66

Video tutorial cara menyimpan (download) video dari Youtube

Sebelumnya saya pernah membahas Tips download video dari youtube, tetapi mungkin sebagian masih belum jelas. Meskipun saat ini sudah banyak software, situs, aplikasi download video, plugins dan lainnya, tetapi kadang teknik di software sering gagal. Oleh karena itu sampai saat ini saya lebih sering download secara “manual”, karena jarang sekali gagal.

Untuk mempermudah, berikut video tutorial download video dari youtube secara manual.

Sebelumnya, ada 2 hal yang diperlukan agar cara “manual” ini berhasil.

  1. Kita harus bisa mengakses komputer di drive C: atau C:Documents and Settings (dengan asumsi windows di install di driev C:). Jika dari warnet yang drive C: -nya di proteksi, maka kemungkinan tidak bisa.
  2. Install program untuk meng-copy file yang terkunci. Disini saya menggunakan Unlocker karena kecil dan sangat mudah digunakan. Download Unlocker (216 KB)

Ketika kita melihat video secara online (di youtube misalnya), maka sebenarnya file video ini tersimpan di komputer kita. Sehingga ketika kita sudah menjalankan video sampai selesai, video sudah tersimpan di komputer. Tetapi file video ini senantiasa di proteksi oleh web browser (dengan plugins-nya Flash Player), sehingga tidak bisa di copy, pindah, hapus atau di rename. Selain itu, ketika web browser kita tutup, file video yang sebenarnya sudah tersimpan otomatis dihapus.

Memanfaatkan teknik seperti itu, pada intinya kita tinggal mencari dimana file video ini tersimpan. Kemudian jika sudah ketemu, file ini kita copy menggunakan program Unlocker (atau program sejenis lainnya), karena menggunakan fitur copy-paste biasa tidak akan berhasil.

Selengkapnya berikut tutorial video-nya:

Video diatas menjelaskan mulai menginstall Unlocker, kemudian membuka dan menjalankan contoh video di youtube, kemudian mencari lokasi penyimpanan video sementara ( yang ada di C:Documents and Settings{nama-user}Local SettingsTemp ), terakhir meng-copy file tmp dengan memberi ekstensi FLV jika sudah selesai.

Jika anda mempunyai masukan, saran atau alternatif lain yang lebih mudah, silahkan berbagi melalui komentar artikel ini. Semoga bermanfaat (ebsoft)

66 Comments

  1. Yg lebih mudah
    tinggal menambahkan ok pada alamat youtube
    contoh
    http://www.youtube.com/watch
    untuk download tinggal menambahkan ok.,.www.okyotube.com/watch
    dan klik save.
    Selesai deh..tinggal nunggu downloadnya

  2. Lagi-lagi syukron, terima kasih, arigato. Bermanfa’at.

  3. Klo saya lebih seneng pake keepvid, ada pilihan low ato high quality

  4. kalo saya lebih suka pake internet download manager, karena dia langsung mengenali file video atau audio di halaman yang dibuka dan muncul tombol download, tinggal klik dan hasilnya sudah dalam bentuk mp4, ada fasilitas resume kalo nanti terputus bisa disambung lagi. gimana mas?

  5. Trik yg cemerlang, terutama buat saya yg pake broadband internet, jadi tidak dua kali kena bandwidth data, krn sebenarnya file sudah ter-download ketika memutar video tersebut.
    Terimakasih mas Ebta.

  6. Artikel yang menarik,
    sekedar info, menggunakan software IDM(Internet Download Manager) ataupun RealPlayer lebih memudahkan dikarenakan kita dapat langsung mendownload video dari youtube tanpa harus menunggu loading dari youtube.

  7. Mas, kalau vista temporary file-nya ada dimana ya?
    Terimakasih.

  8. mas ebta…itu hanya bisa di XP

    kalau di Win 7 gimana???folder seperti documen and setting dan local setting tdk bisa di buka….ada solusi

  9. Memakai keepvid.com lebih ringkas mas.
    Tinggal copy link Youtube nya lalu paste di kotak yang sudah di sediakan di keepvid.com
    Tapi masalah cara mendownload memang tergantung kesenengan sih.
    😆

  10. Saya asumsikan saya telah mengetik <div style=”background:##EBF3FB; border:2px solid blue;padding:5px;margin:5px;width:300px;”> TULISAN DI SINI </div>

    Yang ingin saya tanya, bagaimana cara membuat kotak nya berada di tengah (bukan tulisannya lho, tapi kotak nya yang ditengah), saya pakai atribut CENTER kok tidak berhasil ya ?

    Saya akan stand by di halaman mas ebta ini sampai ada balasan, saya dari malam utak-atik tapi gak tau code nya mas.
    Thanks ya atas jawabannya…
    😆

  11. top margotop , terima kasih kang,,numpang belajar ach…..

  12. Terima kasih atas infonya….
    saya mau nanya mas.. apa trik itu hanya khusus buat You Tube..?

  13. thanks infonya sangat membantu kebetulan mau download

  14. insya Allah infonya bermanfaat….
    tapi biasanya saya lebih enak menggunakan plugin ad-ons (untuk mozilla) atau menggunakan software IDM. langsung download video tanpa menunggu youtube selesai.

  15. sekedar urun rembug…..
    klo aku pake browser google chrome versi terbaru diberi extension (addon) “YouTube Downloader” dan “YouTube Enhancer”. klo dah terinstall extensi tersebut, kita tinggal klik tulisan atau button “Download” yang akan tampil saat kita lihat video di youtube…kelebihannya kita ndak usah nunggu video selesai diputar..

  16. Kalow msalah dunlud si,menurut sy yang trgantung sama orang yg mau dunlud,! Tp tutor ms ebta. .keren bgt lah. ! Nambh ilmu. .

  17. Aku udah coba pake Windows 7.
    Temporary File-nya ada di C:User[nama user]AppDataLocalTemp. Biasanya cuma mpe nama user, folder AppData tidak muncul, makanya di addres bar setelah username ketik AppDataLocalTemp.

    Sayangnya saya belum berhasil praktek. Muncul notification, “… cannot be moved …”. Jadi belum berhasil. Mungkin mas Ebta mau menambahkan?

  18. bukannya bisa juga nyimpen video youtube pake Internet Download Manager?

  19. @Nasir (10)
    Iya, bisa juga dengan orbit, hanya kadang hal ini tidak bisa diterapkan di video lainnya

    @Iman
    mungkin seperti jawaban mas agus, komentar #32

    @haris ahmad
    ini tidak hanya untuk youtube, tetapi sebagian besar video yang menggunakan flash bisa. Hanya temporary filenya mungkin beda
    Tipsnya, dicari di drive C atau document and setting, file dengan tanggal pembuatan hari ini, dan ukuran juga bisa di kira-kira, misal more than 1 MB

    @budi medan
    seperti jawaban mas agus #32

    @Topan
    kotak yang mana ya ?
    hehe maaf, lagi balas…
    apa bener masih stand by nih ?

    @GoMe COmputer
    tidak hanya untuk youtube, dan ini kelebihan trik ini..

    @agus (32)
    apakah sudah menggunakan Unlocker mas agus ?

    @all
    terimakasih teman-teman lain yang menambahkan cara download dari youtube

  20. klo sy install Download Accelerator Plus 9.4, setelah install itu sy install software pendukung DAP-nya yg namanya speedbit video accelerator downloader, abis install itu nanti setiap kita buka web browser (saat ini saya terus pakai mozilla sih) di toolbar atas ada tombol download video, jadi setiap kita buka situs yg didominasi video (tentu saja youtube juga), tombol itu bisa langsung diklik dengan syarat video di play selama 2 detik setelah itu pause aja, baru deh kita klik download video…

  21. thx…infonya…lagi nyari video…tapi masih newbie

  22. thanks bgt buata infonya
    berguna bgt…
    buat penggemar youtube yg ska download video kya gue

  23. sebenarnya ketika anda membuka situs apapun, di folder cache browser yg anda pake (bukan di folder ‘temp’ windows) semua file yg ada di situs yg anda akses itu ada semua, termasuk juga file video atau audio seperti mp3 dsb. di firefox semua file ini nama file-nya berupa nama acak dan tanpa ekstensi, padahal sebenarnya file-file ini berupa file biasa saja, bukan file khusus yg hanya bisa dibuka firefox. hanya saja karena windows tidak bisa membaca file tanpa ekstensi jadi windows tidak bisa membacanya. itu sebabnya saya lebih suka linux yg bisa membuka file tanpa ekstensi sekalipun. di linux file acak tsb bisa dibaca dan dibuka dengan dobel klik biasa. kalau anda pengguna windows anda juga bisa membaca isi cache ini dengan menambahkan add ons ‘cache viewer’ di firefox anda. jadi setelah anda putar video di youtube atau di mana pun atau anda sudah memutar lagu lewat streaming, anda bisa cari file-nya di cache viewer, kemudian meng-copy-nya ke folder lain.

    semoga bermanfaat..

  24. gmn ya,,
    nih smua cara yang di atas di coba kok ga bs???
    apakah ad cara yang lain???

  25. Ya…saya setuju yang dikatakan Mas Nasir, -L- & ham ham. Kita bs pake IDM utk men-download video di youtube. Dijamin pasti bs dach didownload videonya. Tp…setau saya sebagian besar video di youtube itu formatnya “FLV”. Memang sich ada yang “MP4”. Yang saya ingin tanyakan adakah aplikasi gratisan yg bs konversi FLV ke avi, mpg, atau format standard lainnya?

  26. Wah baru tau bisa ambil file dari temp, thx tutorialnya.

    Tp dengan tidak mengurangi rasa hormat, saya biasanya ambil filenya dari cache browsernya (contoh mozilla firefox), seperti yg Kiki bilang diatas. Caranya hampir sama dengan tutorial ini tp ga perlu pake unlocker untuk copy filenya, jadi mgkn lebih simple.

    Sekedar ingin berbagi info, di win xp cache mozilla firefox (dan browser2 lain) alamatnya biasanya ga jauh2 dari :
    C:Documents and Settings”Local Name”Local SettingsApplication DataMozillaFirefoxProfiles”Random String”.defaultCache

    “Local Name” dan “Random String” bisa berbeda2 untuk tiap komputer.

    Semoga bermanfaat.

  27. di win 7 di c user nama user terus appdata, di local setting cari deh tuh temp…mas ebta watermark video nya pake apa, keren pissssssan….

  28. Pingback: Menyimpan Video dari Internet « kiki@linux
  29. masih ada lowongan kan….
    oke bangat nih mas.
    disini banyak yang pinter2, tinggal sedot ilmunya.
    makasih….

  30. w az pke adddon firefox easy youtube downloader cri aja di google atau ke addonnya firefox…..
    xlu mw download video dewasa,,,pake addons video downloadhelper…pkoknya video yang bisa diputar diwebsite lagsung bisa didunlud….
    oh,iya kedua addons itu support IDM lho…
    jadi bisa di copy urlnya trz ditaruh di IDM…(resume yes)
    xlo g pke keepvid.com, tapi harus install java dlu,,,
    xlu javanya tiggal download di 4shared aja …….

  31. Mas Ebta aku ikutan aja ah mau nyoba soalnya belum pernah pake sih..Kalau yang sy gunakan sebelumnya semuanya sudah disebutkan oleh kawan-kawan diatas. Makasih ya Mas?

  32. Pingback: [Firefox] Download Banyak Video Youtube dengan BYTubeD | kalamsoft.com
  33. Pingback: [Firefox] Download Banyak Video Youtube dengan BYTubeD | Duniaku
  34. SEMPURNA. TERIMA KASIH. TERUS BERKARYA YA MAS. SUDAH MOMONGAN MAS ? SEMOGA DIBERIKAN JUGA ANAK SOLEH & CERDAS MELEBIHI ORANG TUANYA. AMIN

  35. agan agan yang terhormat ane pake google crum ga ada yang bisa donlot yutub…ane da coba semua saran agan yang diatas..ga ada yang bisaa…mohon bantuan gan….makasi

  36. Pingback: Mimpi is Kunci » Blog Archive » Video tutorial cara menyimpan (download) video dari Youtube
  37. wah mas tolong nih kl saya pake opera gimana ya download video nya

Comments are closed.