16

Scan/Pantau pengguna koneksi wireless dg WiFi Guard

Saat ini kebanyakan penggunaan internet di rumah, kantor atau tempat lain menggunakan koneksi WiFi. Meskipun koneksi WiFi saat ini relatif aman, tetapi ada baiknya memantau siapa saja yang terkoneksi ke koneksi WiFi kita, dan ada peringatan jika ada pengguna baru yang terkoneksi.

WiFi Guard merupakan salah satu aplikasi gratis (freeware) yang mempunyai fitur tersebut. Dengan aplikasi ini, kita bisa melakukan scan koneksi WiFi kita dan menampilkan alamat IP mana saja yang terkoneksi. Selain itu bisa kita set untuk otomatis melakukan scan dan memberikan peringatan ketika ada perangkat yang tersambung.

Aplikasi ini cukup mudah penggunaannya, ketika pertama kali dijalankan, kita tinggal memilih Network Adapter (perangkat WiFi) yang kita gunakan. Setelah itu, kita tinggal klik tombol scan dan akan ditampilkan alamat IP mana saja yang tersembung.

Pengaturan interval scan bisa diset melalui menu Setting. Bagusnya, program ini tersedia untuk Windows 2000 dan diatasnya (baik portable maupun installer), Mac OS 10.4 dan setelahnya serta Linux dengan GTK+ 2.8 dan setelahnya. Tersedia baik 32bit maupun 64bit.

Jika koneksi WiFi kita ingin kita amankan, pastikan menggunakan password untuk proteksi aksesnya (sebaiknya . menggunakan WPA atau WPA2, karena WEP lebih rentan dan mudah di hack). Tetapi jika sudah di beri password dan ternyata ada perangkat baru yang terkoneksi melalui Wifi Guard, bisa jadi password WiFi sudah di hack, dan sebaiknya diganti dengan password baru yang lebih aman.

Download WiFi Guard ( 1.5 MB).

16 Comments

  1. Makasih mas Ebta sharingnya. Kalau ada dilengkapi juga donk dengan Wifi monitoring menggunakan smartphone, blackberry dan android. Sukses dan berkah selalu buat mas Ebta dan keluarga. Jazakallahu

  2. Nuwun atas infonya, mas Ebta jika untuk manajemen hotspot apa aplikasinya, jadi saat ada yang ingin koneksi harus terdaftar dulu.

  3. bang ebta..
    macam mana nie ya..
    wifi di rumah g uda g ganti password da tpi tetap juga di mainkan orang.
    ada cara lain gak supaya wifi g tidak di mainkan orang?

  4. trims mas Ebta. sdh coba yg portable: MANTAP. meski fiturnya blom selengkap netcut (blom bs meng-‘cut’ intruder).

  5. Mboten ngertos pripun penggunaanya.Nyuwun tulung dipun pencerahannya,kulo sampun tuwek! Matur nuwun nggih mas Ebta.

Comments are closed.