32

Optimasi Windows dengan Simple Performance Boost

Bicara tentang optimasi Windows, kita mungkin tidak akan asing dengan istilah “Tweak” atau “Tweaking”, istilah untuk mengaktifkan atau mematikan fitur tersembunyi. Sebelumnya saya pernah mengulas berbagai software tweak untuk windows seperti Mz Ultimate Tools, X-Setup Pro, RegToy, TweakNow juga Ultimate Windows Tweaker.

Meskipun semua tools diatas bisa dikatakan lengkap, tetapi mayoritas semua opsi harus kita pilih sendiri. Meskipun hal tersebut memberikan kebebasan pada kita mana yang akan di optimasi, tetapi tidak jarang sebagian kita bingung atau belum tahu/paham apa yang akan di optimasi. Oleh karena itu kini ada alternatif yang lebih sederhana dan kita tidak perlu bingung ketika ingin melakukan tweak untuk optimasi Windows, Simple Performance Boost.

Dengan program kecil, gratis dan portable Simple Performance Boost, kita bisa lebih mengoptimalkan windows XP, 2003, Vista, Windows 7, 8 ataupun Windows 2008. Program ini didesign untuk melakukan optimasi sistem (baik stabilitas dan kecepatan), tetapi tetap dilakukan dengan memilih cara yang paling aman, sehingga memperkecil efek negatif yang tidak diinginkan.

Masing-masing “tweak” yang dilakukan oleh program ini memang hanya berpengaruh kecil, tetapi ketika banyak bagian yang dioptimasi, maka performa yang didapat bisa menjadi cukup besar.

Tips dan Penggunaan

Ketika pertama kali menjalankan software ini, akan dibuat backup registry (konfigurasi sistem) yang akan diubah, sehingga ketika ada masalah setelah penggunaan software ini, dengan mudah akan dapat dikembalikan ke keadaan semula.

Ada 4 tampilan (tab) yang disediakan : Welcome, General Tweaks, Networking & Service Tweaks serta Visual Tweaks. Mulai dari Welcome, kita bisa saja klik Next, Next sampai akhir dan kli saja Apply Tweak, setelah itu restart dan lihat seberapa optimasi yang kita dapatkan. Tetapi berikut beberapa penjelasan umum masing-masing Tab yang tersedia :

  • Welcome, hanya berisi pendahuluan saja, serta tombol “Open Backup File Location” untuk mengembalikan setting ke keadaan sebelumnya melalui data backup yang sudah dibuat.
  • General Tweaks, berisi berbagai optimasi umum, mulai dari Memory, waktu Booting/Shutdown, optimasi file atau hardisk, serta beberapa optimasi lainnya. Pejelasan detail tiap opsi bisa dilihat di bagian bawah ketika kursor/mouse digerakkan di opsi tersebut.
  • Networking Tweaks: berisi optimasi berkaitan dengan jaringan (network). Service Tweaks: berisi optimasi service windows seperti : menon aktifkan fitur pengindex pencarian (yang cukup memperberat kinerja sistem), help service, dan lainnya
  • Visual Tweaks: berisi optimasi berkaitan masalah tampilan atau efek windows. Jika ingin performa yang tinggi dan tidak memerlukan tampilan dan efek yang bermacam-macam disinilah optimasinya.

Bagi yang sudah paham sebagian tweak yang disediakan, bisa memilah-milah mana yang akan dioptimasi sesuai dengan kebutuhan. Tetapi bagi yang masih awam, pilihan yang disertakan sudah cukup dan bisa langsung melakukan optimasi dengan klik Apply Tweaks. Optimasi hanya beberapa selanjutnya komputer memerlukan restart agar efeknya terlihat.

Bagaimana mengetahui performa windows meningkat? Jika kita tidak merasa performa meningkat, salah satu cara mengecek apakah ada efek atau tidak adalah melalui penggunaan Memory (RAM). Cek melalui Task Manager (Ctrl+Alt+Del) dan pilih tab Performance, kemudian bandingkan penggunan Memory dengan sebelumnya.

Download Simple Performance Boost Portable ( 380 KB)

32 Comments

  1. apakah berbeda dengan tweaking bawaan aplikasi lain, misal: ASC, dll.?
    Bagusan yang mana?
    Terima kasih.

  2. Mungkin perbedaannya kalo TU itu berbayar dan ukuran filenya besar sampai 19 MB. Kalo Simple Performance Boost gratis dan ukuran file cuma 380 KB. Kalo tanya bagus yang mana, saya cuma menebak aja sih, pasti Mas Ebta jawabnya bagus TU, hehe…maaf sebelumnya kalo salah.

  3. Kemarin nyoba2 pake TU2011, PC malah sering ngadat. Ijin sedot gan, mau nyicipin SPB Portable jg. Thanks

  4. wah bagus juga aplikasinya di tambah dengan penjelasan yang mudah di mengerti, maaf gan cuma sekedar pengen tau kalau di bandingkan dengan AVG PCtuneup. .lebih enak mana?

  5. @masjalitengseerti dikatakan mas prastowo (#6), TU berbayar dan ini gratis serta kecil. Selain itu dengan ini kita bisa tahu dengan detail sebenarnya apa yang di optimasi

    @Joko (#4)
    ini lebih simple, dan memberikan pilihan serta informasi lebih detail

    @bendot
    saya belum pernah mencoba AVG PCTuneup..
    mungkin bisa diberikan link referensinya ?

  6. Pingback: Beberapa Tips Komputer « dimasnaghsoyus
  7. Pingback: BEBERAPA TIPS KOMPI « jasonjoseph13th
  8. Simple Performance Boost ini perlu di instal dulu atau program langsung dijalankan tanpa perlu instal?

  9. Sampai sekarang daku masih pake TU 2011 sampe ver.terakhir (new update),kompiku adem ayem tp blingsatan performa kerjanya !! ibarat motor selalu keluaran terbaru dan ciamik.

  10. Pingback: Repair Windows | CTC Bina Insan Mulia
  11. sy sdh menggunakan freeware Advanced systemcare versi 5 ada fitur activeBoost on yg jalan di background terusmenerus,
    apa Simple Performance Boost Portable msh bisa dijalankan di komputernya scr bersamaan, atau salah satu hrs diOFFkan dulu ?? spy bisa dijalankan bersamaan tapi tetap compatible/sinergis tdk sampai Crash ,caranya bagaimana?
    di situs donlotnya tercantum fileSize 380KB, namun setelah didonlot berkali2 hnya terlihat 150KB (zip file)di folder saya,kenapa ya?? salah donlotnya atau situs sumbernya yg mengganti filenya?? seingat sy sdh muncul notifikasi ‘download complete’
    terimakasih gan ditunggu banget jawabanya

Comments are closed.