61

Selamatkan file dengan Data Recovery Wizard Free Edition

Kehilangan file atau data penting di komputer baik terhapus, terformat, partisi gagal, virus dan sebagainya, kadang bisa membuat kita pusing. Meskipun sudah banyak software untuk menyelamatkan (recovery) data, tetapi tidak semua mempunyai fitur yang pas. Belum lama ini, Easeus (yang di kenal membuat software partisi) kembali merilis software gratis untuk recovery data.

Software yang bernama Data Recovery Wizard Free Edition ini mengusung berbagai fitur recovery data.

Bagi yang pernah membagi (mempartisi) hardisk, mungkin tidak asing dengan software Easeus Partition Master, software untuk mengatur partisi hardisk sekelas Partition Magic yang bisa didapatkan secara gratis. Software recovery data ini juga dibuat oleh Easeus. Sebelumnya Easeus Data Recovery Wizard hanya tersedia untuk versi berbayar, tetapi kini Easeus merilis juga versi Gratis. Meskipun ada keterbatasan, tetapi versi gratis ini mempunyai kemampuan/fitur yang sama dengan versi berbayar.

Fitur-fitur Data Recovery Wizard Free Edition

Untuk ukuran sebuah software gratis, Data Recovery Wizard Free Edition memang mempunyai fitur yang melimpah, bahkan sebanding dengan software berbayar lainnya. Berikut beberapa fitur-fitur pentingnya :

  • Recovery file yang terhapus, baik ketika menghapus dengan Shit+Delete atau setelah empty recycle bin
  • Recovery lengkap, baik setelah partisi di format, dari RAW partition dan disk yang rusak (corrupt) akibat partisi sehingga muncul tulisan “Disk is not formatted”
  • Recovery Partisi, seperti ketika proses partisi mengalami error, partisi yang terhapus, lost partition karena aplikasi atau sistem error
  • Mendukung format file sistem FAT (12/16/32), NTFS, NTFS5 juga EXT2/EXT3.
  • Membuat disk/partition image untuk recovery data
  • Resume hasil scan terakhir
  • Bisa menjadi bootable media dengan WinPE
  • Fitur pecarian data setelah proses scanning
  • Bisa digunakan untuk menyelamatkan data dari berbagai media, seperti : IDE HDD, SATA HDD, SCSI HDD, FireWire HDD, USB HDD, External HDD, Hardware RAID, Floppy drive, USB flash drive (flashdisk), Compact flash card, Secure Digital card, Memory card/Memory stick, Micro card, Zip drive maupun IPod
  • Dapat di install di Windows 2000/XP/2003/Vista serta Windows Server 2008 dan Windows 7

Penggunaan

Penggunaan software ini untuk menyelamatkan data (recovery data) cukup mudah. Setelah di install, jalankan Data Recovery Wizard. Setelah tampil, dibagian atas akan terlihat batasan berapa maksimal data yang bisa diselamatkan (awalnya adalah 1 GB = 1024 MB). Ada 3 pilihan recovery yang bisa kita gunakan, yang ditandai dengan icon atau gambar yang berbeda. Berikut penjelasannya.

  1. Deleted File Recovery, pilih ini untuk menyelamatkan data yang terhapus melalui tombol delete, shift+delete atau setelah hilang dari Recycle Bin
  2. Complete Recovery, pilih jika ingin menyelamatkan data dari hal-hal seperti berikut :
    • Data hilang ketika mem-format hardisk
    • Hardisk hanya menampilkan format RAW atau ketika Windows sering menampilkan pesan seperti “Do you want to format this drive?”
    • Kehilangan data ketika komputer tiba-tiba mati, serangan virus, software bermasalah dan lainnya
  3. Partition Recovery, gunakan menu ini untuk menyelamatkan partisi yang terhapus, partisi hilang ketika proses format dan sejenisnya

Keterbatasan

Satu hal penting yang membedakan antara versi gratis dan berbayar adalah jumlah data yang bisa di recovery terbatas maksimal 1 GB untuk sekali recovery. Meskipun software sudah di uninstall, dan di install ulang, sisa recovery yang tersisa akan sama seperti sebelumnya ketika masih digunakan. (meskipun dengan trik khusus kita bisa mereset jumlah ini agar tetap 1 GB terus, tanpa perlu install ulang)

Salah satu tips ketika akan recovery data adalah usahakan jangan menginstall program ini di drive yang akan di recovery. Kemudian menghadapi keterbatasan data yang bisa di recovery sebesar 1 GB ini, maka pastikan mengutamakan recovery data-data penting terlebih dahulu, dan file yang tidak begitu penting dan ukurannya besar di abaikan saja.

Informasi selengkapnya bisa melihat Data Recovery Wizard Free Edition

Download Data Recovery Wizard Free Edition ( 3.59 MB)

ebta

61 Comments

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Wah, yang ini benar-benar saya butuhkan, Kang.
    Sukron…

  2. keduax ya gan.. Mana bagusan dengan icare data recovery yang pernah di share di sini??

  3. Pingback: Selamatkan file dengan Data Recovery Wizard Free Edition | Software
  4. ke-4, lumayan ada peningkatan…
    trims kang eb.. info-na menarik..

  5. trik khusus kita bisa mereset jumlah ini agar tetap 1 GB terus, tanpa perlu install ulang, gmn bang kalau boleh tau

  6. iya nih bang ebta
    dishare dong trik khususnya?

  7. mas Ebta…., thank’s atas infonya…. saya dulu pernah ngembaliin data yang terhapus …tapi kebetulan datanya itu kebanyakan dokumentasi film berupa file MPG hasil dari Handycam…, semua data file mpg udah bisa di ambil dan hatiku bahagia karena yg saya tolong ini adalah gadis cantik yg sangat mengharapkan agar data dokumentasinya itu dapat kembali dan tentunya aku bisa menjadi pahlawannya…., tapi ternyata semua itu hanya mimpi belaka…setelah file mpg itu dicoba diputar…ternyata….memang nggak bisa diputar….alias ERRORR……., saya akui program recover memang hebat kalo masalah ngembaliin file-file yg hilang seperti data excel word dll walau terkadang hasilnya ada yg bisa terbaca dan ada yg mengeluarkan karakter2 aneh.. program recover sering gagal untuk mengembalikan file MP3 atau file video MPG secara sempurna. jadi saran saya selalu bikin backup tiap minggu sekali.. kalau ngga bisa tiap minggu sekali…yang 100 tahun sekaleee… juga bisa..hehehehehe…

  8. Wah harus diselamatkan juga Sofwerenya nih…. (biasa izin dulu)
    Syukron…. Syukron…..

  9. Sangagt AJIB infonya, Syukron, Syukron, wa Syukron. Jazakumullahu khairon katsiron. Semoga Allah menambah ilmu dan rizki Mas Ebta.

  10. saya mohon unduh pak, trims udah banyak sekali dapat pengetahuan dari ebsoft

  11. aku pernah nyoba pake sopwere ini untuk recovery hardisk eksternal ku 320 GB. tapi karena waktu yang diperlukan lama lebih dari 12 jam, aku batalkan deh…. dan beralih ke program lain yang hasilnya sangat2 memuaskan semua data bisa dikembalikan 100% tanpa ada yg korup, mulai dari dokumen, gambar, musik, video, master sofware yang ukurannya lebih dari 2 GB (master Windos7 yang format iso).

  12. wah-wah software ini memang bagus sayangnya di batasi hanya 1 gb kebetulan sy bulan mei 2010 minggu lalu tgl 10 mengalami hal yang tidak mengenakkan yang mana hd external teman saya fartisinya dan filenya ikut hilang lantaran mau membuat partisinya lebih dari 1 menjadi 3 syukur dech ada software ini file yg hilang kembali lagi yang sy dapatkan full version itupun sy nyari2 eeh akhirnya dapat juga ni dia alamatnya http://www.4shared.com/file/245100152/75868530/EASUSdrw_setup_by_D-oNe.html unlimted bo tidak ada batasan thanks juga buat mas ebta sebenarnya sudah lama sy sering masuk ke website ini cuma baru 2 hari yg lalu sy mendaftar jadi anggota maju trus mas ebta and sukses slalu arjunaqut ( Juna Bakri Jayapura papua

  13. Sepertinya Layak untuk saya miliki nih,yah buat jaga2 saja.Thax mas Eb

  14. izin download mas, saya terimakasih bayak dengan mas ebta karena saya merasa forum ini seperti kuliah terbuka untuk menambah ilmu pengetahuan, semoga amalnya mendapat balasan pahala yang berlimpah, amien.

  15. sy update xp SP2 ke xp SP3 tetapi firefox, thunderbird dan IE tdk bisa di buka padahal program lain bs terbuka, tolong dong klo ada yang bs beri info atau solusinya..thanks a lot

  16. Trimakasih Infonya…
    Kayaknya tips-tips untuk mengatasi keterbatasan recovery juga perlu ulasan tambahan nih… biar lebih mantaf ^_^

  17. Numpang mengamankan dulu juga ne wkwkwk, software bgus.. Trik ubah kapasitas 1 gb dgn unduh yg versi pro’nya
    @fredrik, setelah upgrade utk IE dan Mozilla coba backup dulu add-ons beserta url bookmarks yg ada pd prog files & doc n settings>user.. Unduh aja versi new di filehippo gan, serta thunderbird juga.. Insya allah gan bisa jalan kmbali

  18. @penggemar ebsoft
    belum bisa menilai mana yang lebih bagus
    tetapi fiturnya sepertinya lengkap ini

    @hamzah @muliandri
    saya beri kisi-kisinya saja 🙂
    cara pertama dengan install ulang di folder yang berbeda, cari dan hapus Registri sebelumnya secara manual..

    cara kedua tanpa install ulang..
    mungkin ini jadi kuis saja.. hehe

    @Tohir
    Biasanya jika datanya besar akan seperti itu, karena 1 bit saja rusak, file audio/video tidak akan bisa dijalankan…

    @fredrik (37)
    di install ulang saja firefox, thunderbird dan IE-nya…

    @Al Banjary
    di atas sudah saya beri tahu kisi-kisinya..

  19. Wch,,,bagus…bagus…bagus…. Mas untuk sofware Compres Mp3 ‘SELAIN’ Diet Mp3,dan yg mengubah format mp3 mnjadi Ogg, apa ych mas nama Sofwarex? (Selain yg 2 di sbtkn tdi) tentux yg Gk trial ,Diet kn Trial ?

  20. wah ni dia software mantabbbzzzz,,, setelah trauma kehilangan software2 karena terpartisi,, ahirnya ga perlu kuatir lagi…. makasih mas ebta….!

  21. Bagusn mana sm Undelete Plus atau Restoration Bang…????

  22. assalamualaikum
    mas mau tanya dong klo data yg ada di micro SD ke hapus/format saat sedang ada di kamera begitu apakah bisa di kembalikan..?
    makasih banyak mas atas infony slama ini.. 🙂
    wassalamualaikum

  23. wah mas… cuma bisa 1GB… ada yg lain gak yg yg bisa lebih besar 🙂 ?
    atau ada trick nya gak ya biar bisa lebih dari itu ?

    thanks

  24. mas…mau nanya untuk data recoverynya
    kalau untuk disk drivenya ga ada pilihannya adanya cmn C dan D
    klo untuk F nya gmn ya
    makasih …

  25. aplikasinya bisa baca file dan udah bisa dibackup tapi kenapa gak bisa recovery. tiap dibuka selalu error. foto gk bisa ditampilkan

  26. data flashdisc hilang(nama folder msh ada tapi file dalamnya gak ada/this folder is empty)mohon dibantu solusi?data yg hilang dalam bentuk excell,word,pdf.mohon bantuan temen” langkah”&softwarenya?thxs all

  27. Thnks infonya, pengen bagi info juga nih, biasanya sy pake Final Data Enterprise.

    Kunjungi http:/www.glorykomnika.info

  28. That was great information. You have done great work communicating your message. Keep up the great job.

  29. met,siang boss EBTA..lam kenal nih,se-X-an numpang tanya..aplikasi yang di maksud diatas bisa ngga untuk recovery data hardisk eksternal ku yang 40 GB..?soalnya datanya penting nih..atau ada referensi aplikasi recovery untuk masalah HDD EXternal ku?…trim Boss ebsoft.web.id utk jawabannya.

Comments are closed.