59

Mengatasi USB Flashdisk tidak terdeteksi di Windows

usb-flashdiskAkhir-akhir ini Windows 7 yang saya pakai mulai bermasalah mendeteksi USB Flashdisk yang biasa dipakai. Awalnya saya kira Flashdisknya yang bermasalah, tetapi ketika di coba di komputer lain ternyata bisa. Berarti Windows-nya yang bermasalah. Ingat dulu pernah menulis tentang hal ini, maka saya coba tips-tipsnya sampai tips baru sehingga berhasil terdeteksi.

Kejadian USB Flashdisk tidak terdeteksi mungkin pernah kita alami, mulai dari masalah sederhana sampai karena kerusakan perangkat USB-nya sendiri. Jika mengalami hal ini, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan :

  • Jika ada komputer/laptop lainnya, silahkan dicoba di komputer tersebut, untuk memastikan bahwa USB Flashdisk memang masih bisa terdeteksi dan digunakan. Jika di komputer lain terdeteksi, bisa dicoba diformat terlebih dahulu (AMANKAN /PINDAH DATA-NYA TERLEBIH DAHULU…!!!)
  • Melalui Device Manager (klik kanan My Computer, pilih Properties dan pilih Devide Manager), uninstall driver USB atau bagian USB yang bertanda kuning/peringatan jika ada (klik kanan dan pilih Uninstall). Kemudian lepas USB dan pasang kembali, tunggu Windows menginstall driver baru.
  • Jika USB Flashdisknya mempunyai driver sendiri, install ulang driver tersebut
  • Buka Disk/Computer Management, melalui klik kanan My Computer, pilih menu Manage. Penjelasannya di tulisan bagian bawah/setelah ini
  • Ikuti langkah-langkah yang ada di artikel saya sebelumnya (dengan hati-hati) di sini: USB Flash drive (Flashdisk) tiba-tiba tidak terdeteksi/error

device-manager-unknown-device

Karena USB Flashdisk saya masih terdeteksi di komputer lain, maka saya yakin bahwa Windows saya yang bermasalah. Awalnya driver di bagian Device Manager terlihat ada tanda kuning (warning). Setelah itu saya uninstall, tetapi setelah di uninstall, driver mendeteksi USB sebagai perangkat yang lain, setelah itu, di Windows Explorer tidak pernah muncul drive USB lagi.

Windows Fix It juga sudah saya coba, tetapi hasilnya masih tetap nihil. Akhirnya setelah googling, saya menemukan cara melalui Computer Management (Klik kanan My Computer dan pilih menu Manage).

computer-management

Melalui Computer Management, di bagian Storage > Disk Management, masih terlihat adanya Removable Disk dengan ukuran 3.76 GB. Berarti ini sebenarnya Flashdisk masih terdeteksi windows. Selanjutnya pastikan bahwa status Disk ini “Online”. Jika statusnya “Offline” silahkan klik kanan dan pilih menu Online.

Jika statusnya sudah online, tetapi disk ini tidak terdeteksi di Windows Explorer, maka klik kanan dan pilih menu “Change Drive Letter and Path”. Setelah terbuka dan masih kosong, klik saja tombol “Add” untuk menambahkan huruf yang akan menjadi Drive yang bisa di akses di Windows Explorer. Kita juga bisa mengubah drive letter ini ketika drive USB ini sudah digunakan oleh perangkat yang lainnya, sehingga ada konflik nama drive yang digunakan.

Akhirnya dengan cara tersebut, USB Flashdisk saya bisa kembali terdeteksi di Windows Explorer dan bisa digunakan kembali. Semoga tips ini bermanfaat dan membantu ketika mengalami hal sama.

59 Comments

  1. kalau saya juga pernah mas ebta,
    tapi ternyata karena Win 7 di DELL Vostro konflik dengan Sandisk U3 software disk managementnya bawaan Flashdisk Sandisk Cruzer.
    karena saya coba di Win 7 ASUS 1215P ngga masalah.
    penyelesaian yang saya lakukan dengan uninstall dan remove Sandisk U3 dari flash disk dan dari DELL Vostro. (di flashdisknya hanya bisa dilakukan di kompuuter lain. kalau dari Dell Vostro-nya ngga bisa terus)

  2. Misi mas mau tanya

    klo si flashdisk pas di format selalu muncul notif windows was unable to complete the format?

    itu cara mengatasinya bagaimana ya mas?

    thks

  3. kalau gadget (tablet android) mau dihubungkan ke laptop untuk tethering (share phone mobile data connection dgn USB) tapi mau diaktifkan tidak bisa karena di indikatornya USB not connected padahal sudah terhubung via USB, di my computer tidak ada drive baru terdeteksi, di device manager juga gak ada tanda peringatan, itu kira² kenapa ya mas Ebta? apa langkah² di atas juga bisa digunakan memperbaiki tablet yg tidak dpt terkoneksi ke laptop lewat usb? karena kan contohnya USB flashdisk ke laptop dgn OS Windows 7, sedangkan masalah saya kan tablet vfike laptop dgn OS masih Windows XP.

  4. Assalamualaikum mas Ebta..mau tanya ttg flashdisk,sy punya flashdisk Kingston 4GB (baru) & suka copas (save as) artikel2 internet via flashdisk nah ketika flashdisk sy pindah kekomputerku kok isi downloadq ga terdeteksi? Pdhl ada folder & malah tdk ada hsil copasan tsb…lalu kucoba pindah ke komputer lain sama saja…pdhl diliat dari propertiesnya sampai 1GB pdhl isi folder kosong melompong…kira2 knapa&solusinya gmn?

  5. berhasil mas.. atur nhuhn.. kalo ane ada di device manager (ada sama merknya..) tapi pas di exlpoler ga ada.. pas nyoba nih tutor berhasil juga.. tapi berengsek lu gan file keformat kabeh.. :( but im happy.. :) thanks..

  6. mas ini sama gk kaya harddisk ext
    kasus saya di explorer gk kebaca di disk management jg gk kebaca mas tapi di device and printer kebaca itu gimana ya??

  7. kalau gak kebaca apapun ,gk ada kaya remofable disk ,tuilsan gitunya gk ada,cara adainnya gimana??

  8. Kalo flashdisk tiba tiba berubah sizenya jadi 0 kilobyte, itu kenapa ya mas? Flashdisk kingstone 16GB

  9. gan, FD ane Kingston 16 GB. waktu ane colokin ke PC sizenya berubah jadi 0 kb,,Lalu ikon FDnya berubah jadi seperti icon hiddden file.
    gimana solusinya?

  10. Kalau diflashdisk saya, setiap dicolok ada perintah diformat tetapi proses format gagal, kira-kira kenapa ya

  11. trimakasih atas artikel yang berjudul “Mengatasi USB Flashdisk tidak terdeteksi di Windows”
    flasdisk saya juga biasanya error , tapi sekarang saya tau bagaimana cara mengatasinya :)

  12. waw thanx bro… bisa deteksi lagi Flasdisknya, saya kira tadinya rusak ternyata nggak..

  13. udah dicobain semua…terdeteksi tapi minta di format ….
    ada solusi lain nggak ya?

  14. Sukses akhirnya… horeeeeeeeeee… makasih banyak

  15. kenafa isi dalam flasdisk nya gak ada padahal udah ke baca tolong petunjuk nya gan

  16. Semua prosedur udah saya jalanin, tapi pas saya klik “Change Drive Letter and Path” malah gabisa/error, NoteBook nya udah saya restart, tapi masih gabisa/error. Terus gimana solusinya?

  17. Semua prosedur udah saya jalanin, tapi pas saya klik “Change Drive Letter and Path” , malah failed/error, sebelumnya sudah saya restart, tapi masih failed/ error. Gimana solusinya?

  18. Gimanaa ini,,sya kok gak bisa,,?? Waktu di coba’ malah Partisinya nambah satu
    Dri partisi (C),(D),(E),,
    malah nambah jadi 4 partisi (F),,??

  19. gan komputer saya tidak bisa menginstal flashdisk baru,menginstal printer pun tidak bisa.tetapi kalo saya colokkan flasdish yang lama bisa saja.kira” kenapa y gan ?
    mohon bantuan nya gan

  20. bagaimana kalau sdh semua, dan ada baca an “healty system” tapi masih tak terdeteksi. yg rusak apanya? dan harus bagaimana?

  21. tetep kaga bisa gan (laptop ane gak suport ama flashdisk model lama aja) tolong pencerahan

Comments are closed.