79

Test Antivirus Terbaik tahap ketiga 2009 (Av-comparatives)

Info gambar

Di awal November ini kita akan melihat hasil test berbagai antivirus dari Av-comparatives. Beberapa waktu lalu Av-comparatives mengeluarkan test antivirus tahap ketiga tahun 2009, yang berfokus pada kemampuan scan langsung virus (On-demmand comparative) dengan sample virus/malware sekitar 1.6 juta.

Sample malware sebanyak sekitar 1.6 juta ini mencakup : windows virus, trojan, worm, backdoors dan lainya.

Test tahap ketiga ini di mulai sekitar pertengahan Agustus tahun 2009 lalu, dan hasilnya terakhir di perbarui (di update) sekitar pertengahan September. Meskipun begitu, test ini merupakan test terbaru karena mengikutsertakan beberapa versi antivirus baru, dibanding test sebelumnya. Diantaranya Kaspersky 2010, Avira 9 dan Norton antivirus 2010.

Masing-masing antivirus di update tanggal 10 Agustus 2009, dan selama dilakukan pengetesan, pengaturan dilakukan pada setting tertinggi, kecuali sophos dan F-Secure.

Av-comparatives, lembaga independent yang melakukan test berbagai antivirus, kembali mengeluarkan test antivirus tahap ketiga. Dibanding test sebelumnya pada bulan Mei 2009 kemarin, Test kali ini menyertakan banyak antivirus versi baru, seperti Avira 9, Kaspersky 2010, BitDefender 2010, ESET NOD32, Norton Antivirus dan lainnya.

Jumlah sample malware yang digunakan sekitar 1.6 juta, mencakup virus windows, trojan, worm, backdoor/bot, macro virus dan lainnya (dalam artikel ini istilah “virus” mencakup itu semua). Jumlah sebesar ini diambil antara bulan Januari 2009 sampai Agustus 2009.

virus-sample

On-demand Test merupakan test dengan memberikan sample virus, antivirus langsung digunakan untuk menyecan file-file tersebut. Hasilnya dilihat berapa virus yang tidak terdeteksi, waktu scan dan juga kesalahan mendeteksi file bersih lainnya.

Produk antivirus yang disertakan dalam test kali ini adalah sebagai berikut :

  • Avast! Professional Edition 4.8.1384
  • AVG Anti-Virus 8.5.406
  • Avira Antivir Premium 9.0.0.446
  • BitDefender Anti-Virus 13.0.13.254
  • eScan Anti-Virus 10.0.997.491
  • ESET NOD32 Antivirus 4.0.437.0
  • F-Secure Anti-Virus 10.00.246
  • G DATA Antivirus 20.0.4.9
  • Kaspersky Anti-Virus 9.0.0.463
  • Kingsoft Antivirus 2009.08.05.06
  • McAfee VirusScan Plus 13.11.02
  • Microsoft Live OneCare 2.5.2900.28
  • Norman Antivirus & Anti-Spyware 7.10.02
  • Sophos Anti-Virus 7.6.10
  • Symantec Norton Anti-Virus 17.0.0.136
  • Trustport Antivirus 2.8.0.3017

HASIL TEST

Av-comparative dalam test tahap ketiga ini menggunakan 2 hasil test dalam memberikan rangking/peringkat antivirus, yaitu kemampuan terbaik mendeteksi virus dan jumlah kesalahan mendeteksi file yang bukan virus. Selain itu, kita juga akan melihat perbandingan hasil kecepatan scan berbagai antivirus tersebut.

Hasil Kemampuan Deteksi virus (sample 1.6 juta malware)
av-comparatives-test-result

Jumlah Kesalahan Deteksi
av-comparatives-false-alarm

Kecepatan Scan Antivirus
scan-speed-test

Peringkat dari av-comparatives

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, av-comparatives memberikan peringkat dengan melihat dua hal : Kemampuan mendeteksi dari 1.6 juta sample virus dan jumlah kesalahan mendeteksi file yang bukan virus. Hasilnya adalah sebagai berikut :

av-comparatives-award

Melihat hasil di atas, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan hasil on-demand test sebelumnya (Test antivirus Mei 2009). peringkat memampuan deteksi test virus pada 5 besar diatas masih dipegang oleh antivirus yang sama.

Kecepatan scan sebagian produk mengalami peningkatan, terutama adalah Avast Antivirus. Termasuk juga Avira, Norton antivirus, BitDefender, F-secure dan Kaspersky. Sedangkan sebagian mengalami penurunan, terutama adalah Kingsoft, termasuk juga McAfee, ESET NOD32 serta Norman (meskipun relatif kecil). Sedangkan AVG tidak mengalami peningkatan kecepatan pada versi 8.5 ini (AVG versi 9 belum ikut dalam test ini).

79 Comments

  1. Pingback: Test Antivirus Terbaik tahap ketiga 2009 (Av-comparatives) | Update Blog Terbaru
  2. Ass.Wr.Wb. Maz Ebta, untuk G DATA ada yang freeware nggak ya? Syukur2 kalau ada yang portablenya. Kalau ada, tolong bagi2 alamatnya. Trims. Wass.Wr.Wb.

  3. Assalamualaikum,
    mas ebta, G Data Bikin lola komputer ga ?
    trus edisi freenya ada ga ?
    sukron

  4. Assalamu’alaikum,
    Mas Ebta…G DATA versi free nya bisa download dimana ya..?

  5. Pingback: Test Antivirus Terbaik tahap ketiga 2009 (Av-comparatives) | Update Blog Terbaru
  6. aku pake avira tp udah lama ga update…xixixixixi..
    nais inpo dah…
    top Gan..!!!

  7. symantec lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya…proses scanning lebih cepat daripada AVG. Selain itu, symantec juga enteng di memori

  8. wah kebetulan sih dulu saya eset maniak heheh walaupun sekarang dah ga pake lagi, beralih ke snow leopard

  9. @jole
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    G DATA nggak free..
    terimakasih atas info D GATA-nya

    @arfan @zen
    wa’alaikumsalaam
    setahu saya belum ada versi free

    @hajar
    wa’alaikumsalaam
    sama-sama

    @hilal
    D GATA setahu saya belum ada yg free

  10. Assalamu’alaikum wr. wb. yang kami hormati dan kami sayangi.. mas ebta… hehe… thanks atas infonya. ane tetap pake avira… avira premium yang ane dunlud dari tulisan ttg avira dari ebsoft top markotop… semoga Allah swt membalas kebaikan hati mas ebta. Dah dapat momongan belum???

  11. @ Joel, makasih untuk trialnya, tapi kalo mau yang full, monggo saya sekedar sharing G Data…. ( yang Mau silahkan di sedot, ngga mau juga ngga papa…. )

    http://katz.cd/download/4309234/App/G-DATA-TotalCare-2010-20-0-2-1/

    Ini adalah perangkat keamanan yang hadir dengan semua tools yang diperlukan untuk perlindungan total PC Anda

    Sebuah era baru mulai: Untuk pertama kalinya, seperti biasa keamanan yang tinggi optimal dari G Data TotalCare benar-benar tidak terdeteksi. Belajar mandiri membolehkan akses sidik jari dan mempercepat tes-perlindungan sehingga kinerja PC tetap sama sekali tidak terpengaruh.

    G DATA TotalCare menawarkan perlindungan yang paling lengkap dengan bantuan terpadu antivirus, firewall, keamanan internet, antispam dan antiphishing filter serta beberapa alat manajemen data penting yang powerfull.

    Berikut adalah beberapa fitur dari “G DATA TotalCare 2010”:

    路 Konstan optimal pendeteksian virus
    路 Memegang Rekor Selama bertahun-tahun untuk waktu respon tercepat untuk virus baru
    路 Metode terbaru untuk mendeteksi virus yang tidak diketahui (perilaku memblokir, heuristik, awan keamanan)
    Sederhana pengguna bimbingan – ideal untuk pemula:
    路 Dengan baru “satu klik” user interface
    路 Otomatis melakukan semua fungsi perlindungan terdeteksi di latar belakang
    路 Silent firewall tanpa mengganggu query

    Persyaratan:

    路 Computer Memory: 512 MB
    路 Internet Connection

    What’s New in This Release:

    路 Up to 5 kali lebih cepat berkat teknologi baru termasuk DoubleScan fingerprinting dan ParallelScan
    路 Perilaku pemantauan khas mendeteksi malware
    路 Fast surfing tanpa gangguan atau keterlambatan untuk pertama kalinya
    路 perangkat lunak keamanan lama dihapus secara otomatis
    路 Brand new, cepat backup dan recovery
    路 Peningkatan keamanan Windows tuning menutup lubang
    路 Panduan pengguna intuitif Baru

    (nerjemahin dengan bantuan translate Om Google, jadi rada “aneh”) hehehehee…

  12. informatif banget…tapi boleh sharing ga? gimana dengan antivirus lokal yang akhir2 ini cukup santer dibicarakan, terutama dikalangan kampus, yaitu SMADAV ? gimana perbandingannya atau keunggulan dan kelemahannya dibanding yang lain. Saya coba pake SMADAV versi terbaru 7.1, tapi belum begitu faham keunggulannya, kecuali dia bikin folder khusus tak tembus virus/malware/trojan di disk kita, file office yang ditaro disana dijamin tidak ditembus virus. Gimana menurut mas Ebta? Trims.

  13. Peserta tesnya sepertinya AV yang berbayar semua. Pertanyaan saya apakah bisa dijadikan referensi untuk yang free ? (menurut mas EBTA dan yang lainnya).

    “saya pikir tdk bisa dijadikan referensi buat yang free”

    mau hampir virus free ? Coba Karmic Koala,… 馃檪

  14. thx atas infonya….aku masih exist di avg.
    mas, kapan ngebahas antivirus buatan indonesia -smadav-?

  15. Mas Ebta, kenapa ya A Squared anti malware tidak diikutsertakan? Saya dapat informasi AV ini bagus sekali, bagaimana pendapat mas Ebta?
    Kaspersky kok melorot ya?

  16. wah bagus juga informasinya karena biar tahu akan perkembangan anti virus yang ada. Kaspersky tetap idola saya sih juga peringkatnya juga lumayan tuh….

  17. saya udah lumayan lama dgn avira premium security suite, beberapa hari yg lalu “menang” lisensi resmi kaspersky internet security 2010 selama 183 hari, ya coba aja saya ganti avira-nya jadi kaspersky. namun melihat hasil tes AV disini, saya jadi bimbang. soalnya kemampuan deteksi avira no 2, sedang kaspersky di urutan 11. haruskan saya kembali ke avira??? tolong saran mas ebta, juga teman-teman lainnya. syukran katsir.

  18. kalo saya percayakan keamanam kompi by AVG v.9 coz ia yang slamatin kompi saya waktu kena virus Tanatam, disaat antivirus lain gak bisa berbuat banyak. hanya ia yang bisa diinstal dan membersihkan virus tersebut. pada dasarnya semua antivurus sih bagus asalkan up to date.

  19. Wah, Avira masih masuk 5 besar. Saya masih setia pakai avira, selain gak boros source kemampuanya juga sudah terbukti pada tes2 ini :D.
    Memang angka fals alarmnya tinggi, tp nggak terlalu jd masalah.

  20. symantec lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya鈥roses scanning lebih cepat daripada AVG. Selain itu, symantec juga enteng di memori

  21. Pingback: uberVU - social comments
  22. Assalamu鈥檃laikum,wr.wb.
    mas/mbak ebta, thanks sebelumnya. dengan ini aku dapat ilmu baru nieh…. dan mungkin ada manfaat’na juga aku berbagi ilmu dgn orng yg belum tau. ho…hooo.ho

  23. Syukron katsiron ya akhii Ebta, mau sharing ke teman2 ku Pak Wahyudin dan Bu Titi di M.A. Selamat menikmati sajian dari ebsoft.

  24. mas ebta avira premium dan premium security suite versi 9 perbedaannya dimana aja sih??? khususnya dalam mendeteksi virus ???

  25. Wah Informasi Tentang Tes ini sangat jadi rujukan aku untuk memberikan masukan kepada kawan2 …soal anti virus yg bagus.
    Oke Deh Makasih

  26. Semenjak komptrku hancur kena virus pd tahun 2005 ku coba pake Avast dan beruntung sudah 4 tahun ini kmptrku no problem. Meski Avast bkn yg terbaik dia tetap memiliki ketepatan mengenali virus yg baik didukung lagi pake antivirus lokal buat antisipasi virus lokal jadi sama dengan PERFECT!!!

  27. Wah info baru nih, oiya mas ebta kayakya perlu bahas masalah anti virus buata negri looo…, soalnya banyak yg ngak paham dengan antivirus dalam negri baik kemampuan menditeksinya dan membasmi virus itu sendiri. mis SMADAV. trimakasih.

  28. Thanks infonya Mas Ebta. Saya tetap blm pindah ke lain hati, tetap pake ESET. Sblm memilih menggunakan antivirus, beberapa faktor yang harus diperhatikan adalah tidak memberatkan kinerja komputer dan kemudahan dalam update offline nya. Dan kalau saya perhatikan selama beberapa edisi AV Comparatives, ESET tetap stabil di peringkat teratas.

  29. tetep la pki avira premium security suite
    top margotop da,,,,kesalahan deteksi bisa kita atur sendiri
    ko kan da pilihan tindakan apa yang mo dibuat klo ragu ya delete aja….tx infonya mas….

  30. Wah, G Data Av emang top, sy stelah bc langsung download mlm kmaren, eh berhasil, G Data Av trial full 30 hr, sbelumnya sy pake norton 2009. sy ngak mau fanatik ama Av tertentu, apalagi ama norton pernah pengalaman buruk bikin hilang smua data. G Data Av punya mesin dua core: 1) Bit Defender 1997 – 2009, 2) kalo gak salah Alwil Software (mohon koreksi). Biar besar filenya tp ngak berat. Trim Mas Ebta.

  31. mau avira premium security suite versi 9 silakan datang ke rumah saya. download avira premium security suite resmi dari situsnya

  32. Trims infonya
    Sudah pernah saya coba beberapa yang berada di 7 besar diatas, tapi tetep kembali ke Kaspersky karena kalau terlalu bersih jadi gak kreatif dong, heheheh

  33. Assalamu’alaikum…
    Wah Blognya Mas Ebta Keren yah?
    Jadi “Iri”.hehehe
    Saya pengguna Avira Free…
    dan mau Upgrade ke “Avira Premium Security Suite”??
    Minta Alamat Donload yg Free dong Mas, yg Bener2 “Free…”
    Biasalah Indonesia banget gitu lho..hehehehe
    Matur suwon… :))

  34. Esset smart security + Smadav.. cocok banget. Avira kebanyakan False detectnya

  35. Senang ngikutin perkembangan webnya kang ebta,, oiya to all, dimana ya donlot norton av yg terbaru tentunya yg pake serial crack,, maklumlah orang indonesia geto

  36. Syukur saya pke Avast AV yg termasuk dlm AV terbaik meskipun kalah sm G DATA, pdhl sebelumnya mo ganti jd ESET NOD32 tp pas ngeliat artikel ini saya berbubah pikiran, ternyata masih lebih baek Avast..
    Thx mas Ebta..

    @Imam: Klo km pengen ng’download Norton Av ad kog yg free ed..
    download aja di softpedia.com

  37. Klau gw pkai KIS 2010+SMADAV 7 bgus bgt soale komputer gw prnh kmsukan virus smpai ganti memori brkat kombinasi keduanya top markotop

  38. wadoh..
    kaspersky jdi yg ke 11..!!!
    gpp yg penting luph u full..huehue

  39. saya tetap mcafee yang virus scan enterprise + anti spyware 8.5 i meskipun udah agak lama tapi saya masih percaya dengan antivirus ini !

  40. sorry bro.. apapun hasilnya.. Gue tetep cinta mati ama Kaspersky….. Kaspersky nomer satu lah….

  41. Pingback: Test Antivirus Terbaik « ntunk's Blog
  42. Sy Br Semingguan Pake AVG 9 plus SMADAV 7,3, Dulu pake Norton trus AVG 7,5 pas ngetop Avira ikut pake, awalnya bagus dan hampir setahun pake dan Update trus tp terakhir Avira scan file System sbg Virus alhasil terhapus file tsb sialnya pas Booting hari berikut ada file yg Corupt terpaksa Instal ulang dan kembali pake AVG 8. Mas Ebta kenapa AV bisa scan file system sbg virus apa mmg file tsb terjangkit Virus ato AV yg terjangkit Virus? thank’s Info2nya

  43. @taufiq
    wa’alaikumsalaam. belum, doakan segera ya.

    @nuvan
    terimakasih atas informasi tambahannya

    @nasir
    ya, insya Allah akan saya coba cari infonya. dulu saya pernah coba tapi belum memeriksa lebih dalam

    @hum4nb31ng
    bisa, karena kemampuan scan virus sama.yg beda biasanya hanya fiturnya saja

    @fendi
    terimakasih, akan menjadi masukan buat saya.

    @hans
    wah, saya kurang tahu

    @ridwan
    karspersky juga bagus.coba dulu saja.

    @heru
    silakan liat artikel baru saya : http://ebsoft.web.id/2009/11/23/perubahan-skema-update-antivirus-avira-lebih-cepat/

    @hedgefund23
    dalam mendeteksi setau saya sama

    @ tHono_e
    g data tidak free. coba lihat komentar sebelumnya.

    @ridho
    wa’alaikumsalaam. klu itu mah g free 馃檪

  44. aq tetep Avira aja.. mpe sekarang komputer q aman2 aja kok.. n jg gk terlalu berat. mbk.. mbk cara update avira ke versi premium tapi gratis gmana mbk ?

  45. Pingback: HARS – Zero Seven's
  46. Menurutk gw avira sangat cocok dipasang pd kompi yg baru diinstal ulang, memberi perlindungan penuh dr aplikasi buatan para hacker/tdk bersertifikat yg rawan virus.
    AVG cocok buat pemula dan stabil dlm melindungi OS anda dr virus worm.
    Kaspersky sangat ribet dlm hal “key dan update” terlebih keluaran terbaru, tp AV ini dpt diandalkan.
    Bitdefender Total Security sangat cocok digunakan pada perusahaan yang menggunakan jaringan, memberi perlindungan dr spyware, phishing, backdoor, spam dan sejenisnya tetapi memerlukan memory besar.
    Avast sangat cepat dlm hal scanning dan tidak memerlukan memory besar, tetapi dpt diandalkan.
    Tp gw tetap setia pd Bitdefender Total Security.

  47. Pingback: Test AntiVirus 2009 « HARS – Zero Seven's
  48. ga bisa baca nie anti virus yang terbaik menurut AV-Comparatives itu untuk 2009 adalah Symantec itu dites pada jaunari sampe saat ini adalah symantec, tapi anti virus yang lain ada kandidatnya whit the winner
    1. avast
    2. avira
    3. bitdefender
    4. NOD 32
    5. kaspersky
    jadi semua anti virus itu mempunyai kekurangan dan kelebihan namanya juga buatan manusia pasti ada pro n kontra

    kalau anti virus buatan tuhan pasti sempurna ga ada cacat sama sekali

    yang penting cie
    1. UP Date setiap hari
    2. jangan suka masukin flas disk orang yang kita tahu banyak virus
    3. kalau sudah kompi jalannya lambat mendingan di format ulang untuk tidak kena virus or hard disknya tidak rusak coz temen w pernah karna hardisknya banyak virus jadinya hardisknya rusak n ganti baru.

    itu aja saran w

  49. Aku baru nyoba GDATA Total Care 2010.
    Lisensinya valid, until unknown. Belum tau apakah bikin berat komputer atau nggak. Kok updatenya lama ya? Atau karena hanya pake modem hp 6300 ya? Maklum, pemula hehehe…..!

  50. YEEEE HiDuP AVASt PRO
    Yang Mau SeriAl nya NIhHh……….

    Avast Pro Aktifff AmPE… 2012
    W3125747R8800X1106-W6D2XK5R
    W2527003R8800P1106-B70FF9DJ

    Avast Pro Aktifff AmpE…. 2016
    S5698179R9974A0911-MHW904WP

    Avast Pro AKtiF AmPeee… 2017
    W6754380R9978A0910-4TZ59467

    O.K! Jgn Lupa coment Yaaa

  51. wah kaspersky turun…tp gpp lah..sampae mati cinta kaspersky..:-) hehehehe…..
    dah mendarah daging..

Comments are closed.