April 3, 2008 - ebta

Komputer tiba-tiba mati (Tidak mau menyala)? coba tips ini

Motherboard

Sudah beberapa kali saya kedatangan teman (pelanggan ;) ) yang komputernya mati, tidak mau menyala sama sekali atau kadang hanya sampai tampilan awal kemudian berhenti / hang. Untuk mengetahui dan memecahkan masalah komputer tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.

Komputer yang mati/ hang sebelum masuk ke sistem operasi bisa penyebabnya bisa bermacam-macam. Berikut Tips yang sudah pernah saya praktekkan dan hampir selalu berhasil. Pilih yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi, atau lakukan secara bertahap.

  • Cek Kabel, mulai dari Kabel yang masuk ke UPS/Stabilizer, kabel Power ke Monitor, kabel Monitor ke CPU dan kabel yang masuk ke Komputer. Pastikan pemasangannya telah sesuai dan kencang, serta arus listriknya ada dan cukup.

  • Jika terdapat CD-ROM / DVD-ROM dan bisa dibuka/tutup, maka kemungkinan permasalahan ada di komputer (CPU), mulai dari kabel power yang masuk ke motherboard atau motherboard itu sendiri, cek pemasangan kabelnya.

  • Jika dua langkah diatas sudah dicek, dan masih belum menyala, matikan komputer dan Reset BIOS di Motherboard. Caranya bisa dilihat di buku panduan motherboard, dan cari menu Reset BIOS. Biasanya untuk mereset BIOS dapat dilakukan pada Jumper 1 (JP1). Disana ada 3 pin, yang 2 diantaranya dihubungkan dengan sebuah konektor kecil. Untuk mereset, tinggal melepas dan memasang di 2 pin yang satunya. Misalnya 3 pin tersebut 1,2,3 dan pin 1 dan 2 sudah terhubung, maka untuk mereset tinggal melepas dan memasang di pin 2 dan 3. Biarkan sekitar 30 detik atau lebih kemudian kembalikan seperti semula. Nyalakan komputer.
    Baterai CMOS dan Reset Switch

  • Jika BIOS telah di reset dan masih tidak menyala, coba lepas Baterai CMOS, yang ada di motherboard. Diamkan sekitar 1 menit, kemudian dipasang kembali dan nyalakan komputer. Jika baterai sudah cukup lama, lebih dari 3 tahun, ada baiknya diganti dengan yang baru. Apalagi jika jam di komputer sering tidak cocok.

  • Jika kipas Processor / VGA berputar, tetapi komputer masih belum menyala, maka kemungkinan ada yang tidak beres dengan BIOS motherboard atau Motherboard memang sudah rusak. Mungkin BIOS perlu di Update, tetapi sebelum update, komputer harus bisa menyala (masuk BIOS) terlebih dahulu. Untuk melakukan hal itu, coba lepas kabel Hardisk, CD-ROM, Floppy. Kemudian, lepas Memori komputer (RAM) dan ganti di slot yang lain atau gunakan memori komputer lain. Hal ini mungkin harus diulangi sampai beberapa kali, hingga ada tanda-tanda kehidupan…

  • Jika CPU sudah kelihatan bekerja, hardisk berputar dan lampu led CPU berkedip-kedip tetapi monitor tidak ada tampilannya, maka kumungkinan VGA ( Kartu Grafis) komputer yang bermasalah. Coba ganti dengan VGA lain atau cek VGA tersebut di komputer lain (Hal ini jika VGA tidak jadi satu dengan motherboard).

Jika dengan semua langkah diatas, komputer juga belum menyala, mungkin komputer perlu di service orang yang lebih ahli. Untuk mengetahui lebih detail permasalahan motherboard atau ingin menjadi teknisi, sebaiknya membeli sebuah alat khusus yang disebut PC Analyzer, yang memang dirancang untuk mengetahui kerusakan motherboard. Silahkan berbagi pengalaman anda mengenai komputer yang tiba-tiba mati dan tidak mau menyala.. semoga bermanfaat.

Informasi

CPU yang dimaksud diatas adalah Motherboard, Memori, CPU, Power Supply, Hardisk, Floppy dan komponen lainnya yang ada dalam Casing Komputer, selain monitor. Meskipun sebenarnya CPU adalah Central Processing Unit (Processor), misalnya Pentium4, AMD dsb. Hal ini untuk mempermudah saja.

Hardware / Tips & Tricks BIOS / Komputer mati / motherboard /

Comments

  • apresiokefin says:

    mas ebta, mo nanya nih.

    saya di rumah kan main game online pointblank. pas udah masuk, gak berapa lama monitor lgsg mati, trus nyala bentar. tpi warna monitor nya rada ada garis-garis warna-warni gtu. gak berapa lama, habis itu monitor langsung mati. tpi cpu tetep idup. di reboot pun gak bisa. jdi harus matiin dulu cpu, trus bru nyalain lgi. tpi klo dipake kyk bwt browsing doang, ato ngetik, ato hal ringan lain, komputerku jalannya biasa ajah. (hal ini terjadi jga klo main game-game yg grafiknya bagus kyk dota, dsb.)

    kira-kira itu kenapa ya mas? trus apa yang perlu dibenerin?
    sebelumnya, terima kasih banyak.

  • Abenxz says:

    Mas minta penjelasannya dunk…
    saya habis ganti mb baru nih, tapi pas main game GTA VC komputer tiba2 mati (tidak hang or restart). padahal pas kita ngetik or main game yg ringan tuh komp ok2 aja,kira2 knp ya mas?
    spesifikasi komp saya:
    - PS : 450 watt (flazer)
    - cpu: dual core 2.88 ghz
    - MB : GIGABYTE GA-G31M-ES2L
    - vga: 128 mb (onboard)
    - Ram: 256 mb
    - HDD: 80 ghz
    Mohon balasannya, via email jg boleh mas..
    tengkyu …sebelumnya

  • asep hasan basri says:

    thank atas pengetahuannya
    semoga di balas oleh tuhan yang maha esa, pencipta alam jagat raya ini. baik yang terlihat maupun yang tidka terlihat.
    amien.

    sekali lagi terima kasih

  • adhi says:

    artikel yang bagus…terimakasih…tapi bagaimana/ apa artinya kalau lampu led pada mainboard yang berjumlah 4 itu menyala merah semua, masuk biospun nggak mau…apalagi os…kalo normal kan wrnanya hijau…thx…

  • pdf content says:

    oh iya, gejalanya waktu itu pas saya lagi browsing2… tau2 kompinya bunyi beep ga putus2 dan langsung nge’heng’…

  • Handra says:

    mas aya mau nanya donk, kenapa ya maz kq komputer saya gak mau ketampilan dekstop, pada saat mau tampil ke dekstop ada perintah bios disable…tlong ya maz d balez via email za..thanks sebelumnya.

  • Handra says:

    maz tolong dong kasih tau solusi untuk komputer yang gak bisa sampai tampilan dekstop atau tertunda pada saat akan masuk ke layar dekstop muncul tampilan disable bios.thanks y mas!

  • Maxdunk says:

    TOLONG DONK…waktu itu saya lagi ngetes computer saya,pas saya mainin eh gak taunya mati mendadak,abis itu gak mau idup, trus idup lagi-trus matilagi….begitu trus..,Gmana?…apa yang terjadi pada komputer saya?….

  • aacupu says:

    pagi mas.aku mohon bantuan dung
    monitor pc qu gak bisa nyala,,,pasa aq nyalain pc,trus nyalain monitor trus monitornya ada tulisan “POWER SAVING MODE”
    DIA KENAPA YA MAS??????HELP ME DUNG GMN CARA ATASIN NYA.PLIS BALES DI EMAIL QU AJA YAH.MAKASIH

  • guruh says:

    salam mas,
    kemarin listrik dirumah tiba-tiba padam, padahal anak saya lagi main game di pc.
    setelah listrik menyala kembali, komputer tidak mau hidup.
    saya sudah cek ram, dan harddisk baik-baik saja.
    apakah ini juga merupakan gejala kalau bios rusak?
    lalu kalau cari alat pc analiser dimana? harga berapa?
    mohon pencerahan.
    terimakasih.

  • Dao-Shi.Zhen says:

    Mas PC saya knp ya ngerestart trus,,trus pas di install ulang malah kluar blue screen trus..

  • andri says:

    salam kenal mas
    mas aku mau tanya, aku punya komputer kalo dinyalain setiap jam 18.00 – 21.00 pasti ngerestart terus2an, gak bisa masuk windows, kadang baru POST dah ngerestart lagi kenapa ya mas. spek komputerku:
    PS: 450 watt
    mainboard: Intel D845PESV
    prosesor: Intel Celeron 1,7 GHz
    OS: win XP SP 3
    hdd: Maxtor 40 GB
    dvd rom+cd rw

    aku dah nyoba instal ulang (takutnya kena virus) tapi dah diinstal ulang windowsna tetep aja kaya gitu, batre cmos baru ganti baru. Mohon bantuanya mas ke andri.priyanto2008@gmail.com

    hatur nuhun…

  • yasha says:

    mas, komputer saya sedang hidup tanpa di sengaja colokan 1 titik tercabut akibatnya komputer mati mendadak, saya hidupkan kembali hanya LCD saja yang menyala, Cpu tidak mau hidup sama sekali / tidak ada tanda2 kehidupan.. bagaimana ya mas… tolong di jawab yah mas atau kirim ke Email saya di marthayasa86@yahoo.com. terima kasih ya mas

  • mur7ika says:

    kalo saya aneh mas,,,waktu pengait kipas procesor di pasang ,,,cpu nya hang tdk ada gambar,,,,trusss saya lepas pengaitnya,,,cpu hidup tapi tidak terlalu lama kemudian mati sendiri,,kok bisa begitu mohon pencerahannya,,>

  • rahmat hidayat says:

    Selamat Pagi mas

    saya punya cpu pentium IV mas.
    masalahnya cpu saya suka mati tiba-tiba. padahal sudah ada koneksi dengan Ups masih juga tetap mati alias restart sendiri..saya sudah cari tau tapi belum ketemu penyakitnya mas…

    mohon bantuan nya mas

    terimakasih..

    salam
    rahmat

  • Ozhie says:

    terima ksih infonya..bagus banget..

    salam
    Ozhie

  • ita says:

    txs untuk infonya maklum komp dirumah lagi ngadat, jadi lagi cari cara supaya bisa membenahi sendiri khan bisa nambah pengetahuan.

  • sintha says:

    pagi mas.sy pny masalah dg komputer sy.sy lagi asik maen game.udah lama,kecium bau yg agak gosong dah gt mati.padahal pas ngetik tugas gpp.normal aja. dah gt saya biarin agak lama. lalu saya idupin lg gak mw idup. besoknya juga saya idupin g mau idup.knp ya mas?tlg bls ke email saya.terima kasih.

  • mustofah says:

    mas tlg, help. komptrqu sering ngerestart. viasanya cm bisa ta pake krg dr 1 jm(ngerestart). spek dual core. ga pke stabilizer tp listrik stabil. tlg mas. mhn helpny. (kurei_osaka@yahoo.com)

  • 1 5 6 7