43

Bagaimana mengatur BIOS agar Komputer Booting dari USB Flashdisk ?

Sebelumnya saya beberapa kali mengulas cara membuat bootable CD dan USB Flashdisk. Salah satunya ketika menulis tentang membuat installasi windows 7/vista dari USB Flashdisk. Tetapi mungkin sebagian kita belum tahu bagaimana cara mengatur agar komputer bisa booting dari Flashdisk. Untuk bisa booting dari USB, kita harus mengubah setting atau pengaturan BIOS, yang sebenarnya cukup mudah.

Bagi yang belum tahu apa itu BIOS, sebagai sedikit gambaran, BIOS (Basic Input/Output System) secara sederhana merupakan sebuah system di dalam Chip Motherboard yang bertugas mengenali dan menyiapkan perangkat keras/hardware komputer saat PC pertama kali dinyalakan, seperti Hardisk, Processor, VGA, Memory (RAM), DVD Rom dan lainnya. Jika semua beres maka Sistem Operasi (seperti windows,Linux) baru mulai dijalankan.

BIOS akan mendeteksi perangkat (hardware) apakah yang akan diakses pertama kali dan apakah ada sistem operasi didalamnya (biasa dikenal dengan Boot Order, Boot Priority atau sejenisnya). Ada banyak vendor BIOS yang digunakan, yang populer antara lain AMI (American Megatrends Inc.), Phoenix dan Award BIOS. Meskipun demikian, pengaturan ini pada dasarnya hampir sama.

Untuk memperjelas, berikut langkah pengaturan dengan BIOS Phoenix dan AMI, agar komputer booting pertama kali membaca USB Flashdisk:

  1. Pasang USB Flasdisk yang berisi sistem yang akan dijalankan di komputer (PC) atau laptop
  2. Hidupkan komputer jika belum menyala, jika komputer masih hidup, Restart terlebih dahulu.
  3. Ketika muncul pesan atau tulisan awal, biasanya ada informasi tekan tombol tertentu untuk masuk ke BIOS atau System Utilities. Bisa tekan beberapa kali untuk memastikan. Berikut contoh beberapa pesan yang sering muncul:
    • Press DEL to enter BIOS setup ( berarti kita tekan tombol Delete, di hampir sebagian besar PC)
    • Press F2 for System Utilities ( Berarti kita tekan tombol F2, misanya : di laptop/netbook )
    • Di beberapa PC/Laptop, mungkin dengan tombol yang berbeda, pastika untuk memeriksa pesan awal yang tampil.
  4. Setelah kita masuk ke BIOS (seperti tampilan dibawah ini), kita bisa mulai mengatur urutan proses booting.

  5. Cari Menu BOOT, jika tidak ada, cari di menu lain yang didalamnya ada keterangan seperti : Boot, Booting, Boot Order, Boot Priority dan sebagainya
  6. Jika USB Flashdisk sudah dipasang dan BIOS juga mendukung pengenalan USB, seharusnya akan tampil seperti berikut:

    Untuk BIOS tertentu, seperti misalnya AMI BIOS, hanya ada 1st Boot dan 2nd Boot, sehingga mungkin USB Flashdisk tidak akan langsung tampil di pilihan/urutan booting.



    maka perlu di cek di pilihan lain, masih di menu utama BOOT, disini adalah Hard Disk Drives. Pastikan USB Flashdisk dipindahkan di urutan pertama.

  7. Selanjutnya ubah agar Flahsdisk berada di urutan pertama di urutan booting ( biasanya ada keterangan Boot Priority Order, Boot Device Priority dan sejenisnya)

  8. Setelah selesai, lihat menu Exit dan Pilih menu Exit Saving Changes atau Save Changes and Exit
  9. Pengaturan akan tersimpan dan komputer akan restart, selanjutnya komputer pertama kali akan membaca USB Flashdisk

Jika flashdisk sudah dimasukkan tetapi tidak terdeteksi, ada beberapa kemungkinan, seperti: BIOS belum mendukung teknologi untuk mendeteksi USB sebagai media booting. Kemungkinan kedua adalah Flashdisknya mengalami kerusakan atau perlu di set agar USB Flashdisk dideteksi sebagai Hard drives, seperti contoh di atas. Untuk sebab pertama mungkin bisa diatasi dengan Update (Upgrade BIOS), bisa membaca caranya di artikel saya Bagaimana cara meng-upgrade BIOS

Di beberapa BIOS mungkin pengaturannya tidak sama persis dengan yang dicontohkan diatas, tetapi intinya sama, mengatur urutan Booting di BIOS. Jika kita tidak merlukan booting dari USB Flashdisk lagi, sebaiknya pengaturan di kembalikan ke keadaan sebelumnya (ebsoft)

43 Comments

  1. eummmmm.. pertamaxxxx kahhhh???? 😀
    (kayaknya enggak) 🙁

    nambah lagi ilmu nih… makasih mas… very super bermanfaat ni artikel…

  2. Pingback: Bagaimana mengatur BIOS agar Komputer Booting dari USB Flashdisk ?
  3. (Maaf) izin mengamankan KETIGAX dulu. Boleh, kan?!
    Ikutan membaca dengan seksama dan siap dipraktekin, Kang.
    Lama gak pernah dolan ke sini. Hehehehehe

  4. Saya msh bingung, fungsi utama/kegunaan/keuntungannya apa kalo kita booting via flashdisk…?

  5. Ass.Wr.Wb. Di lain kesempatan mohon pencerahan maz Ebta untuk reset BIOS pada laptop (tanpa mmbongkarnya). Trims ya!! Wass.Wr.Wb.

  6. Ass.Wr.Wb. @ Kredo, trims infonya. Akan sy coba, mdh2an bisa. Wass.Wr.Wb.

  7. Mas ebta, saya punya masalah untuk settingan di Boot Priority di BIOS,, pilihan untuk memindahkan device Boot Prioritynya tidak respond, sudah tekan tombol Shift+ (+) dan shift (-),, dan tombol lainnya sesuai dengan petunjuk di BIOSnya, tetapi pilihan Boot priority nya tidak berpindah,, sedangkan di menu BIOS yang lain, normal bisa di atur,, apanya yang rusak /salah ya ?

  8. saya punya laptop jadul merk a***o
    yang jadi permasalahan, laptop ini DVDnya sedang rusak dan tidak ada pilihan untuk boot dari USB Flashdisk, hanya ada dari HDD, FDD dan LAN.
    bagaimana caranya agar bisa boot dari USB FD?
    mohon pencerahannya…. dan terima kasih.

  9. Assalamu alaikum wr..wb,Langsung saja saya mau minta pencerahan nya nie..Laptop saya toshiba A 80,saya butuh software driver untuk sound card dan wifi nya,suatu saat saya ingin instal ulang,jika anda punya atau ada alamat yang gratisan mohon info nya ke e-mail saya.terimakasih sebelum nya.

  10. Mas ebta gimana cara mereset bios,yang udah di pasword masalah tmen lupa pasword…sebelumy makacih,

  11. Maaf keluar topik.
    Apakah terlalu sering memakai software portable bisa merusak komputer ?
    Thnk’s b4
    (Tujuannya biar ga terlalu banyak instalan,jadi softwarenya di bikin portable saja)

  12. Menarik infonya.. Tanya dong, kalo membuat screen shot BIOS seperti diatas gimana caranya bos?

  13. makasih mas……..
    dri kemarin aku cari gmana boot dengan flash disk….skarang ku sdah tau..makasih banyak ya mas……..
    dari aku….indra…
    AREMA…….City Of Aremania Pagelaran…..

  14. ini nih ini yang w suka. thank gan,.. tapi tau bisa to kga nich,.. w coba sekarang gan,.. thank a lot ,.. luph u all

  15. tanks berat nie… saya lagi upgrade ke 11.04 soalnya, tadi sempat bingung n karang udh ng bingung lagi.

  16. BOS KLO boting lewat cd pengaturan biosnya gmna,,,trus habis instal ap aja yg perlu di instal dri cd bawaan leptop ma komputer masing2 mohon bimbinganya kirim k”email saya aj ya dj_irvan89@yahoo.com

  17. modem huawei e220 tidak bisa membaca simcard. Mohon solusix

Comments are closed.