48

Mengenal Lebih Detail Teknologi USB 3.0

Teknologi Universal Serial Bus (USB) sudah menjadi standard berbagai perangkat yang terkoneksi ke komputer, mulai dari Hardisk, Mouse, Printer, Kamera, dan lainnya. USB 1.0 sebenarnya sudah mulai dikenalkan sejak 1996, tetapi mulai populer ketika muncul USB 2.0 di awal 2001-an (dengan kecepatan sampai 40x USB 1.0 – 480 MBits/s atau sekitar 57 MBytes/s). Kemudian tahun 2010 ini USB 3.0 mulai dikenalkan, bagaimana kemampuannya ?

USB 2.0 dikenal dengan istilah High-Speed USB, sedangkan USB 3.0 di istilahkan dengan SuperSpeed, karena memang kecepatannya bisa dikatakan Super. Berikut penjelasan lebih detailnya.

Spesifikasi USB 3.0

Beberapa perubahan telah di implementasikan di USB 3.0 seiring dengan peningkatan penggunaan perangkat eksternal dan kebutuhan kecepatan lebih tinggi. Berikut penjelasan singkat teknologinya.

Transfer Rate
Kecepatan transfer data USB 3.0 sekitar 3200 MBits/s ( 3.2 GBits/s atau 400 MBytes/s), dan secara teori dapat mencapat 4.8 GBit/s. Kecepatan ini 6 sampai 10x lebih cepat dari maksimal kecepatan USB 2.0.

Data Transfer
USB 3.0 mengenalkan teknologi transfer data dua arah ( full duplex), sehingga dapat membaca dan menulis data secara bersamaan (simultan). USB 2.0 dan sebelumnya belum mendukung teknologi bi-directional ini .

Power
Tegangan listrik diturunkan dari 4.4 V menjadi 4V, kemudian arus juga ditingkatkan ( menjadi 150mA), sehingga selain lebih hemat energi, sebuah port USB 3.0 dapat digunakan 4-6 perangkat serta meningkatkan recharging.

Power Management
Power managemen yang lebih baik dibanding USB 2.0, sehingga mendukung idle, sleep dan suspend ( Wikipedia )

Bentuk Fisik
Ujung USB 3.0 akan sama dengan USB 2.0 (standard), tetapi kabel didalamnya akan lebih banyak, ada tambahan 4 jalur kabel dibanding USB 2.0 ( total ada 9 jalur kabel).

Bagaimana dengan Pengguna USB 2.0 ?

Saat ini mayoritas perangkat elektronik masih menggunakan teknologi USB 2.0, lalu bagaimana jika nanti sudah mulai berganti dengan USB 3.0 ?. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan, USB 3.0 juga memperhatikan teknologi sebelumnya.

Kompatibilitas
USB 3.0 kompatibel dengan USB 2.0, sehingga perangkat USB 2.0 tetap akan bisa digunakan di port USB 3.0 dan akan berjalan dengan kecepatan standard USB 2.0. Tetapi tidak bisa sebaliknya, perangkat USB 3.0 tidak bisa dipasang di port USB 2.0.

Dukungan Sistem Operasi
Windows Vista, Windows 7 dan Linux sudah mendukung USB 3.0, dan Mac akan segera mengikuti. Tetapi untuk Windows XP sampai saat ini belum ada kepastian apakah akan ada update untuk interface baru ini.

Kekurangan

Selain mempunyai berbagai kelebihan diatas, interface USB 3.0 juga mempunyai beberapa kekurangan, diantaranya sebagai berikut :

  • Panjang Kabel. Maksimum panjang kabel USB 3.0 berkurang menjadi 3 meter ( USB 2.0 maksimal 5 meter ). Meskipun hal ini bisa diatasi dengan menambahkan USB Hub.
  • Speed Limit, tidak semua perangkat bisa memanfaatkan penuh kecepatan USB 3.0, seperti misalnya Hardisk Magnetik yang terbatas pada kecepatan perputaran keping disk.

Sudah punya gambaran tentang teknologi USB 3.0 ? Jika ingin lebih detail dan lengkap, silahkan membaca ulasan USB 3.0 di Wikipedia atau di Computerworld.

Sumber : Makeuseof

48 Comments

  1. wow, thanks artikel nya jadi lebih mengerti mengenai usb 3.0
    klo penggunaan nya sendiri usb 3.0 ini akan digunakan untuk apa ya ?
    thanks

  2. Contoh perangkat yg sudah memakai interface usb 3.0 apa ya ! Mungkin hardisk ekternal & flashdisk keluaran & model terbaru kali ya

  3. apakah bisa dibaca pada seri 2.0?
    hore nomor dua…

  4. nice info, klo kaya gini transfer data makin enak aja nih.. berarti klo mau beli tknologi usb 3.0 harus upgrade interface dulu ya? port USB sekrang masih belum support 3.0 kan?

  5. Hore nomor 6 !. Terus emangnya kenapa ya ? …
    Teruslah sebarkan Ilmu mas Ebta. Seperti biasa Singkat Padat & bermanfaat. Trims.

  6. Ass.Wr.Wb. Mudah2an segera muncul USB 3.0 PCI Card + drivernya agar bs ditancapkan pada soket PCI di mobo. Gitu ya?? Trims maz Ebta. Wass.Wr.Wb.

  7. jadi tambah ilmu nih…
    thanks bro…
    @romeopeg: anda keempat bro… 😀

  8. Pingback: Mengenal Lebih Detail Teknologi USB 3.0
  9. Kapan Release tuh Bang Ebta, pengen beli deh. Tapi sepertinya bagaimanapun juga masih enak pake harddisk external kapasitas dan speed jauh lebih kenceng… Cuma sayang hatganya mahal… 😛

  10. Wah selalu dapat info terbaru dari ini.. buat rekan – rekan untuk menungjang aktifitas internet silahkan gunakan layanan murah dari kami..

  11. bagaimana dengan e-mail saya tentang program delphi ? apa sudah dibuka ?

    Wassalam
    Bambang H H

  12. wah..USB 3.0 yah…makin berkembang terus nih dunia komputer…nice info mas ebta….

  13. Kira-kira nanti ada card pci untuk USB 3.0 nggak mas Ebta ? Seperti USB 2.0 kan ada card yang bisa dipasang pada slot PCI.

  14. Artikel mantb mas ebta…jd tmbh pgtahuan tntg port usb.

  15. alhmd dapat ilmu baru, trim’s mas ebta semoga makin banyak org yg tambah ngerti komputer

  16. Sudah Mas..ada Gambaran , alhamdulillah si klaw kompetibel

  17. KECEPATAN USB 3.0 SAMPE 3.2 GBits/s? BENARKAH? TAPI ITU AKAN SIA-SIA SAJA! KARNA TIDAK BS DIIMBANGI KINERJA HARDISK YG CUMA 57 MBytes/s SAJA….

  18. @TOMI
    yang lebih tau psati sudah memikirkannya lebih jauh, kita tinggal menikmatinya saja hehehe….

  19. Hmmm…
    Informasi yang sangat bermanfaat,
    Jadi kalau USB 3.0 dikeluarkan ke masyarakat, berarti USB 2.0 akan tersisih yaw, pasti kecenderungan orang akan lebih mencari yang lebih efisien dan yang lebih bermanfaat..
    karena sekarang orang juga milih yang simple dan cepet..

Comments are closed.