12

Menon-aktifkan Fasilitas User Account Control (UAC) di Windows Vista

windows vista icon

Bagi anda pengguna windows Vista mungkin tidak asing dengan fasilitas ini. User Account Control (UAC). Fasilitas bawaan windows Vista ini otomatis mengurangi resiko akses aplikasi yang tidak di inginkan, sehingga bisa meningkatkan keamanan. UAC membatasi akses user yang tidak mempunyai hak administrative.

Memang UAC bisa meningkatkan keamanan, mengurangi resiko terkena virus, trojan dan sejenisnya. Tetapi untuk beberapa kondisi tertentu mungkin fasilitas ini bisa membuat jengkel, karena setiap saat harus meng-klik pesan yang muncul. Jika anda ingin menon aktifkan fasilitas ini bisa dilakukan dengan beberapa cara.


Gunakan salah satu cara berikut untuk men-disable UAC di Windows Vista.

Cara ke-1 – Menggunakan MSCONFIG

  1. Jalankan MSCONFIG dari menu Run ( Start>Run ketikkan MSCONFIG dan tekan enter)
  2. Klik pada bagian/tab Tools. Scroll kebawah sampai menemukan Disable UAC . Klik baris tersebut
  3. Tekan tombol Launch
  4. Window CMD akan tampil/terbuka. Setelah tampil dan selesai tutup (close) saja window tersebut
  5. Tutup MSCONFIG. Diperlukan restart agar perubahan terjadi

Catatan : Untuk mengaktifkan kembali UAC bisa dilakukan dengan memilih baris “Enable UAC” kemudian klik tombol Launch.

Cara ke-2 – Menggunakan Regedit (Registry Editor)

  1. Buka Registry Editor (Start>Run kemudian ketik REGEDIT dan tekan enter)
  2. Di Registry Editor, cari lokasi key berikut:
    HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesSystem
  3. Cari key (DWORD) EnableLUA dan isikan dengan nilai 0
  4. Tutup Registry Editor. Untuk melihat hasilnya restart komputer.

Untuk mengaktifkan kembali UAC bisa isikan saja key diatas (EnableLUA) dengan nilai 1

Cara ke-3 – Menggunakan Group Policy

Cara ini dapat dilakukan melalui Local Group Policy atau Active Directory-based GPO, yang lebih cocok untuk jaringan yang banyak karena semua komputer dalam jaringan bisa di non-aktifkan UAC-nya melalui satu komputer saja.

Untuk memulainya, perlu dibuka Group Policy Editor (Start > Run > gpedit.msc)

Jika menggunakan “AD-based GPO”, buka Group Policy Management Console (Start > Run > gpmc.msc) dari windows Vista yang merupakan member dari domain. Kemudian di Window GPMC yang muncul, cari GPO yang diperlukan yang mempunyai link ke OU atau domain yang merupakan lokasi Komputer Vista tersebut, lalu edit.

Di window Group Policy Editor, cari Computer Configuration > Windows Settings > Security Settings > Local Policies > Security Options

Di panel bagian kanan scroll untuk menemukan User Access Control policies (yang terletak di bagian paling bawah window). Atur konfigurasi sebagai berikut :

Setelah selesai restart komputer.

Cara ke-4 – Menggunakan Control Panel

  1. Buka Control Panel.
  2. Dibawah setting User Account and Family klik Add or remove user account
  3. Klik salah satu user account, misalnya dapat digunakan account Guest.
  4. Dibawah user account, klik link Go to the main User Account page
  5. Selanjutnya dibawah Make changes to your user account, klik pada link Change security settings
  6. Pada menu Turn on User Account Control (UAC) to make your computer more secure klik untuk menghilangkan pilihan Use User Account Control (UAC) to help protect your computer kemudian klik tombol OK.
  7. Akan dimunculkan konfirmasi untuk restart, jadi restart jika sudah siap

Untuk mengaktifkan kembali UAC, aktifkan checkbox diatas dan restart komputer

Diterjemahkan secara bebas dari http://www.petri.co.il/disable_uac_in_windows_vista.htm atas ijin dan persetujuan dari admin situs tersebut. (http://ebsoft.web.id)

12 Comments

  1. mas tw gak penyebab menu stand by terdisable???
    trus ngembalikannya gmn ya???

  2. Assalm… mas.. mau tanya pas beli komputer saya pake window xp prof. tapi tampilannya saya pake style vista.. nahh mau mengembalikan biar tampilannya normal kayak xp lagi gimana.. pada hall udah aku remove di control panelnya tetep aja stylenya sama… mohon sarannya mas makasih

  3. Wa’alaikumsalaam

    Mungkin bisa saja proses uninstallnya tidak bersih. Aplikasi style vista yang digunakan apa ya? Sudah dicoba dipilih di Appearance “Windows XP style” di COntrol Panel > Display ?

  4. Wahh… site ini bener2 menambah wawasan tentang komputer bagi para pemula atau yg baru mengenal komputer.. saya ga pernah sekolah tapi bisa tau komputer cukup belajar dari sini.. matur suwun banget mass.. suksess teruss

  5. Assalamualaikum.. bos sori neh mau tanya and minta bantuan lagi neh… caranya scan text tapi formatnya biar nga JGP gimana ya.. biar tingal edit-edit aja dari wordnya.. pakai soft ware apa? tolong kasih solusinya bos hatur nuhun…

  6. @mas ammin
    Terimakasih support-nya..

    @Amin
    wa’alaikumsalaam..
    Bisa menggunakan software Omnipage (konversi dari gambar ke text), tetapi kadang formatnya agak kacau, tergantung tingkat kesulitan gambar dan text yang ada..

  7. mas,bedanya user account yang pertama(bawaan dari instalan vista)ma user account yang kita buat sendiri setelahnya apa?(status sama-sama computer administrator).kalau user account yang pertama terhapus ada pengaruhnya nda dengan komputer kita?koq ada file-file yang tidak memiliki izin(permission) ya kalau kita mo buka?

  8. Assalamu’alaikum wr wb
    Mas saya baru saja memakai windows vista. Saya ingin agar di PC saya juga bisa untuk mengetik huruf arab, apakah ada software khusus agar saya bisa mengetik arab sepeti pada umumnya kaya mengetik di word.Tolong dibantu ya mas, terima kasih atas berbagai ilmunya sangat bermanfaat lho.
    Wassalam

Comments are closed.