89

Rilis versi baru program pengingat sholat, Shollu 3.10

Setelah merilis program pengingat sholat Shollu 3.09, ternyata ada beberapa kekurangan (bugs), yang menyebabkan beberapa fitur kurang sempurna. Kali ini sebagai perbaikan, Alhamdulillah Shollu versi baru bisa di rilis lagi. Shollu 3.10 berfokus pada beberapa perbaikan, kompatibilitas plus ada tambahan fitur baru.

Sebelum versi 3.09 perkembangan shollu sempat terhenti cukup lama (hampir 4 tahun lebih), sehingga ketika mencoba mengupdate, harus mempelajari ulang alur program shollu. Versi 3.09 di rilis dengan perubahan inti yang cukup banyak, serta penyesuaian terutama untuk Windows 7. Oleh karena itu tidak heran jika masih ada beberapa kesalahan/kekurangan yang sebelumnya berjalan normal, tetapi di versi ini belum sempurna.

Shollu 3.10 berusaha mengatasi berbagai kekurangan yang ada di versi 3.09 serta mengakomodasi permintaan beberapa pengguna yang bisa saya implementasikan dengan cepat. Beberapa perubahan, perbaikan atau fitur baru di versi 3.10 ini adalah :

  • Perbaikan masalah autostart atau autorun yang tidak berjalan di windows 7/Vista
  • Perbaikan suara azan damam yang seharusnya bukan untuk shubuh.
  • Tambahan bahasa Aceh (kontribusi dari mas Musanna Aditya)
  • Penambahan pengaturan opsi ukuran font Dropzone
  • Perbaikan pembuatan jadwal sholat dalam format HTML

Untuk perbaikan masalah autorun/autostart di Windows Vista/7, mungkin perbaikan ini belum final, jadi silahkan bagi yang sebelumnya bermasalah, dicoba versi ini, apakah sudah berjalan atau belum (membutuhkan tester dan masukan dari pengguna). Ukuran tulisan di waktu dan sisa waktu sholat yang tampil bisa diatur melalui klik kanan dan pilih menu Font Size. Tersedia mulai beberapa perbesaran.

Masalah di versi 3.09 juga terjadi ketika mencetak jadwal sholat dalam format HTML. Di versi 3.10 masalah pembuatan jadwal sholat insyaAllah sudah diperbaiki. Bagi yang sudah familiar dengan kode HTML, template pembuatan jadwal sholat bisa diubah sendiri. Silahkan buka saja file jadwal.tpl (sebelumnya file ini bernama jadwal.html) yang ada di folder installasi shollu 3.10 dengan text editor apa saja, karena ini hanya file html biasa.

Akhirnya, bagi yang ingin segera memperbarui versi shollu yang terinstall, silahkan download dari link Shollu di google code yang ada di bagian akhir tulisan ini. Jika masih ada masalah, silahkan di informasikan melalui komentar atau langsung email. Dan bagi yang ingin membuat, membantu mengembangkan atau sekedar melihat-lihat source kode program shollu bisa juga mengunduh dari google code (Jika memang bermanfaat, jangan lupa mengeklik bintang atau Google+ di halaman project shollu tersebut)

Ingin langsung mencoba? kunjungi link ini Program Shollu (All Windows)

ebta

89 Comments

  1. Lapor kang Ebta: Lokasi tidak bisa di rubah. Sudah diganti kotanya, tapi nanti kembali ke yogyakarta lagi.

  2. Dibutuhkan segera…

    Versi androidnya…kalo bisa lengkap sama kiblat dan mp3 quran

    Makasi..

  3. ini dia yang saya tunggu tunggu Kang Ebta,,mudah-mudahan versi ini masalah autostart-nya teratasi,, kemarin instal versi 3.09 di 2 komputer win 7 tapi keduanya sama sama nggak bisa autostart,, akhirnya uninstal 3.09 dan instal lagi versi yang sebelumnya dipake versi 3.08 sampe sekarang,,,

  4. Bagi yang bermasalah ketika menyimpan setting, coba diulangi installasi program Shollu dengan klik kanan dan pilih “Run as administrator”

  5. Assalamualaikum. Mas Ebta maaf, kenapa saya ngga bisa edit kota di jadwal sholat ? Udah diedit ke Bandung, tetap saja Jogja yang muncul. Terima kasih.

  6. Assalamu’alaikum. Mas Ebta, maaf saya mau bertanya, kenapa shollu ngga bisa disetting ke kota Bandung ? udah diedit dan run as administrator, tetap saja munculnya kota Jogja. Terma kasih sebelumnya.

  7. #nita
    Jika run as administrator masih bermasalah, coba ikuti langkah berikut:

    1. Klik kanan file Shollu3.exe ( biasanya ada di C:Program FilesShollu3) dan pilih Properties
    2. Buka atau pilih tab Compatibility dan pada bagian bawah pada opsi Privilege Level beri tanda cek “Run this program as administrator”.
    3. Klik Apply dan atau OK
  8. Lapor mas Ebta, program shollu tidak bisa berjalan normal di Windows 7 Ultimate 64 bit. Lokasi tidak bisa diubah, meski sudah mengikuti petunjuk di atas “Run as Administrator”.

  9. mas… mbok suara azannya dikasih opsi volume,, jadi kita bisa atur keras tidaknya suara azan .. biar ngga mengikuti tingginya volume di pc.. kaget kafang2 pas pc baru disetel keras…

    atau udah ada fiturnya tapi saya yang ga tau??

  10. kenapa tidak bisa diganti wilayah yang lain Mas??
    selalu muncuk Yokyakarta

  11. Alhamdullilah….
    Akhirnya mas ebta merisil lagi program shollu-nya setelah 4 tahun tidak ada kabar, ini program udah sampai negri arab dan penjuru dunia, karena programnya simple, enak dipandang dan fiturnya mantabs…..

    Terima Kasih Mas Ebta atas softwarenya.

  12. Mas Ebta tambahin pengaturan Always on TOP (on/off) agar tidak mengganggu user untuk fitur waktu dan sisa waktu sholat yang ada di bagian atas

  13. Alhamdulillahirobbil ‘alaminn.. Syukron .. telah ku temukan apa yang selama ini saya cari, ternyata ada disini. Syukron Om Ebta. Shollu 3.10 semoga bermanfaat untuk meningkatkan keimanan kita Aniin..

  14. alhamdulillah, saya telah menemukan apa yang selama ini saya cari… ternyata ada di sini. semoga dapat menambah keimanan kita amiin.. syukron…. mas ebta.

  15. Terima kasih Mas Ebta, sudah direvisi programnya, mengenai pengaturan yang tertimpa apakah sudah ubah juga?

    asanoer

  16. LAPOR…!! lokasi tidak bisa diubah…walau sudah di saved tapi selalu kembali ke jogyakarta

  17. lapor BUG:

    pada windows 7, semua setting default tidak bisa dirubah, kecuali di run as administrator, baru semua settingan bisa dirubah dan disave, namun jika memakai run as administrator untuk default opennya, program shollu tidak mau start pada startup. sedangkan saat dikembalikan ke run biasa, settingan sisa waktu sholat kembali ke settingan default…

    request : tambahin fasilitas pengaturan volume adzan donk mas ebta…

    thanks ..

  18. Bagi yang tidak bisa menyimpan setting, silahkan di ikuti langkah seprti komentar saya nomor 12 dan 15.

    #31 asanoer
    untuk keamanan sebaiknya setting lama disimpan terlebih dahulu. impementasi hal itu sepertinya belum berjalan sesuai yang diharapkan

    #34 eko
    sudah dicoba langkah seperti komentar saya nomor 15 mas?
    untuk volume, semoga versi berikutnya bisa saya tambahkan..

  19. kotanya sekarang sudah bisa diganti, gak balik lagi ke yogyakarta, terima kasih mas ebta.
    jazakallohu khoir

  20. Mas Ebta, kebetulan komputer saya diset pada 64 bit sehingga shollu 3.8 tidak berjalan. Apakah shollu 3.10 ini dapat mengatasi hal itu?
    wassalam wrwb

  21. mas ebta,
    kok settingan area nya tetep yoyakarta? padahal saya sudah setting ke sumsel, tapi kok gak berubah ya?

  22. #39 @sarwono
    Silahkan di coba terlebih dahulu..
    kalau tidak bisa, errornya apa ya?

    Bagi yang tidak bisa menyimpan setting, silahkan di ikuti langkah seperti komentar saya nomor 12 dan 15.

  23. Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
    Terima kasih banyak atas dirilisnya versi terbaru dari software shollu. Semoga Allah memberikan balasan yang terbaik atas usaha kang Ebta dalam mengingatkan kaum muslimin untuk menjaga shalat 5 waktu.

  24. Thanks kang Ebta buat software shollunya. Semoga makin banyak orang yang semangat buat sholat, jangan online mulu 😀

  25. Mas Ebta, saya sudah ikuti saran mas Ebta No.12 dan No.15, tapi masih tetap tidak bisa berubah kotanya…

  26. Mas…saya beberapa kali coba download filenya tapi belum berhasil juga. Mohon percerahannya. Syukron jiddan.

  27. hehe… baru aja mau nanya masalah settingan kota yg balik lagi, untung baca dulu komentar komentar d atas, dan sekarang dah bisa. makasih mas ebta

  28. mas, trimakasih softwarenya sudah diupdate selalu.semoga Allah membalas kebaikan mas. bagaimana kalo pesan sebelum waktu adzan ditambah dengan file suara. nanti bisa diisi dengan sholawat tarhim,agar sebelum masuk waktu sholat bisa bikin persiapan..aq yaqin mas pasti bisa deh! makasih mas…

  29. makasih om ebta uda update softwarenya, tpi d pc sya kok gk keluar suara adzanya ya…

  30. Tidak Adzan dan tidak otomatis mulai
    Pertama saya install shollu 3.10 Suara adzan langsung terdengar ketika sudah tiba waktu sholat. Namun kotanya tidak bisa di setting ke kota saya.

    Setelah membaca jawaban Mas Ebta atas pertanyaan teman2 yang memiliki masalah sama, sayapun bisa menyeting kota.

    Namun masalah yang saya hadapi sekarang berbeda. Adzan yang biasa saya dengar sekarang tidak muncul lgi pada saat tiba waktu sholat. begitu juga saya mesti selalu mengaktifkan SHOLLU ketika memulai windows.

    Seting mulai ketika mulai windows sudah saya cawang, namun tetap saja. MInta solusinya Mas!
    Terimakasih

  31. asw, pak ebta, kenapa shollu 3.10 pengaturan wilayah nya tidak bs drubah.sesering apapun drubah tetap saja wilayahnya yogyakarta. mohon penjelasanya?
    trm kasih

  32. assalamualkum om admin untuk windows 8 profesional apakah ada om software ya tiap kalian setingan tanggal kembali lagi ke kondisi default makasoh om

  33. Alhamdulillah… kadang di depam komputer suka lupa kalau gak ada yang mengingatkan….. Kuasa Allah semua… tolong kalau yang untuk HP mas… makasih namyak

  34. Assalamualaykum…kebetulan saya pemakai setia program Shollu…mohon mas Ebta bisa ditambahkan cities Al-Khobar Saudi Arabia, kebetulan banyak saudara-saudara muslim Indo yang bekerja dikota ini…jadi sementara yang tidak memiliki GPS mereka setup menggunakan cities Ad Dammam karena kota terdekat dengan Al Khobar, atau mereka input koordinat sendiri bagi yang memiliki GPS..Jazakallahu khairan katsiran.

  35. Jazaakallaah ahsanal jazaa’

    Khayrunnaas anfa’uhum linnaas…

  36. Jazakumullah khoiron katsiro…..sungguh banyak manfaat biar kalau didepan komputer tidak lupa waktu untuk sholat….terus beruang demi syiarnya Islam…..

  37. Mas, bisa ngak ditukar suara azannya menjadi ‘beep’ atau lain, kerna saya azannya 4minit agak lama dan ngak sesuai untuk dipasang pada PC kantoran..

  38. awalnya mau mengubah setingan lokasi, mencoba run as administrator gagal, lewat direktori c juga tidak bisa meskiudah mengikuti alur yg dsarankan di atas. bahkan ketika di uninstal tidak semua file hilang. Saat di delete manual juga tidak bisa. mohon solusinya? apa ini virus?

  39. Mantap sekali… terimakasih sudah membuat program sebagus ini.. insyaAlloh pahalanya akan terus mengalir karena setiap hari banyak yang merasakan manfaatnya… Aamiin…

  40. Ass,Mas gimana caranya merubah waktu sholat sudah digantia area lokasinya tapi tettep Lokasinya Yogyakarta.mohon penjelasannya!

  41. Salam alaikum. mas ebta, sy pengguna sjk thn 2008. skrg sy mnglami kompabilitas shollu d windows 8 sy ktk sy pk shollu 3.9. kmudian sy download yg vers 3.10, sy pikir masalhx akn slsai. tp ternyata, malah tidak bisa auto start ktk dinyalakan, tidak bisa menyimpan pesan tambahan, muncul dialogbox “tidak bisa menyimpan file task.dat…”,kemudain setingan kotanya balik lg sprt semula ktk pc direstart, yatu yogyakarta. dhal sdh bbr kali sy ganti dg kota sy dan sd disave. tp tetap berulang kembali. mohon bantuan

  42. tolong buatin shollu yang untuk hp terima kasih. mohon bantuannya

  43. bisa nggak tambahin kalender hijriyah mohon bantuannya.

  44. pas saya ganti settingan waktu sholat yogyakarta ke surabaya sudah saya simpan, kok tidak bisa, tetap kembali ke pengaturan defaultnya.

  45. Oh.. ternyata sudah terjawab oleh kang ebta

    #15ebta
    October 11th, 2012 at 9:04 pm
    #nita
    Jika run as administrator masih bermasalah, coba ikuti langkah berikut:
    Klik kanan file Shollu3.exe ( biasanya ada di C:Program FilesShollu3) dan pilih Properties
    Buka atau pilih tab Compatibility dan pada bagian bawah pada opsi Privilege Level beri tanda cek “Run this program as administrator”.
    Klik Apply dan atau OK

    Terima kasih..

  46. ebta
    October 11th, 2012 at 9:04 pm
    #nita
    Jika run as administrator masih bermasalah, coba ikuti langkah berikut:
    Klik kanan file Shollu3.exe ( biasanya ada di C:Program FilesShollu3) dan pilih Properties
    Buka atau pilih tab Compatibility dan pada bagian bawah pada opsi Privilege Level beri tanda cek “Run this program as administrator”.
    Klik Apply dan atau OK

    Nb. Setelah setting selesai jangan lupa restart ya..! ok, smoga tambahan ini bisa membantu.

  47. mz padahal saya udah ngikutin sperti di komentar mas ebta yg no. 12 dan 15. tpi koq tetep aja ya blum bisa menyimpan perubahan???

    #mohon bantuannya. terimakasih

  48. saya coba instal di win 8 tapi tidak bisa mengganti lokasi, bagaimana solusinya pak ?

  49. maaf, sdh bisa mengganti wilayahnya setelah mengikuti petunjuk #82

  50. maaf mas….
    kok setting tempat.a msih gak bs jga ya… mohon bantuan.a

  51. Assalamu’alaykum, alhamdulillah sudah berhasil download. Semoga amal bapak mendapat balasan terbaik dari Allah. Jazakallah ahsanul jaza.

Comments are closed.