Mengetahui lokasi/peta melalui HP dengan Google Maps

Google Maps for mobile

Untuk melihat peta dan lokasi bumi dengan cukup detail di komputer, mungkin kita tidak asing lagi dengan program dari Google, yaitu Google Earth dan Google Map. Sebenarnya aplikasi yang serupa juga tersedia untuk HP, baik dengan sistem Java, Blackberry, Windows Mobile, Symbian dan lainnya.

Nah, untuk HP kita bisa memanfaatkan program gratis dari Google : Google Maps for Mobile


google-map-for-mobile

Google Maps for Mobile merupakan versi mini dari Google Earth atau Google Map yang biasa di akses melalui Komputer dengan Web Browser atau yang sudah di install. Meskipun ukuran dan fiturnya tidak selengkap yang ada di komputer, kita bisa mendapatkan gambaran dan lokasi yang cukup detail seperti di komputer, bahkan ditambah fitur menarik. Berikut beberapa fiturnya :

  • My Location, kita bisa mengetahui perkiraan posisi kita saat ini yang sedang menggunakan HP, bahkan tanpa perangkat GPS sekalipun.
  • Business Listings, Pencarian nama tempat bisnis atau tempat penting lainnya
  • Driving Directions, untuk mengetahui arah (jalur jalan yang dilalui) dari satu tempat ke tempat lainnya.
  • Transit & walking direction. Mendapatkan rute dan jadwal untuk perjalanan baik dengan bis atau jalan kaki.
  • Latitude. Untuk mengetahui lokasi teman kita dan berbagi tempat dengan teman. (sepertinya baru didukung di iPhone)
  • Street view. Menampilkan peta jalan saja dengan lokasi tempatnya.
  • Traffic. Trafik secara real-time (langsung), untuk mengetahui rute tercepat (sepertinya ini untuk kota tertentu saja, seperti kota-kota di Amerika Serikat).

Google Maps for Mobile dapat berjalan di hanphone yang mempunyai platform sebagai berikut :

  • Android
  • BlackBerry
  • Java
  • Windows Mobile
  • Symbian S60 3rd Edition
  • Palm OS
  • iPhone

Cara mendapatkan/Install

Cara paling cepat dan mudah serta untuk memastikan pilihan yang tepat untuk Handphone kita adalah mengetikkan alamat URL berikut di browser HP : m.google.com/maps ( tanpa tambahan www ). Setelah terbuka, maka akan muncul link untuk install Google Maps. Tinggal di ikuti petunjuk selanjutnya. Untuk HP berbasis Java besarnya sekitar 415 KB.

Cara lainnya (melalui komputer yang terkoneksi internet), adalah buka link berikut : http://www.google.com/mobile/products/maps.html# Kemudian isikan nomor HP kita ( untuk indonesia, nomor awal 0 ganti dengan +62 ) di bagian Kanan atas (Get it Now) dan klik tombol Send me link. Seharusnya tidak berapa lama kemudian, kita akan mendapatkan link yang bisa di klik untuk download programnya.

Jika cara-cara diatas belum berhasil, bisa coba download langsung melalui komputer dari link berikut :

- Google Maps (Java)
- Google Maps (BlackBerry)
- Google Maps (Windows Mobile)

Setelah di download, pindah (transfer) ke HP dan install dari HP. Ketika saya mencoba dengan cara ini (download dari softpedia) dan mencobanya, menu My Location tidak berfungsi. Berbeda ketika saya download langsung dari HP, yang bisa berjalan dengan baik termasuk tampilan juga berbahasa Indonesia.

Catatan (tips)

Untuk bisa menjalankan aplikasi ini, perlu koneksi internet di HP (misal dengan GPRS). Dan karena yang dilihat adalah peta (gambar), maka data yang di download realtif besar. Untuk menghemat biaya internet, perlu dilihat pengaturan koneksi internet. Biasanya akan lebih baik jika biaya internet berdasarkan waktu (time-based), bukan jumlah data (KB) yang di gunakan (volume-based).

Sebagai contoh Misalnya, biaya internet HP (GPRS) berdasarkan waktu Rp.20/menit dibanding dengan biaya internet berdasarkan data yang di ambil sebesar Rp 1/KB, biasanya akan lebih murah jika pengaturan berdasarkan waktu. Untuk memastikan, silahkan dicoba beberapa menit terlebih dahulu.(ebsoft)

41 Comments