26 July 2008 - ebta

File-file EXE tidak bisa dijalankan ?

Fix EXE

Pernah beberapa teman mengalami permasalahan dengan tipe file EXE (Applications). Semua atau sebagian besar file EXE windows tidak bisa dijalankan, ketika dijalankan selalu muncul “Open With…” atau bisanya dengan klik kanan dan dipilih “run as..”. Padahal komputer sudah di scan dari virus dan sudah dibersihkan.

Permasalahan seperti itu tentu sangat menganggu, karena kita tidak bisa membuka hampir semua progam komputer. Hal ini sering disebabkan oleh virus atau bisa juga ada kerusakan dengan system windows. Jika anda atau teman anda pernah mengalami, coba tips berikut untuk memperbaikinya.

Sebagai tambahan informasi, pengaturan mengenai assosiasi file (File Association) di dalam windows disimpan di registry (bisa dikatakan sebagai Database berbagai pengaturan windows dan aplikasi yang di install), sehingga jika setting di registry rusak, maka bisa saja file-file (tidak hanya EXE) tidak bisa dijalankan. Untuk file exe yang tidak bisa dijalankan, coba beberapa tips berikut untuk memperbaiki.

1. Cek Pengaturan daftar File Types

Hal pertama yang perlu dicoba adalah mengecek daftar tipe files . Dari Windows Explorer buka Tools > Folder Options kemudian pilih tab File Types kemudian klik tombol New dan di bagian File Extention isikan EXE, kemudian klik tombol Advanced dan pilih Application kemudian klik OK. Jika muncul tombol Restore, maka klik saja.

Jika langkah ini tidak berhasil, maka coba langkah berikutnya atau yang lain.

2. Download Registry Fix

Jika registry memang rusak, maka bisa digunakan salah satu registry fix (file/tools untuk memperbaiki kerusakan tipe file di registry) berikut ( jika satu tidak berhasil, coba yang lainnya) :

  • Tipe .REG, download disini (Memperbaiki assosiasi file EXE)
  • Tipe .COM, download disini (Memperbaiki assosiasi file EXE)
  • Tipe .BAT, download disini (Untuk mengembalikan Assosiasi file-file di windows Xp ke kondisi default/awal).

setelah di download, jalankan dengan double klik file tersebut, jika filenya .REG dan dijalankan berhasil, akan muncul window konfirmasi seperti berikut :

Klik saja tombol Yes. Jika tidak muncul, atau muncul pesan bahwa registry editor has been disabled atau muncul “open with..” maka coba digunakan file yang bertipe COM atau BAT. Jika ketika tipe file diatas juga tidak berhasil, maka perlu dicoba cara lainnya.

3. Menggunakan fasilitas System Restore

Jika fasilitas Restore Point aktif, maka dengan mengembalikan kondisi windows ke kondisi sebelumnya biasanya bisa memperbaiki permasalahan ini. Hanya saja kadang fasilitas ini tidak diaktifkan karena saat ini sering menjadi sarang virus. Selain itu program-program atau aplikasi yang di install sesudah tanggal Restore Point, biasanya tidak bisa dijalankan lagi (alias harus di install ulang). Untuk mengakses restore Point, dari Start Menu buka All Programs > Accessories > System Tools pilih System Restore. Baca juga artikel tentang System Restore disini

4. Gunakan avast! Virus Cleaner

Meski tools ini hanya digunakan untuk membasmi beberapa virus tertentu, melihat penjelasan di situsnya, tools ini juga bisa mendeteksi jika ada assosiasi file penting yang rusak, maka akan diperbaiki. Selain itu, tools ini juga akan melakukan scan virus-virus populer yang sering menginfeksi komputer. Karena file ini bertipe EXE, kemungkinan juga tidak bisa dijalankan di windows dengan permasalahan seperti diatas. Alternatifnya, rename file ini dengan tipe file lainnya, misalnya : .COM, .SCR, .CMD atau bisa juga dicoba dengan .BAT atau .PIF

Download disini Avas! virus Cleaner

Tips membuka Command Prompt

Command Prompt bisa sangat bermanfaat di situasi seperti diatas, misalnya menjalankan file COM, BAT, membuka registry Editor atau men-copy (me-rename) files. Untuk merename file dengan command prompt, bisa digunakan perintah seperti berikut :

ren file_1.exe file_1.scr ( akan me-rename file_1.exe menjadi file_1.scr)
copy file_1.exe file_1.com ( akan meng-copy file_1.exe dan menghasilkan file_1.com)

Jika command Prompt tidak bisa di buka melalui menu Accessories. Ada tips yang bisa dilakukan untuk membuka Command Prompt. Caranya sebagai berikut :

  1. Buka Task manager (Ctrl+Alt+Del)
  2. Arahkan mouse ke Menu File > New Task (Run…)
  3. Klik menu New Task (Run…), sambil menekan tombol Ctrl
  4. Seharusnya akan ditampilkan Command Prompt

Jika mempunyai masukan atau cara lainnya silahkan ditambahkan, mungkin bisa lebih melengkapi mengenai memperbaiki assosiasi file EXE. (http://ebsoft.web.id)

Referensi

http://filext.com/faq/broken_exe_association.php

http://windowsxp.mvps.org/exefile.htm

http://www.dougknox.com/xp/file_assoc.htm

Tips & Tricks / Virus EXE / Registry / System Restore / Tips Command Prompt /

Comments

  • sulis says:

    bos makasih banget sangat membantu. tapi gi mana gue balasnya

  • sulis says:

    bos setelah aku buka yg lain sepertinya mz ebta setiawan orang jogja ya? ku jogja wojo jl paris km 5 bantul

  • ebta says:

    Iya benar.. email saya jika ingin alamat lebih lengkap..

  • Chandra says:

    Makasih mas ebta, tips nya menarik dan berguna skali. Saya juga pnah mengalami seperti ini, tapi karna blum thu cra ngatasin nya, langsung ja q instal ulang windows nya.
    O. . Ya ada ptanyaan ni. . , kalo mau download UBCD4win tuh harus daftar dulu ya. . ?
    Thx.

  • elfazrie says:

    mas komputer dikantor aku kena virus yang nyerang EXE. bukan hanya di komputer aja tapi di flashdisk pun kena… tiap aku instal antivirus dikomputer itu, antivirusnya malah kena juga dan nggak bisa digunakan… yang udah pernah aku instal itu AVG, PC Mav, ANSAV. semuanya ga bisa cleaner…
    mohon bantuannya…

  • ebta says:

    @Chandra
    Tidak bayar, download saja langsung, nanti diperlukan master CD Windows agar bisa membuat Bootable CD.

    @elfazrie
    Untuk cleaner exe memang tidak mudah, apa sudah terdeteksi virus atau nama virusnya ? Jika sudah, mungkin bisa dicari cleanernya..

  • faisal_malmsteen says:

    mas Ebta, makasih bangat informasinya sangat berguna dan banyak membantu saya, saya tunggu artikel2 mas selanjutnya

  • Tonz says:

    terimakasih atas artikelnya,akhirnya bisa di utik-utik lagi

  • [...] Teknik Pengikatan Ekstensi Ditulis pada 5 Agustus 2008 oleh madsyair Suatu ketika salah seorang teman di seberang menghubungi saya. Dia mengatakan bahwa komputernya terkena virus dan semua program tidak bisa dijalankan. Beberapa minggu yang lalu, atasa saya di kantor juga mengalami hal serupa. Jika Anda mengalami hal ini, patut ditengok tulisan mas Ebta Setiawan di http://ebsoft.web.id/2008/07/26/file-exe-tidak-bisa-dijalankan/ . [...]

  • udomat says:

    kalau hanya untuk sementara, misalnya ingin menjalankan program di warnet, mungkin bisa dipakai cara singkat dengan merename file .exe menjadi .cmd menggunakan command prompt. terkadang, virus yang mengalihkan fungsi .exe juga mengalihkan fungsi .com serta .scr, namun jarang mengalihkan fungsi .cmd yang bisa juga digunakan pada banyak kasus.

    sebagai tambahan, terkadang command prompt tidak mudah dijalankan terutama di warnet dengan security yang agak berlebihan. tidak ada shortcut, tidak ada kotak run, bahkan tidak bisa ctrl+alt+del. nah, mungkin sedikit trik ini bisa membantu. klik kanan di desktop, lalu pilih New>Shortcut dan ketikkan alamat c:\WINDOWS\system32\cmd.exe atau c:\WINDOWS\system32\command.com. bagaimana bila desktop juga dilock? coba buka explorer dan pilih menu File>New>Shortcut dan ketikkan juga alamat di atas. kalau file cmd.exe dihapus? ya bawa saja dari rumah dan langsung dikopikan. kalau akses ke Command Prompt juga diblok? *ente mau ngapain siy, sebenernya?!* ya sudah, ngomong saja sama admin warnetnya. adminnya ngeyel? pindah warnet aja. gak ada warnet yang deket. bikin warnet aja!! ;p

  • ebta says:

    @udomat
    Terimakasih atas tambahan informasinya..

  • demonzer says:

    assalamu’alaikum.mas,mau nanya.gmn cra mendownload software delphi5 secara gratis,mudah dan aman? aq bingung bgt.aq pikir disini bisa.tolong bantu aku ya.!!! ada tugas dari guru seh…

  • Erwin says:

    Saya mau tanya.Saya pernah mengcopy cd master win xp ke hard disk.Ketika di burn ke cd,tidak bisa diboot lewat cd room.Gimana cr agar master xp dpt jd boot?Thx

  • rifqi says:

    salam kenal mas,
    aku juga mau nanya nih tentang file exe yg g bs dijalanin…
    aku baru install ulang komp,trus kemaren aku install Swish Max2 mas…sistem copy crack gt, g pake SN.
    abis aku copi cracknya, trus aku double click buat ngjalanin programnya…eh tiba2 aja keluar windows yang bilang “Aplikasi ini tidak disupport oleh SystemWIN32″ ato apa gt, klo g salah sih itu…
    mohon bantuannya mas…apa ada masalah sm windowXP aku ato gmn???aku pake Black Edition…

    terimaksaih banyak sebelumnya mas.

  • ebta says:

    @demonzer
    Jika melalui website, sepertinya tidak ada yang menawarkan download delphi 5, karena memang bukan program gratis…

    @Erwin
    Langsung Copy CD ke CD, atau di copy ke hardisk dalam format ISO atau NRG (jika dengan nero). Lalu file ISO atau .nrg ini bisa di burn ke CD

    @rifqi
    wah hati-hati itu, bisa saja itu merupakan virus atau disusupi virus.. Memang dengan file crack tidak bisa dipastikan aman dari virus..

  • Anonymous says:

    oooh gitu y mas…makasih banyak
    maap nanya lagi nih mas, kmrn sblm install ulang aku pake AVAntivir, trus dia sering ngedetect file2 exe sbgai virus,apa itu bener virus atau cuma false alarm mas???awalnya aku deny access trus ternyata start menu malah g muncul n kompi ku g bs diapa-apain, akhirnya install ulang lg, dan skrg aku jadi g pake AV..klo WIN32 n Autorun itu virus ya mas???bagusnya eksekusinya diapain???

    maap banyak nanya mas, maklum masih ijo heheh

  • rifqi says:

    oooh gitu y mas…makasih banyak
    maap nanya lagi nih mas, kmrn sblm install ulang aku pake AVAntivir, trus dia sering ngedetect file2 exe sbgai virus,apa itu bener virus atau cuma false alarm mas???awalnya aku deny access trus ternyata start menu malah g muncul n kompi ku g bs diapa-apain, akhirnya install ulang lg, dan skrg aku jadi g pake AV..klo WIN32 n Autorun itu virus ya mas???bagusnya eksekusinya diapain???

    maap banyak nanya mas, maklum masih ijo heheh

  • ebta says:

    @rifki (16&17)
    informasinya kurang lengkap. file exe terebut di deteksi sebagai virus apa? bisa benar bisa tidak..
    rencana-nya artikel terbaru tentang autorun, silahkan nanti dilihat..

  • ayudonny says:

    mas, aku nggak sengaja menukar pogram untuk membuaka file extensi zip dengan opera. gimana balikin ke defaultnya? bingung nihhh…. thanks ya mas…

  • ebta says:

    @ayudonny
    di install ulang saja aplikasi zipnya ( memang pakai apa winzip, 7zip, winrar ). JIka belum bisa di konfigurasi-nya biasanya ada setting file assosiasi..

  • Mumun says:

    syukron katsiron, bos! coz komputer ane juga lagi bermasalah kayak gini…
    alhamdulillah…

  • ebta says:

    @Mumum
    Waiyyakum.. jazakallah khoir

  • ana says:

    Assalamu’alaikum
    Jazakallahu khoir artikelnya.
    Af1 mo konsultasi..
    Di kompt. ana tadinya pake avg 8 trus mo pindah ke Kaspersky terbaru. Tapi, pas mo nginstal ternyata kasperskynya masi ngedetec avg 8. So, ana hapusin dah semua folder yg ada avgnya. Tapi tetep aj kasperskynya ga bs diinstal. Alhasil sekarang pake avira premium,dah dapet lisencenya. Ternyata, setiap diupdate(manual n online) ga bisa2…
    ana jadi bingung..
    Mohon bantuannya…
    jazakallah khoiran katsiro…

  • ebta says:

    @ana
    wa’alaikumsalaam..
    Jika lisensinya benar (resmi) harusnya tidak ada masalah dengan update online… kalau update manual harusnya juga bisa.. tidak bisanya kenapa itu ?
    Untuk uninstall avg dengan bersih, bisa menggunakan avg remover ( dari situs avg)

  • re2 says:

    makasih…..bang untuk informasinya

  • File-file EXE tidak bisa dijalankan ? « Yosua1987’s Weblog says:

    [...] File-file EXE tidak bisa dijalankan ? Posted on J000000Tuesday08 15 2008 by yosua1987 [...]

  • hendri says:

    Bagaiman cara balikin fale yang kena EXE kayak semula

  • ebta says:

    @re2
    sama-sama…

    @hendri
    itu tergantung jenis virusnya, tidak semua yang kena virus bisa dikembalikan. Bahkan mungkin sebagian akan rusak total…

  • dian says:

    kalo di tab advance ga ada pilihan Aplication gimana cara memunculkannya?
    ma kasih

  • dian says:

    di tab advance aku pilih application extention malah file exe ga bisa di pakai(semua file ber-extention exe)?

  • ebta says:

    @dian
    coba langkah-langkah berikutnya (yang lain)..

  • hanief says:

    makasi banget broo informasinya. sangat membantu. ok. semoga Allah SWT merahmati. tanks……

  • udin says:

    thank’s bos
    berguna banget
    hampir ja q mau install ulang windows q
    ha ha ha

    suwon

  • Rani says:

    kk, tolong bgt! komputerku jd aneh!!
    masa aku ikutin cara kk :
    Windows Explorer >> Tools >> Folder Options >> File Types >> trus NEW >> KETIK EXE >> trus aku gnti jd Application Extension (soalnya Application doang gk ada) trus semua program d komputer aku jd gk bsa dibuka!!! tolong aku kk!

  • mr.moebyn says:

    Bos aq mau nanya aq pusing thd pc saya karen kalo diinstall antivirus sukses. Tapi antivrs tsb untk scan ga jalan. Trs problem kedua saya. Icon yang didouble click ga bisa. Tapi kalo pakai klik kanan terus run . Bisa. Solusinya bos aq tnggu. By mr.moebyn

  • toni says:

    mas, klo icon2 program pada berubah jadi putih semua gmn?icon jadi seperti klo gt buka folder yg didalmnya ada file exe tp aksesnya lambat..tu icon2 file exe nya kan putih dl gt ya..br muncul icon sebenarnya…!

  • andre says:

    saya mau nanya mas, yang pertama kenapa file folder yang saya buka setelah diklik dua kali bukannya langsung ke open melainkan ke search dan jika pada folder tersebut diklik kanan kolom atasnya bukannya open tetapi search. yang kedua gimana cara mengunci folder lewat CMD EXE? gimana ya mas solusinya,terimakasih.

  • yahya says:

    Ternyata cara buka command prompt lewat task manager tidak bisa dibuka juga. Gimana ya cara laennya? kalo ada yang bisa lewat regedit kasih tau dunk caranya…

  • chois says:

    thanks bgt bro baru cara pertama dah bisa…..mantabs…..1

  • sugali says:

    makasih banget mas… sangat membantu…

  • Patar says:

    makasih bos…sangat membantu

  • crizpi says:

    very nice info & very useful.

  • Mif says:

    mas ebta,terima kasih banyak sudah membantu saya memperbaiki file exe komputer saya yang corrupted

  • cancan says:

    wah…gak bisa tuh..
    pusing pala owe

  • ridho says:

    tengkyu mas buat tipsnya…
    akhirnya neh kompi sehat kembali..

  • buku belajar komputer says:

    Makasihh banyak bossss, ampun dah kompi ane hampir diinstall ulang gara2 selalu open with tiap buka exe pas ane coba disini langsung tokceeeerrrrrr maksih banyak yaahhh tak bookmark dulu situs ini