27

Download AVG Antivirus Free 2013 Offline Installer

Sekitar sebulan yang lalu, AVG merilis salah satu antivirus gratis terbaru, AVG Antivirus Free 2013. Antivirus yang pernah menjadi antivirus populer ini hadir dengan beberapa fitur, peningkatan performa dan tampilan baru dibanding versi sebelumnya AVG Antivirus Free 2012 termasuk dukungan untuk Windows 8.

AVG sampai saat ini masih merupakan salah satu antivirus yang cukup populer, disamping Avira dan Avast Free Antivirus. Di versi 2013 ini pengguna akan disajikan dengan tampilan baru, serta peningkatan fitur keamanan yang belum ada di versi sebelumnya.

Ketika menjalankan AVG Free Antivirus 2013, sebagian kita mungkin tidak akan asing dengan tampilan Windows 8 (Metro). Beberapa menu ditampilkan secara jelas, mengadopsi tampilan windows 8 yang memang terlihat lebih “soft” dan sederhana. Tetapi dibalik itu versi 2013 ini ada beberapa perubahan, peningkatan/perbaikan, diantaranya:

  1. Penggunaan memory/proses berjalan yang dikurangi dibanding versi 2012
  2. Deteksi keamanan yang lebih baik
  3. File Reputation, layanan berbasis cloud technology untuk meningkatkan kemampuan deteksi antivirus
  4. Notifikasi yang lebih banyak, meskipun disisi ini mungkin banyak pengguna yang kurang nyaman. Sehingga notifikasi bisa dinonaktifkan melalui menu Options > Advanced Settings. Termasuk notifikasi waktu booting

Di AVG Antivirus 2013, kita dapat menonaktifkan beberapa fitur atau modul keamanan yang tidak penting ketika melakukan installasi, sehingga tidak akan di install dengan komponen utama antivirus. Seperti misalnya AVG Gadget, personal e-mail scanner, Identity protection dan AVG Surf-Shield.

Fitur AVG Antivirus Free 2013 yang lainnya adalah WiFi Guard dan modul Do not Track. WiFi Guard membantu pengguna komputer menghindari akses point Wifi yang digunakan hacker dengan memberikan peringatan ketika komputer akan masuk ke jaringan tersebut. Do not Track merupakan fitur lainnya yang mengumpulkan informasi tentang iklan, social button dan web analytics yang muncul di internet sehingga memberikan opsi untuk di blok atau untuk mencegah kita diawasi, diikuti jejaknya atau dipantau oleh script.

Salah satu fitur yang ada sebelumnya, AVG Linkscanner yang sudah tidak dikembangkan lagi diganti dengan AVG Secure Search. Ketika melakukan installasi, jika tidak membaca dengan benar, maka AVG Secure Search akan menjadi search engine utama website dan akan menginstall/memasang AVG Security toolbar di web browser yang kita gunakan. Untuk menghindari hal ini, ketika menginstall, pilih mode Custom dan hilangkan semua tanda cek di opsi tersebut.

Ringkasan Fitur

Secara umum, fitur-fitur AVG Antivirus 2013 Free semakin lengkap, meskipun sebagian tidak diperlukan, tetapi bisa di nonaktifkan (sebaiknya dilakukan ketika menginstall aplikasi). Ringkasan fitur di versi 2013 ini yaitu :

  • AVG Antivirus
  • AVG Email Scanner
  • AVG LinkScanner Surf Shield
  • AVG Social Networking Protection
  • AVG Do Not Track
  • AVG Identity Protection
  • AVG WiFi Guard
  • AVG Turbo Scan
  • Game Mode
  • AVG Smart Scanner
  • AVG Free Support
  • Easy Interface

AVG Antivirus Free 2013 mendukung windows XP, Vista, 7 dan juga Windows 8 (tersedia juga AVG Antivirus Free untuk Linux/FreeBSD). Ketika download dari link yang diberikan website utama AVG, akan diarahkan ke situs download CNET.com, yang hanya menyediakan online (web) installer sebesar 4 MB, sehingga kita harus online untuk bisa menginstall antivirus ini.

Alternatifnya, download saja Offline installer yang bisa kita install di komputer tanpa harus koneksi ke internet dari link berikut : Download Offline AVG Antivirus Free 2013 ( 114 MB untuk windows 32bit dan 125 MB untuk 64bit).

27 Comments

  1. AVG bagus, tapi sayangnya agak berat. Saya lebih suka menggunakan Avira. Atau yang versi terbaru tidak berat kali ya?

  2. AVG bagus, tapi sayangnya agak berat. Saya lebih suka menggunakan Avira. Atau yang versi terbaru tidak berat kali ya? Boleh dicoba

  3. saya tetep avira mas.., avira juga sudah yg versi 2013 mas..

  4. Sekarang ngasih gratis, perlahan-perlahan seiring waktu jika udah banyak yg make baru ada embel-embel harus beli. biasalah, promosi dulu, banyak dulu yg make, setelah orang banyak ketergantungan makenya baru minta bayar. liat aja sekarang AVAST, dulu mulai gratis v.5, sekarang udah v.7 tinggal masa pakainya cuma 1 tahun.

  5. Do-not-track feature aktif jika AVG security toolbar di install (dicentang pada saat install). anti virus bagus! sudah pakai bertahun-tahun.

  6. AVG sering sekali memberikan false notification, program reguler dianggap virus, belum lagi kalau sebuah file terinfeksi virus langsung dibasmi beserta filenya.

  7. Seneng pake AVG, soalnya lebih “friendly” sama yang namanya patch sama crack. xDD

  8. aku sudah download avans , kemudian aku klik 2 kali cumaloding beberapa detik trus hilang, aku ulangi lagi, begitu lagi akhirnya ngga bisa sama sekali, trus menghilang, kenapa ya .. salah nya dimana ?

  9. Panji Kemrungsung : Itu sama kayak saya.. Saya juga bingung itu knp?? Ada yg tau?

  10. thx tuk infonya mas…saya coba download..moga lebih ampuh dari eset nod 32

Comments are closed.