78

Cara Mudah dan Aman Mengubah Tampilan Windows XP

XP Styles

Saat ini sudah begitu banyak software yang mampu mengubah tampilan windows XP menjadi seperti Sistem Operasi baru. Tetapi terkadang installasi software tersebut beresiko, karena kadang menimbulkan masalah entah itu ketika kita update windows, setelah di-uninstall atau konflik dengan aplikasi lain.

Cara yang paling aman dan mudah adalah dengan Visual Styles bawaan Windows XP.

Visual Styles dan Themes

Terkadang ada kesalahan pemahaman antara Themes dan Visual Styles. Visual styles ini merupakan file dengan ekstensi .msstyles, yang berisi informasi bagaimana windows akan ditampilkan, seperti Toolbar skin, start button, border, button dan lainnya.

Sedangkan themes merupakan file .theme yang berisi informasi tambahan seperti icon, wallpaper, cursor dan lainnya. Didalam file themes ini juga bisa berisi informasi visual styles yang digunakan.

Contohnya bisa melihat file di directory C:WINDOWSResourcesThemes. Disana ada file Luna.theme dan juga luna.msstyles (dalam folder luna). Untuk file .theme bisa dibuka dengan Notepad atau Wordpad, dan bisa langsung di edit isinya.

Mengubah Pengaturan Visual Styles

Visual Styles windows bisa kita buka melalui : Klik kanan Desktop -> Properties -> Appearance. Dan Windows XP hanya menyediakan 3 visual styles bawaan, yaitu : Default (blue), Olive Green dan Silver.

Ijin pengaturan tampilan visual ini sebenarnya intinya terletak pada file Uxtheme.dll, yang berlokasi di C:WINDOWSsystem32. Agar kita bisa menggunakan visual styles dari luar (pihak ketiga), maka file Uxtheme.dll ini harus sedikit diubah (patch). Untuk melakukan hal itu, kita bisa menggunakan UXTheme Multi-Patcher atau UxStyle.

UXTheme Multi-Patcher

Program ini berukuran sekitar 1.1 MB dan setelah di install akan mengubah file Uxtheme.dll, sehingga kita bisa mengaktifkan dan menggunakan visual styles dari pihak ketiga. Dapat berjalan di Windows XP ( Gold/SP1/SP2/SP3) dan Windows Server 2003 ( SP1 dan SP2).

Setelah download UXTheme Multi-Patcher, buka dan jalankan file UXTheme Multi-Patcher 6.0.exe. Jika ini installasi pertama kali maka akan tampil seperti berikut :

uxtheme-multi-patcher

Klik Patch, dan akan muncul informasi versi windows. Jika cocok klik OK. Maka akan berlanjut dengan proses patch file windows, seperti tampilan berikut :

uxtheme-multi-patcher-02

Selanjutnya akan muncul Windows File Protection, dan klik cancel.

windows-file-protection

Setelah selesai, maka diperlukan restart terlebih dahulu. Selanjutnya kita bisa menggunakan berbagai visual styles dari pihak ketiga. Untuk mengembalikan Uxtheme.dll ke kondisi sebelumnya, jalankan kembali program UXTheme Multi-Patcher 6.0.exe.

Download UXtheme Multi Pathcer 6.0
http://www.softpedia.com/progDownload/UXTheme-MultiPatcher-Download-2369.html
http://www.windowsxlive.net/download/uxpatcher.zip

Menggunakan UxStyle

Berbeda dengan UXTheme Multi-Patcher yang langsung mengubah file windows Uxtheme.dll, dengan UxStyle ini akan lebih aman, karena tidak akan mengubah file Uxtheme.dll. Setelah UxStyle di install, akan ada aplikasi UnsignedThemeSvc.exe yang berjalan di background, dengan menggunakan memori sekitar 2-3 MB.

Selanjutnya kita bisa mengubah-ubah visual styles dari pihak ketiga. Ketika artikel ini ditulis UxStyle masih versi beta dan dapat berjalan di Windows XP, Vista dan Windows 7.

Download UxStyle : http://uxstyle.com

Download Berbagai Visual Styles Windows

Salah satu cara untuk mencoba apakah berhasil adalah dengan download visual styles dan langsung menjalankannya. Berikut beberapa contoh Visual Styles yang menarik (klik untuk memperbesar tampilan).

Windows Seven M1 VS 2.0
Windows-7-M1-VS-2

Sentinel Beta – 1
Sentinel-beta

Aquanox VS (Jalankan file exe didalamnya dan aktifkan melalui Display Properties)
aquanox

Royale Vista VS
royale-vista

Royal Inspirat special Edition
royal-inspirat

Luna Inspirat
luna-inspirat

Xbox XtremeXP
Xbox-XtremeXP

Crystalline
Crystalline

Untuk download berbagai tampilan lainnya silahkan melihat-lihat di deviantart, ThemeXP, joejoe.org forum juga neowin forum.

Setelah di download, extract (buka) file yang ada didalam file zip/rar kemudian cari dan langsung jalankan file dengan ekstensi .theme atau cari file dengan ekstensi .msstyles dan double klik, maka akan langsung tampil Display Properties dengan screenshot tampilan barunya serta beberapa pengaturan lainnya.

Jika ingin semua visual styles tampil di menu Windows and buttons diatas, letakkan file tersebut dan folder didalamnya ke folder C:WINDOWSResourcesThemes, dengan aturan sebagai berikut :

  • file .themes harus diletakkan di directory/folder Themes ( C:WINDOWSResourcesThemes)
  • File .msstyles harus letakkan di sub directory. Misalnya nama visual style adalah VistaGlass, maka lokasi file .msstyles filetakkan di directory C:WINDOWSResourcesThemesVistaGlass
  • Jika disertakan file shellstyle.dll, maka diletakkan di subfolder C:WINDOWSResourcesThemesNama_themesshell
  • Penamaannya file dan foldernya adalah case sensitive ( dibedakan huruf kecil dan besarnya).

Tetapi cara yang paling mudah adalah dengan mencari file .msstyles dan langsung double klik (ebsoft)

Referensi
http://lifehacker.com/5056544/how-to-use-custom-windows-visual-styles
http://lifehacker.com/5299484/uxstyle-allows-custom-windows-themes-without-patching

78 Comments

  1. Wah… ilmu yg sangat bermanfaat nih…

    Btw skalian mw tny nih mas ebta, kalo theme xp bentuknya seperti layout Apple/Mac OS apa bisa pakai cara di atas?
    Ada rekomendasi link download?

    *jawaban ditunggu* 🙂

  2. Nice info
    Btw, aman beneran ni mas? Jadi ingat laptop temen yang jadi gak mau booting ke windows xp gara-gara install vista-thwmw.
    Dicoba dulu ah..

  3. Tetapi cara yang paling mudah adalah dengan mencari file .msstyles dan langsung double klik (ebsoft)

    Maksudnya mas???

  4. kalo pake visual stylenya tune up apa juga ga aman mas??

  5. Info yang bagus, saya pake bricopack vista inspirat karena tak menggunakan UXTheme Multi-Patcher.
    Kalo pake UXTheme Multi-Patcher bisa merusak windowsnya.
    Jangan lupa bertamu ke blogku Klik Disini

  6. Saya jarang ganti theme paling sering ya ganti walpaper….
    tapi patut dicoba nih…tunggu review yg udah make deh….

  7. @himawanz: Windows Vista asli atau VSP / VTP ?
    @ardi: cukup double-klik ‘nama_file’.msstyles
    @andy: tidak ada masalah kok kalau menggunakan UXTheme Multi Patcher.

  8. Tapi gak membikin komputer jadi dedel(eror) kan?

  9. wah.. info bagus.. bos ane dah nyoba 7tp (7 transformarmation pack), tapi ane bingung yang pake integrated with setup file…

  10. Info yg bagus mas Ebta.
    Untuk Share aja buat referensi. Saya udah hampir 1,5 tahun pake XP to Vista transform dari CrystalXP (Bricko Pack V2.1) dan tidak pernah ada kendala yg muncul, karena saya mengikuti instruksi install dari empunya software, termasuk cara menjaga OS Vista-vista_an ini supaya jalan bagus setiap saat. Paket Bricko Pack v2.1 ini cukup mudah dipahami bahkan oleh pemakai komputer awam sekalipun. 🙂

    Untuk XP ke Windows 7, saya masih belum puas dengan hasil yg diperoleh dari pemasangan Seven Transformation Pack v1.0 dari WindowsX, karena bug atau error yg ada cukup mengganggu. Mungkin cara install secara manual step by step perlu saya coba, baru dikomentari.. 🙁

  11. Untuk tampilan Mac OS coba FlaykitOS, googling aje ye
    Met ultah Jakarte 🙂

  12. good good good bwt yg msh setia pake Xp ya modif aja sendiri dengan tips di atas dengan berbagai theme style yg sesuai selera,oya bwt yg pngn modif xp to seven kecini aja http://www.askvg.com, trims mas ebta info… 🙂

  13. Assalamualaikum Warohmatullah wabarokatuh,mantab niy mas,bsa ngece temen yg pake tampilan Mac OS 😀

  14. kalo ganti2 style dan themes pengaruh gak ma speed pcnya, tapi keren juga nih themesnya thanks ya mas ebta

  15. mas mau tanya, jika kita mengubah tampilan Windows memakai UxStyle apakah mempengaruhi kinerja windows (jadi lebih lambat)? thanks

  16. Klo dah gnti. . ,, bsa kmbali ke keadaan semula gG . . ?
    Caranya gmna. ?
    Terima kasihh. .

  17. @Syahuri
    Kalau hanya skinnya ( border) saja bisa, tetapi jika dengan icon yang mirip seperti itu harus menggunakan transformation pack, tambahan program seperti ObjectDock, RocketDock dll

    @himawanz
    Ya, insyaAllah jauh lebih aman daripada mengubah dengan install transformation pack..

    @ardi
    dengan mencari file .mssstyles, kemudian klik dua kali

    @kaiser
    saya belum pernah menggunakan software itu..

    @Andy
    sebenarnya tidak merusak windows, karena hanya satu file uxtheme.dll yang diubah (patched). Jika ada masalah bisa di kembalikan lagi

    @Happy people
    Tidak, karena ini sama saja seperti kita menggunakan themes XP yang bawaaan setelah install baru itu (yang Biru khas XP) ..

    @Andi
    Sudah saya kirim.. juga jawabannya

    @fahri
    Kalau itu harus di install dan pastikan membaca readme (ketentuannya) dengan baik..

    @Quro@75
    Iya asal paham dengan ketentuan/aturan yang disertakan saja..

    @Alveen
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh..
    Dilarang saling “mengece” sesama pengguna OS 🙂

    @noershani (25)
    seharusnya tidak masalah jika dengan visual styles. Kecuali ada bug dengan setting visual styles-nya. Tapi jika gagal bisa selalu dikembalikan ke keadaan semula

    @aditya
    setahu saya hanya penggunaan memori 2-3 MB itu saja. Setelah themes berubah, maka tidak akan berpengaruh lagi
    Tapi perlu diingat program ini masih versi beta, belum final. Jadi mungkin masih ada bug..

    @Amattt
    Mudah saja, seperti kita ganti themes XP. Klik kanan desktop pilih Properties dan di bagian (tab) Appearance, pilih Windows XP Style

  18. Mas plugins apa bisa menampilkan warna berbeda saat admin berkomentar. Kan kalo situ warnanya hijau.
    Dan plugins email saya jika ada tanggapan dikomentar ini.

  19. mas,,komputer (PC)dirumahku,,,mau coba linux dengan memakai CD LIVE (centos) dengan first booting dari cd rom..tapi kenapa monitor ku ga bisa menampilkan linux nya,,keluar peringatan OVER FREQUENCY,,tapi klo ganti monitor bisa tampil,kenapa yah,,monitorku GTC 15 inc

  20. web mas ebta ok buangets, o y mas boleh ndak gw kenalan ma mas ebta. gw ingin belajar banyak dari mas ebta. boleh ? klo boleh minta emailx donk mas.

  21. wah.. jadi mau coba nih Mengubah Tampilan Windows XP, makasih mas atas infonya 😀

  22. berharap, tampilan komputerku sekarang ngga jadul kagi … 😀
    makasih ya mas …

  23. waduh bagus banget deh, bosan dengan warna yang disediakan sama Windows. Dengan adanya program ini jadi lebih enak dipandang PC saya. Sukses dan Jaya selalu untuk Ebsoft

  24. Kalo mau pake aja sphere xp buat desktop jadi 3d
    kita bisa memutar walppaper
    jadi kayak luar angkasa dll.
    bagus cari aja di google

  25. Mas skalian tny,aq mw tny nih..sy lg ngnstal xp sp2, sebelumnya 1st boot udh DVD/CD room 2nd boot hdd.setelah djalankan udah ada pres any key to boot from cd,tp stelah ada booting from cd kok langsung masuk ke windows,alias ga mw ngnstal,stlah di reset 1st boot mjd hdd trus sy ubah lg ke dvd,tp selanjtnya ga mw ngnstal..ky gt terus..kira2 masalahnya dmana ya? Mohon pencerahannya.thx

  26. thx atas infonya bos,…langsung praktek nih,…

  27. sohib aku bisa minta driver motherboard untuk laptop Toshiba Tecra M-3 khusus untuk audio sama ethernet controlloer, tolong dong tolong ya sebelum nya saya ucapkan terimakasih

  28. download di deviantart kok bingung y???? yg di klik yang apa???
    thnx bgt…

  29. Cara downloadnya gmn?
    ko pake rapidshare yg free user malah bolak balik
    ada yang mo ngasih caranya ga ?
    thak

  30. Hi mas Ebta,
    Mas saya kan dah ikuti semua petunjuk yang mas kasih, tapi kenapa yach tiap kali saya restart komp tampilan themanya berubah ke semula dengan taskbar classicnya,, mohon penjelasannya,,??
    Terima kasih.

  31. ADE..mungkin PC lu ada deepfreezenya.. jd tiap x u rubah tampilan n setting abs restart pasti kembali lagi ke semula d0nk.. di unfreeze dulu d0nk baru di ubah tampilanya..

  32. saya mo tanya…
    knp add/remove program windows saya tidak mo muncul setelah menginstall UxStyle?????
    mohon jwbnnya?????

  33. gw seneng banget sama nih situs memberikan banyak informasi berguna..

  34. mas ada pengaruhnya gak ya klo windows xp pakai tampilan vista ke koneksinya soalnya sekarang ini kok agak lambat aku pakai wimode tlg bantuin dong ?

  35. untuk UXstyle setelah saya donlot mana yg dipakai karena ada 2 aplikasi dalam zip nya…apakah kedua2 nya di install

  36. mas gak support ma xp 32 bit ya???

    kq yg da cuma 64 ma 86 yah???

    aq pake 32 bit jd gak berfungsi mas…

  37. mas themes yang sya download di Themesxp kedetec virus ma kaspersky saya..langsung dihapus….gimana tu mas???

  38. da ga yg bs bnt………………………..?
    bla kompie tba2 mti pa yg hrs diprbki lbh dlu……….

    plc donk

  39. Thank’s….

    aku jelajah sana sini g ketemu, eh…ketemunya di sini….. ternyata masalahnya ada di UXTheme Multi-Patcher 6.0…..
    baru semuanya lancar….

    salam sukses brow….

  40. apa kalau kita pakai patch sperti ini tidak ada trojannya bos?

    peluang bisnis online di Indonesia

  41. mas ebta permisi nie saya numpang nambah”in…!!
    saya uda pake cara” di atas tapi Tetep kekeh g isa napa ya…???
    tapi pas saya coba buka” Tune Up Utilities 2008 saya..!(maklum jadul..!)
    saya ad program tue up styler, nah saya coba pake itu ternyata bisa dan lebih mudah…!!!
    gimana tanggapaya ya…!!!

  42. mas kalo saya coba tutorial di atas menggunakan laptop TOSHIBA bisa ngk y ?

  43. mengubah tampilan windows xp dengan install2 software ini itu adalah jalan pikiran yang sudah kuno dan ketinggalan jaman. . . kalo masih pake visual style sih masih mending. . .

Comments are closed.