95

Ringkasan Antivirus Terbaik tahun 2008 (Av-comparatives)

antivirus award 2008

Di akhir tahun 2008 ini, Av-Comparatives, salah satu lembaga independen yang melakukan berbagai test Antivirus terbaik dunia membuat ringkasan Antivirus terbaik dari 4 test yang dilakukan selama tahun 2008. Av-comparatives kemudian memberikan award (penghargaan) dan menentukan siapa pemenangnya

Dengan menggunakan hasil 4 kali test selama tahun 2008 ( Februari, Mei, Agustus dan November) siapa yang berhak mendapatkan “Antivirus Award 2008” ? Kemudian apa antivirus terbaik di masing-masing kategori ?

Hasil 4 kali Test Antivirus selama tahun 2008

Av-comparatives menggaris bawahi bahwa hanya High Quality Antivirus dengan kemampuan deteksi yang bagus yang boleh berpartisipasi dalam test-nya. Kemudian hasil/level “STANDARD” saja merupakan hasil yang cukup bagus, karena telah memenuhi kriteria minimum.

Pemenangnya

Dari hasil-hasil test tersebut Av-Comparatives membuat ringkasan mengenai kategori-kategori Antivirus terbaik di tahun 2008 ini :

  • Keseluruhan ( Antivirus Terbaik di tahun 2008 ) : AVIRA (kandidat kedua adalah ESET NOD32)
  • Kemampuan deteksi virus langsung : AVIRA ( kandidat berikutnya adalah Avast, AVG, ESET NOD32, GDATA AVK, KAspersky, Symantec Norton Antivirus dan Trustport)
  • Proactive on-demand detection rate : ESET NOD32 ( kandidat berikutnya adalah AVIRA)
  • Kesalahan mendeteksi terkecil : McAfee ( kandidat berikutnya adalah Microsoft)
  • Kecepatan scan langsung : Symantec Norton Antivirus ( kandidat berikutnya adalah AVIRA)
  • Copy File dengan Kecepatan scan : Kaspersky ( kandidat kedua adalah ESET NOD32)
  • Keseluruhan Performa terbaik : ESET NOD32 ( berikutnya Avast, Avira, BitDefender, GDATA AVK, McAfee, Microsoft, Symantec Norton Antivirus, VBA32 )

Informasi selengkapnya tentang komentar atau review singkat masing-masing antivirus diatas oleh av-Comparatives, silahkan mengunjungi langsung website Av-Comparatives dilihat menu Comparatives dan silahkan download file Report PDF Bulan Desember 2008.

oleh ebsoft.web.id

95 Comments

  1. Waah…Met Pagi Semuanya…Bahagia Rasanya Bisa Bertemu Di hari Yang Cerah ini..Avira 8 Memang Best of The Best..But, dari bebrapa sisi perlu dibenahi seperti update yang Lama, Kekeliruan pendeteksian dll gitu Loh..Kedepannya Bisa User Friendly dan Murah terjangkau apalagi Gratis..tis..tis..

  2. Assalamualaikum wr wb mas ebta. Saya ingin bertanya kepada mas ebta kenapa di pc saya akhir2 ini di system tray pc saya ada peringatan dr security center “virus protection not found” tp di bawahnya di manage security setting for : ada menu internet option, automatic updates, windows firewal dan avira antivir personal edition. Di system tray tanda payung terbuka juga ada bersebelahan dg tanda x merah (pemberitauan security center) kira2 ada apa dg pc/avira saya. Kerusakan tsb karna apa padahal dulu2 ngak ada baru 2 hari ini muncul. Sekedar info saya memakai xp2. Mudah2han mas ebta ato sdr sekalian bisa membantu saya

  3. Alhamdulillah… ^_^
    Antivirus jagoan saya dapat nilai yang baik,,,
    Avira gethuuu!!!
    Success forever to Avira and Mas Ebta.
    Thank’s infonya.
    Wassalamu’alaikum…

  4. Dulu saya penggemar AVG, namun sejak AVG keluar versi 8 membuat komp ku menjadi lambat, kemudian ganti Avira dan peringkat Avira naik terus…semoga avira tetap gratisss…. jaya Avira…..

  5. all, kalau ada yang berminat membeli license AVIRA yang mana lebih kumplit dan supported silahkan kontak saya

  6. Wah…
    Nurut gue norman dech yg plg bgs!!!
    (antivirus yg dikontrak ama pentagon & NASA)

  7. @Andranih
    wa’alaikumsalaam.. coba di install ulang atau dipilih repair ketika install ulang

    @Cahyana Putra
    wa’alaikumsalaam, terimakasih..

    @mardee
    Kalau dari segi kemampuan scan antivirus, antara yang gratis dan tidak sama saja..

  8. akhi ebta, kemaren dikompi ana sewaktu ana nyalakan di sistem traynya koq nggak muncul gambar payungnya avira ya, dan waktu startup nggak muncul juga aviranya, di run msconfig startup juga tidak ada avira,kira2 kenapa ya? ana pake avira premium security suite, jazakallah atas penjelasannya

  9. mas ebta gimana cara recovery data yang ke-remove avg???

    klo saya nginstall avg & avira bisa ngrusak komp gx???jadi antivirs di kompQ dua gitu……

  10. @yulis
    di repair saja installasinya ( seperti ketika akan di install ulang)

    @Fikrul Setiawan
    Ya, boleh juga

    @kym
    pertama-tama, non aktifkan dulu AVG, kemudian gunakan software recovery yang bisa dicari di internet. Saya juga pernah menulis tentang recovery..

    @squerenix
    Monggo.. 🙂

    @iwan
    untuk update langsung download saja dari link update avira dibawah ini
    http://dl.antivir.de/down/vdf/ivdf_fusebundle_nt_en.zip

  11. Saya menggunakan Bitdefender Total Security 2009, fiturnya sangat lengkap..

  12. AVIRA memang mantab!!!
    tapi milik kita sampai dengan bulan juli 2009 (gratisan!!!)

    oya sekalian minta informasi Serial number gratisan untuk USBSafelyRemove, abis terlambat atau salah memasukkan email, sehingga sampai saat ini ngak nyampek (SNnya), trialnya kurang 9 hari!!!

    Sekalian minta ijin promosi Blog baru gue
    http://mentari-computer.blogspot.com/

    Terimakasih semua!!

  13. setelah coba pake macem2 antivirus dari mulai panda, bit defender, norton symantec eeeh balik lagi deh ke avira emang avira mantap friendly ga makan memori jadi komp ga lemot. yg paling ngebuat lemot symantec norton busyeet dachh…

  14. kenapa Avira slalunya menghapus file yang terinveksi virus… beda dgn KAv yang bisa misahin file dgn virus..?

  15. saya buka rental di kampus
    menyediakan jasa scan virus gratis
    dan perbaikan komputer hampir +/- 90 % tanpa format
    dan menginstal beberapa anti virus di satu komputer

    kesimpulan saya
    1.instal beberapa anti virus itu bagus namun hanya maksimal 2 anti virus yang boleh aktif,nyang lain di ‘pause’ saja
    2. untuk menahan diri agar terlalu rusak dari serangan virus kaspersky terbaik
    3. kalau sudah kena virus, jangan diinstal anti virus otomatis macam avast, avg, avira, dll tapi bersihkan dullu registry pakai pcmedia, smadav, dll. kalau nggak bisa hang, error atau konflik layar biru
    4. untuk membersihkan komputer yang sudah kena virus, setelah dibersihka pakai pcmedia dan smadav dan masih sisa aktif lebih sering sukses pakai kaspersky
    5. kaspersky itu rumit apalagi kalau nggak bisa bahasa inggris, banyak yang bilang komputernya jadi hang gara-2 nggak bisa make,jadi untuk orang kebanyakan avira is the best untuk diinstalkan

  16. Norman security suite 7.10 is the best
    bgs buat virus lokal
    lebih bagus daripada avira & Kaspersky
    G bikin komputer lemot.

  17. teknologi sandbox norman itu loh!!!
    yg bikin virus klepek-klepek tak berkutik!!!

  18. Menurut saya sih, semua antivirus itu bagus. Hanya saja setiap antivirus punya kelemahan dan kelebihan. Saya sering menginstal berbagai macam antivirus, dan menurut saya :
    1. Avg mempunyai kelebihan ada license gratis dan user friendly, kelemahan mudah dijebol oleh virus walaupun telah diupdate.
    2. Kaspersky mempunyai kelebihan mencatat semua gerak-gerik proses yang ada di komputer sehingga sulit untuk dijebol oleh virus, kelemahan penggunaan agak ribet dan kayaknya tidak gratis, serta agak berat karena memakan ram lumayan banyak.
    3. Avira mempunyai kelebihan user friendly dan banyak dipakai oleh orang kebanyakan dan ada yang gratis, kelemahannya menscan virus tidak langsung tepat sasaran (aturannya telah didelete tetapi cautionnya ada terus sehingga harus full scan terlebih dahulu), sering terjadi kesalahan mendeteksi, sepertinya lambat dalam mengupdate database virus.
    4. Avast mempunyai kelebihan ada yang gratis, ringan, dan ada virus recovery database (VRDB), kelemahannya sama seperti AVG adalah mudah dijebol oleh virus.
    5. Norman belum mengetahui kelebihannya apa (normal), kelemahannya yaitu kurang bisa membersihkan virus dari file (sepertinya file semua diquarantine), serta tampilan yang kurang memuaskan.
    6. Eset Nod32 mempunyai kelebihan yaitu keras dalam artian virus varian baru bisa didetect dan ketahanan terhadap penjebolan virus. Saya belum mengetahui kelemahannya.

    Untuk Mcafee dan Symantec Norton saya belum bisa menilainya karena saya belum mencoba untuk lama memakainya. Saya sendiri memakai Kaspersky Internet Security 2009. Ingat!!! Semua yang ada diatas adalah pandangan saya pribadi, hanya sebagai masukan saja. Terima Kasih.

  19. Permisi buat semua pecinta komputer dan software, ijinkan saya sharing sedikit, Saya sudah LAMA BANGET memakai satu buah antivirus dikomputer saya (Windows Xp,Pentium 3, memori 384 Mb, yaitu NORTON INTERNET SECURITY 2009, dan hingga detik ini buat saya seorang PENGGILA internet dan doyan download sembarangan, ga pernah tuh kena virus apapun, saya tiap hari rajin update, cepet banget updatenya dan yg pasti untuk spesifikasi komputer sy yg cuma punya memori 384 Mb ga lambat n lemot, tapi cepet, enteng. buat yg minat nih gua ksi LINKNYA, buat masa aktif NORTON SELAMANYA, enjoy 🙂
    http://www.4shared.com/dir/6824822/b4170bf5/sharing.html

  20. Aku sih masih setia ama AVG 8.0, thanks buat artikel mas ebta sebelumnya ttg cara perbaiki AVG yang eror, komputerku dah beres tanpa intal ulang.

  21. sama donk, aku juga setia sama Avg N Avira, pokoknya dua2nya oke..walaupun banyak yang mengatakan klo Avg itu kurang bagus tapi buatku ok..!!

  22. terjawab sudah keraguan saya pakai avir avira,hebat dan sib’lah
    sukur-sukur ada gratisan.

  23. meskipun tampilan norman krg memuaskan tpi sgt bgs utk
    virus lokal, klu ada yg berminat sya punya 1 thn gratis licensenya silakan e-mail saya di july_underworld@yahoo.com.
    nanti pasti saya kasih!

  24. ada yang tahu nggak software apa yang bisa membuat ISO Image kayak
    Linux terus di burning menjadi bootable CD??? kalau ada yang tahu
    mohon kasih tahu saya apa nama software nya dan dimana Download nya???
    kalau bisa yang freeware saja karena gratis. terima kasih

  25. Kalau saya masih setia memakai AVG Full hingga 18tahun. tapi saya juga
    sedang mencari Anti Virus yang Ampuh dan Ringan. sebenarnya saya
    nggak mau memakai AVG Full hingga 18tahun karena menyita Ram yang
    Lumayan banyak dan Anti Virus AVG Full hingga 18tahun termasuk
    antivirus yang Berat. kalau teman – teman ada yang punya solusi antiVirus
    yang bagus dan ampuh juga nggak berat tolong kasih tahu saya. terima kasih.

  26. Klo buat pengguna Pro, emang eset NOD32 paling bagus……
    Settingannya banyak bgt….
    Cuma buat pemula agak susah.
    Beberapa kelebihannya:
    -Gak mungkin Expired (update ga ke web resminya tapi ke server mirror)
    -Masukin Flasdisk ga perlu di scan lagi (bgt FD masuk tu Antivirus langsung nyecan FD)
    -Resources memori yg termasuk kecil
    -Buat pengguna Offline, dgn menggunakan “NOD Update Generator” sudah bisa ngambil Updatean dr komputer yg NODnya terupdate (ibaratkan seperti copy Program Files)
    -Begitu nie Antivirus terinstall dan tersetting dengan baik, ga usah mikirin Virus lagi…. (bahkan Flasdisk yg masuk ga perlu di scan lagi)
    -Klo orang Professional hampir pasti make nie Anti Virus.

    Eset emang paling top.

  27. OK.. terimakasih atas berbagai masukan dan tambahan informasinya kepada teman-teman semua, semoga bisa mempermudah yang lain dalam memilih antivirus yang tepat..

  28. Tengkyu atas infonya.. sangat bermanfaat sekali.
    BTW, thread di atas kan tentang Antivirus, gimana dengan Internet Security? Apakah masing2 vendor tetap dalam posisi seperti di atas? saya pake BitDefender Total Security 2008.

  29. Q tetep lebih suka produk dalam negeri karena lebih mengerti kondisi Indonesia dan yang banyak beredar di Indonesia but Q juga pke AVIRA tapi gak pandang bulu mpe bikin puzink

  30. Q pake avira premium ni tapi bentar lag abis lisensinya bisa cari solusi kah bang?

  31. @surya
    bisa baca artikel saya sebelumnya tentang mendapatkan lisensi avira premium dan security gratis untuk 3 bulan

  32. Salam kenal buat SQUERENIX…,
    Bagi dunk lisensi Norman-nya. Thx b4.
    🙂

  33. Mas, Kasih juga dong tentang bagaimana mendapatkan lisensi key gratis untuk kaspersky. Aku butuh banget nih…

  34. udah 2 tahun lebih pake Nod32 tidak pernah kena virus.
    kecuali pas lagi utak-atik virus dgn mengOFFkan NOD32.
    enaknya punya kemampuan utk kirim virus terbaru

  35. AVIRA bagus ya gag kayaa AVG free edition bikin hilang File Software (.exe)huh… :/

  36. Ringkasan mengenai firewall terbaik tahun 2008, mungkin bisa di-sharing juga nih mas ebta…bagaimana ?

  37. @xorxor
    menarik untuk dicoba..

    @yudiero12
    Link itu sepertinya sudah di blacklist ( tidak bisa dibuka)

    @Fuzan
    saat ini memang sepertinya lebih bagus

    @hanif
    Iya, tetapi belum menemukan referensi yang sudah mengetest..

  38. link-nya masih bisa dibuka ko OM,…ne barusan aku coba,bisa ko…wah jangan punya mas Ebta tuh yang diblack list ma providernya.hehehehe….

  39. apa bedanya norton dengan symantec ya? soalnya pakai symantec (plus avg jg). untuk kestabilannya cukup baik. untuk link download norton, mengapa yang symantec hanya bisa yang i32?

  40. boleh tanya sikit,
    macammana nak hapuskan virus MyLove?
    sudah cuba sekali guna Kaspersky(trial),tiada lagi di local disk, tapi masih muncul pada browser explorer (on the top).
    bagaimana ye? (setakat ini tak ada gangguan pada PC)

  41. BUat Ms Donny
    Caranya make Trial reset itu gimana? Apa sebelum Nginstal NIS 09 dieksekusi filenya dulu atau kebalikan Instal dulu NIS09 baru di eksekusi file reset trialnya itu, mohon penjelasannya mas?

  42. @yudiero12
    Iya setelah saya cek, itu karena saya menggunakan Kaspersky ( mencoba versi trial 30 hari). Berarti masuk daftar hitam kaspersky..

    @Ijam
    Selain antivirus, coba gunakan anti spyware. Misal Spyware terminator atau Spybot Search and destroy. Dan mungkin bisa menggunakan browser mozilla firefox atau lainnya

  43. license key nya AVIRA apa sih salnya kan biasanya klw download yg free suka diminta?tolong cepet d blz y

  44. Kang, bisa bantuin aq untuk memperbarui lisensi gratis avira premium security suite yang berlaku dari 01 januari 2009 s.d 31 maret 2009. Tolong jawab ya…. thx banget sebelumnya

  45. @KamaL
    kalau yang free tidak perlu menggunakan license key

    @made hendra
    sepertinya sudah saya jawab di komentar yang lainnya..

  46. gue pernah pake mc afee, kaspersky, nod 32, avg 8 dan terakhir pake avira, tiap anvir ada kelebihan dan kekurangannya tapi avira lebih simple update-nya, dan trojan yg nggak ke detect sama avg 8 bisa di detect sama avira, so pantas aja dia kepilih, buat ebta keep working man, jangan lupa sholat-nya

  47. kalo ditempat gua kebnyakan pakenya kaspersky, aku penasaran ingin memilikinya engine-nya, tapi tentu yang gratisan kalobisa, kalo ndak bisa ya udah, kita kan maunya yang gratis-gratis gitcu loh. ada juga yang online scanner.

  48. Maz ebta, saya lagi cari panda antivirus
    Punya maz?

    Thq sebelumnya

  49. @mysistemerror
    Iya insyaAllah, jangan lupa juga untuk senaniasa berjamaah ke Masjid.. 🙂

    @BeEI
    Sepertinya belum menemukan versi gratis/promosi yang bisa di download..

  50. maaf mas email ku pki titik (.) ditengah bukan uderscrore..
    klo ada lisensinya tolong ya..maturnuwun..

  51. @Yudi
    kalau lisensi ini sepertinya tidak bisa di share, karena menggunakan username, dan mungkin terdaftar di avira..

  52. saya pernah nyoba avira ama symantec, hasilnya bentrok!!!
    antivirus kagak ada yang sempurnya, termasuk antivir, kemaren aja antivirnya kebobolan, padahal dah pake premium, jadi nambah symantec, akhirnya dapat tuh biang keladi si virus. jadi kalau mau ngeinstall dua antivirus sah2 aja, tergantung performa komputer kita

  53. hah NOD32(ESET) ga salah tuuuuu
    Uh jelekan, GW BKIN VIRUS ga kedetek ma NOD32,
    yang berasil ngedetek tu Avira, Kaspersky, Bitdefender, Avast,
    padahal gw dah mati2an bkin tu virus, gakedetek ma PCMAV, Ansav Smadav. tapi kedetek ma Heuristic Avira, kaspersky ma Avast,
    klo Bitdefender dah ada namanya Virus_@unknown142

  54. Waduh 3x… Pada ngebet bgt license key avira yak! Kyk ketagihan narkoba aja! Hehehe…

  55. assalamu a’laikum.
    apa sih mas bedanya/ciri2 antivirus bajakan dengan original? apa kedua-duanya bisa di update??ma kasih…ebsoft best of the best…

  56. assalamu a’laikum.
    apa sih mas bedanya/ciri2 antivirus bajakan dengan original? apa kedua-duanya bisa di update??ma kasih…tetap semangat…

  57. @Abdu
    wa’alaikumsalaam
    hampir susah dibedakan, tetapi kadang yang tidak valid memang tidak akan bisa update..

  58. Pingback: TEST 17 ANTIVIRUS di AWAL 2009 oleh AV-COMPARATIVES « Muslim’s Weblog
  59. Pingback: Tes Anti Virus terbaik 2009 oleh PC Security Lab « Tempat Nongkrong-Nya Para Pecinta IT
  60. Pingback: Antivirus Terbaik 2009 Menurut PC Security Labs « Mas-Adit’s Blog
  61. Pingback: Test 17 Antivirus di awal 2009 oleh av-comparatives « refleksi
  62. sebenernya saya agak meragukan hasil testnya…. seharusnya yg terbaik ada di eset nod 32

    pengalaman saya pake avira, instalasi defaultnya ga nyeting supaya scan otomatis usb flash disk, so pernah kecolongan virus masuk

    menurut saya syarat AV yg baik :
    – mudah di update, AVira klo update offline susah tuh
    – scannya cepet
    – ga bikin berat sistem

    saya vote buat Eset ….

  63. Pingback: Kokoy Siti Komariah » Blog Archive » Test Antivirus Terbaik 2009 versi PC Security Labs
  64. Pingback: Test Antivirus Terbaik 2009 versi PC Security Labs « BLOG PRIBADY TOMMY WAHYU UTOMO
  65. Pingback: Test 17 Antivirus di awal 2009 oleh av-comparatives « BLOG PRIBADY TOMMY WAHYU UTOMO

Comments are closed.