37

Perhatikan ketika install, CNET download.com Installer

Salah satu situs download terbesar, CNET Download.com sudah beberapa minggu ini menggunakan metode download softwarenya dengan CNET Download Installer di banyak software yang tersedia. Untuk mengunduh aplikasi atau program, kita akan diberi aplikasi kecil yang harus dijalankan terlebih dahulu, baru program ini akan men-download aplikasi sebenarnya.

Misalnya ketika kita ingin download Mozilla Firefox, maka yang kita dapatkan adalah aplikasi yang hanya berukuran sekitar 400 KB. Setelah dijalakan, aplikasi inilah yang akan mengunduh aplikasi Mozilla Firefox yang sebenarnya. Kemudian apa yang salah dengan teknik semacam ini ?

Cnet menuliskan bahwa teknik ini salah satu tujuannya agar ketika download terputus, maka kita tidak harus mengulang dari awal. Sebenarnya fitur tersebut yang menjadi masalah, tetapi aplikasi 400 KB tersebut menambahkan aplikasi lainnya yang jika kita tidak membaca dengan benar, maka akan di install juga di komputer kita. Misalnya Babylon Toolbar seperti tampilan dibawah ini.

Di beberapa CNET download installer yang lain, kadang disertakan aplikasi lainnya. Meskipun kita memilih untuk tidak menginstall aplikasi tambahan ini, tetapi sebagian pengguna biasanya ketika menginstall program atau aplikasi hanya klik Next, Next, Next dan seterusnya. Akibatnya aplikasi yang sebenarnya tidak diperlukan dan cenderung memperlambat komputer/internet atau bahkan ‘mematai-matai’ aktivitas kita ikut terinstall.

Ciri-ciri bahwa aplikasi yang kita download dari CNET hanya aplikasi downloader, biasanya didepan aplikasi tersebut ditambahkan nama cnet, misalnya : cnet_Firefox Setup 6_0_exe.exe, cnet_ccsetup309_exe.exe, cnet_hidden_file_tool_2_0_zip.exe, dan sebagainya. Yang unik salah satu aplikasi buatan saya sendiri Hidden File Tool 2.0 yang ada di CNET juga menggunakan downloader ini yang besarnya sekitar 440 KB, padahal program aslinya hanya berukuran sekitar 36 KB (HFT Review)

Hal itu tidak hanya dilakukan oleh CNET saja, sebelumnya banyak situs download semisal Brothersoft, Softonic, Tucows dan lainnya juga menggunakan teknik ini. Oleh karena itu sebaiknya hati-hati ketika menginstall program dengan membaca langkah yang ditampilkan satu persatu. Alternatifnya, kita bisa langsung download suatu program dari pengembangnya langsung atau dari situs altertatif seperti FileHippo atau Softpedia.

37 Comments

  1. Benar sekali itu. Sy benar2 tak suka dgn metode download seperti ini. Sy lebih suka download dulu secara full menggunakan aplikasi pemercepat download baru install sendiri. Sekarang sy jadi beralih ke filehippo.com atau softpedia.com, kecuali kalau terpaksa karena file yg saya cari itu adanya memang cuma di CNET download.com

  2. Metode seperti itu sebenarnya bertujuan agar jika download terputus kita tidak harus mengulang dari awal, seperti yang di bahas mas Ebta di atas.
    Intinya kita harus lebih berhati-hati kalo install suatu program, jangan sembarang klik tombol next.
    kayak minum obat :”Baca Aturan Pakai”
    🙂

  3. Pingback: Perhatikan ketika install, CNET download.com Installer
  4. Sy juga alami tuh… Tahu tahu nambah banyak aplikasi baru di laptop, rupanya anak2 download dan next2 doang…

  5. assalamualaikum mas Ebta dan rekan-rekan semua
    peringatan dini yang bagus, browsing dan download melalui internet emang banyak pernak-pernik yang membuat ribet, soalnya banyak yang mau numpang. artikel ini paling tidak bisa menjadi ingatan kita untuk selalu berhati-hati. jazakumullahi khaiir.
    wassalamualaikum

  6. wah g bgus tuh caranya kyak gitu, mending download di filehipo ja klo gitu^^
    filehippo masih yg terbaik menurut saya……..

  7. Saya juga kaget pas mau download aplikasi di cnet, kok jadi kayak gitu ya? bikin kita mesti berhati2 saat instal. Jadi saya lebih memilih downloader lain untuk itu. Trims sharingnya mas.

  8. Download model begitu adalah keuntungan buat mereka (iklan) dan Benalu buat kita. Mudah2an Softpedia & filehippo tidak ikut2an..

  9. terima kasih mas ebta atas pencerahan nya,saya sendiri pernah mengalami kayak gitu…tapi sekarang saya jadi lebih paham.thxs…

  10. Jarang nginstall program2 yang gak urgently needed kaya gitu, kalo ada yang portable itu lebih baik.

    Hati-hati sebelum ber install ria.

  11. mas EBTA sebenarnya ini gak ada hubungannya sama comment di atas,tapi saya mau minta bantuannya bisa kan,ada gk keygen untuk Aurora 3D text & logo maker v.09081541 kalo ada sekalian siftwarenya mas

  12. wah iya memang sedikit mengesalkan ya, kalo misalnya aplikasi yang ingin kita download ukurannya dibawah 100kb, tp sbelumnya harus download cnet downloader yg bersanya setengah mega..hmm
    cukup menganggu terutama untuk koneksi siput seperti yg saya pakai ini.

  13. bagi saya cukup mambantu artikelnya karena saya juga sering pusing kalo mendownload di cnet

  14. filehippo emang favorit saya
    cnet download installer emg menyebalkan.. cuma nambahin file sampah.. oops..

  15. awalnya kaget, cnet jadi seperti ini… menyedihkan…
    artikel yang bagus akhi, terimakasih

  16. Baru kemaren download winrar dari Brothersoft, eh ternyata harus install downloadernya terlebih dahulu. Langsung ajah saya hapus installernya pindah ke rarlab untuk langsung donlod aplikasi winrarnya

  17. Pingback: Beberapa Tips Komputer « dimasnaghsoyus
  18. Pingback: BEBERAPA TIPS KOMPI « jasonjoseph13th
  19. sejauh ini filehippo is the best dalam soal kpraktisan. yang penting jgn lupa install Filehippo update checker & CNET Tech Tracker. sangat membantu update program2 di kompi saya.

  20. betul sekali, mas. kita mesti menghilangkan tanda centang untuk menginstall embel-embel dari mereka. yang jadi masalah, kadang download file ukuran lebih kecil dari file cnet, jadinya mubazir. 🙂

Comments are closed.