38

SuperKomputer tercepat Vs Ipad 2 Vs PC Core i7

SuperKomputer merupakan komputer yang mempunyai kapasitas, kecepatan perhitungan yang sangat tinggi. Menggabungkan puluhan sampai ratusan ribu processor dengan sistem dan perangkat teknologi tinggi, sehingga dihasilkan komputer super cepat. Bagaimana perbandingan SuperKomputer dengan PC saat ini atau Ipad 2.

Kecepatan perhitungan SuperKomputer diukur dengan FLOPS (Floating Point Operation Per Second). Untuk mempermudah, flops ini dapat dianalogikan sebagai Jumlah operasi perhitungan dalam satu detik. SuperKomputer tercepat saat ini ( November 2011 ) diduduki oleh K Computer, yang dikembangkan oleh RIKEN dan Fujitsu di Jepang. Kemampuannya saat ini sudah mencapai 10.51 petaflops ( 10.510.000.000.000.000 flops). Sehingga kurang lebih dapat memproses operasi sebesar itu dalam satu detik.


K Computer dikembangkan oleh Fujitsu ini menggunakan 88.000 processor ( Sun SPARC64 VIIIfx 2.0GHz 8 core), rak server sebanyak 864 dan menggunakan sistem operasi Linux. Tampilan K Computer seperti terlihat pada gambar diatas.

Seberapa Cepat 10.51 petaflops?

Untuk mempermudah kita menggambarkan kecepatan SuperKomputer ini, Royal Pingdom membuat gambaran tentang seberapa cepat atau membandingkan dengan PC dan juga Ipad 2 yang banyak beredar dan kemampuannya yang lumayan canggih.

Salah satu processor tercepat saat ini yang bisa kita jalankan di PC atau komputer rumahan, mungkin adalah Intel Core i7 980 XE, mempunyai kemampuan 109 gigaflops. Sedangkan Apple Ipad 2 dengan teknologi terbarunya menggunakan processor A5 dual core 1 GHz, yang mampu menjalankan berbagai aplikasi modern termasuk game 3D, mempunyai kecepatan 171 megaflops.

A5 processor di Ipad 2 171 megaflops
Intel Core i7 980 EX 109.000 megaflops
K Computer 10.510.000.000 megaflops

Dari tabel diatas mungkin sebagian kita masih belum bisa membayangkan seberapa cepat superkomputer tersebut. Untuk mempermudah, dengan menghitung-hitung, jika dibandingkan dengan Ipad 2, maka untuk menyamai kecepatan super komputer tersebut, akan diperlukan sebanyak 61.461.988 ( 61 juta ) ipad 2. Jika ipad 2 sebanyak ini di tumpuk, maka tingginya akan mencapai sekitar 540 km. Sedangkan untuk PC desktop tercepat, akan diperlukan sebanyak 96.422 buah CPU intel Core i7 980 EX.

Sebagai tambahan, jika dibandingkan dengan masa lalu, salah satu komputer yang pernah dibuat tahun 1976 “Cray 1” mempunyai kecepatan sekitar 250 megaflops. Sehingga dapat diperkirakan bahwa superkomputer tercepat pada tahun 1970-an ( sekitar 40 tahun yang lalu) sebanding dengan Ipad 2 saat ini. Sehingga bisa jadi 40 tahun yang akan datang, komputer secepat superkomputer saat ini sudah ada di genggaman tangan manusia.

Pemanfaatan SuperKomputer

Karena kecepatan atau kemampuan perhitungan yang super cepat tersebut, superKomputer biasanya digunakan dalam hal penelitian, seperti menganalisa nanomaterial, simulasi molekular (dalam bidang kesehatan atau farmasi), simulasi yang behubungan dengan atom dan elektron, simulasi pergerakan gempa bumi, tsunami dan efeknya, simulasi sirkulasi atmosfer untuk perkiraan fenomena alam dan sebagainya.

Untuk melihat informasi lebih lengkap tentang superkomputer, silahkan mengunjungi website Top500.

38 Comments

  1. wah..kalo fujitsu yang dijual disini pake procesor intel y

    andaikan pake procesor sendiri dengan harga yang sama bakal laris tuh.. :p

  2. Info yang berguna, semoga bangsa kita tidak hanya sebagai konsumen saja. Jazakallah khair. Semoga Allah menjadikan bangsa dan negara sebagai BALDATUN THOYYIBATUN WARABBUN GHAFUUR. Amin.

  3. luar biasa… gmn ya rasanya klo 40 thn kedepan super komputer saat ini ada di genggaan??? bs jd kecepatannya jg g beda jauh dr sekarang krn aplikasi kan jg akan semakin berat… apalagi game masa depan pasti jg akan semakin berat…. hehe it cm pendapatku….

  4. Memang cepat perkembangan Teknologi padahal baru kemarin rasanya mencicipi Os Dos … :p , ibarat keong tiba2 lari ngebut (Mungkin tuh keong nempel di kereta atau di ikat diRoket).

  5. Semakin cepat super komputer semoga semakin bijak pemakaian kemajuan iptek untuk kemaslahatan umat manusia, bukan sebaliknya untuk kemudharatan belaka.

  6. maaf cm pgn kasih tw, terhitung hari ini menurut saya prosesor no. 1 menurut CHIP bkn intel Core i7 980 EX. tapi intel Core i7-990X XE dengan nama Gulftown.. 😀

  7. Bagaimanapun juga, manusia yang buat super komputer yang lebih hebat, dan yang menciptakan manusia pembuat super komputer yang paling hebat…

  8. Subhana LLoh, mudah-han manusia semakin tau diri dan menempatkan diri. agar K-Computer berguna untuk kebaikan orang banyak. semakin Dekat manusia pada Tuhan

  9. satu lagi pembuktian manusia tentang kata-kata “impossible is nothing”

  10. waduh….. bisa ngga saya nyicipin super K komputer
    40 tahun kedepan saya dah tua bangka…
    siiiip gan

  11. perkembangan komputer sangat cepat beberapa tahun ini, q beli proci intel pentium 4 prescot dulu harganya 2,5 jeti, tapi sekarang? 50 juga dapat.ntr klo udah core i7 harganya 100 k, q bakal beli! lo skrang g deh, buang buang uang aja! trims infonya gan

  12. sda pux laptop core tu duo aja alhmdulillah…
    apa lgi kl core i7???…
    lebih2 low K Komputer????…. masya allah….
    makasih atas brbagi infox mas ebta…

Comments are closed.