91

Apa itu System Volume Information ?

Info gambar

Jika kita menggunakan Windows XP Home maupun Professional, dan setting untuk folder-folder yang tersembunyi (Hidden system) ditampilkan, maka akan terlihat folder yang namanya “System Volume Information” di drive C: D: dan lainnya. Kadang kita tidak bisa membuka folder ini, atau jika bisa, maka untuk mengakses filenya tidak bisa. Sebenarnya apa fungsi atau kegunaan folder ini ?

Folder “System Volume Information” merupakan Hidden System folder (folder yang tersembunyi/sengaja disembunyikan oleh system windows) yang digunakan oleh System Restore untuk menyimpan informasi dan Restore points. Tetapi saat ini sering menjadi sarang virus

Seperti diketahui, bahwa Windows XP Home/Professional menyertakan fungsi Restore Point, yaitu fasilitas untuk mengatasi ketika ada program baru yang di install dan menyebabkan komputer bermasalah, dengan mengembalikan kondisi windows sesaat/waktu sebelum program baru tersebut di install (disebut Restore Point). Ketika melakukan restore komputer, data atau dokumen tidak akan hilang. Nah, data-data restore point ini disimpan di folder yang namanya “System Volume Information” ini.

Folder ini akan ada di setiap Drive/ Partisi windows, misalnya C:, D: dan lainnya. Memang melihat fungsinya folder ini cukup penting, tetapi kadang bisa berbahaya. Karena aksesnya yang terbatas, maka folder ini sering digunakan oleh virus untuk menyimpan duplikasi dirinya dan virus bisa menyerang lagi (kembali aktif) jika dilakukan restore. Selain itu kita biasanya tidak bisa mengakses folder ini. Bahkan antivirus yang mendeteksi ada virus di folder ini kadang juga tidak bisa menghapusnya.

Sebenarnya jika tidak begitu penting fasilitas ini bisa dimatikan, karena selain sering menjadi sarang virus, juga sering memakan space hardisk yang cukup banyak. Untuk mengaturnya bisa dibuka Start Menu > All Programs > Accessories > System Tools > System Restore. Untuk mematikan fasilitas ini cek menu “Turn off system restore for all drives”.

Jika yakin komputer kita bebas virus, maka fasilitas ini bisa juga diaktifkan, yang perlu diatur mungkin hanya penggunaan space hardisknya. Masing-masing drive C:, D: dan lainnya bisa dibatasi maksimal penggunaan space-nya dengan klik tombol Setting di masing-masing drive tersebut.

Apakah ada cara untuk mengakses folder ini ?

Ya, ada beberapa cara yang berbeda tentang bagaimana cara mengakses folder ini. Yang perlu diketahui hanya windows yang digunakan (Home atau Professional) dan tipe File System ( FAT32 atau NTFS) yang bisa diketahui dengan klik kanan Drive C:, D: atau lainnya di windows explorer dan pilih Properties. Untuk cara-cara mengakses folder ini bisa dibaca selengkapnya disini (http://ebsoft.web.id).

Referensi

  • http://support.microsoft.com/kb/948247/en-us
  • http://support.microsoft.com/kb/309531/en-us

ebta

91 Comments

  1. Pingback: Anisa Cell » Blog Archive
  2. Kalau saya sudah biasa mematikan system restore, soalnya saya kan pakai PCMAV yang kalau mengaktifkan sering diingatkan untuk mematikan system restore. Tetapi tetap artikel ini berguna sehingga kita tahu apa sih fungsi system restore dan mengapa PCMAV sering menganjurkan untuk dimatikan saja. Thanks.

  3. klo dimatiin gak ngefek apa2 kn mas? kerja windos g ngaruh kan?

  4. Dimatikan tidak akan berpengaruh ke windows, malah bisa mempercepat windows di beberapa keadaan atau tempat. Hanya saja tidak bisa me-restore komputer ke keadaan sebelumnya. Karena ini hanya fasilitas tambahan windows.

  5. Pingback: Anisa Cell » Blog Archive » File-file EXE tidak bisa dijalankan ?
  6. klo dimatiin apa virus ga bisa bersarang lagi/ga da tmpt tuk menduplikasi diri nya lagi yaa mas…??
    mksih infonya…!

  7. @aidy
    Tidak ada jaminan seperti itu, karena duplikasi virus bisa di letakkan dimana saja asal folder /lokasi tersebut bisa diakses.. hanya saja di lokasi ini lebih rawan..

  8. APAKAH COM YNG TER DEEO FREEZE BISA TERKENA VIRUS

  9. APakah com yang terinstall deep freeze bisa terkena virus

  10. Meski dengan Deep freeze, tidak ada jaminan bebas virus 100%, tetapi memang mungkin lebih aman karena jika terkena virus bisa dikembalikan ke kondisi sebelumnya..
    Tetapi secanggih apapun software itu, biasanya lama-lama juga ada celah yang bisa dimanfaatkan virus..

  11. Ass…
    Mas, setelah saya melakukan instal ulang OS
    dan beberapa program yg diperlukan, biasanya saya
    membuat Restore Point,,,pertanyaan-nya, klo kemudian restore point-nya dimatikan, apa Restore Point yng saya buat akan ikut hilang??

    Terima kasih.

  12. Ralat :)==> maksudnya sistem restore-nya di matikan, apa Restore Point yang saya buat akan ikut hilang??

  13. @Lutfi
    Wa’alaikumsalaam..
    Iya jika restore point dimatikan, maka yang sudah dibuat sebelumnya akan hilang..

  14. bagaimana caranya mengakses file volume information (bukan system volume information) di win vista ultimate??
    saya kehilangan file yang telah di lock dengan instant lock. file tersebut masih ada di volume information file.tapi tidak bisa di restore (apalagi saya sudah install ulang OS nya)…mohon bantuannya

  15. Ass. Wr. Wb

    Saya ada masalah sedikit bagaimana cara membuka system volume information karena saya ingin sekali menghapus file-file di dalamnya karena kalau dihapus bukannya menambah kapasitas dari drive tersebut ya kan !!

    Mohon jawabannya via email bisa juga
    r4gil_230789@yahoo.co.id

    Wass. Wr. Wb

  16. Maaf Mas Eb”dimana-mana nanya saja saya orangnya agak Ooon, komputer saya gak bisa matiin system restore tanda centangnya berwarna abu-abu kayak dikunci, bisa gak matiin pake cara lain

    Thanks,,,

  17. @Ragil
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Sepertinya jika melalui windows agak susah. tapi coba baca referensi artikel diatas, disana dijelaskan sepertinya.. cara yang lain dengan booting melalui CD (misalnya UBCD4Win) dan akses filenya dari sana..

    @komang
    coba kalau melalui Safe Mode..

  18. Ass Wr. Wb

    Saya sangat brterima kasih sekali dengan jawaban nya tp sebenarnya aq masih belum mengerti maklum orng oon melalui booting UBCD4Win itu apa ada g’ cara yang lebih simpel lg maaf sebelumnya merepotkan.

    Wass Wr. WB

  19. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh
    terimah kasih atas semua ilmu yang bermanfaat ini bagi kita semua dan semoga webseti ini menjadi tempat untuk berbagi dan menambah ilmu bagi kita semua amin.
    boleh dong saya minta email yang isinya bisa bermanfaat bagi saya artikel-artikel mengenai komputer saat ini..
    terimakasih untuk semuanya semoga bermanfaat dan mendapatkan pahala yang setimpal dari allah untuk semua ini amin3x..ya allah. wassalamuailaikum…
    by:johny handra

  20. @johny handra
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Jazakallah khoir, kalau yang dimaksud link dengan artikel yang bermanfaat, sepertinya cukup banyak di Internet. Mungkin perlu lebih spesifik, karena komputer terlalu luas..

  21. Ass Wr. Wb

    Maaf mas, mo nanya. kan aq baru beli cd windows xp sp3 black pas di coba gak bisa booting maklum bajakan. aku mo nanya gimana cara buat booting nya pake software apa yang bagus.

  22. -sekedar saran
    jika memberi salam sebaiknya secara keseluruhan
    setahu saya Assalamu’alaikum saja bukan ciri identitas muslim tapi semua kaum. jika di tinjau dari segi arti.
    lebih baik jika di tulis secara keseluruhan klo males copy paste ja tulisan Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh nya otreee
    thats all

  23. @Ragil (#25)
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh..
    pastikan setting BIOS untuk pilihan booting, CD/DVD dipilih yang pertama kali. harusnya semua windows Xp bisa otomatis booitng..

  24. @dul (#26)
    Memang benar, yang paling utama adalah mengucap salam dengan lengkap, tetapi ucapan “Assalamu’alaikum” itu juga ajaran Islam. Meskipun saat ini banyak dipakai orang non Islam, tetapi ucapan tersebut tetap menjadi ajaran Islam dan bukan berarti kita tinggalkan..

    Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwasannya seseorang melewati Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sedangkan beliau sedang duduk dalam majelis, maka laki-laki itu berkata :”Assalamu ’alaikum!” Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :”Dia telah mendapatkan sepuluh kebaikan.” Kemudian seorang laki-laki lain berlalu sambil berkata :”Assalamu ‘alaikum warahmatullah” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :”Dia telah mendapatkan dua puluh kebaikan.” Kemudian berlalu laki-laki yang lain dan berkata :”Assalamua ’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :Dia telah mendapatkan tiga puluh kebaikan”
    ( HR. At-Tirmidzi no.2689 dan beliau berkata :”Hadits hasan shahih gharib”, dan diriwayatkan Al-Bukhari dalam adabul mufrad no 986, dan albani berkata :”Hadits ini shahih.” Dan diriwayatkan juga oleh Ahmad no.19446, dan Ad-Darimi no.2640)

    Dari : http://kautsarku.wordpress.com (jazakallah khoir)

    Mengenai Copy paste, kalau saya sendiri memilih menulis meskipun hanya “Assalamu’alaikum”, karena ketika kita menulis, maka otomatis kita juga mengucapkan (minimal di batin.. ) kalau copy paste belum tentu..
    Jadi sedikit menulis dan hanya perlu beberapa detik, saya rasa bukan suatu hal yang menyusahkan..

    Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan..

  25. Ass Wr. Wb

    Melanjutkan pertanyaan kemarin bios nya sudah saya setting booting u/ cd/dvd tetap aja gak bisa, saya coba windows pnya teman saya kok bisa kenapa ya ?
    Mohon jawabannya.

  26. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh

    maaf tadi di sarankan asamualikum panjang ya.
    Melanjutkan pertanyaan kemarin bios nya sudah saya setting booting u/ cd/dvd tetap aja gak bisa, saya coba windows pnya teman saya kok bisa kenapa ya ?
    Mohon jawabannya.

  27. @Ragil
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh

    Apakah sudah dicoba sebaliknya ? CD-nya dicoba di tempat reman. Jika bisa, kemungkinan Drive CD-ROM/DVD-Rom nya yang bermasalah (mungkin karena gagal membaca CD-nya). Jika tidak bisa berarti kemungkinan memang CD-nya yang bermasalah..

  28. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh… Wah mas, sy dapat masalah nih sama folder yang namanya “System Volume Information” di drive C: D: dan opsi “Hidden Files n Folder” yang opsi ‘show hidden files’-nya ndak mau dicentang meskipun dah di-apply. Kronologisnya gini, ‘waktu komputer sy kna W32/kova(/kavo..(apakah jenisnya baru?), sama antivirus lokal versi free ‘A’ ngga t’deteksi, trus sy pke AVG8.0.100 update 2bulan (sy nonaktifkan sblm kemasukan W32) lalu t’deteksi W32/kova(trojan heur) & berhasil ditendang tu si W32, tapi semua file folder yang saya hidden (spt biasa, HILANG), trus sy pake progam ‘Hidden Revealer’ utk me-revealer file & folder di partisi C,D dan berhasil… Tapi, folder yg namanya “System Volume Information” yg harusnya ‘vulgar’ dilihat ikutan ke-revealer… Tapi ada untungnya, sisa W32 yg ketinggalan di “System Volume Information” D bisa tak buang, mslhnya skrg folderna g bisa dihidden lagi. Maaf klo sy agak telat ttg W32… Tolong bantuan secepatnya… (malahan PC sy skrg susah dimatikan)….(jazakallah khoiro)

  29. @Aristigfarandy
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Untuk menghidden, coba gunakan command prompt ATTRIB +S +H +R /S /D di folder yang dimaksud..
    Mungkin ada file system windows yang terinfeksi virus dan ikut dihapus antivirus

  30. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh… Wah trimakasih sebelumnya mas, sekedar ralat untuk yg kemarin ‘komputer sy yg ndak bisa dimatikan sekarang sudah bisa teratasi, dan bukan karena perbuatan virus’… Tapi masalahnya sy masih kurang jelas soal Folder Options-Hidden files & folder, opsi “Show hidden” sama “Don’t show hidden” system sy msh bisa dicentang ke posisi “Show Hidden”, tapi waktu di-apply, malah kembali ke “Don’t Show” lalu File Properties-nya (semua file tak terkecuali), opsi “Hidden” centangnya ‘dipaten’. Gimana cara mulihinnya?

  31. @Aristigfarandy
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Hmm.. kalau di Folder Options, jika bukan virus, mungkin bermasalah dengan file system windows.
    kalau File properties, mengatasi bisa dengan ATTRIB -S -H -R /S /D atau lebih mudah gunakan software Hidden File Tool ( bagian download)

  32. Mas Ebta mohon bantuannya
    Saya punya masalah sama kayak komang (no.19)
    waktu mau “matiin” system restore, tanda centangnya berwarna abu2 kayak dikunci.Jadi disebelah tanda centangnya ada tulisan kayak gini “Turn Off System Restore (disabled by Group Policy)”
    udah saya coba dari “safe mode” tetep ga bisa (tanda centangnya tetep dikunci).
    mohon solusinya mas, gmn caranya matiin system restore saya?
    Makasi sebelumnya mas.

  33. @dhita.male
    Mungkin pengaturan di Group Policy yang menyebabkan hal itu. Apakah itu menggunakan Windows XP Professional ?

  34. mas ebta mohon bantuannya.
    notebook adik saya XP home sp2 kmrn wktu mw liat service di task manager kok g ad ya? yg ad cm nunjukin task yg aktif aj. gmn cara kembaliin ke normalnya.
    terimakasih sebelumnya

  35. maksudnya tab “Processes” ?
    Apakah sebelumnya atau saat ini keomputer tersebut terinfeksi virus ?
    alternatifnya bisa menggunankan Process Explorer dari sysinternals.

  36. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh

    Hai pa kabar Mas ??
    Saya mo tanya sedikit boleh mas, ada trik registry gak yang untuk mengembalikan setting default pada windows XP klo ada beri tau ya mas, dan satu lagi untuk mengubah nama user account yang terdaftar pada windows !!!!

    Makasih sebelumnya ya mas.

    Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh

  37. @Ragil
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Kalau tips registry bida download “Windwows Registry Guide” ada di bagian download ebsoft. Kalau mengembalikan setting default mungkin memakai software pihak ketiga.. misalnya TweakNow, REgToy dan lainnya (ada artikelnya juga di ebsoft)

  38. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh

    Oh ya mas, melanjutkan pertanyaan kemaren untuk mengembalikan setting default windows xp teaknow yang mana harus saya pakai:

    1. TweakNow PowerPack Professional
    2. TweakNow RegCleaner Professional
    3. TweakNow WinSecret Professional

    antara teaknow dengan regtoy mana yang bagus dan mudah di operasikan

    Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh

  39. @Ragil
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Dengan tweakNow WinSecret. Kalau lebih musah, mungkin TweakNow, tetapi dari kelengkapan, jauh lebih lengkap RegToy

  40. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh

    Ok thanks atas jawabannya, saya mo tanya lagi bleh ???
    gimana cara publikasi web ke internet pake domain co.cc ada gak software yang membantu untuk publikasi web mana yang bagus ?
    ada tips buat web pake notepad gak kasih tau dong !!!!

  41. @Ragil
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh

    Saya kurang begitu tahu dengan domain gratis co.cc, sudah coba googling ? wah kalau buat website dengan notepad sepertinya terlalu kuno, mungkin jika meng-edit saja masih bisa. Meskipun bisa tetapi sudah ada tools lain yang lebih baik..

  42. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh

    Hai, mas sebelumnya saya mengucapkan minal aidin walfaizin
    saya mo nanya software apa yang untuk merubah icon di xp
    aq pake tune-up di menu sytlernya tp gak lengkap klo regtoy terlalu rumit, apa ya mas kira2

    thank’ssssss

    Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh

  43. @Ragil
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh

    Wah saya sudah lama tidak utak-atik icon seperti itu. Gunakan saja Program seperti Vista Inspirat, tetapi memang iconnya otomatis akan diganti, sepertinya tidak bisa customisasi satu per satu

  44. Pingback: “SETAN NAKAL” Community » Blog Archive » Mengapa Antivirus Langsung menghapus File ?
  45. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh

    gw mo nya ni mas ko’ instal net framework 3.5 perlu koneksi ke internet ada tips ga’ biar instal langsung ja. pake yang net framework 1 / 2 udah ketinggalan ya kan !!!

    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh

  46. @Ragil
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    sebenarnya .NET yang versi 2 tidak ketinggalan jaman, karena sepertinya ini versi standard (biasanya aplikasi minimal memerlukan versi 2)..
    .NET 3.5 sepertinya memang harus online installnya, belum menemukan yang langsung install

  47. Pingback: Mengapa Antivirus Langsung Menghapus file??? « Ifank’s Weblog Gaul & Funky
  48. Terima kasih utk informasinya. Baru-baru ini antivirus dikomputer saya mendeteksi adanya virus BHO.X dan mulai menyebar, saya scan pakai AVG, menemukan virus ini bercokol juga di folder System Volume Information.

    Saya sudah coba hapus berkali-kali dan tidak bisa, malah AVG saya mendadak memunculkan pesan error dan harus berhenti selang beberapa saat setelah saya jalankan scanning.

    Kira-kira bagaimana solusinya? Terima kasih sebelumnya

  49. @Iskandar
    Jika fasilitas System Restore tidak digunakan, lebih baik dimatikan saja fasilitas ini. Sehingga isi System volume information tidak digunakan virus..

  50. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh
    mas saya mau nanya nich!!!
    sistem restore saya ko ga bisa di buka ya?
    gmn cara menegembalikannya?
    makasih!!!

  51. @budi
    sama-sama..

    @zhen
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Maksudnya dibuka melalui menu System Restore ?
    Atau mungkin sebelumnya sudah di non aktifkan..

  52. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh
    melanjutkan perrtanyaan saya kemarin,saya tidak bisa membuka sistem restore dari menu sistem restore.tapi setelah saya cek di taks manager sistem restorenya berjalan tapi kompter saya tak menampilkan apapun. saya sudah cek di sistem propertis tenyata sistem restorenya masih di aktifkan (turn off)nya tidak di centang.knp ya mas!!saya minta tolong mas carikan solusinya.terimakasih sebelumnya!!

  53. @zhen
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Coba buka registry, dan di set key berikut :
    System Key: [HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREPoliciesMicrosoftWindows NTSystemRestore]
    Name: DisableConfig, DisableSR
    Type: REG_DWORD (DWORD Value)
    Value: (0 = disable restriction)

    Lengkapnya bisa download Windows Registry Guide dan dicari tentang ‘System Restore’

  54. Askum Mas Ebta,sy ada trouble … kursor/mouse sy jalan sendiri, apa ini karena ada virus, sy mempergunakan laptop toshiba tecra M1… apa sebabnya dan gimana solusinya … thanks berat ya mas … salam iwanyoyo

  55. mas kalo RECYCLER itu apa?soalnya ini juga sering muncul berdekatan dengan “System Vol Information”…trus gimana penanganannya?Jazakallah Khoiron Katsirro.

  56. tambah lagi nih tanya ya. komputer saya terinfeksi virus dengan extension “nva” yg kerjaannya menduplikasi folder. Ini virus apa dan bisa diatasi dengan antivirus apa?Jazakallah khoiron katsirro

  57. @iwan
    wa’alaikumsalaam ( mohon salamnya tidak disingkat ya.. )
    apakah menggunakan Mouse ? jika iya bisa jadi karena mousenya saja tetapi memang bisa juga ada virus..

    @asep
    RECYCLER itu untuk menyimpan file-file yang dihapus di drive tersebut, jadi tempat sementara file yang sudah dihapus ( untuk Recycle Bin ).. wallahu’alam

  58. mas,udah coba mengakses folder system volume information nya blum? koq saya kebentur pd langkah yang ke-delapan (karena tidak ada tab security-nya)emang gak ada ato gmn yah? jadi binun

  59. Pingback: Mengapa Antivirus Langsung menghapus File ? « Johan’s Pratama Wordpress
  60. @wahid
    sama-sama aamiin

    @Zharakhi
    mungkin windowsnya versi Home Edition, karena itu untuk Windows XP Proffesional..

  61. Thank’s mas atas infonya…kini system volume information di masing-masing drive saya ilang,,,tapi saya masih mandan bingung dengan antivirus avg 8.0 yang saya gunakan untuk mengahpus virus yang ada di komputer saya..pasalnya setiap saya buka drive, selalu muncul tampilan yang menandakan ada virus yang terdeteksi…namun ko gak ada pilihan untuk menghapus atau move to vault..malahan yang ada hanya “ignore” dan “help”..jadi solusinya gimana yach mas…? thank’s

  62. @slam
    informasinya kurang lengkap, mungkin nama virus yg terdeteksi, lokasi virus dimana dsb..

  63. mas kompi saya kena virus angelo…,aktifnya pada saat screen windows.tolong donk mas gima cara ngatasinya…

  64. Pingback: Menangani File EXE yang Tidak Mau Dijalankan « mtfauzi’s blog
  65. mantap…
    bener2 berguna…
    coz uda 3 hari ini komp gw ngehang gara2 kemaren ada bag d win 32 keapus ma antivirus….

  66. mohon bantuan teman2 komputer saya, menu2 yang ada di all program ga bisa dibuka diklik ga ngerespon, trima kasih sebelumnya

  67. Om..Tu SVI mang bner2 sarang virus, padahal udah w bantai pake ANSAV & AVG dengan Updaten yang baru, tp timbul lagi aja,trus w coba apus lewat windows MiniPE tetep ga bisa, w mo nanya kalo mo nonaktifin system restornya ga harus dibersihin dulu kan?? kalo emang harus, w harus pake ap dung wat ngilangin virusnya???plaes ya om bantu gw.thanks

  68. @wells
    coba di klik kanan > properties. Dicari file exenya langsung dan dijalankan..

    @Chu_Giel
    Iya tidak harus dibersihkan dulu, langsung dimatikan saja..

  69. Pingback: Antivirus Langsung menghapus File, Mengapa ? | AdwanSoft
  70. mas, system volume information saya kena virus. jadi gak bisa terlihat walaupun di restore. sehingga akibatnya volume buat speaker mati. dan menggangu system lainnya. gimana caranya menormalkan kembali.

  71. Pingback: Membuang isi System Volume Information | Muhammad Hasyim, Web Blog
  72. Pingback: Antivirus Anda Langsung Menghapus file??? | lae samo
  73. saya kemarin install update xp sp3 home.setelah itu muncul recycle dan system volume information yang tampak samar-samar (miror).tapi saya coba hapus,nggak bisa.mohon penjelasannya.thanks ya

  74. Aku mau tanya apa tidak ada lagi untuk mengembalikan file file yang hilang tanpa system volume informasi

  75. Makasih banyak Mas. System volume information d kompie saya banyak makan space. Tp apa akibat paling berat bila mematikan System volume information? mohon pencerahan.

  76. kenapa ya sistem restore pc ku g bisa di on khan lagi trus mo buka msconfig juga g bisa malah sering muncul pesan sistem recovery serious error gmana caranya mas biar bisa normal lagi ni com ?? pls thx

Comments are closed.