67

Tips menghapus virus yang tidak bisa ditangani Anti virus

Ada tips yang sangat ampuh untuk menghapus virus, jika berbagai Anti Virus yang kita gunakan sama sekali tidak berdaya melawannya ( mungkin hanya bisa mendeteksi, namun tidak bisa menghapusnya). Untuk melakukan ini diperlukan Bootable CD yang berisi minimal program File Manager, misalnya Ultimate Boot CD, BartPE dan sejenisnya. Beberapa program ada yang berbasis DOS dan sebagian lain sudah berbasis window. Atau bisa juga digunakan Linux Live CD, seperti Knoppix, UBuntu Live CD dan lainnya. Secara Umum, langkahnya sebagai berikut :

  1. Cari lokasi virus, terutama asal virus ini berjalan di komputer (induknya). Jika mengalami kesulitan, bisa dibaca artikel tentang Tips mendeteksi keberadaan Virus
  2. Setelah diperoleh, diperhatikan ( catat) keterangan seperti ukuran file, tanggalnya ( walaupun virus bisa berubah-ubah ukuran dan tanggalnya, tetapi sebagian ukuran dan tanggalnya selalu sama. Bisa dicari file yang sejenis dan dicatat lokasinya.
  3. Setelah didapat, gunakan salah satu Bootable CD dan restart komputer agar booting dari CD ( Anda mungkin perlu menyetting BIOS-nya dulu agar Boot pertama kali CD/DVD-ROM).
  4. Buka program file manager, yang tersedia. Jika windowsnya NT, XP atau diatasnya, pastikan program tersebut mendukung membaca format NTFS
  5. Cari file/ virus dan hapus atau jika masih ragu, direname saja dari *.exe menjadi *.vrs misalnya. Untuk menyakinkan, gunakan fasilitas search untuk mencari file dengan ukuran yang sama atau tanggal yang hampir sama. Jika ditemukan bisa direname
  6. Kembali restart komputer dan cek lagi

 

Referensi / Download :

67 Comments

  1. sip udah aku baca artikelnya,juga udah dapat bartPE nya, nanti saya coba dirumah.
    Maturnuwun (terimakasih)

  2. salam kenal mas Ebta,
    program nya bagus, saya bikin artikel singkat pake programmnya mas buat membantu yg kena kspoold..banyak yang sudah tertolong oleh tools buatan mas ini..
    hylmi-

  3. ko mw tnya?
    knp kompter sering mati mndadak
    ap karena virus
    truz mainbord nya lngsng mati…
    apkah ad virus yg msk mainboard..
    soryy yach prtanyaan nya byk
    cos smua nya gw alami…
    dtunggu jwbnya
    thnx……….
    bngeuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuut

  4. kalo computer sering mati mendadak coba u cek dalemnya dan pula kalo mothoboard nya sering macet brarti 75persen terkena firus trojan

  5. Katrok loe

    Program nas keleng ci

    Nyen to ngae aba mai

    jagur mih!!!

    bls gppl

  6. Mas Ebta gue mau nanya nih???

    Laptop Gw kena virus Worm//Small
    kenanya di semua harddisk
    aku lihat lwt Windows Explorer trnyt namanya Win32 yang bentuk nya VB Script ama Autorun.inf..
    Gw hapus biasa biasa but kembali lagi
    Gw hapus lwt antivirus bisa but kembali lagi
    Gw Quarintine lwt antivirus bisa tapi kembali lagi
    Gw ganti namanya tuh virus bisa but kembali lagi
    Smpi Skrg nih virus masih di harddisk laptop gw.

    TOlong donk gimn caranya hilangin tuh virus??? plzzz di jawab. TRIMS

  7. ms ebta tulung dunk email kan cari bikin bootable cd pake ultimatebootcd tutorial nya yg lengkap,trims ya,btw apa sama ga kalo pake cd instal xp.

    Kalau yang dimaksud membuat Bootable CD-nya, tinggal download file ISO, dan burn ke cd dengan memilih burn image. Tetapi jika yg dimaksud pemakaiannya, maka memerlukan waktu dan pembahasan yang panjang, karena cukup banyak software yang disertakan.

  8. joe : mungkin memang ada virusnya, coba di update dulu antivirus luar nya, trus scan juga pakai AV lokal Ansav dan pcmav.
    kalau sudah di scan, pakai ccleaner buat buang sampah2 windows.
    kalau sudah, defrag hardisk di acessories/system tools/disk defragmenter.
    trus restart. smoga cepet kembali komputernya… :-)

  9. Komputer saya terkena virus (Autorun.inf)saya sudah menggunkan anti virus PC Media Final release 1.1 tapi cuma bisa mendeteksi dan tidak bisa menghapusnya. tolong kirimkan anti virus ke alamat email saya karena Hp,MMC say dan temen-temen saya terinfeksi.Terima kasih….

  10. Computer saya terkena Virus, mau delete pun tak boleh. Virus sudah masuk Folder data (C) & (D) Tmk.

  11. Tolong di jawab! Untuk membuka Email pun tak boleh lagi. sebab
    Pasword nya sudah lupa! Bagai mana selanjutnya?. Tmk.

  12. Sudah scan bermacam merek Anti Virus, Namun tidak ber jaya!
    Tmk.

  13. mas samsoel sudah pakai antivirus luaR apa? yang gratisan aja tapi dengan update terbaru .udah coba
    PCMAV 1.1? Klo blum mempan coba pakai Ansav di http://www.ansav.com
    sekarang memang lagi banyak virus lokal, yang kadang antivirus luar ga bs detect

  14. solution for the problem ,,only update,,scan ansav or pc,,always remember bout virus,,,scan u fd after download or take anything from internet…and pray to god if my solution never work,,,

  15. Waduh bro, komputerku restart trs wkt br msuk windows. Ni virus apa y? Blm gw coba bwt instal ulang, cz gw males sewa software lg, mhal bro.
    Help me kl da yg bs bantu.
    Bwt yg btuh duit online
    bs buka http://www.dokument13.blogspot.com

  16. bro komputerku di instal avg, setelah dinstal kok kok osnya jadi rusak. apa avg udah terinfeksi.

  17. bro komputerku di instal AVG kok malah osnya tambah rusak.apa master avgnya udah terinfeksi? setelah di unninstall lewat safe mode bener lagi?
    n yach?

  18. Rusaknya seperti apa ? Mungkin bisa diperjelas..
    Mungkin ada konflik dengan sistem atau salah satu aplikasi yang di install.

  19. Salam kenal smua,Aku ingin ikut membantu permasalahan anda semua,Untuk penggunakan antivirus aku gunakan PC TOOL ANTIVIRUS,untuk virus Lokal ANSAV,untuk utility aku gunakan HIREN’S and ROADSTARTER booting CD,file ISO lu bakar pakai NERO (burn Image to disc),Utility ini sangat lengkap+ANTIVIRUS,Untuk download anda pakai GOOGLE HACK saja,Untu Info selanjutnya ada bisa kirim Email,Trims

  20. Mas Ebta, bagaimana cara mengembalikan folder / file yang telah di hidden oleh virus??? Saya telah coba dengan cara attrib tapi tetap saja tidak bisa. Ada solusi lain???
    Terima kasih

  21. @Andre
    Apa sudah yakin virusnya tidak ada di komputer lagi? jika masih ada virusnya, kemungkinan memang tidak akan berhasil.
    Tetapi jika sudah bersih dan dengan attrib -s -h -r /s /d tidak bisa, mungkin masih ada aplikasi yang mengunci folder tersebut.

  22. ass,toolooooong dong kynya PC sy kena virus nich,drive D: sy datanya ilang semua,pernah sy coba bikin folder baru di drive tersebut pas di refresh langsung hilang,di DIR /AH lewat dos jg File not found…..virus apa ya,trus discan pake mcafee enterprise,scn32,trojan remover,PCmav 1.4 ge kedetect,virus apa y………please help meeeeeeeeee…

  23. Knapa y anti virus luar ngangp bhw anti virus local it virus..,
    conth-a klo gw pake anti virus luar wkt di scan ko’ dy aggp ansv n pcmav it virus..,

  24. @Fahmi
    Bisa saja itu false positif (kesalahan mendeteksi), karena dalam pembuatan antivirus, sering ada kode-kode yang mirip dengan kinerja virus, sehingga rentan dianggap virus. Jadi agar tidak dianggap virus, maka antivirus lokal tersebut harus dikirim ke pembuat antivirus luar agar dicek, dan tidak masuk daftar virus.

  25. mw tanya laptop ak kna vrus trojan gt,klo ak pke bootable cd trz data2 ak pd ilang g?thx y

  26. @rocketz
    Tidak, karena boot CD itu hanya akan mengakses/membuka isi hardisk saja. Jadi tergantung usernya mau diapakan..

  27. gt yach thx bgt y bt infonya,mw tnya lg anti vrus yg bgs kra2 yg mna y?

  28. @rocketz
    Menurut saya saat ini Avira atau Kaspersky, tetapi karena avira menyediakan versi gratis, maka coba menggunakan avira saja.

  29. thx yach..,trs klo mw make cd bootable lagkah2nya gmn?mhon pencerahanya spy g salah pd wktu mw bootingnya,oh y ak pnya vcd musik tp kynya dah corupt gt datanya gmn y caranya mw ngambil data yg ad di vdc copy ke hardisk,kira2 ad g software nya?mkh byk yah…

  30. mas bedanya internet security ma anti vrus ap?cz skg ak lg make kapersky internet security gt,thx

  31. @rocketz
    Yang pertama setting urutan Booting di BIOS diatur agar CD/DVD ROM yang pertama kali, kemudian CD Bootable dimasukkan ke CD ROM dan tunggu perintah yang muncul..
    Kalau CD yang rusak susah untuk diambil datanya..

    Internet security biasanya menambahkan fitur proteksi internet, seperti firewall, hacking, mallware dan sejenisnya selain menyertakan antivirus juga

  32. Aku pernah scan pakai mcfree ketahuan ada 2virus tapi nggak bisa dihapus tuh virus bisanya diquarantine. terus saya coba pakai Hijack this 1.99 dan cukup ampuh virus bisa di hapus. dan komputer jadi terasa lebih cepat. tidak lupa saya ucapkan terimakasih atas artikel2nya sangat membantu menambah wawasan saya tentang komputer.

  33. Virus sekarang sebetulnya gampang banget dibasmi, bahkan sekalipun tanpa menggunakan anti virus. Ini dikarenakan virus sekarang suka menonjolkan diri dan bisa dilihat dengan mudah hanya dengan menggunakan file manager.

    Beda jauh dengan virus pendahulunya yang pintar bersembunyi, baik di program executable (.exe dan .com) ataupun MBR (master boot record). Virus seperti ini secara teknis lebih susah untuk dilihat dan dihapus.

    Info detailnya bisa dilihat di http://pclinux3d.com/virus/menghapus-virus-tanpa-antivirus.html

    Secara prinsip. sebetulnya tidak beda banyak dengan yang dipaparkan di blog ini, yaitu intinya menghapus virus tanpa perlu menggunakan anti virus. Cara ini sangat ampuh untuk menghapus virus-virus ‘modern’ tanpa perlu tergantung lagi pada program anti virus.

  34. saya juga sudah buat tutorial (lebih lengkap) tentang menghadapi virus tanpa antivirus.sama sekali tanpa mengutak-atik system, regedit atau safe mode. total solution mulai dari mengenal, mendeteksi, sampai membasmi virus walau sudah dikerjai virus habis-habisan. Juga tanpa instal antivirus atau software yang aneh-aneh lainnya. Jangan khawatir kenyamanan diatas segala-galanya. Bahkan akan menjadikan komputer selalu berada pada kondisi performanya tentunya tanpa antivirus. jadi setiap hari tidak perlu lagi direpotkan sama virus ataupun antivirus yang perusak dan bikin cape

  35. anti virus buat basmi virus autorun.inf krimin dong ke alamat emailku

  36. Untuk menghapus virus autorun.inf bisa dcoba menggunakan Ansav (www.ansav.com),tp jangan lupa di update dulu.Coz percuma saja punya antivirus bagus tapi g pernah di update.

  37. om klo dh tau virusnya apa terus kita masuk registry, search kata kuncinya misal :brontok, dan ketemu terus kita delete, kira kira bisa ga ya?

  38. @the_1ce
    tidak semudah itu.. Jika virusnya sudah berjalan di komputer maka nilai di registry biasanya akan muncul lagi. Biasanya virus akan mengecek setiap saat nilai di registry ada atau tidak

  39. waduh infonya mantab deh nie,,
    saya juga mw nanya dunx mas,,
    laptop saya kena virus jenis trojan,tp dah di scan pake antivir & avast update-an terbaru,,
    trojannya dah ke-detect & sy quarentine filenya tp gbs, jd terpaksa di hapus,,
    nah tp gtw knp laptopnya tiba” malah ‘lemot’,,& sy coba scan lagi pake kedua antivirus diatas, ternyata file yg tadi masih da trojannya,,
    filenya tuh “…..*.tmp”
    ohy, system restore & search engine gabisa digunakan pula,,
    gmana cara nyelesai’innya????

  40. @bonz_gutguy
    mungkin virus lokal mas?
    memang jika komputer sudah terkena virus, biasanya cara terbaik dengan scan melalui recovery / bootable cd atau hardisknya di pasang di komp. lain dan discan disana..

  41. laptopku kena virus jenis trojan trus q g ngerti cara menghapusnya, udah coba tak hpus/del tp g ilang klo ikut caranya mas q p bisa soalnya q masih baru kenal ma komputer gimana ya?

  42. @ita
    harusnya bisa, cuma sebaiknya dengan bantuan orang lain yang lebih tahu tentang bootable CD tersebut

  43. kenapa sewaktu saya meng instal anti virus kedalam komputer saya komputer saya lansung mati apakah virus dikomputer saya terlalu banyak?

  44. @ady
    bisa jadi itu akibat virus, tetapi bisa juga karena masalah lain seperti hardware, konflik dsb..

  45. mas gimana caranya buat ngembalikan registry,run,taskmanager,msconfig,find,cmd,turnoff yang didisable oleh virus

    kirim ke emailku ya mas, thanks

  46. dear mas,

    kemarin kompie q kena virus..
    ada tampil bintang yang berputar-putar mengelilingi cursor,
    itu virus jenis apa yach…?
    dan gimana cara mengatasinya..?

    sblmnya trims atas bantuannya…

  47. saya maw tanya mas,knp word saya da tabulasi tab na,dah gtu law di enter muncul n gk hilang2.
    PA TU VIRUS ya mas ??

    law mank tu virus kasih thu carana donk.

    mkasih ya ….dtunguu jwbnya.

  48. Laptop saya nec versa 6120 gak bisa masuk windows… semua tulisan jadi berubah kek symbol2 gak jelas pas pertama kali dinyalain muncul angka “0” di layar penuh pokoknya semua tulisanya berubah deh… pas aku masukin cd bootable xp tulisannya juga berubah semua .. gimana ya pemecahanya …
    apakah BIOS nya kena virus? terus solusinya gimana?

  49. prgram ni sgt menarik dan sgt ampuh melawan virus rugi kalian yg tak ikutan

  50. Boz..
    Ak habis download video tapi .exe
    Trus stlh ak bk, tiba2 d drive C D E ada application setup.
    Kalau d delete bs, tp setelah windows d restart ato shut down, setup itu muncul lg d C D E..
    Bs mnta sarannya?
    Thx.

  51. saya mau tanya…

    sebenarnya anti virus yg paling bagus untuk memprotek virus di Laptop saya ap?? AVG, AVIRA, SMADAV ato ada yg laen yg lebih bagus dari itu??

    saya sekarang menggunakan anti virus Avira.. apa itu bagus??

    mohon segera di bLz ya… ke e-mail saya..

  52. Tolongin deh saya…PC saya terkena virus Funygames.exe dengan icon cewek ngangkang berbikini. dia bikin folder di tiap drive & nambah di file properties dengan akhiran KillMe…Gimana dong ngapusnya ??? ia mendisable sistem restore

  53. tanya mas, setelah aku install software k-lite codec muncul virus. Bentuknya berupa folder palsu jenis ukuran 184 Kb. dan di setiap drive ( C,D,E ) yang ada foldernya pasti muncul virus folder palsu tsb. Saya scan ama Smadav bisa terdeteksi dan saya del, tapi saat kembali ke explore virusnya balik lagi, saat saya shift del manual bisa hilang tapi ketika di refresh kembali lagi. Oh ya, saat awal masuk windows ada tulisan “T-Virus injected your computer”. Dan dia men-disable program restore. (tolong dijawab ya, soalnya sangat mengganggu, trims)

  54. mas…nanya donk..
    saya waktu itu iseng2 download smadav…
    terus d scan muncul 4 virus, 2 registry, sama 1 hidden file sudah saya clean pake smadav. tp wkt d scan ulang lg, muncul lagi (yang sblm’y udah sering d scan sama microsoft essential tp ga ada notifikasi klo laptop saya ada virus apa itu virus lokal?).
    abis d scan sama smadav, saya buka folder2 terutama d ‘C’ ada folder2 yg berbayang gitu, samar2, tapi isinya kosong dan sebagian ada yg ga bisa d buka. apa itu virus?
    klo iya, gmn cara bersihinnya?
    thx b4 buat info’y..

  55. minta informasi,cara menghapus virus new hariant gimana,soalnya uadah di scan pake smadav tetep aja ada lagi..
    minta bantuannya..tolong beritahukan ke email saya

Comments are closed.