105

USB Flash drive (Flashdisk) tiba-tiba tidak terdeteksi/error

Info gambar

Baru saja USB Flashdisk saya yang berukuran 2 GB yang tiba-tiba tidak terdeteksi, di Windows Explorer hanya mendeteksi Removable Drive, ketika mencoba di buka hanya muncul pesan bahwa kita diminta memasukkan Disk ke drive tersebut atau muncul pesan Please insert a disk into drive M:, padahal Flashdisk sudah terpasang.

Kaget juga melihat hal itu, mengingat sebelumnya sepertinya tidak di lepas secara paksa. Hanya saja memang dipakai untuk mengcopy file dari 2 keping CD ke laptop teman.


Langsung saja saya mencoba untuk memeriksa Flashdisk tersebut, karena berisi data-data yang cukup banyak, dan sebagian cukup penting. Berikut langkah-langkah yang saya coba dan biasanya bisa memecahkan masalah tersebut.

1. Di coba di komputer / port USB lain

Kadang masalah seperti ini hanya terjadi di komputer kita sendiri saja, sehingga perlu dicoba di komputer lain. Karena disini ada satu komputer dan laptop teman, maka langsung saya coba disana, tetapi hasilnya nihil, tetap saja hanya mendeteksi sebagai Removable Drive, begitu dibuka hanya muncul pesan seperti diatas. Begitu juga ketika di pasang di port USB lainnya.

2. Format di windows Explorer

Sebenarnya tidak ingin di format, karena khawatir dengan data yang berada di dalamnya. Tetapi karena di beberapa komputer juga tidak terdeteksi dan Alhamdulillah sebagian data masih tersimpan juga di hardisk, saya mencoba memformat dengan format standard Windows. hasilnya masih sama, belum juga berhasil.

3. Menggunakan HP USB Disk Storage Format Tool

Dua langkah sebelumnya tidak berhasil, maka langsung saja membuka browser dan mencari informasi melalui google. Di beberapa tempat membaca bahwa sebagian orang bisa mengatasi masalah seperti ini dengan menggunakan software gratis ini, HP USB Disk Storage Format Tool. Meski di design khusus untuk USB HP, tetapi ini juga bisa digunakan untuk lainnya.

Setelah saya coba, malah software-nya yang tidak mendeteksi adanya Flashdisk, sehingga cara ini tidak berhasil. Jika ingin bisa mencoba Download HP USB Format tools ( 1.98 MB) selengkapnya bisa dibaca di PCWorld

4. Mencoba dengan Ubuntu Linux 8.10

Cara berikutnya saya mencoba dengan memasang Flashdisk di sistem operasi Linux Ubuntu 8.10. Dengan CD ini kita bisa menjalankan Ubuntu langsung dari CD ( tanpa menginstall di Hardisk).

Begitu masuk ke Ubuntu, memang mendeteksi adanya Flahsdisk, tetapi disertai dengan tanda ada yang tidak beres. Dan memang, ketika mencoba membuka-nya tidak ada respond apa-apa, bahkan ketika mencoba memformat juga tidak bisa.

5. Melalui Disk Management

Kembali ke windows, mencoba mencari informasi lagi melalui internet, mendapatkan informasi untuk format melalui disk Management ( Klik kanan My Computer > Manage dan di pilih Disk Management). Ini pun tidak membuahkan hasil, lalu cara lain lagi ( masih melalui Disk Management ) dengan mengganti Drive letter Flashdisk, yang semula M: diganti yang lain. Di Forum tersebut banyak pemilik flashdisk yang menuliskan bahwa cara ini berhasil.

Maka saya mencobanya, dengan klik kanan Drive M: ( flashdisk saya), kemudian pilih menu Change Drive Letter and Path for M: saya coba dengan drive X. setelah itu windows sempat muncul pesan Disk Error, tetapi drive bisa berganti menjadi X:, kemudian saya coba membukanya. Cara ini pun masih belum berhasil.

6. Memanfaatkan Garansi Flashdisk

Karena berbagai cara sebelumnya tidak membuahkan hasil, akhirnya saya coba cari Nota pembelian Flashdisk ini. Disana tertulis garansi Lifetime, jadi akhirnya saya putuskan mengembalikan ke toko-nya, berharap bisa langsung di ganti baru.

Ternyata toko tidak mengganti langsung, tetapi dikirim ke perusahaan pembuatnya, yang baru libur dan baru diproses awal Januari. Memang katanya akan diganti baru, tetapi baru sekitar petengahan Januari. Sepertinya tidak ada pilihan lain yang lebih baik, sehingga saya setuju saja.

Sebenarnya masih ada cara lain, seperti di format dengan software bawaan flashdisk jika ada, meskipun kemungkinan berhasil juga kecil jika berbagai langkah diatas tidak berhasil.

Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat bagi yang membaca, dan memang kita sebaiknya tidak mengandalkan penyimpanan hanya di flashdisk untuk data-data sangat penting, karena bisa saja tiba-tiba flashdisk rusak atau mati.

105 Comments

  1. sumpah nasib bang Ebta sama dengan saya….

    merk flashdisknya Kings*** yang 2Gb juga!

    udah dicoba sono-sini tetep aja ga’ bisa.. akhirnya memutuskan u/ mengembalikan ke toko-nya… dia bilang mo di check dulu…
    tapi setelah seminggu pihak toko nelp & bilang flashdisknya di ganti dengan yang baru (karena masih garansi ga tau kalo dah lewat garansi).. yo wis aq ambil deh (tapi data ga balik).

    aku coba googling ternyata memang merk tsb banyak masalah….
    akhirnya aq memutuskan dengan berat hati u/ tidak membeli dengan merk yang sama….

    http://dhawi1986.wordpress.com

  2. Iya dulu saya juga pernah mengalami kejadian serupa tetapi masalahnya dengan MMC. Dicoba pada komputer manapun tetap ng bs dibuka.

    Saya juga mau tanya, kl pada perangkat USB seperti UFD atau printer sering ada informasi “…not recognized”, kira2 kenapa ya?

    http://infini3.co.cc

  3. Biasanya jika flashdisk saya tidak terdeteksi oleh komputer saya mencoba dengan langkah berikut:
    klik kanan my computer -> Properties -> Hardware -> Device Manager -> klik pada Universal Serial Bus Controller -> klik Icon scan for hardware change.

    biasanya setelah langkah-langkah diatas saya jalankan sudah bisa terdeteksi.

    semoga bermanfaat dan berhasil

  4. saya juga pernah mengalami hal sama,saya coba dengan cara me-restart komputer dan berhasil.

  5. @imcw
    Memang bisa jadi seperti itu..

    @Muwahhidin Firdaus
    Iya sama, hanya merknya yang beda..

    @infini3
    bisa jadi karena kabelnya kepanjangan, atau arus di port tersebut kurang..

    @aaheroe
    Langkah kedua sudah beres ya..

    @dhanie89
    Iya, lupa saya tuliskan, kemarin juga sudah mencoba langkah itu, masih sama saja..

    @ Fikrul Setiawan
    Semoga bermanfaat..

    @wargi09
    saya juga sudah mencoba restart komputer, masih tetap tidak bisa

    @sofyan
    Iya, mungkin memang seperti itu..

  6. Begitulah, namanya barang. Ada saatnya harus di ganti. Aku sudah punya 2 flashdisk yang mempunyai problem yang sama. Anehnya kadang bisa ke detect sama komputer. Tapi setelah beberapa jam nangkring di komputer hilang lagi.

    Menurutku solusinya beli flashdisk yang baru lagi. Toh sekarang harga flashdisk dah pada murah. 120rb dapet 4 gb. Lumayan buat nyimpen data

  7. Wah sama donk,, minggu lalu flash disk saya juga seperti itu. setelah berbagai cara akhirnya saya ambil cara cepat yaitu beli FD yang baru :) 120 rbu ga dapet 4 Gb cuma 1 Gb. Merk Sandisk Cruzer.

  8. Wah kena tipu kau… Emang rumah mu di mana?
    Tapi mungkin juga soalnya kemarin aku lihatnya di Solo pas pameran… Merknya Kingston.

  9. ana termasuk yang cukup trauma dengan flashdisk, apalagi kalau keluaran perdana/pertama. berharap dengan mmc (karena garansinya lifetime) lebih awet dan efisien. tambahan info untuk memancing flashdisk, tapi kadang2 berhasil: dengan masuk ke control panel -> add hardware (dengan flashdisk yang sudah tertancap). semoga dapat bermanfaat

  10. hm.. selama ini aq belum pernah punya masalah dengan flashdisk..

    but..

    flashdisk temen aq aneh.. flashdisk tsb “hanya” bisa dideteksi ama laptop/pc tertentu saja..

    jadi ga semua notebook/pc bisa nerima flashdisk itu..

    knapa ya?

    da yg tau? 😛

  11. Kalo Flashdik King**** cuman garansi 5 tahun, saya pakenya Ne*** lifetime warranty, sudah dipakai sekian lama masih oke, belom pernah bermasalah.

  12. Ak jg prnh. Dl cb partisi n jadi dah. Tp partisi yg depan g bs dpake.. Maklum hbs masa garansi hehe..

    Ak jg prnh. Dl cb partisi n jadi dah. Tp partisi yg depan g bs dpake.. Maklum hbs masa garansi hehe..

  13. aku pake jog###r sudah 1 tahun ga masalah. punya teman q yg merk king$$$ juga pernah kenam masalh seperti gitu. di format aja beres

  14. Kalo no 6 nggak berhasil (notanya nggak ketemu), jadilah produk baru. GANTUNGAN KUNCI…. 😀

  15. kalo pengalaman aku sih flashdisk punya dosen pernah ga ter”detect” sama sekali.emang sih kebiasaannya suka asal copot aja dari ‘kompu” ga pake safety remove dulu.aku coba format beberapa kali malah muncul pesan eror.Tiba-tiba flashdisk-nya ga sengaja jatuh ke lantai trus aku coba format sekali lagi dan alhamdulliah bisa.Pas mo dikembaliin ke dosen, katanya buat aku aja he…he….rezeki emang ga di duga-duga ya…

  16. wah, kalo aku juga pernah kayak gitu, format lewat win expl ga mau. coba lewat PE to USB dan ternyata sukses. Flashdisk bersih total ketika lihat di properties-nya.

  17. mas aku penggila gamer nech.
    gmn seh cr overclock yg baik??wkt itu aku coba ovrclok vga ku gforce 9500gt 575/800mhz.aku ovrclok jd 700/1000mhz tp kok malah2 tb2 komp ku mati sendiri/restart,apa yg slh ya??
    Mhn dijlskn hal apa sj yg prl dperhatikan agar komp ku ttp safety?!

  18. Aku kayaknya pernah mengalami hal kayak itu, aku coba pakek perintah ‘CHKDSK ‘ di commad prond, alhamdulilah bisa diatasi, tanpa kehilangan file, apa aku lagi beruntung ya…..?

  19. Kaloo Flash Disknya berubah Ukuran menjadi Lebih Besar,, Seperti Flash Disk saya 256 Mb,, Berubah Menjadi 2 Gb…Apakah Itu Komponenya atau kena Virus..??,,, Sudah diformat berkali-kali masih tetp 2 Gb tapi gak sesuai…tetp aja 256, hanya Kalo di OS Linux Gak Mau Ke Detect,, APakah Gerangannya Mass….

  20. informasi yang bermanfaat mas Ebta… baru sekali ini saya ikutan komen nih mas… :) salam sehat selalu dan semoga amal baik mas selalu mendapat balasan nya ya..

  21. Assalamu’alaikum…

    Mas Ebta, pengalaman Anda sama seperti saya. Awalnya FD saya dipinjam oleh seorang teman, itu FD saya masih normal. Setelah dikembalikan kepada saya, FD tersebut tidak terdeteksi oleh komputer walaupun ada icon Removable Disk.
    Sampai sekarang FD saya tersebut belum normal kembali. Saya akan coba langkah-langkah yang Mas Ebta kemukakan, mudah-mudahan saja langkah-langkah tersebut berhasil dan FD saya bisa normal kembali. Amin. ^_^

    Wassalamu’alaikum…

  22. Kl aku si normal2 aja slama ini make FD, mgkin perlu jg di review sebab2 FD bsa rusak, kn solusi itu dirunut dari sebabnya.
    .:: nizaar ::.

  23. Assalaamu’alaikum…….

    wah mas ebta masih mending masih ada peringatan “Please insert a disk into drive M”. flash disk adik saya malah gak bisa di deteksi oleh windows.
    Nah, saya punya 2 flash disk merk CRYPTONIX. sejak saya beli 3 tahun lalu, tidak pernah bermasalah. Coba beli flash disk merk CRYPTONIX, insya Allah aman (he.. he.. promosi)

  24. af1 mau nanya, PXE itu apa y? termasuk komponen dalam windows or hard disk? mohon penjelasannya mengenai PXE….
    jazakallah khoir

  25. Waah..,Q jg pernah alami yg kyk gni.Tp parahnya merk FlashDisknya Q lupa.Abisz emang dah udzur sih…. Tp ada cara buat tau merknya gak ya!!!??

  26. kal9 di windows saya,tinggal klik kanan, open as portable media device, biasanya sih bisa…

  27. @ridwan (#10)
    Mungkin tidak hanya masalah ganti baru, tetapi juga mungkin data-datanya juga

    @Dewi
    memang sering terjadi seperti ini

    @elha
    Terimakasih atas tambahan informasinya..

    @Heryan Tony
    Iya mungkin, padahal baru 6 bulan

    @Arief Maulana
    Oh ya, jika ada link 2 atau lebih, komentar akan otomatis masuk (dianggap) spam..

    @fathur
    wah mungkin flashdisknya tidak mengikuti aturan standard USB device..

    @Wirya
    Iya tidak semua bisa awet seperti itu..

    @18
    ya, sepertinya flashdisk memang bukan untuk di partisi

    @ardi
    Ya lumayan.. daripada jadi sampah :)

    @gun
    Rejeki yang harus disyukuri.. :)

  28. @gamer maniak
    overclocknya terlalu tinggi, biasanya overclock itu secara bertahap, misal dengan menambah 10 MHz dan diuji dulu, jika tahan dan berhasil bsia ditambah dan mungkin hanya sampai 10%-nya. Tetapi overclock beresiko Mati atau tidak ada garansi lagi

    @Paijo
    Mungkin itu masih ringan permasalahannya

    @POO
    coba format dengan tool diatas HP format tool

    @Hanafi
    terimakasih mas, ikut meramaikan blog ini, jazakallah khoir

    @Cahyana Putra
    wa’alaikumsalaam.
    semoga bisa berhasil.. komentar teman-teman mungkin perlu dicoba juga

    @nizaar
    Iya benar, usulan yang menarik

    @iim
    wa’alaikumsalaam..
    Iya flashdisk saya sebelumnya juga tidak bermasalah dengan ini meski merknya juga sama, hanya saja masalahnya ketika dipinjam teman malah hilang.. hehe

    @ana
    saya kurang tahu dengan hal itu, dulu pernah melihat ketika booting di komputer server..

    @Dhidi
    kalau masih bisa detek, mungkin masih bisa

    @bobbyc
    iya, mungkin itu bukan rusak di fisiknya, hanya software..

  29. Ngga bsa ngucapin apa2 lg selain THANK’S..bnyk banget yg gw dapet dr sodara EBTA..smoga menjadi amal ibadah yg sllu bermanfaat bagi org lain..Amin..

  30. Masss Mana Solusinya Nie yang Pasti Masa Ia segala ada pemamfaatan Garansi segala….!!!!!

  31. Pingback: USB « Hallajboy’s Blog
  32. Assalamua’laikum….

    Baru di akhir bulan Nov, FD Nexus 2 GB Saya rusak. Mungkin karna dipaksa di cabut langsung dari kmptr, itu juga di safty ga mau”.

    Mudah”an Saya ngikutin Cara yg disebut di atas bisa teratasi…. ^^

  33. Pingback: Ganti Partition Magic dengan Free Easeus Partition Manager | Informasi dan Teknologi
  34. Pingback: Memperbaiki Hard disk yang terkena Bad Sector | Informasi dan Teknologi
  35. USB saya itu tiba-tiba komputer tidak meresponnya lalu volume disknya jadi 0 bytes, gimana solusinya??

  36. saya juga begitu kang,sudah FD gak bisa dipakai end data juga lenyap. Tapi aku sarankan pakai HD eksternal, mudah dibawa-bawa
    dan terjangkau lagi, kapasitas besar juga, seperti punya saya skr, OK

  37. sudah coba format dari “Command Prompt”?sy bbrp kali juga ada kasus spt mas ebta dan memang tidak mau diformat dr windows ttp stlh format via command prompt Alhamdulillah lancar…atau memang FD-nya trouble.Mdh2an cepat dpt gantinya ya.

  38. @utha
    sama-sama terimakasih..

    @David
    Garansi alternatif terakhir jika berbagai cara tidak berhasil juga..

    @Chairul
    Wa’alaikumsalaam..
    Jangan lupa baca komentar-komentar pengunjung, karena sebagian juga ada informasi dan pengalaman lainnya

    @rudy
    Iya, boleh kok fanatik dg flashdisk, asal tidak memaksakan ke orang lain.. :)

    @brian
    coba langkah seperti diatas..

    @harry
    Iya, mungkin memang lebih handal. Tetapi pernah pengalaman, punya kakak saya dulu tidak tahan lama dan rusak, padahal datanya cukup besar..

    @asep
    Iya itu juga salah satu solusi yang bisa dicoba..

  39. Duhh… mas Ebta ini… Tiwas saya baca pelan pelan dari atas… kok akhirnya ngga happy ending alias mentok ke garansi gitu…..

    Gini, saya sering alami itu karena saya suka beli flash disk murahan yang bentuknya bagus bagus, kalo udah error, (gak mau baca, gak terdetek dll,) saya masukkin ke frezer 1 malam dengan dibungkus plastik terlebih dahulu… 90 % berhasil deh. Saya tau ini, karena setelah saya buka isi flash disk, ternyata rentan uap air, entah karena sering di kantongin di sebelah si “anu” yang panas, atopun di simpen di tempat terpencil lainnya…

    Coba aja deh sapa tau berhasil..namanya juga blog, alias tempat sharing Mas.. tengkiyuuu…

  40. mas ebta, aku nginstall game, ternyata setelah finish install, terdeteksi virus oleh Resident shield(AVG 8.0), virus itu adalah file yang ber-extension .exe(file untuk menjalankan game tsb), gimana caranya ya supaya virusnya bisa dihilangkan dari file .exe itu? apa emang udah ga bisa diperbaiki lg file itu? sebab stelah aku install ulang, hasilnya tetep sama selalu terdeteksi virus..tolong aku mas, aku suka game itu…

  41. hm… akuw jg pernah seperti itu… FD (tepatnya MP3 Player)…
    di coba di kompi manapun tetap saja ERROR… (masalah tegangan listrik kaya’nya/ cabut paksa).. mungkin.. (sampai saat ini masih bertanya2..)

  42. @Nuvan
    hehe :)
    Itulah, kadang tidak semua akan berakhir heppy ending, saya menulis ini karena itu memang kejadian yang sebenarnya..

    Wah tips baru lagi.. ( tapi sebabnya gitu ya.. :) )

    @kikikerenz
    jika punya tips lainnya bisa ditambahkan juga..
    Bisa jadi memang terinfeksi virus, atau itu hanya salah detek oleh AVG.. perlu dicek mengenai naa virus-nya juga dan karakteristiknya..

    @dzyemtri
    Iya hal seperti itu memang sering terjadi

  43. Assalamu’alaikum..
    Lagi pertama ngoment ni,,baguz juga nih mas tips-tipsnya. salut deh!
    mas-mas n mbak-mbak semua, mau tanya,,FDku 4gb tapi kok tiba-tiba datanya jadi gede-gede ya? folder-foldernya di properties jadi ukuran ratusan gb.(kalo beneran jadi segitu sih seneng! hehe..) kira-kira karena apa ya? n gimana ngatasinnya?
    thx b4

  44. fd king…. yang hitam to reforbis kata temenku
    jd klo beli fd yg putih
    ato vand… wah promo nih

  45. mas law mau download driver mainboard asus P4S533 GRATIS ALAMAT NYA DIMANA? COZ DRIVER MAINBOARD KU ILANG

  46. MAS EBTA WIN98 BISA DI PERMAK TAMPILANNYA JADI XP? CARANYA GIMANA? TERIMAKASIH SEBELUMNYA
    MAAF SELALU MEREPOTKAN MAS

  47. lam kenal…!!!

    ko sama y k,flash disk cha jg gag terdeteksi br sktr 4 blnn di pake,ad cara yg laen lg gag kak tuk terdeteksi.
    qlo Q pake cr garansi gag mungkin bgt secara Q membelinya di luar derah Q.

    mksh sebelumnya

  48. salam kenal mas…
    mas mau nanya nih,koq komputer saya malah gag bisa membaca tiap ufd ya mas?tiap saya colok ufd ada pesan eror “notificationtip.exe”.padahal OS nya bukan bajakan mas, mohon pencerahannya ya mas??trimakasih sebelumnya!!

  49. Mas Ebta,usb port saya ngga bisa baca data dr usb flashdisk sama skali, trus sy pasanga wifi adapter jg messagenya unkonown device…no driver installed,tp yang anehnya klo sy pasang u keyboard & mouse kok msh jalan ya.Barusan windows XPnya sy instal ulang lg, tetap ngga bisa baca jg usb portnya,apa yg salah ya kira2?ato memang usb portnya yg rusak?sy cari software driver usb jg ngga ketemu,apa drivernya barengan dg cd utk install motherboard? Trims jawabannya ya

  50. mas ini sebenernya sih bukan UFD, tapi micro SD, kadang2 keluar tulisan cannot copy “nama file” because I/O bla..bla.. error…

    lah, bingung sy, coba pindahin port pake yg 1 lagi (pake kabel sambungan soalnya USB sy adanya dibelakang) eh malah gak nyambung, sy coba langsung tancep gak pk kabel sambungan eh bisa, apa pengaruh dari kabel ya mas, terus gak semua file mas kayak gini cmn beberapa file doang, waktu itu sy pake buat transfer dr komputer ke micro sd, padahal file itu waktu sy pindahin dari micro sd ke komputer bisa.

    satu lagi kalo misalkan sy format biasanya format micro sd buat hp No**ia formatnya apa mas FAT apa FAT32, kelebihan dan kekurangannya apa ya mas antara FAT sm FAT32, ma’af ya mas banyak tanya…

  51. Aq jg prnh ngalamin,dr saran tmen n browsing aq dpt bbrp tips;
    1.Klik kanan RemovableDisk(RD) di explorer>tab hardware>plh usb anda>tekan properties>tab policies>plh optimize for quick removal atau optimize for performance.saran sy plh yg ke2 untk mnjg performance,tp opsi ini wajib safely remove.
    2.bl RD tdk dpt safely remove,mgkn ada virus d komptr.lbh baik shutdown komptr drpd RD dcabut paksa.
    3.jgn mngkopy bxk file sekaligus ke FD,bl lbh dr 1GB lbh baik mggunakan DVDRW ato HD ekstrnal.
    4.jgn pernah mginstal software dr FD,mis;office,lbh baik copy dlu ke HD br instal.Kcuali HDexternal.
    5.jgn jg sring putar lagu &video dr FD di komptr.kcuali HDext.
    6.untk mghindari malfunction,jaga RD anda dr overheat.savely remv bl terlalu lm tercolok.
    7.bl file tdk terbc atau minta format,coba gnkn tool ‘disk doctor’ dr tuneUp.
    Mdh2an bermanfaat..

  52. @anggi
    jika belum di install driver motherboard atau chipsetnya, coba di install

    @flying_pixie
    memang dengan kabel bisa tidak terdeteksi karena arus listrik kurang kuat mungkin. Kalau FAT32 mendukung ukuran yang lebih besar..

    @Ilham
    terimakash masukan dan tipsnya, semoga bisa bermanfaat..

  53. kemaren sdh sy install driver motherboardnya,usbnya bisa baca data (sampai sore kompinya ngga sy matiin), hari ini pas sy nyalain pagi2 kompinya ngadat lg ngga mau baca dg message yg sama:unknown device di usb port..sy ulang lg install driver motherboard tetap ngga mau,kemungkinan kena virus ngga ya?sy udah scan sama mcafee virus scan,avira,bit defender,pcmav,tp tetap ngga ada perubahan,kira-kira apa yg salah ya?

  54. @anggi
    bisa juga terkena virus,..
    apa ketika install ulang driver yang lama di remove dulu ?
    jika tidak coba di remove dulu yg lama

  55. Aku Dulu juga pernah ngalamain hal yang sama, waktu itu flashdisk q, ikut ke format waktu instal ulang OS q, udah q coba berbagai cara ga ada hasilnya, tapi akhirnya sukses dengan pake OS Win 98, jangan liat jadulnya bro, tp liat kemampuanya nanganin flashdisk yg udah blank 100%, dijamin deh, karena Win 98 punya file system flashdisk yg hilang,met mencoba. good luck!

  56. MAS SAYA PUNYA MASALH NIH. kemarin saya diminta untuk memperbaiki komputer temen yg terkena virus. tapi udah parah banget sampai systemnya error dan harus diinstal ulang karena udah ga bisa masuk ke windows. setelah diinstal ulang permasalahan baru muncul. saya masukin fd ke usb terdeteksi dengan baik seperti normal tapi setelah di check ternyata file yg ada di dalam fd tidak bisa terbaca, tidak bisa dicopi, tdk bisa di remove dsb. tapi iconnya ada. lalu saya coba fd tsb dkomputer lain teryata masih bisa dan normal dan itu terjadi pada beberapa fd yg normal. apa mas ebta tau cara untuk mengatasinya. mohon bantuannya mas thnks

  57. @wa2n_virgo
    terimakasih infornya…

    @GIA
    apakah sebelum dipasang FD sudah dipastikan bebas virus ?
    atau mungkin di flashdisk ada file yg tersembunyi ?

  58. Pingback: USB Flash drive (Flashdisk) tiba-tiba tidak terdeteksi/error « Yosua1987’s Weblog
  59. aku pernah ngalamin kejadian seperti itu (merk flashdisknya sih Kingston),solusinya sih dibalikin ke toko tersebut(bergaransi karna baru dua hari aku membelinya), terus seminggu kemudian flashdisknya dah sembuh(‘dengan catatan ganti onggkos kirim Rp20.000) . tapi itu hanya bertahan 2 bulan.terus aku tanya lagi ketokonya garansinya dah habis.jadi sampah deh.. …merk yang jelek ya?????!!!!!!!!!

  60. mas mo tanya neh
    mmc hp saya kog gak terdetek ya waktu saya colokkin ke komp? dah dicoba ke komp2 yang lain gak bisa juga mas. mohon bantuannya ya mas…

  61. @mgpro
    wah berarti garansi hanya satu kali ya…

    @nanda
    jika sama sekali tidak ada informasi / drive yg tampil, bisa jadi karena memang rusak..

  62. tapi mas waktu saya pasang ke hp mmc nya masuk dan semua datanya bisa ke baca.

    jadi gimana dunk mas? ditunggu ya mas jawabannya….

  63. @nanda
    Mungkin perlu dicoba juga dikomputer lainnya, untuk mengetahui komputernya yang bermasalah atau card readernya..

  64. udah saya coba di komp2 yang lain tetep gak bisa ke baca juga. kalo card raider mungkin gak ada masalah coz temen saya aja pake card raider yang sama bisa ke baca mmc punya dia.. saya pernah denger, katanya pake perintah di cmd, tapi saya lupa perintah2nya. kalo mas tau kabari saya ya mas…..

  65. to nanda :
    #
    74
    nanda Says:
    February 18th, 2009 at 9:17 am

    udah saya coba di komp2 yang lain tetep gak bisa ke baca juga. kalo card raider mungkin gak ada masalah coz temen saya aja pake card raider yang sama bisa ke baca mmc punya dia.. saya pernah denger, katanya pake perintah di cmd, tapi saya lupa perintah2nya. kalo mas tau kabari saya ya mas…..

    coba ingat apakah memory cardnya, (contoh pada hape nokia : peralatan->memory->pilihan->pengaturan sandi) pengaturan sandinya diaktifkan apa gak ?, kalau ya hapus dulu sandinya baru bisa kebaca di komp.

    karena kalo diaktifkan memorycardnya dienkripsi jadi gak bisa kebaca sama komputer, gtu lo.. 😀

  66. Aq dl jg prnh nglamin ksus fd g trdetek ky’gtu,wah g bsa d byngkn deh gmn sdihx.cz it kn fd ksayangn q,yg mmbuat aq jd smngat bljar komp.cz aq dl sngt bnci yg nmx pljran TI.n q sring blos sklah pas pljrn itu.tp stlh pny fd q g lg kyk gt.

  67. Lnjutan commentq yg td.oy untngx stlh fd q tak bw ke kntor dsa tmpt tngglq n olh mas wandi,tknisi komp.d kntor tsb.fd q d cbax u/ d clokan k komp.(tp t2p jg eror)tp stlh komp.x d restart lg olh dy,alhmdllh fd q bs trdetek+bs d gnkn d komp mnpun.smpk skrg

  68. EMANK TUH FD MERK KING****N PARAH BGT… AKU UDAH 2FB KAPASITAS 2GB RUSAK SEPERTI DIATAS… SAYA DENGER2 DR TEMAN SICH, FD TERSEBUT MENGGUNAKAN MEMORY YG TDK BERKUALITAS….

  69. assalm,

    mas Q mw tanya

    di rumah fd ku ke deteksi komputer and file2 nya tuh kelihatan g ke hidden lah…

    tp kalaw di komputer temen/warnet kedeteksi sih iya tapi file2 nya ga kliatan udah di show hidden file msh g nongol2 juga dah ku search juga ga da data yg di temuin

    gmana nih mas
    mohon bantuanya….

  70. @WD’flashdisk
    wa’alaikumsalaam
    Bisa jadi itu karena pengaturan di komputer memang di set seperti itu, setiap ingin ditampilkan, settingnya di kembalikan lagi. Biasanya proteksi di warnet..

  71. klo saya biasanya saya ganti keport usb lain. Biasanya yg bermslah bagian depan casing. Coba aja yg port usb belakang,biasanya bisa.

  72. mau tanya juga leh ia maz ebta?
    q tanya dunk flashdisku juga eror maz..
    keluhannya sm ky artikelx maz, cuma klo flashdiskQ ge nginstal driver ditengah2 proses instalannya keluar kotak dialog judulnya winamp.exe yg isinya: “There is no disk in the drive. Please insert a disk into drive DeviceHarddisk1DR4”. Tu np ia maz? pa fdku kena viruz iah?
    ruz gmn benainnya?
    mohon bantuannya ia maz.. cuz umurnya ru 3bulan.. garansix da ilang maz..

  73. @Li2NDz
    sepertinya winamp mencoba mengakses drive tersebut. Coba matikan saja proses winamp, task manager, tab processes, dan dicari winamp..

  74. ass

    oia klo blh tau nm software bwt ngliat flashdisk yng udh error / kepanasan pas wkt msk ke port USB!!!

    mslhnya flashdisk sy enggk terditek ke komputer

  75. @sapta
    kalau deteksi suhu sepertinya tidak ada (sebagian FD tidak ada sensir suhunya setahu saya)..
    termasuk deteksi kerusakan, jika dipasang berkali-kali termasuk di komputer lain tidak bisa, kemungkinan sudah rusak

  76. Wah 2 hari bingung USB malfuntion.. gak bisa ngapa2 data ada di flasdisk semua.. sudah coba sana sini gak berhasil. BIsa tolongin.. kayaknya kena virus gmn cara atasinya?? help3

  77. q bru aj bli fd 2gb kingston,q bka d komputerq sendiri bisa,tp koq d komputer laen g kliatan isinya,gmn crnya?

  78. Pingback: HARDWARE « Rahayuwidiningsih’s Blog
  79. apakah kecepatan transfer setiap flashdisk tu berbeda atau tidak????

  80. wah,isinya cuma orang komentar ja…………

    gak da jalan keluarnya…..

    aku itu butuh drivernya bukan baca komentar,mangnya klu aku baca komentarnya flash ku langsung idup lagi pa????
    mana drivernya jangan cuama ngomong ja gak bukatinya……

    yang penting enggak di lem biru ja (lempar beli yang baru)

    isane mung nggambleh tok…..

  81. @Kahono
    kalau memang kena virus, seharusnya dibuka di komputer yang tidak terkena virus dan yang fitur autorun windows dimatikan harusnya bisa dibuka. tetapi jika tidak kemungkinan memang rusak FDnya

    @aga
    belum pernah mengalami hal seperti itu…

    @hilal
    Iya berbeda, mencakup baca tulis dan juga akses time-nya

    @dark
    FD seharusnya tidak memerlukan driver, kecuali menggunakan Windows 98 atau Windows 95…
    Dan lagi artikel ini tidak membahas driver, sebaiknya dibaca dengan baik dulu sebelum komentar seperti itu..

  82. daeng mo tx mas, kl harddis penuh padahal file yang ada di dalam x baru ada 3/4 kl di baca dari semua file propertis

  83. kalau ada data penting sebaiknya jangan coba2, bs nanti flash rom nya malah kebakar, kalau di tempat kami yg penting flash room nya baik data pasti keluar

  84. gw pernah ngalamin kaya gini drive usb ga kedeteksi di format pake HP USB disk malah error.

    solusinya pake acronis disk director

  85. kasus pada Kingston 2 gb

    di acronis klik kanan usb drive pilih advanced trus change letter insya Allah USB kembali terdeteksi

  86. klo usb flash disk punya temanku transcend JF V33/ 8GB punya masalah terdeteksi oleh komputer tapi tidak bisa diformat dan muncul pesan ” The disk is write-protected”.. Ada yg tau gimana cara betulinnya??

  87. Mas ebta aku da pake software download HP itu tapi ga bisa…

    device : skymedi xxx
    system : fat
    volume label : wilda

    > start > There is no media in the specified device

    itu kenapa?? mohon sarannya kirim ke :

    wildachuz@gmail.com secepatnya.. penting banget!!!

  88. mas,saya juga pke FD Newman 4GB.Saya mengalami hal sama mas ebta.tidak terdeteksi di PC dAn Lampu nyala.cz,berabe saya tagih garansi,stelah nunggu 1bln lmanya akhirnya FD Normal lagi..
    tetapi kebahagiaan hanya berlangsung 2 minggu,setelah itu FD mengalami hal yang sama..
    saya garansikan lagi,mlahan nunggu 3bln,,
    zzSZttt..????
    mpe sekarang belum alhasil,brang blik pa kgak..
    hehe
    Punya Referensi Produk FD yang awet dan tahan lama nan Murah meriah…^_^

  89. mas,saya juga pke FD Newman 4GB.Saya mengalami hal sama mas ebta.tidak terdeteksi di PC dAn Lampu nyala.cz,berabe saya tagih garansi,stelah nunggu 1bln lmanya akhirnya FD Normal lagi..
    tetapi kebahagiaan hanya berlangsung 2 minggu,setelah itu FD mengalami hal yang sama..
    saya garansikan lagi,mlahan nunggu 3bln,,
    zzSZttt..????
    mpe sekarang belum alhasil,brang blik pa kgak..
    hehe
    Punya Referensi Produk FD yang awet dan tahan lama nan Murah meriah…^_^

  90. mas ebta help me,adik q punya FD 4 gb.ya begitu tadi setiap dicolokin ke komp.tu si fd kadang kedetek kadang USB device not recognizedn kadang pas kedetek tu lampunya nyala kadang tidak,padahal gak knapa2,juga gak pernah jatuh,n cara melepasnya ya udah benar pakai safely gitu.help me mas,gimana cara mengatasai fd yang USB device not recognized gitu mas biar normal lagi?thanks,Allah yang membalas kebaikan mas.

  91. wah mas rusak neh flash disk saya rusak hari ini mlm tgl 19 nov baru dibawa warnet dicoba di rmh error wah gimana ya mas kalau flsh kena air pengaruh gak mas balas mas sangat butuh aku

  92. mas problemnya sama punyaku, selalu removable disk dan tidak bisa diapa2kan ..,

    mungkin ada tip lain untuk meNormalkan lagi ..

    kirim lewa email saja mas di ”

    robby_outsider@yahoo.com

Comments are closed.