83

Tips Mengubah Ukuran kertas Microsoft Word 2010, 2007 dan 2003

Jika kita menggunakan Microsoft Word 2010, 2007 ataupun Word 2003, biasanya ketika membuat dokumen baru, ukuran kertasnya adalah Letter ( 8.5 x 11 inchi atau 21.59 cm x 27,94 cm). Padahal di Indonesia, jarang yang menggunakan ukuran ini, tetapi sebagian besar menggunakan ukuran A4 (21 cm x 29,7 cm).

Meskipun kita bisa mengubahnya ke A4 dengan mudah, tetapi agar memudahkan maka ada baiknya jika kita set setting bawaannya agar menjadi A4.

Ukuran kertas bawaan Microsoft office ( bahasa Inggris – US ) adalah Letter memang bisa dipahami, karena sepertinya di Amerika (US) ukuran kertas inilah yang paling sering di gunakan.

Karena ukuran bawaan (default) adalah letter, tidak jarang ada yang lupa mengubahnya menjadi A4 ketika mencetak, sehingga di bagian bawah, terlihat jarak kosong yang lebih lebar. Ukuran Letter lebih pendek sekitar 1.7 cm dibanding dengan A4.

Berikut tips mudah untuk mengubah ukuran bawaan (default) menjadi A4 ketika membuat halaman baru Office 2010, 2007 ataupun 2003 ( mungkin juga Office XP – belum sempat mengecek untuk Office Xp).

  1. Buka Microsoft Word
  2. Klik Icon Open (File > Open)
  3. Copy text ini : %userprofile%Application DataMicrosoftTemplates, kemudian paste di bagian file name. Kemudian klik Open (lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya).
  4. Untuk Word 2003 buka file Normal.dot, untuk word 2007 atau 2010 buka file Normal.dotm
  5. Setelah terbuka halaman kosong (normat.dot atau normal.dotm), atur ukuran kertas menjadi A4. Untuk Word 2003 melalui File > Page Setup, sedangkan Word 2007 dan 2010 melalui tab Page Layout.
  6. Setelah itu simpan dengan klik Save dan tutup Word

Setelah melakukan langkah diatas, seharusnya setiap kita membuat halaman baru, ukuran kertas menjadi A4. Jika kita ingin mengatur agar ukuran kertas bawaan menjadi Folio ( 21.5cm x 33cm), ikuti langkah seperti diatas dan pada langkah ke-5 ubah Pilih ukuran kertas Custom dan buat menjadi 21.5 cm dan 33 cm.

83 Comments

  1. halah mas, info -nya singkat, tapi oke-lah ..

  2. info yang baik, buat mas ebta. ada ga’ tips apabila membuka dokumen baru jenis font dan ukurannya bisa ditentukan, contoh times new roman 12.

  3. Wah dari kemarin saya nyari-nyari Tips ini mas Eb,trnyata mas eb posting juga ini mah seperti ketiban durian runtuh hehehehe……… Maklum Mas Eb baru hijrah ke Office 2007 sebulan yg lalu jadi masih bingng.Thax mas Eb untuk tips nya

  4. @win
    sama seperti cara di atas, langkah ke-5 dengan mengatur jenis font dan ukurannya, kemudian di simpan dan close word..

  5. makasih mas Ebta tipsnya,akan saya coba di kantor,ni berlaku jg buat excel ya?

  6. terima kasih. informasinya sangat bermanfaat. sudah dari dulu saya pengen ngubah settingan default untuk kertas, font, sm spasi. soalnya ribet, setiap mo bikin paper banyak yg harus diubah2 dulu. kadang2 lupa n diprint jd berantakan. 🙂

  7. Untuk jadi pertamax, jam berapa sih OL-nya.
    Tx mas tips na

  8. Kayaknya ada yang lebih simpel. Setelah mengubah setting paper size, margin dsb, klik aja tombol ‘Default…’ di kotak dialog page setup.

  9. trims infox,tapitakcoba kok sama dg seting manuallangsung pd menu page setup-size-custom.mohon penjelasannya. syukron

  10. Jajakumullah khair…
    terima kasih atas tambahan ilmunya, sukses selalu buat mas Ebta

  11. assalamu’alaikum wr wb.,

    kang ebta, saya mencoba sebagaimana yang dituliskan di atas, tapi tidak bisa. program word meminta untuk menyimpan dengan nama file yang berbeda. bagaimana ya caranya?

    nuhun kang,

    wassalamu’alaikum wr wb.

  12. Wah.. bisa buat inspirasi
    tutorial flash saya.. di cafetutorialblogger.blogspot.com

    Btw.. triksnya kurang singkat..
    lo boleh usul.. sebenarnya
    dengan dua kali klik sudah sudah selesai..

    caranya.. ketika berada di Page Setup
    setelah mengatur kanan, kri, atas, bawah dan
    jenis kertas.. kita tinggal klik “default” di pojok kiri bawah
    lalu pilih Ok ketika muncul konfirmasi..

    selesai dech..
    emm.. maaf ya sekedar nambahin..

  13. Syukran infonya Akh..
    cara yang lebih simpel seperti yang disebutkan saudara Vai.. 🙂
    tapi infonya tetap bermanfaat akh, baru tahu klo [Normal.dot/m] ternyata template defaultnya ya..

    tapi masuh ada pertanyaan nih, klo untuk excel bagaimana? karena ana coba belum ketemu pada Excel.. Syukron atas jawabannya..

  14. infonya bagus mas….sangat membantu…bravo..!!!!

  15. Trims mas … info yg bagus.
    Itu kalo setting kertas ya, sekarang kalo mau setting printer bagaimana mas?
    Permasalahan yg sering sy alami yaitu ketika mau mencetak ukuran folio (F4) khususnya Printer keluaran Epson tidak ada pilihan untuk ukuran kertas F4 yang ada adalah Legal. Akhirnya saya akal-akalin dengan menyetting margin bawahnya di tambah 1,5″. Namun, saya rasa terlalu ribet, apalagi rekan2 sy yg belum paham jadinya ya… minta diajarin terus.
    Klo seperti itu solusinya gmana mas?

    Terima kasih

  16. Aq juga pernah setting supaya Office 2007 aq langsung jadi A4 ketika awal buka.

    caranya cukup mudah yakni dengan membuka lembar baru dan tentukan ukuran kertasnya, lalu save as default dan hasilnya menjadi ukuran yang sama setiap membuka office. dan bukan hanya itu bahkan margin juga bisa dilakukan hal yang sama.

  17. Wah…Sibb Mas..TAB RIBBONYA…bagaimana dengan open office ya?

  18. Cara yang paling mudah tu, set as default di bagian bawah setelah kita menyettingnya. lebih mudah malah?

  19. Iya, tinggal set default, secara otomatis sudah jadi.. ga perlu masuk
    ke normal.dot/x

  20. Langkah lebih mudah adalah masuk ke settingan Page Setup, pilih ukuran yang akan dijadikan standar lalu klik Default.

  21. Untuk settingan kertas F4 adalah dengan memilih ukuran 8,5 X 13 inch

  22. He2 sangat kebetulan ne.. Minggu Kemarin ubah normal.dot karena lagi konvert pdf ke word selalu warning to page bla..bla..bla.. Trus saya cek kenapa file pdfnya.. Wah ternyata ukuran pdf tadi ukuran kertasnya utk tipe spt koran, pantasan file konversi officenya ketika diprint out selalu output size opening.. Info sangat berguna mas eb

  23. mas…bisa gak kita atur agar microsoft word ma exel simpan file di kedua tempat sekaligus secara bersamaan..jadi bisa di simpen di my document ( defaul ) juga bisa disimpen ke folder yang kita inginkan bisa tidak mas..??

    settingnya gimana..???

  24. Sebelumnya makasih buat latest info nya, cuma kalo untuk aplikasi excel nya gimana, persoalan nya sama yaitu hasil output (Print) yang ga diharapkan ukurannya. Berlakukah untuk MS-excel? Makasih banyak.

  25. Mohon pencerahan Mas Ebta, penjelasan tentang pengaturan halaman pada MS Word / Excel ini yang saya tunggu2, begini Mas, bagaimana kalo membuat menu ukuran kertas yang baru (MSO 2007) seperti misalnya Folio tanpa mengubah ukuran yang ada pada program, maksudnya nambahi baru selain yang ada didalam program. terima kasih.

  26. Tapi kalau Saya engga pake A4 karena ukurannya masih kurang bener. Kalau Saya biasa bikin ukuran sesuai yang aslinya yaitu 8,27 x 12,99 inchi

  27. mas,,mohon bantuan nya,..
    gne mas,,knp waktu saya ngprint equation di word 2007 yg kebetulan di halaman tsb ada gambar ternyata hasil equation nya ga keliatan di print out tp kalau ketikan biasa ada hasilnya,..
    ternyata setelah saya hilangkan gambarnya kemudian saya print eh ada equation ny,..
    kira2 dimana error nya y??atau ada tips mudah mengatasin ny??
    tolong bantuannya,..

  28. ni mu ty,bagaimana cara mengubah ukuran halaman pd word menjadi kertas ukuran folio dr A4,soalnya selama ini saya kalau cetak bagian bawah kertas jaraknya selalu panjang
    trima kasih

  29. Tengkyu fulll Kang Ebta…
    Kang Ebta…punyaku kluar tulisan kya iki, jadi ndak kena nyimpen

    This file is read-only
    (C:Users….Normal.dot)

  30. Lebih praktis dengan menambahkan ukuran kertas F4 pada server property agar permanen dan muncul pada pengaturan page setup office word maupun printer. Caranya :
    Win XP :
    Start > Print and Fax > klik kanan pada area kosong > pilih server property > centang create new form > Beri nama form: F4 > pilih Metric pada opsi Units > atur width = 21.00 cm dan Heigth = 33.00 cm > Klik OK

  31. nanya nih…membuat file word 2010 dan pada saat akan di edit di word 2007 mengapa dalam satu kalimat kata katanya nempel semua tanpa jeda…contoh : saya sedang membaca di office 2010 menjadi seperti ini di office 2010….sayasedangmembaca…mohon pencerahan……..terimakasih

  32. mohon bantuan untuk merubah ukuran margin excel 2003 dan 2007 dari inchi menjadi sentimeter. . . . . .

  33. bagi kalian yank bru meliat wep ini jngan terkesa karena wap ini rahasia tak bisa dibuka dengan sembarang orang hrus orang yank bersih kalau hatix tidak bersih wap ini tdak bisa di buka
    hehehehehehehehe

  34. thank you for your post from …Suggestions for successful search on mesothelioma lawyers sandiego zone

  35. mas ebta, saya pake win 7, tiap mau print folio selalu terpotong pd hal saya dah sesuaikan semua. Saya sering pake corel. Tolong mas ya pliiies…

Comments are closed.