27

Jalankan berbagai format Video dengan Paket Codec

Pernahkah kita menjalankan sebuah file video, tetapi muncul informasi bahwa player kita tidak bisa menjalankan video ini karena tidak di dukung atau harus download file yang diperlukan (codec) dari internet terlebih dahulu ? Jika kita menggunakan Windows Media Player, maka kemungkinan banyak format video yang tidak akan bisa dijalankan. Bahkan jika menggunakan Windows Media Player terbaru sekalipun.

Untuk mengatasi hal itu, bisa saja kita menginstall berbagai software audio video player yang ada. Tetapi sebenarnya dengan Windows Media Player saja kita bisa menjalankan hampir semua format audio video, caranya cukup mudah, hanya dengan menginstall Paket Codec.

Mengenal Apa itu Codec

Codec merupakan software atau teknologi yang digunakan untuk meng-kompresi atau decompresi file digital seperti audio atau video. Salah satu tujuannya adalah agar ukuran file menjadi kecil dengan tetap menjaga kualitas tampilan dan suara. Misalnya, sebuah video DVD ( sekitar 4 GB lebih), dengan codec yang tepat dapat di konversi menjadi file video yang berukuran sekitar 1 GB atau bahkan kurang dengan kualitas yang hampir tidak jauh berbeda.

Saat ini begitu banyak format file audio video beredar, dan masing-masing menggunakan teknik yang berbeda untuk meng-compress file tersebut, sehingga kadang software player kita tidak bisa menjalankannya. Bahkan satu format video, misalnya AVI, bisa menggunakan codec yang berbeda-beda, sehingga kadang sebuah file AVI bisa dijalankan tetapi file AVI yang lain tidak.

Meskipun bisa saja kita menginstall berbagai software video player untuk menjalankan file video tertentu, tetapi banyak menginstall software tentu bukan pilihan terbaik. Solusinya adalah menginstall Paket Codecs yang bisa didapatkan secara gratis dan kita tinggal memilih salah satu player yang kita sukai. Bahkan dengan menggunakan Windows Media Player saja kita bisa menjalankan berbagai format video yang ada.

Download Paket Codecs

Jika kita tidak bisa menjalankan format file video tertentu, maka tidak ada salahnya kita menginstall paket codecs yang bisa didapatkan secara gratis. Saat ini tersedia banyak pilihan, diantaranya sebagai berikut :

  • K-Lite [Mega] Codec Pack, merupakan salah satu paket codec yang populer. Didalamnya disertakan juga Media Player Classic, yang bisa digunakan untuk menjalankan berbagai format audio video yang saat ini banyak beredar (Windows 2000/XP/2003/Vista/7). Ukuran untuk versi Mega 18.7MB dan yang lebih kecil sekitar 14.6 MB.
  • Vista Codecs Package, merupakan kumpulan codecs yang senantiasa di update. Tidak disertakan player, tetapi kita bisa menggunakan Windows MEdia Player bawaan windows. Meski namanya Vista, tetapi paket ini tidak hanya untuk Windows Vista, tetapi juga mendukung windows XP (ukuran sekitar 18.46MB)
  • Windows 7 Codecs. Jika menggunakan Windows 7 dan kita tidak bisa menjalankan format video tertentu dengan Windows Media Player, silahkan install paket codec ini ( Khusus untuk Windows 7, ukuran sekitar 23.2 MB )
  • XP Codec Pack, merupakan paket codec yang juga cukup populer untuk windows XP. Menyertakan juga Media Player Classic ( ukuran sekitar 7.49MB )

Mana yang sebaiknya dipilih? Sebenarnya masing-masing mempunyai kemampuan yang hampir sama. Jika ingin menggunakan software player alternatif (simpel), pilih saja K-Lite Mega Codec Pack. Tetapi jika ingin tetap menggunakan Windows Media Player, maka Vista Codecs Package bisa menjadi pilihan ( untuk windows XP dan Vista) atau Windows 7 Codecs ( untuk windows 7).

Sebenarnya selain 4 paket codec diatas, masih ada beberapa (banyak) paket codec lainnya yang bisa menjadi alternatif, misalnya : Satsuki Decoder Pack ( 11.4 MB, Windows 2000/2003/XP/Vista/7 ), Matroska Pack ( 3.8 MB), Codec Pack All in 1 ( 9.25MB, Win9x, Win2k dan WinXP, agak lama tidak diupdate ) dan mungkin masih banyak lainnya ( oleh ebsoft)

27 Comments

  1. KetigaX… lumayan masih nangkring di pejwan…

    Kalo ane pake K-Lite Mega Codec Pack coz bisa jg berfungsi sbg plugin utk menjalankan format audio di firefox…

  2. makasi infonya mas ebta, aku make GOMPLAYER, hampir semua format video bisa dikenali oleh player ini, dah gitu gratis juga….

  3. makasih mas infonya,dengan ini kita bisa memilih mana yang cocok dengan OS komputer kita.

  4. ane lebih seneng pake K-Lite Mega Codec Pack gan!. nggak ribet dan makan banyak memori. 😀

  5. mas, kenapa K-Lite Codec pack gak bisa buka file “.flv” di windows 7 saya? padahal di windows XP bisa, cara istalasinya pun sama persis software yang digunakan juga sama, masalahnya apa ya?

  6. MEdia classic saya lagi broken juga… sedi ga bisa nonton film

  7. Khusus ntuk file video dengan ekstensi MOV, K-lite Mega Codec Ver. 6.4.0 hanya bisa memutar audio. Sementara Video nya gak muncul.. Ya, akhirnya tetap aja pake Quick Time alternatif 3.2.2.. 🙂

  8. K-Lite Mega Codec Pack tetap yang terbaik, Windows Media Player bawaan tergeser posisinya di kompi ane… :mrgreen:

Comments are closed.