24

Analisa Keamanan Komputer (PC) dengan Hijack Hunter

Melakukan pemeriksaan sistem komputer secara menyeluruh terkadang perlu dilakukan secara berkala. Meski Antivirus sudah senantiasa update, software Firewall sudah terpasang tetapi tidak ada salahnya sesekali kita melakukan scanning sistem akan kemungkinan adanya celah keamanan.

Salah satu software gratis yang bisa kita gunakan dan menyertakan fitur yang lengkap adalah Hijack Hunter. Bagi yang pernah menggunakan aplikasi HijackThis, Hijack Hunter buatan NoVirusThanks ini merupakan aplikasi yang mirip, tetapi memberikan fitur dan tampilan (antarmuka) yang lebih mudah untuk digunakan.

Beberpa fitur Hijack Hunter antara lain :

  • Menampilkan sistem informasi secara umum
  • Menampilkan aplikasi (Processes) termasuk Modules apa saja yang berjalan di windows
  • Menampilkan berbagai aplikasi yang berjalan otomatis (startup)
  • Informasi berbagai internet (TCP/IP) setting
  • Informasi Program, Port yang diijinkan windows (Firewall)
  • Berbagai informasi keamanan lainnya seperti : Windows HIjack, ShellExecutesHoks, Shell Open commands, Browser Helper Object (BHOs), Exe di Temporary folder dan di folder yang mencurigakan, file tersembunyi dan masih banyak lainnya
  • Informasi Driver
  • Windows Tools
  • Fitur perbaikan kerusakan registry atau sistem seperti : Restore safe mode, mengembalikan berbagai setting penting komputer, dan lainnya melalui menu Restorer
  • Berbagai informasi keamanan yang lebih mendalam

Bagi sebagian pengguna, mungkin memang tidak mudah untuk membaca laporan hasil scan yang diberikan. Karena memang hasil scan banyak ditujukan untuk teknisi atau pengguna komputer yang sudah terbiasa menangani masalah PC/Komputer. Meskipun demikiakn, sebagian hasilnya masih bisa kita analisa dan fitur-fitur yang diberikan juga cukup bermanfaat dan mudah digunakan (terutama dari menu Restorer).

Jika kita kesulitan membaca laporan hasil scan bisa dimaklumi karena memang untuk menganalisa hasil scan sistem komputer memerlukan keahlian dan pengalaman tentang komputer secara mendalam. Apalagi sebagian hasilnya merupakan kategori “Advanced”. Hasil laporan yang ditampilkan juga bisa kita berikan ke teknisi jika ada masalah dan perlu ditanyakan mengenai kondisi komputer kita. Jika ingin belajar sendiri, kita juga bisa googling dari hasil laporan yang ditampilkan.

Hijack Hunter dapat digunakan untuk sistem operasi Microsoft Windows baik 32-bit maupun 64-bit (Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7). Tersedia versi installer maupun versi Portable yang dapat langsung kita gunakan. Download dari website resmi Hijack Hunter ( EXE 910 KB, Portable/zip 583 KB).

ebta

24 Comments

  1. admin saya mau tanya
    vidio yg kita burning memakai dvd flick
    misal kita ngeburning 10 video
    nah waktu di setel di dvd player itu bisa di pilih pilih gak videonya

  2. Terima kasih mas Ebta atas informasinya, semoga bermanfaat

  3. kalau software ini disandingkan sama anti virus, kira-kira mempengaruhi performa PC gak ya ?

  4. Kira-kira Ada Versi Berbayarnya Gak Gan. Beautiful Cover Version video Cherrybelle Emo. 100% Steady @ http ://wp.me/p2tuLN-37

  5. Malwarebytes Anti Malware mungkin masih lebih baik ketimbang aplikasi ini

  6. :)) ;)) ;;) 😀 😉 :p :(( 🙂 🙁 :X =(( 😮 :-/ :-* 😐 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Comments are closed.