16 June 2009 - ebta

Mengenal lebih detail spesifikasi LCD Monitor

LCD Monitor

Monitor LCD (LCD Monitor) saat ini mulai menggeser penggunaan monitor tabung ( CRT = Cathode ray Tube). Hal itu karena LCD mempunyai banyak keunggulan seperti hemat listrik/energi, lebih aman bagi mata, ukuran yang jauh lebih ramping dan lainnya.

Tetapi ketika ingin membeli, sering kita melihat berbagai istilah baru berkenan dengan fitur-fitur LCD. Berikut beberapa istilah penting yang umum kita jumpai berhubungan dengan monitor.

Resolusi (Resolution)

Merupakan ukuran pixel (banyaknya titik tampilan) antara panjang dan lebar/tinggi layar monitor. Monitor tabung (CRT) biasanya mempunyai ukuran 800×600, 1024×768 (ukuran standard) atau 1280×1024. Biasanya dengan perbandingan 4:3. Sedangkan untuk monitor LCD biasanya terdapat dua jenis yang satu memiliki ukuran yang sama dengan CRT, sedangkan satu lagi dengan istilah Wide Screen.

LCD Wide Screen ini biasanya mempunyai perbandingan panjang x lebar 16:9. Resolusi yang umum yang biasa kita jumpai adalah : 1280×768, 1360×768, 1440×900, 1680×1050, 1920×1080, 1920×1200 dan 2560×1600.

Viewable size

Ukuran diagonal layar monitor. Misalnya LCD 17″ (inch), yang berarti ukuran diagonal layar tersebut (pojok kiri bawah ke pojok kanan atas) sepanjang 17 inchi. Ukuran yang biasa dijumpai misalnya 15″, 16″, 17″, 18.5″, 19″, 22″ dan lainnya.

ukuran-monitor

Response time

Waktu terkecil (minimal) yang diperlukan untuk mengubah warna pixel dari hitam ke putih dan kembali ke hitam lagi (black to black), dan ada juga yang menggunakan metode abu-abu ke putih lalu ke abu-abu lagi (gray to gray). Nilai respond time ini dinyatakan dalam milisecond (ms / mili detik). Semakin kecil nilai response time, secara teori transisi gambar/warna akan semakin cepat dan cacat tampilan akan semakin kecil. Meskipun nilai dibawah 10ms perbedaannya tidak akan terlihat, karena terbatasnya kemampuan mata manusia. [ selengkapnya ]

Refresh Rate

Jumlah gambar tiap detik yang ditampilkan monitor. Karena pixel di LCD monitor tidak menggunakan metoda hidup mati antara frame satu dengan lainnya (seperti yang digunakan di CRT Monitor), maka di LCD monitor saat ini, nilai refresh rate tidak akan begitu mempengaruhi tampilan. Berbeda dengan CRT (biasanya mempunyai refresh rate 60 Hz, 75 Hz atau 85 Hz), terkadang tampilan sering berkedip (flicker).

LCD bisa mempunyai refresh rate lebih dari 100 Hz. Sebagai perbandingan, televisi kita mempunyai refresh rate 25 Hz ( 25 gambar/frame tiap detik).

Viewing Angle (Viewing Direction)

Merupakan nilai sudut maksimum dimana kita masih dapat melihat tampilan dengan baik. Misalnya Viewing angle sebesar 160 derajat, maka ketika kita melihat layar dari sudut kurang atau maksimal 160 derajat, tampilan masih terlihat dengan baik. Jika lebih dari itu, maka tampilan sudah tidak jelas lagi, kadang sebagian terlihat agak hitam.

Kalau CRT Monitor biasanya mempunyai sudut yang lebih tinggi, hampir dari 180 derajat kita masih dapat melihat tampilan dengan jelas tanpa perubahan.

Contrast Ratio

Merupakan perbandingan (rasio) intensitas dari kecerahan/warna putih (brightest) dan kegelapan/warna hitam (dark). Secara umum, semakin tinggi nilai contrast Rasio akan semakin baik. Tetapi kadang produk yang satu dengan lainnya menggunakan metode yang berbeda, sehingga tidak mudah untuk dibandingkan.

Nilai contrast ratio bermacam-macam, misalnya : 20000:1, 10000:1, 5000:1, 2000:1, 700:1 dan lainnya.

Aspect Ratio

Perbandingan antara panjang dan lebar/tinggi layar monitor. Misalnya 4:3, 5:4, 16:9 atau 16:10. Untuk LCD Wide Screen akan mempunyai perbandingan 16:9 atau 16:10. Sedangkan untuk monitor CRT yang umum mempunyai perbandingan 4:3.

Input Port

Jenis/tipe koneksi kabel yang digunakan, misalnya DVI, VGA, S-Video, HDMI dan lainnya. Untuk CRT Monitor biasanya menggunakan port VGA.

dvi-vga-s-video

Ketika membeli VGA (kartu grafis) yang hanya mempunyai port DVI, biasanya juga disertakan tambahan koneksi VGA to DVI atau DVI to VGA agar tetap kompatibel dengan port yang ada.

Tambahan

Ukuran Monitor terkadang tidak bisa dijadikan referensi dalam menentukan resolusinya. Ukuran 17″ bisa jadi mempunyai resolusi maksimal yang sama dengan ukuran monitor 16″, misalnya sama-sama mempunyai resolusi 1360×768. Atau bisa juga monitor 17″ mempunyai nilai yang lebih rendah.

Referensi lebih lengkap
- http://en.wikipedia.org/wiki/Liquid_crystal_display
- http://webvision.med.utah.edu/temporal.html
- http://en.wikipedia.org/wiki/Contrast_ratio

Featured / Hardware DVI / LCD / LCD Monitor / refresh rate / resolusi / respondse time / VGA / Wide screen /

Comments

  • Azura says:

    Berguna bgt bwt org yg mw bli monitor baru,, mksh y mas ebta.

  • ASus says:

    Keduax…thanx bro…coz saya juga mo nyari LCD monitor neh..tapi bagusan mana ya? LG, SAMSUNG or apa..

  • Ghanank says:

    Wah infonya komplet banget…, ndak rugi bacanya…Makasih yaa,,:)

  • aljauharey says:

    Assalamu’alaikum,
    mau nanya mas Ebta, kelemahan monitor LCD dibanding monitor CRT dimananya ya?

  • [...] Mengenal lebih detail spesifikasi LCD Monitor [...]

  • Julianto says:

    Ass.Wr.Wb. Maz Ebta, kmptr sy dgn mobo Biostar P4M800-M7 semua drivernya sdh sy install lengkap dan benar. Ketika sy hubungkn dgn LCD Acer 15,3″ Wide ternyata gambarnya jadi melebar, shg foto orang jadi nampak pendek alias “cebol”. Resolusi dan frekuensi VGA-nya sdh sy ubah ke brbagai tingkatan trnyata tdk bs ngikuti bentuk wide. Lalu driver VGA sy install ulang tp hasilnya tetap sama. Gimana ya maz Ebta? Mohon pencerahannya. Wass.Wr.Wb.

  • [...] Here to Read the Rest: Mengenal lebih detail spesifikasi LCD Monitor Bookmark the Permalink. Follow any Comments Here with the RSS Feed for this Post Leave a [...]

  • Anton says:

    Klo bisa sekalian komparasi merk nya mas, biar qt g bingung2.
    Sekalian mau tanya, sudah seminggu ms-word di kompi saya sering encountered trus nutup sendiri dan bikin recovernya. Sudah coba instal ulang windows dan wordnya blm ada hasil.

  • huehehe says:

    kuren

  • Movies says:

    wah bisa jadi referensi nih , ada rencana mau beli LCD . Bagaimana dengan layar notebook apakah sama resolusinya yg wide screen ?

  • Quro@75 says:

    He..he.., untung pake laptop. Nggak pusing mikirin ratio, format, response time dan lain sebagainya…

    @Julianto: Biasanya kalo pake VGA bawaan MB (onboard) emang begitu, ga mendukung format wide screen. Coba pakai card VGA / AGP dari ATI atau NVidia. Pasti sip.

  • asep says:

    To “Aljauharey”
    Kelemahan LCD monitor:
    1) lebih mahal harganya;
    2) lebih tinggi resiko jatuh;
    3) lebih mudah digondol maling.

  • Abi Nadia says:

    Assalamu’alaikum Kang !!
    Ilmu ane tambo cie, kalau gak ngucapin terima kasih, jazakallah T E R L A L U (kata Bang Haji). Terima kasih banget atas tambahan ilmunya. Semoga Allah SWT menambah ilmu Kang Ebta dan rizki yang halal thoyyiban. Aamiin.

  • aljauharey says:

    @ asep
    betul juga….. :) :) :)
    gimana mas Ebta, mau nambahin??

  • Steinesia says:

    WARNING..!!
    Don’t open link or klik ‘SandraDewiBugil.exe’, coz that’s a NEW VIRUS LOCAL, made in Borneo by Budi Darma…
    Be careful friend…

  • vioholic says:

    semangat malam mas ebta…maaf diluar topik mas..mau tanya kalo window dah keinsstal+software lainnya dipartisi lagi bisa ndak ya mas..kalo bisa, pake softwrenya apa?kapan kapan dibahas tentang wifi dong mas…minggu kmrn ke jec beli tp-link tl-wn422g tapi masih bingung makenya…..bls keemail ya mas ebta..MATUR NUWON..

  • Al Banjary says:

    Informasi yang sangat bagus…
    Boleh minta info tambahan?
    Daripada beli TV Flat/ layar datar (yang tentunya mahal), ane memilih beli LCD Monitor (walau tampilan gambarnya jadi kelihatan “gemuk”). Selain bisa dipake buat monitor komputer, juga bisa dipake buat nonton TV. Nah, Kalau LCD dipake buat nonton TV pake TV COMBO EKSTERNAL apa ada dampak (jangka panjang atau jangka pendek) pada LCD-nya? (umpamanya cepat rusak?)
    Trims infonya….

  • ZonS says:

    wah kebetulan banget pas infonya
    lagi pengen beli monitor lcd, bosen crt :D
    thanks infonya

    Google adalah Tuhan yang sebenarnya?

    .

  • helmy says:

    wah sangat menambah wawasan saya. mas ebta…buatin artikel tetang perbedaan or perbandingan chipset notebook yah…seperti SIS, intel dan yang lainnya. thanks….

  • Ragil says:

    Assalamu alaikum warahmatullahi wabarokatuh

    Mo tanya mas !!!
    Ini juga da kaitannya ma display tp softwarenya.
    Aq pernah jumpai orang2 pake software ATI n nVIDIA
    tuh apa gunanya n klo mo coba yg di recomend ma mas ebta pa ATI pa nVIDIA ???

    Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarokatuh

  • Quro@75 says:

    @Ragil
    Wah, kalo software (DRIVER) dari ATI ato nVidia itu tergantung ama VGA card atau chipset VGA yg terpasang di komputer yg dipake. Jadi kudu dicek dulu. Kalo masalah performa, ATI bagus di software berbasis DirectX sementara nVidia ciamik kalo ketemu openGL.

  • fathulmaulana says:

    Apa bisa monitor LCD buat nonton Tv lewat Digital Resiver dan VCD player yg output Menggunakan Kabel A/V. Mohon pencerahan. Tx

  • bambang (benkbenk) says:

    wah info yang bagus… thnaks ya mas… jadi saya ada gambaran nich buat merawat layar LCD

  • Investasi says:

    cuma satu yang saya kenal harganya mahal

  • ebta says:

    @Asus
    Masalah bagus, sepertinya harus di rinci secara spesifik, termasuk fitur-fiturnya

    @aljauhery
    wa’alaikumsalaam
    view angle masih tinggi CRT, lebih mahal, contrast sepertinya masih tinggi CRT

    @Julianto
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Bisa jadi memang VGA-nya tidak support, misal onboard..

    @Anton
    wah nanti saya jadi promosi…
    padahal tidak dapat apa-apa dari vendornya hehe…

    @Movies
    ada yang sama dan ada yang tidak, tetapi biasanya bukan wide

    @Abi Nadia
    wa’alaikumsalaam
    waiyyakum..

    @vioholic
    jika spacenya masih tersisa, harusnya masih bisa. Tetapi dengan software khusus, misalnya partition magic

    @Al Banjary
    Setahu saya tidak..

    @helmy
    terimakasih usulannya, saya tampung dulu, tetapi belum bisa menjanjikan..

    @Ragil
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    itu VGA (hardware) harus dirinci secara spesifik antara produk ATI dan NVIDIA, termasuk harganya. Misalnya ATI HD 4850 atau NVIDIA GTS 250, dan sebagainya…

    @fathulmaulana
    seharusnya bisa, tetapi sepertinya melalui PC yang ada display untuk TV Out..

    @investasi
    Untuk saat ini sudah jauh lebih murah, sekitar 1 juta sudah dapat ukuran 16″..

  • Djahe says:

    bagi yg mau bli LCD sesuaikan saja dengan komdisi kantong.Sekaramg sdh bnyk merk2 baru yg jauh lebih murah

  • mastanto says:

    Hmm,, boleh tuh buat reperensi. Aku mau beli monitor LCD masalahnya :)
    Thanks yah

  • awank says:

    Bisa nggak LCD yang biasa digunakan buat komputer di gunain untuk receiver parabola tanpa melalui TV Tuner…????

  • gigih says:

    mas ebta, kompi saya vga nya agp 128 ati radeon 9200se … motherboard masih p4 lalu baru beli samsung 19″ lcd wide.

    permasalahannya resolusi 1360x768nya ga ada(support), apa saya harus beli vga agp yang 512mb(apakah ada resolusi 1360x768nya?) MotherB saya support yang vga 4x atau 8x?? atau adakah solusi lainnya??? misalnya update driver dan netframe(bingung)????

    mohon pencerahannya mas ebta….

  • jmcgopal says:

    @al banjhary : tidak dampak buat lcd yg di kolaborasi dgn tv tuner ext. cuman, terkadang ada type lcd monitor yg tdk mendukung refresh rate utk tv (56Hz). jadi klo beli lcd monitor utk tujuan tv tuner harus di perhatikan masalah refresh ratenya

  • Software UM says:

    Yang paling penting sekarang itu port DVI.

  • rudy says:

    bang …mo nanya nih….
    kenapa harga LCD yang wide tuh lebih murah daripada yg ga wide…..?
    thx yah….

  • Rachmat Badrun says:

    Trims bnyak ya mas… sejak menemukan blog ini,saya jadi bisa mengetahui seluk-beluk komputer dan permasalahanya.yg paling menggembirakan buat saya adalah ketika saya bisa menginstall bnyak program secara otodidak krn ilmu yg saya dapat dari mas.Sekarang saya jadi bisa menghemat krn tidak perlu membayar teknisi komputer yg biasa menyelesaikan problem komputer saya dan yg lebih penting saya jadi berilmu,he2…Trims bnyak ya mas…Moga sllu dikarunia Tuhan.