnya ada beberapa yg error…dan sy pake ubcd ni tp kok tetap sama aja ya..pada saat sebelum n sesudah memakainya..

    terus mas, klo mw mengahpus virus lewat ubcd ni pilih yg mana ya??

    satu lagi mas, mw tanya tentang blue screen…
    temen saya laptopnya parah banegt errornya..dan pas saya repair malah tampil blue screen gt..

    tu kira2 kenapa ya mas??

  113. Mas..ini bootable buat supaya instalnya g usah di NEXt bukan,???. saya lagi nyari yang boot supaya Windows sama Driver Motherboardnya langsung instal sendiri,dalam 1 cd/dvd. ada g mass…??? maklum newbiee

  114. Trimakasih banyak infonya… mudah2an bermanfaat…. 😀

  115. aslmlkm..wr..wb
    mas..klo bikin boot table nya di window vista bisa gak yac?

  116. thx’s sooooo much …. bro

    may it’s too late,,,but…it’s help so much for me …

  117. Assalamu’alaikum.
    Numpang tanya ni mas, sy baru2 ni dload win xpsp2 di web microsoft yg brukuran 270 mb. Bs djadiin boot gak ya mas?

  118. Wahh…aku sangat menyukai forum ini…makasih bosss… eb mank top markotop

  119. wah artikelnya lengkap euy..:)
    saya jadi tahu tentang file ISO dan ternyata memburning langsung file iso itu melanggar hak cipta ya ?

Comments are closed.