16 August 2008 - ebta

Cara Membuat Bootable CD UBCD4Win

UBCD for Windows

Salah satu bootable CD yang sangat bermanfaat adalah UBCD4Win (UBCD/Ultimate Boot CD for Windows), karena dengan bootable CD ini kita gunakan untuk memperbaiki berbagai permasalahan dengan komputer, mulai dari recovery data, sistem operasi sampai membasmi virus. Tetapi mungkin sebagian masih kesulitan bagaimana cara membuat Bootable CD-nya.

UBCD4Win tidak menyediakan download file ISO yang langsung bisa di burning ke CD, tetapi hanya installer-nya dan kita yang membuat sendiri. Hal itu karena file ISO tersebut berisi file-file sistem Windows XP, dan ini akan dianggap melanggar hak cipta Microsoft. Oleh karena itu untuk membuatnya harus dilakukan oleh pemilik CD Windows XP sendiri. Berikut langkah-langkah pembuatan Bootable CD ini

Sebelumnya, download installer terbaru untuk membuat Bootable CD ini dari situs UBCD4Win. Ukurannya cukup besar (sekitar 245 MB), sehingga pastikan download dengan download manager. Setelah selesai download, maka jalankan file tersebut. Disini saya menggunakan UBCD4Win versi 3.20 (UBCD4WinV320.exe). Selanjutnya ikuti langkah-langkah Installasi UBCD4Win berikut :

  1. Jalankan (install) file UBCD4WinV320.exe
  2. Akan tampil window verifikasi hash file (MD5). Jika komputer terkoneksi ke Internet, bisa dipilih Yes, jika tidak klik saja No
  3. Selanjutnya jika verifikasi sukses, proses installasi akan berlangsung, tunggu sampai selesai
  4. Setelah selesai, akan tampil “Integrity Check for UBCD4Win” klik OK
  5. Klik Next di windows “Information”, selanjutnya akan mengecek apakah ada file patch (perbaikan di versi ini), jika ingin (punye koneksi internet) klik saja Yes. Atau bisa saja diabaikan dengan klik No
  6. Maka akan proses installasi UBCD4Win selesai, selanjutnya bisa langsung dijalankan UBCD4WinBuilder, yang selanjutnya akan digunakan untuk membuat file ISO image.

Membuat file ISO Image

File ISO merupakan file yang nantinya bisa langsung di burning ke CD, dan menghasilkan bootable CD. Setelah UBCD4WinBuilder dijalankan maka ikuti langkah berikut

  1. Ketika dijalankan pertama kali akan tampil window Lisensi. Klik saja “I Agree”
  2. selanjutnya akan muncul window “Search for Windows Installation files”. Klik saja No
  3. Di Window UBCD4Win PE builder, isi atau cari path CD/DVD-ROM yang berisi CD Windows XP
  4. Kemudian klik Build atau pilih menu Builder > Build (F7), tunggu proses installasi (mengambil file-file system dari CD Windows XP sampai selesai)
  5. Setelah selesai, pilih menu Builder > Build ISO/CD(F5), tunggu sampai selesai
  6. Akan dihasilkan file UBCD4WinBuilder.iso, yang kemudian bisa di burning ke CD

Mungkin akan ditampilkan beberapa error, ketika sebelumnya saya membuat file ISO dengan UBCD4Win versi 3.13 tampil 3 error, tetapi setelah hasilnya saya burning, bisa saja berjalan. di versi ini muncul 2 error, yang menampilkan pesan bahwa 2 file windows tidak ada. Mungkin hal seperti ini karena perbedaan versi windows. Abaikan saja jika muncul error, asalkan file ISO berhasil dibuat, maka selanjutnya bisa di test di CD.

Bagaimana mem-Burning file ISO

Untuk mem-burning file ISO, maka bisa digunakan fasilitas Burn Image (jika menggunakan aplikasi seperti Nero) atau untuk lebih mudahnya gunakan salah satu software kecil, portable dan gratis berikut :

Ketika burning file ISO, lebih baik menggunakan kecepatan yang paling rendah, misalnya 1X atau 2X untuk lebih menjamin keberhasilan membuat Bootable CD (http://ebsoft.web.id)

Antivirus / Software / Tips & Tricks bootable / Bootable CD / UBCD / UBCD4Win /

Comments

  • • Rizky N• says:

    Terima kasih ya mas atas infonya berguna banget nih buat saya,
    sekarang saya sudah bisa membuat “CD BOOTABLE”
    sekali lagi terima kasih banyak. :)

  • siswo says:

    Terima kasih atas ilmunya, dan akan saya coba nih membuat bootable cd

  • hadis says:

    mas Mas ebta . saya sudah coba seperti yang mas pratikan sampai no 6 pas saya telah mmbuat file iso bagian no3 saya klik buildnya yang mas pratikan kok muncul tulisan invalid source path (cannot find file:E:\i386\setupldr.bin)saya tdk mengerti apa maksud tulisan ini.saya mau burn menggunakan CD RW bisa gak mas please/help bantuannya,mas kirimi emailqnya?

  • nayla says:

    iya mas,problem sy sm sprti yg dialami “hadis”???,pls help me,thx…

  • ebta says:

    @hadis @nayla
    coba copy-kan file tersebut dari cd master windows ( di cd tempatnya juga di folder tersebut Drive-CD:\I386 )
    Atau apakah drive E:\ itu CD-ROMnya ?

  • hadis says:

    mas ebta saya tdk ada cd master windowsnya klu diinternet adakah?kasih tahu tempat downloadnya mas .terus yg drive E:/nya itu CD-ROM/DVD-RW .THANX MAU MNJWB

  • ebta says:

    @hadis
    harus cari cd master windowsnya dulu, kalau di internet resminya tidak ada, kecuali di situs-situs underground, P2P, rapidshare (mungkin) dll

  • Muhrofa says:

    Assalamu’alaikum.
    Mas Eb, setelah sy coba bikin file iso UBCD4Win ternyata ada beberapa file (nircmd.exe, passwordspro.exe dan keyfinder.exe) yg diberi peringatan oleh Avira Antivir. Apakah file-file tadi mengandung semacam virus, trojan atau sejenisnya? Mohon pencerahannya Mas. Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum.

  • ebta says:

    @Muhrofa
    iya, avira dimatikan dulu sebaiknya…
    itu memang file yang bisa disalahgunakan orang, sehingga dianggap yg perlu diperhatikan oleh avira.. tapi itu bukan virus..

  • Muhrofa says:

    Assalamu’alaikum.
    Mas, aq dah brhasil bikin CD bootnya bahkan juga dah bisa coba boot pake UFD. Makasih. Cuma aq mau coba juga boot pake harddisk. Kira2 bisa nggak Mas DUAL BOOT (Windows & UBCD4Win) di 1 harddisk yg dibagi 2 partisi? Caranya gimana Mas? Terima kasih banyak petunjuknya.
    Wassalamu’alaikum.

  • Fbank says:

    Salam kenal Mas dari saya,
    Ngomong2 sy jg pengin tau software apa yg bisa buat partisi flashdisk tp masih tetap sebagai removable tidak berubah jadi local disk. Soalnya saya lihat di flash semacam merk Nexus itu kok bisa. Terima kasih Mas jawabannya smoga forum ini jaya selalu. Maju terus…..

  • ebta says:

    @Muhrofa
    wa’alaikumsalaam
    kalau di hardisk, install 2 windows saja, tidak perlu dengan UBCD4Win. Karena satu komputer bisa di install 2 WIndows ( di drive yang berbeda )

    @Fbank
    Sampai sekarang saya juga belum tahu apakah memang FD bisa dipartisi. KEcuali mungkin FD khusus…

  • azuar says:

    salam kenal dari saya
    mas tolong bantuanya karena ditempat saya internetnya lambat untuk download UBCDWIN saya Pingin Cd installernya saya beli lewat mas ebta aja bagaimana caranya No telp saya 02132589654
    atau lewat Email azuar_iwan@yahoo.co.id
    Thanks

  • ebta says:

    @azuar
    untuk saat ini saya belum bisa menyanggupi pengiriman CD, tetapi rencananya nanti jika sudah siap akan berusaha menyediakan jasa seperti itu…
    semoga bisa terealisasi secepatnya..

  • azuar says:

    terima kasih mas ebta
    tetapi saya sudah dapat dari mas anton saya ucapkan terima kasih banyak pada mas anton ,semoga ini bermaafat bagi saya dan semaga semoga forum ini jaya selalu

  • Fbank says:

    Mas, ini mungkin agak menyimpang dari topik. Tapi sy memang butuh banget. Mas Ebta bisa bantu kasih tahu cara bikin FD bootable untuk install Windows ke notebook/PC yg ngak ada optical drivenya. Soalnya sy dah surfing bbrp situs blog negeri/asing dan mencobanya tp masih blum brhasil. Terima kasih bantuannya. Smoga blog ini tetep eksis.

  • ebta says:

    @azuar
    Iya sama-sama, syukur kalau begitu

    @Fbank
    Sebenarnya ingin membahas itu, tetapi setelah mencari di google sudah banyak yang membahas, termasuk blog-blog Indonesia..
    Atau jika memang banyak yang belum dipahami, semoga saya bisa juga menulis artikel seperti itu atau alternatif cara yang bisa digunakan

  • Fbank says:

    Betul Mas dah banyak yg bahas. Cuma setelah aku ikuti petunjuknya terus coba booting & install windows via FD trnyata masih saja ada pesan “file hal.dll tidak ditemukan” terus juga minta file seprti “kbdbhc.dll, kbdiultn.dll, kbdnepr.dll, kbdpas.dll, xpnetdg.exe, xpnetdg.xsl” padahal setelah searching di CD Windowsnya kok file-file itu nggak saya temukan. Apa ada yg salah Mas. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

  • mmorpan says:

    mas,kemarin saya instal hide folder untuk nembunyikan data.dan berhasil.setelah beberapa hari, ketika say mau buka file yg di hidden tsb, saya lupa password.gimana cara mengetagui passwornya mas..tks

  • ebta says:

    @Fbank
    Mengenai hal.dll bisa dibaca selengkapnya disini :
    http://www.kellys-korner-xp.com/xp_haldll_missing.htm
    Disana dijelaskan beberapa solusinya

    @mmorpan
    disana sudah dijelaskan jika lupa, maka resikonya tidak bisa dibuka. Solusinya, booting dengan Windows PE /UBCD4Win/CD Linux dan data-datanya bisa kelihatan dari sana. Baru di pindah..

  • joy says:

    mas,saya sudah lakukan perintah di atas tp , kc sya kesulitan cari file isonya ya mas..
    di mna ya letak file iso nya? thx sblumnya!!!

  • ebta says:

    @joy
    Jika sudah jadi, seharusnya ada di folder UBCD4Win..
    coba dicek ukuran foldernya, jika sudah lebih dar 1 GB seharusnya ada.. jika belum, mungkin belum di buid ( crease ISO CD)..

  • Saya coba ya tutorialnya, thanks banget

  • joy says:

    ok om ternyata cma windowsku aj kc yg rsak,
    tp stlh q cba d kompter lain ,, bsa brjalan dngn lancar…..
    makasih ya omm.. mga2 jadi amal baik om d akhrat nanti, amiiiiiiiiiiin.

  • TEKHNISI KOMPUTER » Blog Archive » Hack Password Windows 7,Vista,XP,Ubuntu atau Fedora says:

    [...] Cara Membuat Bootable CD UBCD4Win [...]

  • toni says:

    mas, sy sdh berhasil buatnya, n udah bisa dijalankan, tp pas nyoba..agak bingung mas, kn banyak tuh menunya yg didalam…ada launch ubcdwin builder….ada freedos, dll..

    nh tu fungsinya masing2 tuk apa ya mas??

  • ebta says:

    @toni
    Iya memang banyak, tetapi yang paling mudah langsung pilih UBCD4Win saja…
    yang lainnya bisa melihat di websitenya ubcd4win

  • toni says:

    mas, sy sudah nyoba ubcd4win nya..tapi kok hasilnya tetap sma aja ya mas?komputer teman saya tu windowsnya ada beberapa yg error…dan sy pake ubcd ni tp kok tetap sama aja ya..pada saat sebelum n sesudah memakainya..

    terus mas, klo mw mengahpus virus lewat ubcd ni pilih yg mana ya??

    satu lagi mas, mw tanya tentang blue screen…
    temen saya laptopnya parah banegt errornya..dan pas saya repair malah tampil blue screen gt..

    tu kira2 kenapa ya mas??

  • is says:

    Thanks bro…

  • yayang says:

    Mas..ini bootable buat supaya instalnya g usah di NEXt bukan,???. saya lagi nyari yang boot supaya Windows sama Driver Motherboardnya langsung instal sendiri,dalam 1 cd/dvd. ada g mass…??? maklum newbiee

  • Robie says:

    Trimakasih banyak infonya… mudah2an bermanfaat…. :D

  • jogol says:

    aslmlkm..wr..wb
    mas..klo bikin boot table nya di window vista bisa gak yac?

  • son go ku says:

    thx’s sooooo much …. bro

    may it’s too late,,,but…it’s help so much for me …

  • Anak rantau says:

    Assalamu’alaikum.
    Numpang tanya ni mas, sy baru2 ni dload win xpsp2 di web microsoft yg brukuran 270 mb. Bs djadiin boot gak ya mas?

  • Dwi Supriadi says:

    Wahh…aku sangat menyukai forum ini…makasih bosss… eb mank top markotop

  • dhimz says:

    makasih tutorialnya. dicoba dulu.. :)

  • echo says:

    trims sarannya akan sy coba, bantuin klo kesulitan ya !!

  • Astro says:

    thax ya om ilmunya bermanfaat bangat mas..
    luar biasa

  • mantabbb om tutor nya.,.,.thxs berat :)

  • KONDE says:

    maturnuwun…

  • winata77 says:

    wah artikelnya lengkap euy..:)
    saya jadi tahu tentang file ISO dan ternyata memburning langsung file iso itu melanggar hak cipta ya ?

  • 1 2 3