13

Bagaimana mengetes web site/blog anda?

Jika kita mempunyai sebuah web site/blog, terkadang kita tidak menyadari bahwa user yang membukanya belum tentu melihat persis ketika kita mencobanya. Mengingat begitu banyak web browser yang tidak sepenuhnya kompatibel. Selain itu, kadang kita juga perlu melihat seberapa cepat web site kita dibuka, apa saja yang membuat loading web kita sangat lambat. Bagaimana jika kita ingin mengetes hal tersebut?

Berikut ada beberapa web yang menyediakan fasilitas diatas secara gratis

Mengetes tampilan Web site


Browsershots

Browsershots memberi fasilitas screenshot web site dalam berbagai web broser yang berbeda. Web browser yang disediakan cukup banyak, mulai dari Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera, Safari, Konqueror, K-Meleon sampai browser yang jarang kita dengar. Karena banyaknya browser yang tersedia, maka sebaiknya hanya memilih beberapa browser yang sering digunakan saja, karena jika terlalu banyak memerlukan waktu yang cukup lama.

browserhost

IE NetRenderer

IE NetRenderer memberi kita fasilitas untuk mengecek bagaimana sebuah web site ditampilkan dalam browser Internet Explorer 8 beta 1, 7, 6 dan Internet Explorer 5.5. Karena pengetesan satu persatu dan hanya untuk Internet Explorer, maka relatif lebih cepat dari browsershots.

Kita juga bisa mengetes tampilan web kita di HP yang menggunakan sistem operasi Windows Mobile atau Blackberry di BrowserCamp atau melalui Opera Simulator (memerlukan plugins Java)

Mengetes Kecepatan Loading web
Pingdom

Pingdom memberikan layanan ini secara gratis. Kita tinggal memasukkan nama web site dan setelah diproses maka akan ditampilkan waktu loading setiap file ( HTML, CSS, gambar, javascript, flash dan lainnya) dengan ukurannya. Fasilitas ini sangat bagus untuk meningkatkan proses loading dan mengetahui apa saja yang membuat web site kita loadingnya sangat lambat.

pingdom

 

Web Page Analyzer

Selain Pingdom, Web Site Analyzer juga memberikan fasilitas untuk mengetes kecepatan loading web site. Perhitungan mencakup ukuran file,total object, komposisi dan waktu download. Selain itu setelah dilakukan pengetesan, diberikan juga analisis dan rekomendasi untuk mengoptimalikan web site.

ebta

13 Comments

  1. Boss, dalam berita sebelumnya dibahas tentang pemilihan gambar di web/blog tapi disitu gak di sampaikan tentang mana yang paling mudah untuk di loading, png, jpg, gif, kata orang-orang png lebih cepat untuk di loading tapi setahu saya png memiliki kapasitas yang lebih besar daripada jpg (sebagai contoh saya nyimpan gambar pemandangan dlm bentuk png dan jpg), gimana dong? lebih baik pakai yang mana? thx atas jawabannya.. please..

  2. Kalau untuk gambar seperti pemandangan, jika ingin ukuran file kecil, pilih JPG, apalagi jika dimensi ( width x height) besar, maka JPG no-1. PNG lebih cocok untuk gambar dengan kombinasi warna yang sederhana, garis, text dan sejenisnya.

    Untuk loading di web browser hampir tidak terasa bedanya, kecuali gambar yang sangat besar, memenuhi layar misalnya…
    tetapi masalahnya biasanya waktu download file tersebut..

  3. Bos, gmn cara ngecek ada link yg rusak ya? kalo ngecek satu2 dari postingan awal sampe akhir, pasti repot kan? apalagi buat kalo udah byk kaya di ebsoft ini… oc. tengkyu….salam kenal

  4. salam kenal semuanya
    Thanx 4 infonya…….

  5. kirim donk artikel ngebuat blog yang bagus n baik

  6. Trimakasi atas semuanya bagus2 n berguna sekali..Saya minta tolog buat artikel ngeblog n mendesain blog serta membuat blog jadi menarik dari hp g usah pake komputer

  7. @OS
    daftar di Google Webmaster

    @Syahman
    sama-sama..

    @bambang
    Sebenarnya cukup banyak artikel yang serupa di blog lain, bahkan yang khusus membahas wordpress..

    @Albie
    sama-sama mas…
    dari HP ya.. malah jarang kepikiran, karena hampir belum pernah ngeblog apalagi desain dari hp.. sepertinya masih terlalu ribet..

  8. Terima kasih banyak atas informasinya
    Content anda bagus-bagus dan sangat mendukung untuk menambah wa2san kita dengan IT.
    Sukses and tetap semngat

  9. Assalamu ‘alaikum….
    mas ebta, saya coba untuk mendaftar menjadi member di ebsoft.web.id tapi passwordx tidak mau di terima. itu cara bagai mana mas? harus bayar atau tidak? soalnya saya mau sekali bergabung dalam forum tersebut. kalau sudah baca tolong di balas langsung ke email saya mas. thx

  10. @maspoedjo
    terimakasih mas..

    @Abd Rasyid
    wa’alaikumsalaam
    sepertinya kemarin sudah terdaftar
    hanya saja untuk forum, loadingnya agak lambat.. (ini yang sering jadi permasalahan..)

  11. wah makasih banget bos, tadinya saya khawatir site yg saya kelola berat, eh ternyata lumayan 5 detik.. hehe.. ternyata seperti koneksi internet saya yg lemot 😀
    nuhun ah

Comments are closed.