76

Mengenal apa itu RAM (Memory) : DDR, DDR2 dan DDR3 SDRAM

Di dalam sebuah komputer (PC) atau laptop, salah satu perangkat keras (hardware) yang sangat berperan dalam kinerja dan performa komputer adalah Memory atau RAM (Random Access Memory). Kali ini kita akan mengenal sedikit lebih dalam apa itu RAM dan mengapa kita memerlukannya, mengenal jenis RAM seperti DDR, DDR2 dan DDR3 SDRAM, serta tips jika ingin mengupgrade RAM.

Seperti namanya, RAM atau Memory merupakan perangkat untuk tempat menyimpan data yang diakses oleh Processor (CPU – Central Processing Unit). Data yang ada di RAM bisa diakses secara acak dengan kecepatan yang sama, sehingga di sebut Random (acak). Data yang tersimpan di RAM bersifat sementara, karena hanya akan ada jika ada listrik atau saat komputer menyala dan akan hilang jika komputer mati.

Data yang ada di RAM bisa diakses jauh lebih cepat daripada yang ada di hardisk, untuk DDR2 SDRAM saja bisa lebih cepat 40 sampai 100 kali dibanding akses ke hardisk, dan untuk jenis DDR3 bisa 100 sampai 300 kali lebih cepat dibanding akses ke hardisk ( sebagai gambaran, akses Hardisk SATA dalam dunia nyata sekitar 80-100 MB/s sedangkan USB 2.0 antara 10MB/s sampai 20 MB/s).

DDR, DDR2, dan DDR3

Saat ini kebanyakan komputer sudah menggunakan Memory jenis DDR3 ( sebagian lagi jenis DDR2). Sebelum tahun 2002, mungkin masih cukup banyak komputer yang menggunakan memory jenis Single Data Rate (SDR) SDRAM. Tetapi setelah itu, penggunaannya mulai digantikan oleh Double Data Rate (DDR), mulai dari DDR (DDR1), DDR2 dan sekarang yang banyak beredar adalah DDR3. DDR secara teori mampu melakukan transfer rate 2X lebih cepat daripada SDRAM.

Masing-masing jenis merupakan pengembangan dari sebelumnya dan versi terbaru umumnya mempunyai data rate yang lebih tinggi dan memerlukan daya yang lebih rendah. DDR2 secara teori mempunyai data rate 2x dengan spesifikasi yang sama dibanding DDR (DDR1). DDR3 juga mempunyai keunggulan dibanding DDR2, seperti bandwidth yang lebih tinggi, latensi yang lebih unggul, performa yang lebih tinggi pada power/daya yg lebih kecil, dan lebih bagus untuk perangkat low-power seperti laptop.

Masing-masing jenis RAM tersebut tidak saling kompatibel dan didesign dengan slot yang berbeda. Informasi lebih detail dan mendalam tentang spesifikasi masing-masing tipe ini bisa melihat informasi di wikipedia, tentang DDR, DDR2 dan DDR3

Upgrade Memory (RAM)

Penambahan Memory biasanya akan meningkatkan performa komputer secara sifnifikan ( tetapi jumlah yang terlalu besar biasanya tidak banyak berpengaruh, misalnya jika RAM sudah diatas 4 GB, biasanya peningkatan tidak akan terlihat). Sebagai contoh Windows 7 biasanya memerlukan paling tidak 2 GB memory, sehingga bagi yang kurang harus di upgrade agar mendapatkan performa yang bagus.

Untuk menambah (upgrade) RAM relatif mudah, kita tinggal mengetahui jenis RAM yang digunakan dan memeriksan apakah masih ada slot kosong untuk memasang RAM. Yang perlu diperhatikan adalah kesamaan jenis RAM, karena DDR1 tidak akan cocok dengan DDR2, dan DDR2 tidak cocok dengan DDR3. Diperlukan jenis yang sama ketika akan mengupgrade RAM.

Selain itu, satu jenis RAM biasanya mempunyai tipe yang bermacam-macam, misalnya DDR3-6400, DDR3-8500, DDR3-10600 dan lainnya ( semakin tinggi, transfer ratenya juga semakin besar). Meskipun untuk tipe yang berbeda masih kompatibel, tetapi RAM akan berjalan dengan tipe yang lebih rendah. Misalnya DDR3-10600 2 GB di gabung dengan DDR3-8500 2GB, jumlah RAM akan bertambah menjadi 4 GB, tetapi kinerja akan menyesuaikan yang terendah ( DDR3-8500 ).

Untuk mengetahui jenis RAM yang didukung, bisa melihat buku manual/petunjuk moherboard, melihat jenis slot RAM atau menggunakan software seperti Speccy. Untuk Memory notebook/laptop, sedikit berbeda ukurannya dengan RAM PC/komputer, biasanya hanya setengah RAM PC. Ketika membeli di toko komputer bisa menyebutkan dengan SO-DIMM ( small outline dual in-line memory module ). DIMM merupakan jenis slot untuk Memory.

Jumlah maksimal RAM tergantung pada Motherboard dan juga Sistem Operasi yang digunakan. Untuk sistem operasi 32-bit biasanya tidak mendukung RAM diatas 4GB, sedangkan untuk sistem 64-bit, secara teori dapat mendukung sampai 192 GB RAM (Windows 7 ultimate). Selain itu kadang jumlah maksimal juga dibatasi oleh Motherboard, misalnya hanya mendukung maksimal 16 GB RAM.

76 Comments

  1. Untuk pertama kalinya dapet kedua, thanks infony bang.. Nambh ilmu

  2. Kelima…
    Terima kasih infonya. Skalian mau nanya. Komputerku dah ada ddr2 1GB pc 5300. Mas, apa bisa kalo yg satunya saya tambah yg pc 6400? Atau slot kedua-duanya saya ganti semua dgn ddr2 tapi tipe lebih tinggi? Kira2 kompatibel nggak ya sama Mainboardnya?
    Makasih Mas sebelumnya.

  3. Thank you for the benefit information. Always giving the latest update information!

  4. Terima kasih mas infonya, sangat bermanfaat, apalagi saat ini saya sedang mendalami ilmu perakitan komputer (TKJ). Sering – sering ya mas update yg seperti ini. ^_^

  5. I’ve read that Indonesia is SMART to make software PIRACY. That’s too bad! not as my country that apply a heavy law who was performing this. If you want to have a good software you must purchase it!

  6. @Ebta
    Ijin komen ya.

    @bill gates #12
    Hi, Bill Gates
    Normally I do not like to comment, but your comment made me.
    We’re not ‘SMART enough to make software PIRACY’, but some of us may have been using pirated software. And do not turn a blind eye to it, because (maybe) they were not able to buy it, like people in your country.
    And I think you also need to know, in Indonesia, there are lot of good webmasters which start to introduce the habit to use all software (if possible) with their genuine license, or if not, a free alternative.
    So, how about you? Wanna support those good webmasters? Or just keep yelling: “buy this – buy that! Or face the law!”

    Regards.

  7. Terima kasih ya Mas atas informasi dan ilmunya. Jadi aku sekarang gak ngasal lagi klo mau upgrade RAM

  8. mksh infonya,mau tanya nih..kalau RAM berbeda merek bisa jadi masalah tidak sama komputernya? mksh

  9. mksh bnyk atas smua infony, menarik n sngat bermanfaat bnget mas, mju trus n jaya selalu

  10. ini yang mantaf..
    soalnya saya mah ga tau ape2 tentang daleman kompi..
    skarang dikit2 jadi tau

  11. ane dh lama di dunia ginian.. tp baru ngerti skrang ttg DDR dan tetek bengeknya.. makasih dah

  12. Oke mas ebta..mksh byk jd tmbh wawsan tntg ram…good article

  13. Sorry for my comment like that! I don’t intending to unrespect your country!

  14. Wah tengkyu bgt nie mas ats infonya, mudah-mudahn tmbah bnyk lg aj info-info yg brguna bwat ke dpannya

  15. Untuk pernyataan diatas disebutkan, Meskipun untuk tipe yang berbeda masih kompatibel, tetapi RAM akan berjalan dengan tipe yang lebih rendah. Misalnya DDR3-10600 2 GB di gabung dengan DDR3-8500 2GB, jumlah RAM akan bertambah menjadi 4 GB, tetapi kinerja akan menyesuaikan yang terendah ( DDR3-8500 ).
    Nah yang jadi pertanyaan apakah akan berefek pada usia RAM yang cepat rusak atau tidak berpengaruh apa2..??

  16. trims bang, info yang bagus.
    bisa namabah bekal ilmu N praktek nich……..
    wakakaka.

  17. menarik banget artikelnya,,, saya mau nanya nih mas ebta,, kalo mw upgrade or nambah kapasitas RAM apakah harus sama mereknya atau hanya DDRNYA yang sama ??? ram saya 256mb terus mau diganti ma yg 1gb apakah beda merek ga apa2 ??? yg penting masih DDR 2 JG ??? trimsss

  18. @Muhrofa #6
    Biasanya masih kompatibel, hanya saja RAM akan bekerja menyesuaikan spesifikasi terendah, yaitu DDR2 5300.

    @Aang #14
    Terimakasih atas tanggapannya..

    @hidayat (24)
    sepengalaman saya tidak ada masalah (masih bisa), kecuali untuk Motherboard lama, kadang bisa bermasalah ( untuk DDR1 atau sebelumnya )

    @ArSip (31)
    Saya tidak bisa memastikan, biasanya tidak begitu berefek, karena kerusakan RAM itu susah di prediksi dan jarang terjadi kecuali pada RAM yang sudah berumur.

    @Yan Prily
    SOlusi terbaik memang sama merk-nya
    tetapi jika tidak ada, berbeda merk pun masih bisa, dan usahakan dengan spesifikasi yang sama, misal sama-sama PC 6400, atau PC 8500 ( meskipun berbeda juga masih bisa asal sama-sama DDR2 atau sama-sama DDR3 -> altenatif terakhir )

  19. baru tahu tuh karena agak bingung akan perbedaan makasih ya infonya

  20. Mas laptop saya ramnya mati 1 keping, trus saya ganti, di Bios kedetek 2 g tapi kok windowsnya cuma bisa pake 1 g. saya pake windows 7 ultimate kedetek 2 G (1 G used)kira-kira apa masalahnya ya..?makasih

  21. Jazakallah khair…alhamdulillah tambah ilmu lagi hari ini.

  22. Thank’s Mas Ebta, pengetahuanku bertambah lagi pula hari ini.
    Selamat menjalankan Ibadah Puasa.

  23. Mas Ebta, buaguss tenan… iki yg aku cari … bagaimana cara mbeda-in RAM… makasih ya info2 nya…

  24. setelah saya cek ternyata RAM PC saya DDR1 256MB PC2100. uda saya cari yg sm merek ga ada, cuma merek VISIPRO. otomatis kalo RAMnya 1GB pasti PCnya lebih tinggi lagi,,, kalo saya gabungkan ma RAM lama pasti akan lambat krn rendah,,, bisa ga RAM 256MB saya ga gabung terus pasang RAM yg baru 1GB ????? mohon bantuannya ya mas ebta… makasihhh ^_^

  25. misalnya aku punya mainboard(motherboard dengan slot DDR1,DDR2,DDR3 bisa tidak yang dipasang hanya satu slot saja misalnya DDR3? kutunggu jawabannya

  26. Mantap mas!makasih berguna buat nambah wawasan.
    besok2 bikin juga yg hdd nya ya….

  27. wah Bill gates juga ikutan komentar, tapi skor tetap 1-0 untuk mas Ebta…

  28. Pingback: Mengenal apa itu RAM (Memory) : DDR, DDR2 dan DDR3 SDRAM « CYbEr AnD HaCkER ComMunitY
  29. makasih mas ebta. info ini sangat bermanfaat bagi saya yang masih awam dengan tehnologi komputer.

  30. trims ya, kita yang tidak belajar khusus tentang komputer bisa mengerti skarang.

  31. thx, jadi tambah pengetahuan
    slmt hari raya idul fitri 1431 H
    maaf lahir batin

  32. Pingback: Mengenal apa itu RAM (Memory) : DDR, DDR2 dan DDR3 SDRAM « time.web.id
  33. mkasi bnyak kk infonya ……
    smoga kk lbh sukses ke dpannya..amiin

    oya kk,., slot memori g bisa di rubah ya(tnpa merubah motherboardnya)??

    misalnya slot DDR1 dirubah ke Slot DDR2???

  34. Pingback: Penyebab Kinerja Komputer melambat
  35. shares utilize a wonderful webpage decent Gives cheers for the working hard to guide everyone

  36. klo misalx RAM saya 512 MB ddr 2. Apakah bisa saya upgrade dengan menambahkan RAM 1GB DDR2 tanpa mengganti RAM 512 tersebut?

  37. thanx ya infonya …………… aq jg download bnyak freeware lwat sini …………… thanx more

  38. Pingback: 9 Penyebab Kinerja Komputer Semakin Lambat « SETIAJID

Comments are closed.