31

Kenali Suara Hardisk untuk Mencegah Kehilangan Data

Sebagaimana perangkat yang lain, Hardisk komputer atau Laptop yang kita gunakan juga mempunyai umur. Jika sudah cukup lama kadang Hardisk mengeluarkan suara tertentu. Nah jika Hardisk kita sudah mengeluarkan suara (aneh) tertentu dan masih bisa digunakan/akses, sebaiknya data-data penting segera diamankan, misalnya dengan backup data ke media lainnya.

Hampir semua hardisk mengeluarkan suara yang berbeda jika Hardisk ini sedang bermasalah atau sudah mendekati umurnya, tetapi setiap vendor Hardisk biasanya mengeluarkan suara yang berbeda. Bagaimana kita mengetahui suara aneh ini di Hardisk yang kita gunakan ?

Sebuah perusahaan (jasa) Data Recovery, DataCent telah membuat sebuah database yang berisi berbagai suara Hardisk yang bermasalah atau sudah sampai umurnya. DataCent menyertakan berbagai merk Hardisk populer seperti : Western Digital, Seagate, Maxtor, Samsung, Hitachi/IBM, Toshiba, Fujitsu serta Quantum.

Pilih jenis Hardisk sesuai dengan Merk atau vendor yang kita gunakan, kemudian coba dengan beberapa suara yang ada disana. Jika Hardisk kita bersuara mirip dengan apa yang ada di Data Cent, maka segera Backup Data-data penting yang ada di hardisk, karena kemungkinan hardisk sudah mengalami kerusakan (silahkan lihat deskripsi detailnya di Hard drive sounds).

Untuk mendengarkan suara, klik saja icon (gambar segitiga) yang ada di setiap vendor Hardisk dari website DataCent.

Jika data sudah di backup, untuk mengatasi hardisk yang bermasalah ini, mungkin bisa dicoba dengan mem-format penuh hardisk tersebut, dan lihat hasilnya. Jika ternyata suara aneh masih tetap terdengar, maka siap-siap untuk mengganti dengan hardisk yang baru.

Jika belum tahu apa merk atau vendir Hardisk yang kita gunakan, maka kita bisa menggunakan sofware gratis seperti misalnya Speccy

(ebsoft via lifehacker)

31 Comments

  1. Terima kasih mas infonya.

    Saya barusan ganti hardisk laptop, beberapa minggu kemudian mati total… kira2 apa penyebabnya?

  2. Ass.Wr.Wb. Mas Ebta, bgmn caranya membackup data pada harddisk yg tdk terdeteksi pada BIOS?? Trims. Wass.Wr.Wb.

  3. Mantebb om, dapet ilmu baru aye… 🙂
    makin jaya aje dehh ebsoft… 😀

  4. SANGAT BERMANFAAT SEKALI NIH INFONYA,OH YAH MAS EB IDEALNYA UMUR HARDISK BISA BERTAHAN ITU BERAPA TAHU YAH?

  5. Alhamdulillah, harddiskku masih belum bunyi aneh.

    Mas Ebta, sekali-kali bahaskan backup data online yang gratis (Skydrive, Humyo, dll). Makasih

    #Joel
    Backup di komputer lain.

    #Gaptek Boy
    Harddisk bila disimpan dan dirawat dengan benar, bisa bertahan lebih kurang 10 tahun. 10 tahun kedepan pun harddisk kita yang sekarang udah kuno ya…:D

  6. Mas Ebta, komputer saya yg di rumah kalo pas booting kok ribut kali ya? Tapi kalo dah masuk windows lgsg hilang suaranya. Apa itu berarti udah rusak juga? Padahal umurnya baru dua tahun krg loh.

  7. Mas Ebta, komputer saya yang di rumah kalo booting kok suaranya kenceng kali ya? Tapi kalo dah masuk ke windowsnya lgsg hilang suaranya. Apa itu termasuk tanda harddisk saya rusak?

  8. Mau tanya mas, perlukah Harddisk dikasih kipas? Bagaimana jadinya klo harddisk terlalu panas? Lalu, apakah berpengaruh jika kita sering install ulang?

  9. mas ebta tolong dong di revieuw tentang aplikasi norton ghost dan cara mengintal driver dan aplikasi lain misal (office 2007, photoshop, corel, dll) secara bersamaan pada komputer dengan hardware dan driver yang sama, misal di kampus ada 40 PC spesifikasi sama semua, biar install lebih cepat gimana gto mas, tolong kasih solusi y mas.
    Artikel mas sip semua, terus berkarya. makasih

  10. hardis ext saya baru,
    dia sudah konekkekomputer tapi tidak muncul dlm menu partisi ?

  11. Pingback: Mengenal Suara Hardisk « Wong168's Blog
  12. ketika dihidupkan laptop cuma keluar tulisan OS not found, kemudian saya ganti hardisc. yg saya tanyakan apakah hardisc kemungkinan masih bisa dibetulin.. dan karena ada program instaler apakah jika dipasang kembali program tsb masih ada? mohon pencerahan ya mas, maturnuwon

  13. @carpenter

    bantu dikit ya..
    sepertinya kagak.
    anda pake OS apa?barangkali yg bikin kenceng suaranya karena fan nya barangkali yg muter.

Comments are closed.