92

Berbagai teknik membasmi virus komputer

teknik basmi virus

Salah satu fungsi antivirus adalah mencegah virus menginfeksi komputer. Meski saat ini banyak antivirus yang mempunyai proactive detection ( kemampuan mendeteksi virus baru yang belum masuk database virus ) yang bagus, tetapi jika komputer sudah terinfeksi virus, biasanya antivirus yang ter-install tidak bisa berbuat banyak.

Mengapa seperti itu ? Ya, jika Komputer sudah terinfeksi virus, biasanya hal pertama yang dilakukan virus adalah menon-aktifkan antivirus yang ada, jika tidak berhasil maka virus akan mencegah antivirus untuk menghapus dirinya. Lalu bagaimana jika hal ini terjadi ?

Ada beberapa cara jika komputer sudah terinfeksi virus, dan virus yang sudah terinstall tidak sanggup menanganinya.

1. Install atau gunakan antivirus lain

Jika masih bisa di install Antivirus lain, maka sebaiknya di coba. Gunakan program antivirus yang terbaru, langsung scan jika sudah selesai install atau akan lebih baik jika di update terlebih dahulu. Mungkin untuk kebanyakan antivirus hal ini tidak berhasil, karena virus biasanya sudah mengantisipasi hal ini.

Alternatifnya, gunakan antivirus baru. Misalnya RISING Antivirus 2008 Free Edition, yang baru saja di release. Antivirus ini cukup bagus, sebelumnya saya pernah menginstall komputer teman dengan Avira yang ternyata sudah terkena virus, sehingga installasi tidak berhasil. Kemudian saya coba antivirus ini dan bisa mendeteksi virus yang menginfeksi komputer.

2. Scan Hardisk di Komputer lain

Jika mempunyai beberapa komputer atau ada teman yang mempunyai komputer dengan antivirus yang selalu update, maka cobalah scan di komputer tersebut. Cara terbaik adalah dengan melepas hardisk dan dipasang di komputer teman tersebut, kemudian baru di scan secara menyeluruh.

Hal ini memang memerlukan ilmu tentang pasang memasang hardisk (teknis mengenai perangkat komputer), sehingga mungkin jika belum pernah akan mengalami kesulitan. Sebaiknya ditanyakan ke teman yang lebih tahu. Selain itu hal ini biasanya tidak bisa dilakukan di Laptop yang masih garansi, karena jika melepas hardisk, maka biasanya merusak label garansi di Laptop tersebut. Jadi mungkin dengan cara ketiga.

3. Scan dengan antivirus di Bootable CD

Bootable CD yang dimaksud disini merupakan CD yang berisi sistem operasi (baik sederhana maupun kompleks) yang bisa dijalankan komputer tanpa memerlukan hardisk. Dengan begitu, semua program yang ada di hardisk, termasuk virus dijamin tidak bisa berjalan, tetapi bisa diakses melalui Bootable CD ini.

Ada beberapa Bootable CD Gratis yang sudah disertakan antivirus dan bisa dimanfaatkan, antara lain :

  • Ultimatebootcd (UBCD), Bootable CD ini berbasis DOS, sehingga mungkin bagi yang belum terbiasa akan kesulitan. Selain itu Antivirus yang disertakan hanya F-Prot Antivirus for DOS ( Virus definition: 4 May 2007), McAfee Antivirus Scanner 4.40.0 (Virus definition: 3 May 2007) dan BugHunter. Sehingga sepertinya tidak mencukupi karena tidak update lagi. Download dan selengkapnya di http://www.ultimatebootcd.com

  • UBCD4Win (Ultimate Boot CD for Windows). Ini merupakan pengembangan dari UBCD, dan sudah berbasis windows XP sehingga lebih memudahkan penggunanya. Tetapi untuk membuat Bootable CD-nya diperlukan CD Instalasi Windows XP. Ukurannya cukup besar, yaitu sekitar 230 MB. Informasi selengkapnya bisa dibaca artikel tentang UBCD for Windows disini. Untuk download bisa didapat di http://www.ubcd4win.com.

  • AntiVir Rescue System, Bootable CD ini berbasis Linux. Dibanding Bootable CD sebelumnya, AntiVir Rescue System merupakan Bootable CD yang khusus menangani virus, selain itu aplikasi ini selalu update, bahkan mungkin setiap hari selalu ada tambahan virus baru, sehingga sangat bermanfaat. Download di http://www.avira.com/en/support/support_downloads.html

Jika hanya digunakan untuk menangani virus, maka AntiVir Rescue System lebih unggul. Selain besarnya hanya sekitar 55 MB (UBCD4Win sekitar 230 MB) AntiVir Rescue System senantiasa update, sehingga lebih mampu mendeteksi virus-virus baru. Tetapi jika memerlukan aplikasi lain, untuk perbaikan, recovery, mengecek hardware dan lainnya, maka UBCD4Win jelas lebih unggul.

Tetapi sayang untuk AntiVir Rescue System, ketika saya mencoba versi 11 Juli 2008 kemarin belum bisa digunakan, dan muncul tulisan bahwa ini versi DEMO. Setelah cai-cari informasi di forum, sepertinya memang ada yang salah dengan filenya (ISO). Dan sepertinya perbaikan baru akan dirilis September 2008 nanti. Sampai saat ini saya belum mencobanya lagi

4. Scan dan hapus virus secara manual

Cara ini bisa dilakukan bagi yang sudah cukup familiar dengan Sistem operasi khususnya windows, berbagai teknik virus (menyebar, menginfeksi dll), berbagai informasi tentang file atau directory komputer dan lainnya. Cara ini sebaiknya dilakukan melalui Bootable CD ( bisa digunakan Bootable CD dari cara ke 3 diatas atau dengan Linux Live CD seperti Ubuntu, Knoppix dan lainnya.

5. Install ulang

Ini mungkin alternatif terakhir jika cara-cara diatas tidak bisa atau ingin cara cepat. Tetapi dengan selesainya install ulang tidak menjamin komputer bebas virus lagi, bisa saja virus menginfeksi program lainnya yang di install kemudian. Selain itu jika kita sudah meng-install program komputer yang cukup banyak, maka bisa jadi install ulang memerlukan waktu cukup lama dan melelahkan.

Cara ini mungkin juga tidak bisa dilakukan jika komputer/laptop sudah di install Sistem operasi sejak kita beli (Software OEM), karena biasanya tidak disertakan CD Instalasinya. Yang jelas jika ingin menginstall ulang, pastikan CD Driver komputer/laptop sudah tersedia. Selain itu sebaiknya diketahui dulu virus apa yang menginfeksi komputer sebelum menginstall ulang.

Cara Lain ?

Ya mungkin masih ada cara lain, seperti scan online, format hardisk (cara ekstrim sepertinya..) atau cara-cara lain. Jika ada masukan cara lain membasmi virus yang terlanjur menginfeksi komputer silahkan dilengkapi.

Semoga artikel ini bermanfaat (http://ebsoft.web.id).

ebta

92 Comments

  1. Pingback: Anisa Cell » Blog Archive » Teknik Membasmi Virus
  2. Hmm Teknik Yang Komplit.
    Perlu diketahui bagi yang gak mau ketinggalan dalam teknis “pembasmian”.

  3. Ulasan yang bagus, Pak
    Pasti banyak yang memerlukan artikel seperti ini….

  4. informasi yang cukup bagus, saran saya jika PC sudah terinpeksi Virus, langkah kita adalah selalu berdoa kepada Tuhan.

  5. Tambahan aja Mas Ebta,
    Scan y di safe mode biar lebih cepat detect virus.
    ANTIVIR boleh jg d gabung ma PCMMAV buat virus lokal.

  6. Tambahan aja Mas Ebta,
    Scan y di safe mode biar lebih cepat detect virus.
    ANTIVIR boleh jg d gabung ma PCMAV buat virus lokal.
    yg penting selalu di updates

  7. @tukangobatbersahaja
    Saya malah belum pernah scan online.. sebab kurang yakin dengan kemampuannya..

    @imam
    Ada ide baru dengan hostingnya mas?

    @sapimoto
    Iya, semoga bisa bermanfaat…

    @Dresti
    Ya, ketika membasmi jangan lupa juga berdoa..

    @benny (#5 #6)
    Iya, mungkin di safe mode bisa berhasil. Tetapi jika sudah terinfeksi virus, sering gagal. tapi patut dicoba dulu..
    Iya Update rutin sangat penting..

  8. mas PC sy kna virus. trus mw install antivrus tp g bs..krn setipa isntall pasti gagal. klo pk kaspersky bs dinstall tp g bs berfngsi, pk PCMAV br di unzip lngsung kena virus jd g bs d pk,install avira sll gagal pd isntalan.

    trus mksdnya Scan dengan antivirus di Bootable CD tu gmn ya?pnjelasannya krng??

  9. Gunakan Antivirus di bootable CD. Maksudnya kita nanti booting komputer dengan CD tersebut dan scan melalui program dalam CD itu..

  10. Mas…mas tolong dong PC sy kayanya kena virus, drive D: saya datanya hilang,trus sy coba buat folder di drive tsb pas di refresh langsung ngilang,dah coba scan pke trojan remover,scan32,pcmav 1.4 ga kdtect,virus apa y????????????

  11. asLm..
    nmmpang tanya y..
    hehehe..
    apa sich bedanya anti virus lokal ky PCMAV ma anti virus jenis aVG cs??
    kLo di pke dua2 ny d com gMn??

    mohon jawabannya..
    makasih_^
    kLo bs,,tlg send jg k email Q dung jwbn ny..
    lia_lia_piece@yahoo.co.id
    thx bgt sbLm ny_^

  12. @adi
    Mungkin itu tidak hilang, hanya di sembunyikan (hidden) oleh virus.. lebih baik discan di komputer lain atau melalui media seperti Bootable CD..

    @yh4_zumaki
    wa’alaikumsalaam
    Bisa saja dipakai dua-duanya. Kalau PCMAV untuk virus lokal lebih akurat, tetapi untuk virus keseluruhan (global), kurang cocok

  13. salam kenal nih mas, saya pembaca setia juga nih disini, makasih yah informasinya, sangat bermanfaat sekali jadi g terlalu takut virus nih

  14. Pingback: Anisa Cell » Blog Archive » Rescue CD gratis dari Avira
  15. mas, mau nanya .
    saya aktif di salah satu lembaga kemahasiswaan (LK) di sebuh universitas terknal di Inodnesia. komputer di sekret LK sudah lama terkena virus. terakhir kali saya masukin USB ke komputer untuk mengecek banyak virus lalu saya scan di komputer ada sekitar 40 virus termasuk trojan dan worm yang terdeteksi di komputer saya, waktu itu saya pakai antivirus AVG 7,5.
    melihat hal itu, lalu komputer LK itu saya up-date antivirus AVG dengan belum lama ini.
    lalu terjadilah sebuah kejadian yang tidak menyenangkan bagi teman-teman. setelah saya up-date komputer tersebut yang terjadi adalah komputer akan selalu re-start tiap masuk proses
    penampilan desktop. dugaan saya virus ini berusaha menghalangi agar antivirus tidak aktif dengan cara selalu melakukan proses re-start

    pertanyaannya:
    bagaimana cara menyembuhkannya atau menghapuskan virus-virus tanpa menghapuskan data-data penting di komputer LK tersebut?

  16. @andi sukry
    Terimakasih sudah menjadi pembaca setia ebsoft.web.id, semoga bisa selalu memberikan manfaat..

    @ahmad
    40 virus itu satu jenis atau berbagai jenis virus? Sebaiknya di scan dengan Rescue CD atau Bootable CD (Ada artikel tentang rescue CD).. Sebelumnya lebih baik data-datanya diselamatkan atau dibackup dulu.

  17. ass,mas ebta yang baik hati…he he ,nyambung pertanyaan kemaren yng data drive d: sy ilang,sy buka di dos dan di dir /ah trus sampe attribut drive d: sy buka ternyata FILE NOT FOUND..trus sy pke softwre recovery namanya handy recovery,ternyata bs balik lagi hanya datanya ada yng rusak jadi cuma sedikit yang terselamatkan…hebat banget tuh virus..

  18. ada berbagai jenis virus, kalau cara tersebut gagal gimana?

  19. @ahmad
    Jika berbagai cara diatas masih gagal, termasuk install ulang, hebat juga virus tersebut. Mungkin hardisknya di format saja (tentu setelah datanya diamankan dulu).. Pastikan media yang digunakan untuk menginstall windows/program bebas virus

  20. ya betul klo pc kena virus terus banyak2lah berdoa…sy setuju dengan Dresti…….

  21. Makasih ya masebta yang baik hati kini komputersaya bebas dari viris-virus ataupun trojan

  22. Mas Ebta, apakah avira juga dapat membasmi trojan? Kasih saran dong Anti Virus yang free untuk mencegah virus+trojan+malware juga… Terima kasih

  23. @Arif Aditiya
    Avira yang free Untuk trojan bisa, tetapi untuk spyware(mallware) tidak bisa. Untuk spyware bisa menggunakan aplikasi lainnya. Kalau ingin jadi satu mungkin bisa mencoba AVG 8.0 Free Edition

  24. Mas…mohon informasi dengan program AV apa untuk basmi VBS:malware-gen yang mana sudah terdeteksi oleh avast 4.8 tetapi avast sendiri belum bisa menghapusnya dan kalau download AV-nya dimana? Terima kasih. (mohon dapat juga dibalas via email ya mas)

  25. Jika sudah terdeteksi sebagai virus, tetapi AV tidak bisa menghapus, kemungkinan virus sudah aktif di komputer atau ada fasilitas Antivirus yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Coba gunakan Avira Antivir 8.0 Free Edition ( http://www.free-av.com )

  26. Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh,

    Mas,saya mau nanya nich komputer teman saya terinfeksi virus Amburadul dan Lemorai udah saya coba scan pake PCMAV 1.5 langsung di blok tuch si PCMAV, kemudian aku ganti scan pake ansav AIO juga di blok, coba install AVG 8 gak bisa di install, tolomg dikasih solusinya mas.

    Satu lagi pertanyaan saya, kemarin udah saya download Antivir Rescue System dan mau saya gunakan di komputer teman saya, tapi gimana cara menggunakannya mas ? maklum masih awam nich dengan bootable CD.

    Jazakumullah Khoiran

  27. Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh

    Cara paling aman dengan scan melalui CD ( bisa menggunakan UBCD4Win), saya baru saja scan komputer dari virus amburadul dengan UBCD4Win 3.13 dan berhasil..

    Jika menggunakan Antivir Rescue System, burning file ISO-nya ke CD (biasanya menu Burn Image), kemudian booting dari CD tersebut..

  28. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

    Mas, nyambung lagi pertanyaan kemarin, kalo di burning file ISO nya, files of typenya yg pilih supported Compilation and images atau image file ( *.nrg;*.ISO;*.cue )

    Jazakumulahi Khoiran.

  29. @Rifki
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh.. Bisa dipilih yang image, yang support *.ISO, waiyyakum

  30. jang pentieng gak dipakai boeat mesoem aja
    pakai mcafee enterprise 8.5 patch 6.1 tjoekoep ampoeh
    pcmav juga oke
    tabah kalo kena toe viroez
    djangan maloe bertanya ato konsoel ma jang lebih ehli
    djangan takoet nyoba alternative lain
    salah astoenya lewat regitry editor, msconfig, task manager, rename file msvbm 50.dll&msvbm60.dll

  31. Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh,Mas apakah Kaspersky Rescue System bisa di gunakan untuk scan virus di komputer yg sudah terpasang anti virus Avira?,soalnya kemarin waktu coba scan pake KPS gak bisa, karna di komputer terpasang Avira.

    Jazakumulahi khoiran

  32. @Rifki
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh, harusnya tidak ada masalah, karena Rescue System bisanya melalui Bootable CD, jadi program lain yang sudah di install di komputer tidak berpengaruh

  33. Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Trima kasih mas atas pencerahannya, oh ya ….. satu lagi pertanyaan saya barusan saya downlod update Avira Rescue System, tapi saya bingung file hasil updatenya ditaruh dimana?.

    Jazakumulahi Khoiran

  34. @Rifki
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Avira Rescue System yang sudah dijadikan Bootable CD tidak bisa diupdate. Jika download versi terbaru, maka harus di burning ke CD lagi.. mungkin ini kelemahan avira rescue system. Jadi mungkin pakai CD-RW saja, setelah dipakai bisa dihapus lagi..

  35. Assalamu alaikum warahmatulahi wabarakatuh, trima kasih atas pencerahannya mas

    Jazakumulahi Khoiran

  36. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh..
    Menurut yang saya tahu, virus memiliki beberapa kemampuan dasar, yaitu menganalisa system, memeriksa file2, menggandakan diri, memanipulasi, menyembunyikan dirinya dan data2 yang diincarnya, serta mencegah aktifnya AV.
    Saya juga pernah terkena virus yang memutus koneksi internet sehingga AV saya tidak bisa diupdate sampai akhirnya terpaksa harus install ulang.
    @Mas Ebta: Saya sedang mencoba membuat virus, apakah di sini bisa tolong diberi sedikit ulasan tentang proses pembuatan virus? Jadi supaya kita lebih paham bagaimana virus2 itu bekerja.

  37. terimakasih atas bantuannya. mas kalo bisa tolong di muat program risset printer + trik2nya juga biar gampang gituh

  38. Assalamu alaakum warahmatullahi wabarakatuh

    Flash Disk saya terkena virus ( ada 3 file vxl.exe, Autorun.inf, 1uOo8bnq.cmd ) udah saya scan menggunakan anti virus Kaspersky, AVG 8.0 Ansav, PC MAV update terbaru dan semuanya kedeteksi, tapi pada saat discan muncul lagi .

    Untuk mas ketahui semua filenya beratribut SHR, udah saya gunakan command prompt dan semua file kelihatan dan langsung saya delet, tapi pas di buka diproperties muncul lagi, udah saya format tetap aja kelihatan filenya. Mohon pencerahannya

    Jazakumulahi Khoiran

  39. Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh

    @Rifki
    waiyyakum..

    @Kiefa Dee
    wah kalau pembuatan virus, sepertinya belum bisa di ulas, kecuali ada tujuan yang jelas yang bisa bermanfaat

    @HANSUR
    Sepertinya ada blog khusus yang membahas masalah reset printer.. saya agak lupa dimana dapatnya, biasanya search google

    @Rifki (#40)
    Mungkin komputernya perlu di scan lagi, kemungkinan virusnya sudah aktif di komputer. Sudahkah ?

  40. AssalamuaLaikum Pak eB soft
    avira saya kok tdk bisa bwt nyecan sejak kena virus jaringan,trus program di komputer jd Lambat…kira2 ad soLusi?tQ

  41. @rivai
    wa’alaikumsalaam…
    kemungkinan komputernya masih terkena virus..
    coba avira di install ulang, tapi jika masih ada virus, kemungkinan tidak bisa. Scan dulu dari komputer lain (lepas hardisk) atau dengan recovery bootable CD

  42. @yogi
    Saya belum pernah menjumpai virus itu, tetapi ketika di search di google dengan kata kunci “virus funny scandal”, sepertinya banyak yang sudah menjalaskan..

  43. Saya ngetik bbrp kata baik2 aja, tapi berikutnya pas tekan space bar eh muncul angka 4 a/6 a/ 46 terus keyboardnya seolah tak berfungsi, kenapa ya Mas?

  44. @Donie
    Bisa jadi keyboardnya yang bermasalah, atau memang ada program/virus yang menyebabkan seperti itu..

  45. Pingback: Kloning Hardisk / Sistem Operasi dengan EASUS Disk Copy | Informasi dan Teknologi
  46. mas mau tanya?
    cara menghapus virus dengan AVG bisa tidak?
    gimana caranya? apa disken aja?gimana cara menghapusnya?

  47. @aditya
    jika bisa mendeteksi, harusnya bisa menghapus. Kecuali jika virusnya sudah menguasai (menginfeksi) komputer tersebut, biasanya tidak bisa dengan cara seperti itu..

  48. @mas,kalau dekstop.ini dan sejenisnya apakah itu termasuk virus,di hapus ya nongol lg mas,repot deh,please solusinya mas ?thank bgt mas

  49. @ #56
    harus ada bukti/alasan dan pengalaman nyata..

    @Gordon
    itu file yang mengatur tampilan desktop..
    meski bisa juga ditumpangi script virus.. tetapi biasanya tidak begitu berbahaya

  50. assalamualaikum.
    mas ebta saya mw nanya. komputer saya ketika di masukan flash disk oleh teman saya kemudia (my computer) di komp saya berubah jd ahsan computer , apakah itu virus mas, klo emng virus gmn cara menghilangkannya. kemudian apakah data di komp saya yg bervirus kemudian saya burning virusnya akan hilang. makasih bnyk ya mas ebta.

  51. @andi
    wa’alaikumsalaam
    masih terlalu dini untuk memutuskan apakah terkena virus atau tidak. Coba diperiksa task Manager, folder options, registry, command prompt, apakah masih bisa dibuka..

  52. mas saya senang baca tulisan mas.tapi saya juga mau tanya soalnya saya masih awam bgt dgn computer.comp saya telah ada anti virus eset32.kalo ditamabah lagi anti virus lain bisa gak mas?kata teman saya cukup1 AV saja.terima kasih

  53. ada gak antivirus yang paling kuat mutlak ga ada virus yang bisa melawannya pokoknya ga tertandingi laaaaaaaaaah

  54. ada gak anti virus absolute yang tak terkalahkan, semua yang namanya virus ga bisa melawannya…

  55. thanks atas infonya mas ebta…
    minimal pengetahuan gw ttg mengatasi virus bertambah…
    tp bagaimana klo kta pake DeepFreeze…???
    bukankah itu memprotek komputer kta dari penyebaran virus??

  56. bagaimana menghapus virus tanpa menghilangkan dokumennya. karena biasanya kalau menscan dengan antivirus dokumen yang terkena virus ikut terhapus. terimakasih

  57. @topi_jerami
    Saya sendiri tidak nyaman jika menggunakan software seperti itu, karena sering install program, ubah setting windows dsb..
    memang bisa mengurangi resiko terkena virus..

    @cus
    itu tergantung virusnya, karena beda virus biasanya beda penanganannya. Dan kadang ada virus yang hanya merusak dan dokumen tidak bisa dikembalikan lagi

  58. makasih mas atas info nya,,,,lagi nyari bahan buat tugas kuliah,,,untung ktmu,,,mkasih skli lagi mas.,^^

  59. thanks. Oh ya saya boleh nanya ? saya pakai antivirus norton 2009. Waktu selesai saya instal di laptop kemudian saya scan setelah selesai di scan ada pesan “Complete Scan” namun warnanya kuning kemerahan beda dengan biasa kan warna hijau kenapa yach? atas jawabannya Thanks juga.

  60. @hasi
    sama-sama mas

    @tedi
    seharusnya ada informasinya disana, mengapa kok warnanya kuning. Coba diperiksa lebih jauh lagi, karena saya tidak menggunakan Norton, jadi kurang begitu tahu..

  61. Tks mas ebta atas info2nya. mas aku ada virus VBS/Autorun.UC di C:WINDOWSResourcesMicrosoft.Ink bgmn menghapusnya y. slm ini aku pake avira fre justru muncul terus antivir guard nya. kasih solusi mas. tks

  62. Om handsome g mao nanya ne beda antivirus free edition ama yg byr itu d lihat dari kemampuannya kan pst beda. Tp apakah yg free tetap tokcek buat detek virus?

  63. Om handsome g mao nanya ne beda antivirus free edition ama yg byr itu d lihat dari kemampuannya kan pst beda. Tp apakah yg free tetap tokcek buat detek virus?

  64. @Wilz
    itu spesifik ke merk antivirus, coba di uka situs antivirus yang dinginkan. jika ada versi gratis, maka otomatis akan ada perbandingan fitur dengan versi berbayarnya..

  65. mas saya lagi mau cari software yang bisa ngembaliin data dalam flahsdisk atau HDD yang udah di format.makasih sebelum nya

  66. aq mau nanya…
    temenq ituh pake avast(bener gak tulisannya?)anti virus,kemarin dya abiz minta software jet audio ke saudaranya.
    nah,sekarang antivirusnya gak bisa di buka,gak isa ngedetect juga.
    nggak cuma itu,program MS word juga adobe gak bisa dijalankan,juga gak bisa ngebuka folder/file lagu,foto…juga gak bisa nge-cut folder/file itu tadi…..
    kata dya ada peringatan tentang kerusakan sistem berbahaya tapi ansav nya rusak dan gak bisa ngedetect virus yang ada…

    kira2 itu kena virus apa ya?
    trus sebaiknya pake/install anti virus apa?

  67. untuk patricia:
    bener tulisan nya,anti virus nya gak mampu tuk ngedetect sebab ada sebagian antivirus yg tdk sanggup mendeteksi virus,coba mas coba anti virus anvira yg premium,itu jenis virus whorm,pernah denger gak virus jenis itu.mas harus membuka HDD yg trkena virus di komputer tersebut lalu mas scaen di komputer lain,dengan catatan komputer yg akan di gandeng HDD nya agar di non aktif kan Autorun nya.

  68. bagus ya website mu

    skali-kali lihat website aq yaaaa…………..

  69. thanks info tentang membasmi virus komputernya…

    komplit banget….

  70. salam mas Ebta, makasih banget atas beberan penjelasan yang amat sangat membantu kita2. oya saya mo tanya nih, gimana sich cara untuk kita tahu nama/jenis virus yang kira2 sudah terinfeksi di komputer kita, sebelum kita mengatasinya dengan instalsi antivirus atau OS baru dll. Thanx untuk jawaban yg lgi ditunggu2…

  71. salam buat semuanya…. saya mo nanya nh, gimana si caranya update NOD32 secara manual dan dimana mendapatkan update tannya makasih sebelumnya……

  72. NOD32 da series nya you bil salah satunya jgn lupa passwordnya

  73. Komputer saya sudah terinfeksi lebih dari 100 .. .
    bagaimana mengatasinya???

Comments are closed.