27

[Software Indonesia] GIFShot & Khayalan File Splitter Joiner

khayalan-softwareSelama ini saya jarang (atau belum pernah) mengulas software karya anak bangsa (Indonesia), kecuali software buatan saya sendiri :). Padahal banyak software atau program gratis karya anak bangsa yang berkualitas dan bermanfaat, diantaranya adalah Khayalan Software File Splitter and Joiner dan GIFShot dari Khayalan Software.

Khayalan Software berdiri sejak tahun 2010 dan dikembangkan oleh Faris Khowarizmi dengan nama awalnya Faris Development. Bertujuan membuat software-software yang bermanfaat bagi siapa saja, terutama software Gratis. Sampai saat ini sudah 3 buah software gratis yang dikembangkan, yaitu:

  1. GIFShot
  2. Khayalan File Splitter and Joiner (KFSJ)
  3. WallSlider (saat ini sudah tidak dikembangkan lagi)

GIFShot

Seperti namanya, program ini dapat digunakan untuk membuat file GIF dari webcam yang terpasang di komputer atau di Laptop. Pengguna dapat langsung menangkap tampilan dari webcam dan mengatur opsi-opsi yang disediakan untuk membuat animasi GIF-nya, seperti misalnya jumlah frame, kompresi GIF, mengubah ukuran, dan sebagainya.

gifshot

Selain untuk membuat file GIF dari citra yang ditangkap oleh webcam, sofware ini juga bisa bermanfaat untuk mengetest atau mengecek apakah webcam komputer/laptop berjalan. Informasi selengkapnya bisa melihat halaman GIFShot

Khayalan File Splitter and Joiner

Software gratis ini dapat digunakan untuk membagi (memecah) file besar menjadi file-file kecil (split), kemudian menggabungkan kembali menjadi satu file utuh (Join). Selain memecah berdasar jumlah, bisa juga dipilih opsi memecah file berdasarkan ukuran. Selain itu program ini juga dilengkapi dengan opsi untuk meng-enkrip file hasil sehingga untuk menggabungkannya kembali diperlukan password. Enkripsi menyediakan berbagai algoritma populer.

file-sppillter-joiner

Proses pemecahan file juga relatif cepat ( saya coba memecah file 700 MB menjadi 7 memerlukan waktu sekitar 30 detik, tanpa enkripsi dan sekitar 90 detik dengan enkripsi). Menyatukan file-filenya kembali juga memeerlukan waktu yang relatif sama. Download dan Informasi selengkapnya bisa langsung mengunjungi halaman KFSJ

Selain 2 software diatas, ada satu lagi software buatan Khayalan Software, yaitu WallSlider, yang dibuat untuk windows XP agar bisa mengganti wallpaper dengan periode tertentu. Tetapi pengembangannya sudah tidak dilanjutkan lagi.

Jika anda merupakan software developer (pengembang sofware) yang membuat software-software gratis yang bermanfaat, atau melihat software bermanfaat karya anak Indonesia lainnya, jangan ragu untuk mengirimkan email ke ebta [dot] setiawan [@] gmail [dot] com, sehingga bisa diulas di ebsoft secara gratis.

ebta

27 Comments

  1. Terima kasih infonya. Semoga bisa menambah insiprasi bagi anak bangsa lainnya utk menghasilkan karya2 terbaik.

  2. mohon informasinya untuk software yang fungsinya sama seperti GIF shoot tapi sourcenya mengambil screen di desktop bukan di webcam. terimakasih

  3. trim’s buat mas ebta, menampilkan dan mengulas karya anak bangsa disamping menambah info dan semangat juang anak bangsa lainnya juga bermakna mensyukuri nikmat kemerdekaan Indonesia, merdeka

  4. software split / join ini yg lagi di cari bisa buat split file sebelum upload.

    Ijin ke TKP dulu…

  5. saya juga punya, boleh direview disitus ini?, kalau boleh saya kasih linknya!

  6. Terima Kasih sebesar-besarnya buat mas ebta atas reviewnya, semoga bermamfaat untuk yang membutuhkannya…

    Saran dan pesan dapat disalurkan ke thekill96 (et) gmail (dot) com… terima kasih.

  7. kang ebta,kok dipc saya program2 tsb ada false alarm program2 berbahaya yah?

Comments are closed.