72

Download Firefox 4 (Installer & Portable), tampilan dan fitur baru

Setelah selama setahun terakhir dikembangkan secara intensif, akhirnya web browser opensource, Mozilla Firefox 4 (Final) akhirnya dirilis. Dibandingkan dengan versi sebelumnya, Firefox 3.6, versi 4 ini tampil dengan tampilan dan berbagai fitur baru. Jika pengguna (pecinta) web browser kaya add-on ini, tentu versi baru ini tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Berikut ulasan singkat beberapa fitur baru di Firefox 4.

Antarmuka (User Interface /UI) yang Baru

Tampilan utamanya sudah di design ulang, kini tampil mirip dengan Opera atau Google Chrome. Menu-menu tidak ditampilkan, melainkan hanya tampil tombol Firefox dan langsung tab-tab halaman web yang dibuka.

Dengan fitur ini, tampilan konten halaman web yang kita akses menjadi lebih lebar, cocok untuk pengguna layar monitor dengan resolusi kecil seperti di laptop atau notebook. Jika menu-menu klasik masih tampil, untuk mengubah ke tampilan baru, pilih menu View > Menu Bar ( untuk tampilan baru, pengaturannya melalui tombol Firefox pilih menu Options).

Berbagai menu bisa diakses melalui satu tombol saja, yaitu tombol Firefox yang ada di pojok kiri atas.

Manajemen Tabs
Tampilan tab yang berada di atas bisa di ubah ke bawah dengan klik kanan area kosong di kanan tab dan memilih menu Tabs on Top. Selanjutnya kita bisa mengubah tab menjadi App Tabs yang hanya tampil icon saja dan alamat ini akan otomatis dibuka ketika kita menjalankan Firefox untuk pertama kali.

Untuk menjadikan App Tab, klik kanan tab web yang suda kita buka kemudian pilih menu Pin as App Tab. Untuk mengembalikan, klik kanan App tab dan pilih menu Unpin Tab

Panorama
Jika kita membuka banyak halaman web, maka tab yang muncul menjadi banyak dan kadang cukup merepotkan. Dengan fitur panorama kita bisa membuat halaman web (tab-tab) de dalam group. Caranya klik panah kecil yang ada di pojok kanan atas (sebelum tombol minimize) dan pilih menu Tab Groups atau tekan tombol Ctrl+Shift+E.

Kita bisa menggeser tampilan-tampilan web dan menggabung menjadi satu group. Gambar-gambar bisa di geser antar group atau keluar group. Untuk membuat group baru kita tinggal membuat bentuk kotak dengan mouse. Setiap group bisa di tambahkan judul dengan cara klik bagian judul (title) group.

Peningkatan Keamanan (Security)

Kita bisa memanfaatkan dan mendapatkan berbagai fitur keamanan yang lebih baik, sehingga dengan makin banyaknya ancaman dari internet, proteksi akan lebih baik. Misalnya kita bisa menggunakan fitur Private Browsing agar tidak meninggalkan bekas atau data pribadi/penting di komputer.

Performa dan kecepatan yang makin meningkat

Firefox 4 kembali meningkatkan performa web browser terbaru ini. Kemampuan untuk memproses javascript menjadi semakin cepat beberapa kali dibanding versi sebelumnya.

Selain itu Akselerasi hardware juga didukung oleh Firefox 4. Dengan fitur ini maka tampilan video, grafik 2D maupun 3D di web browser akan didukung dan dapat ditampilkan dengan lebih baik dan cepat.

Selain beberapa fitur diatas, masih banyak peningkatan dan tambahan fitur lainnya. Selengkapnya bisa langsung mengunjungi fitur-fitur Firefox 4.

Firefox 4 versi Portable

Bagi anda yang masih ingin mencoba tanpa harus menginstall dan masih tetap menggunakan versi lama, alternatifnya bisa menggunakan versi Portable. Versi ini tidak perlu di install dan dapat juga dijalankan dari USB Flashdisk secara langsung. Dapat dijalankan di WIndows 2000 sampai windows 7 serta di Linux dengan Wine.

Download Firefox 4 versi Portable (Windows dan Linux)
Download Firefox 4 Installer ( Tersedia untuk : Windows , Mac OS X dan Linux )

ebta

72 Comments

  1. ok thanks bos, dan benar saya sudah memakai yang installer cuman belum banyak tahu dan mendalama fitur firefox4 jadi thanks sekarang jadi banyak tahu….. emang lebih kuenceeeng

  2. Mantap mas, punya saya juga udah pake Firefox 4. Loading semakin cepat dan tampilan asyik. BTW, kok bisa ya nampilin Google adsense di situs bahasa Indonesia? gimana caranya mas? saya takut dibanned nih. Mohon pencerahan dong mas, japri ya… Trims

  3. langsung download gan… ternyata udah 22 juta lebih yang download.

  4. Terimakasih Mas Ebta, meskipun udah pakai sejak versi beta pertama keluar, namun ada satu fitur yg saya baru tau sekarang dari mas Ebta.

    Thanks banget mas, truslah berkarya dan berbagi ilmu:)

  5. Thank’s all gan ………………
    info-infonya keren abies dan selalu up to date,kita jadi tahu nich aplikasi terbaru

  6. sy dah pake jg mas tp tampilanx menux tetap ada..,tdk sprti yg mas bilang yg mirip opera atw google crom..,
    gimana cara settingx mas.., Syukran.. 😀

  7. Saya agak kurang nyaman pk firefox, saya terbiasa pk chrome dgn manajemen tab yg bagus dan ada “incognitonya” jd bisa bk email atau FB dua account berbeda.
    Dan agak terganggu apabila buka bnyk site (multitab) dan ada anak tab dr induk yg “misah2” tidak “nempel” disamping “induknya”.

    Apakah firefox support ini, sprtinya saya prnah bs tp brubah lagi.
    Nanti ‘tak coba yg ini deh 🙂

  8. mas..sya udah coba install tapi IDM nya jadi ga bisa ke pake, knp yah?jadi yang firefox 4, diunistall lagi deh..padahal lebih enak sebenarnya …

  9. @Nasir
    Langsung via email saja ya..

    @intan
    jika masih muncul menu diatas, kemungkinan ini karena update dari versi sebelumnya. Untuk mengubah klik saja menu View > Menu Bar

    @verOOnly
    Ya, incognito => Private Browsing

    @yanto
    Oh, mungkin IDM belum support, karena versi 4 memang baru beberapa hari rilis. Atau mungkin IDM terbaru sudah support. Alternatifnya bisa menggunakan yg free, semisal Orbit Downloader

  10. Gan, mu tanya, kalo instal versi 4, bookmark2/ history yg di FF 3.6 bisa kebawa ga?
    Ditnggu jwabannya, kalo bisa lngsung k email.. Thx

  11. gan, ane coba pake FF 4, tapi IDM ga bisa terintegrasi..
    mhon pencerahan agan.
    Tq b4.

  12. matur nuwun segala informasinya selama ini … benar-benar sangat membantu .. gimana babynya sudah bisa apa mas .. (maaf aku nggak nanya bapaknya lho..) pasti lagi hapy-hapynya ..ati-ati jangan ditinggal ngenet melulu

  13. Udah pakai Firefox 4 dari kemarin, cmn belum tahu ternyata bisa dibuat seperti screenshot juga ya… 😀

  14. Tks mas ebta…nyoba yg portablenya aja dulu…
    Kalo YM portable ada ga gan????

  15. Saya baru saja download. Terima kasih atast tutorial yang mantap dari Kang Ebta. O ya, versi portable-nya lumayan besar juga ya, 13 MB! Ck ck ck…

  16. mas Ebta, seperti mas Nasir tolong info tentang adsense di situs bhs indonesia ya via email.
    aku udah pake firefox 4 emanglebih jooosss
    trims infonya ya

  17. Sempat mau uninstall mozilla Firefox 4. Bagi yang sdh install Mozilla Firefox 4 dan IDM tdk bisa terintegrasi ternyata ada solusinya, nih aku kasih tahu caranya… tapi bayar dulu dong!

    Enggak ding! bercanda aja hehe…

    Pakai saja add ons FlashGot, stlh trinstall FlashGot pd browser klik tools>FlashGot>More Options… trus klik Add,
    jangan lupa pada IDMnya pd menu Options beri centang Mozilla Firefox. Setelah itu restart Taraaaaaaaaaaaaa! bisa download lagi pake IDM.

  18. Saya sudah pernah instal, tapi saya uninstal lagi karena belum ada IDM CC yang terssedia…

  19. udah banyak sofware yang saya pake kebanyakan semua yang sama ambil no problem,makasih mas ebta moga sukses

  20. Oya teman teman penggemar ebsoft.web.id , aku juga sudah buatkan
    Mozilla Firefox 4.42.0.0 Special Edition Sillent instal By Asep Solder Oke
    Didalamnya sudah aku masukan ektensi dan tema terbaik

  21. akhirnya.. keluar juga., alhamdulillah.
    mksi infonya mas ebta.

  22. akhirnya FF ngikut opera dan chrome yg berdesign minimalist…good to see that. emang lebih kenceng tp tetep fitur note, download tab dan multi email client yg ada di opera blom dipunya oleh FF 4. Karena asalan2 itu saya secara pribadi masih melilih opera sebagai browser utama.

  23. kk ebta ada software yang bagus untuk menghapus semua iklan yang ada di browser seperti mozilla dan opera namun dari sekian banyak yang paling bagus adalah admuncher versi 4.8 ke atas yang sudah support dengan windows 7 tolong carikan yang full version ya dan mungkin bisa dijadikan artikel yang sangat berguna untuk semua oya sekedar tambahan kalau addon firefox seperti addblockplus atau flashblock dll kurang ampuh untuk menghapus iklan tapi mungkin bisa jadi bahan refrensi terima kasih…

  24. mas ada tolong posting artikel tentang bitlocker di windows 7 ultimate donk…

  25. terimakasih mas ebta, atas infonya. saya hampir setiap hari mengunjungi web ini untuk melihat posting-posting berkualitas

  26. saya sudah coba, hasilnya mantap tipsnya donk biar bisa pasang adsesnse di blog baerbahasa indonesia,

  27. Thanks,
    Sudah pasang,tapi masih lebih cepat Chrome ya…sayangnya di chrome lebih susah integrasikan IDM..ada yang bisa ngasih tips ?

  28. thankz for all….
    i like it….

    ,-eluv!chie,-
    .phoo_lepp_ell.

  29. yup ane setuju am yg d ats ffox lemot jika d banding dgn chrome

  30. tetap lebih suka Seamonkey, ya saudaranya Firefox itu, bookmark managernya menurutku lebih user friendly

  31. saya sudah coba Firefox 4.xx. tapi saya lebih suka pake yg versi 5.0. karena Firefox 4.xx tidak compatible lagi add-ons “procon”. procon sendiri untuk memblok situs2 porno.

  32. Saya udah nyoba yang versi portable tapi IDMnya ga bisa dipake, padahal saya udah pake tips dari Mas Pujama. Oya untuk versi portablenya saya ambil dari link ini http://www.megaupload.com/?d=MN8N6GNJ karena filenya lebih kecil (0,4 MB).Soal kecepatan kayanya ga jauh beda, sepertinya saya lebih nyaman pake versi lama aja deh.

  33. firefox4 utk membuka halamn PHP kaya FB kurang sempurna,tp urusan kecptn memang sangat ok.

  34. Browser ini sangat bagus sekali, Saya sudah memakai Firefox versi 4 dan puas dengan kinerjanya. Dan terima kasih mas Ebta atas informasinya ini, Saya baru tahu tuh ada tampilan tab group ini, dan mencobanya hehehehe bagus banget…..two thumbs for this post

  35. Tampilannya jadi mirip sama google chrome dan Opera yang baru. Saya tidak suka tampilan begitu. Saya masih memilih memakai Mozilla 3.6

  36. kinerjanya lebih cepat,hmpir sm dgn opera mini..thx alot gan sd di share

  37. Pingback: Download Firefox 4 (Installer & Portable), tampilan dan fitur baru
  38. malah sekarang udah sampe firefox 5.. loohh..22 nya udah coba download sih..tapi kok malah berat yaaa???

Comments are closed.