46

Tips Memperbaiki Windows Tidak Mau Booting (Registry error)

Komputer yang kita gunakan mungkin pernah mengalami kerusakan sistem (registry) sehingga tidak mau booting atau masuk ke windows. Kerusakan registry ini bisa terjadi karena banyak hal, seperti karena konflik software yang di install, komputer mati mendadak, virus dan sebagainya. Apa tandanya kerusakan registry dan bagaimana mengatasi jika hal ini terjadi ?

Yang pertama perlu diperhatikan adalah membaca apa pesan error atau peringatan (warning) ketika komputer bermasalah. Jika perlu, tulis apa tampilan terakhir atau pesan yang muncul di layar monitor (yang bisa kita gunakan untuk mencari solusi dari internet). Tidak semua error karena kerusakan registry windows. Kerusakan Registry windows biasanya ditandai dengan munculnya pesan seperti berikut :

  • Windows could not start because the following file is missing or corrupt: WINDOWSSYSTEM32CONFIGSYSTEM atau WINDOWSSYSTEM32CONFIGSOFTWARE, atau WINDOWSSYSTEM32 saja dan sejenisnya
  • Stop: c0000218 {Registry File Failure} The registry cannot load the hive (file): SystemRootSystem32ConfigSOFTWARE or its log or alternate
  • System error: Lsass.exe
    When trying to update a password the return status indicates that the value provided as the current password is not correct.

Selain contoh pesan error diatas, mungkin masih banyak pesan sejenis yang ditampilkan ketika sistem/registry windows mengalami kerusakan. Jika komputer ketika booting atau restart hanya behenti di pesan error seperti diatas, maka bisa dicoba langkah mudah berikut:

  1. Restart Windows
  2. Kemudian tekan-tekan tombol F8 sampai muncul tampilan seperti berikut :

    Untuk Windows 7 :
  3. Dari pilihan yang ada, pilih Last Known Good Configuration (untuk windows XP ada ketarangan dalam kurungnya: your most recent setting that worked)
  4. Jika berjalan lancar seharusnya bisa kembali masuk ke windows

Setelah langkah diatas, mungkin ada beberapa program atau software yang belum lama di install tidak bisa berjalan sempurna. Hal ini karena bisa jadi backup data registry windows belum menyimpan konfigurasi software yang di install ini, sehingga software tersebut perlu di install ulang.

Jika langkah diatas tidak berhasil, maka mungkin harus dilakukan dengan langkah manual. Intinya adalah mengganti file-file registry windows yang rusak. File-file registry windows ini ada di lokasi c:windowssystem32config, filenya adalah :

  • system
  • software
  • sam
  • security
  • default

File-file backup registry ini biasanya ada di folder C:WINDOWSrepair. Untuk mengganti file-file diatas, bisa menggunakan bootable CD/flashdisk atau manual menggunakan windows repair, langkahnya bisa dilihat selengkapnya di support.microsoft.com

46 Comments

  1. Alhamdulillah, saya lagi butuh info ini. Pas betul, komputer di kantor ngadat seperti ini. Jazakallah khair. Allah memberikan jalan keluar yang tidak terduga. Pas butuh, pas ada.

  2. Mas,
    Di komputer saya, kenapa kalo buka office program cuman buka sbentar lalu close secara automatis ? apakah yang salah ? registry ? Saya pake XP
    trims

  3. Terima kasih buanyaaaaaak atas infomasi yang sangat berguna ini, soalnya saya sudah pernah alamai dan sangat panik saat itu.
    Pasti yang Mas berikan ini akan jadi obat mujarab jika kejadiaan tsb terulang lagi.
    Salut untuk Mas.

  4. Tanks mas….mas klu mereeset pasword bios gmana,misal kita lupa….

  5. Makasih infonya mas, sy juga prnh mengalami hal ini, yg intinya sistem startup rusak, akhirnya sy menggunakan Windows Recovery Disk, dan windows kembali normal.

  6. mas, mau tanya kalo komputer gag biasa masuk sistem bios seperti tips yang di atas solusi terbaik gmana..??
    alhasil gag bisa di instal ulang jg..

  7. mas, mau tanya kalo laptop gag bisa masuk sistem bios,, seperti tips di atas solusinya gmn?
    alhasil, pas mau di instal ulang juga gag bisa??

  8. mas ebta yg langkah windows xp sma kyk vista ya. mas saya mau nanya nih saya kan pakai windows vsta hme premium nah saya install antivirus kingsoft nah wktu saya restart kok tanda pesan welcome gak muncul saya tanya teman windows saya jebol kok bisa ya kejadian nya 2 bln lalu THx

  9. @rinaldi, kayaknya registry office udh berubh atau korup, repair office-nya
    @yadexx, pake manual ya lepas batere cmos tuk resetnya.. Tapi kalo laptop bisa dicoba dgn tool debug atau software “cmospwd”

  10. Wah info yang mnarik cz dulu aku pernah ngalamin mpe bingung ngrusakin pc kakak.. senggol blk y maz kalo sempet,. krn ni komen prtama aku stelah bs pny blog ndiri,msh rada binguuung.heE..

    htt p://www. minority761.blogspot.com

  11. @Aacoy..Thanks atas infonya…gimana cara repair office nya ? apa install ulang ? saya dah install ulang berkali2..tetap aja kayak gitu…ragu juga apa kena virus…udah coba beberap antivirus gak kedetect.

  12. permisi mo nanya,klo windows tidak bisa booting&tidak ada pesan sama sekali itu kenapa ya?berhenti di verifiying dmi pool.setting first boot hdd.Kalo first boot cdrom pake cd hirens dan pilih boot from bisa masuk windows,knp ya?sudah diinstal ulang hasilnya sama.mhn bantuannya. thq

  13. Kalau masalah Windows 7 ku melenceng dari topik ini. Windows 7 ku kadang sering crash. Bisa jadi gara2 CPU-nya terlalu panas dan gak kuat menerima tugas yg terlalu banyak.

  14. kalo munculnya
    invalid boot
    please insert to disk A
    itu termasuk kerusakan yang di utarakan di atas y??
    mohon bantuannya

  15. masalah yg terjadi pada komputer,saya booting cd nya tak konek kekomputer, dan dah coba ripair cd tapi error.hanya bisa instl komponen.

  16. siip, sangat bermanfa’at

    kalu untuk windows xp ada gak?
    sebab, saya lebih condong ke windows xp

  17. kl memory dump di PC DEKSTOP gmn?saya cb seperti tips diatas ga bisa, dia malah ngerestart lg, saya bingung untuk memperbaikinya ,mohon bantuannya,thanks..

  18. ternyata rumit juga, mengatasi registry error….thanks infonya. nice

  19. mau tanya nih, kan saya pke windows 7, trus pas proses booting, logo windows dan tulisan starting windows nggak ada, malah layar hitam yang muncul, tapi stelah itu masih bisa log in ke windows kog. gimanaaa ni cara ngatasinnya? mohon bantuannya yaaaaa!!! thx before 🙂

  20. mantap gan,, laptop q mau idup lg ne..
    thx info’y.. ;p

  21. Jazakallahu khair. kemarin sore ngalami kejadian ini. saatnya beraksi kembali. makasih mas gan

  22. oke juga sich, tp suka balik Ngebotng lg. kan capek restore melulu/.

  23. kemarin laptop sy di shut down secara paksa
    trus sekarang semua file diexel semua tidak bisa di buka n tidak bisa connect ke internet
    selalu muncul tulisan windows can’t connect to system
    mohon petunjuknya

Comments are closed.